12+ Istilah dalam Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui

0
Gambar Istilah Istilah Dalam Digital Marketing
Gambar Istilah-Istilah Dalam Digital Marketing

Apa itu Digital Marketing?

Sebelum membahas mengenai Istilah dalam Digital Marketing, kita harus mengetahui apa itu Digital Marketing terlebih dahulu. Digital Marketing (Pemasaran Digital) adalah promosi produk atau merek yang menggunakan perangkat elektronik atau internet. Ini juga termasuk pesan teks, pesan instan, video, Aplikasi, podcast, papan iklan elektronik, televisi digital dan saluran radio, dan lain sebagainya. Digital Marketing (Pemasaran Digital) menggunakan berbagai saluran dan teknologi yang memungkinkan suatu organisasi menganalisis kampanye, konten, dan strategi untuk memahami apa yang berfungsi dan apa tidak yang biasanya secara real time.

Perbedaan utama antara Digital Marketing (Pemasaran Digital) dan pemasaran tradisional adalah bahwa kampanye pemasaran digital dilaksanakan secara eksklusif melalui saluran digital dan ini memberi pemasar lebih banyak kontrol, alat, dan data untuk menganalisis efektivitas kampanye.

Untuk lebih jelas dalam memahami Digital Marketing (Pemasaran Digital), oleh karena itu adalah merupakan hal yang penting untuk kita mengetahui istilah dalam Digital Marketing (Pemasaran Digital).

12 Istilah dalam Digital Marketing (Pemasaran Digital) yang harus Anda Ketahui

Ilustrasi Gambar Istilah Dalam Digital Marketing Yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi Gambar Istilah Dalam Digital Marketing Yang Harus Anda Ketahui

1. Affiliate Marketing (Pemasaran afiliasi)

Pemasaran afiliasi yang merupakan dalam Istilah-Istilah Teknologi adalah strategi di mana bisnis dalam menghargai afiliasi individu (orang atau organisasi di luar bisnis) untuk mendatangkan pelanggan atau pengunjung baru melalui iklan atau konten di situs web afiliasi. Afiliasi menerima pembayaran atau diskon produk berdasarkan jumlah pelanggan yang mereka hasilkan. Ini sangat umum di situs pribadi atau situs gaya hidup, di mana Anda mungkin memperhatikan bahwa produk yang direkomendasikan memiliki tautan dengan banyak barang tambahan yang dilacak. Itu berarti bahwa jika Anda membeli produk, blog atau situs yang mengarahkan Anda ke sana akan membuat beberapa persentase keuntungan dari penjualan itu.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Address Bus: Apa itu Bus Alamat dan Control? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Contoh serta Perbedaannya dengan Data Bus pada Komputer!

2. Bounce Rate (Tingkat Pentalan)

Rasio pentalan adalah persentase pengunjung ke situs web yang meninggalkan situs web dengan cepat tanpa benar-benar melihatnya. Biasanya Google analytics menghitung rasio pentalan berdasarkan sesi situs web di mana pengunjung hanya berputar untuk melihat satu halaman sebelum memantul. Situs bertujuan untuk menjaga angka ini tetap rendah, mereka ingin Anda menghabiskan waktu di situs mereka dan karenanya mereka akan berusaha untuk membuat konten semenarik dan serelevan mungkin dengan Anda.

3. Call to Action (CTA) atau Tindakan untuk Aksi

Call to Action adalah teks, spanduk, formulir, atau gambar pada halaman web (atau email) yang meminta pengunjung untuk benar-benar mengambil tindakan membaca lebih banyak konten, bergabung dengan daftar email, mendaftar untuk webinar, membeli produk, dan lain sebagainya. CTA adalah alat pemasaran yang mengubah pengguna web menjadi prospek untuk bisnis.

4. Rasio Klik-Tayang (RKT) atau Click-Trough Rate (CTR)

Click through rete atau Rasio klik per tayang adalah persentase pengguna yang mengklik tautan di halaman web atau email pemasaran. CTR signifikan karena mengukur berapa banyak pengguna yang secara aktif terlibat dengan konten tertaut di situs.

5. Sales Funnel (Saluran Penjualan)

Sales Funnel atau saluran penjualan adalah metode pemasaran internet di mana pelanggan potensial dipimpin melalui serangkaian acara atau tindakan yang dapat dipetakan dalam bentuk saluran. Tingkat terluas di bagian atas saluran melibatkan dan menarik pengguna ke situs web Anda, setelah itu mereka pindah ke saluran tempat mereka ditawari layanan atau sumber daya jika mereka mendaftar ke daftar email Anda, sampai akhirnya mereka pindah ke bagian bawah saluran. dan menjadi pelanggan yang membayar.

Baca Juga :  7+ Istilah dalam Smartphone (Mobile) yang Harus Anda Ketahui

6. Conversion Rate Optimization (CRO) atau Optimasi tingkat konversi

CRO adalah sistem pemasaran untuk meningkatkan persentase pengunjung situs web yang mengonversi ke pelanggan yang membayar. Metode CRO ini biasanya melibatkan dan mendorong pengguna untuk mengambil tindakan spesifik di situs web, seperti mengisi formulir web, mendaftar untuk percobaan, atau bergabung dengan daftar email.

7. Keyword (Kata kunci)

Kata kunci adalah kata atau frasa yang biasa digunakan di mesin pencari untuk mencari konten online. Riset kata kunci adalah alat pemasaran internet yang ampuh, karena iklan web dan penempatan mesin pencari situs web dapat dioptimalkan untuk mencocokkan kata kunci dengan lalu lintas tinggi, menjadikannya lebih mungkin bagi Google untuk menemukan situs Anda.

8. Marketing Automation atau Otomatisasi pemasaran

Otomatisasi pemasaran menjelaskan penggunaan perangkat lunak atau layanan online (seperti HubSpot, MailChimp, dan Act-on) untuk mengotomatiskan tugas pemasaran berulang seperti email, manajemen hubungan pelanggan, posting media sosial, dan analitik. Program Otomasi Pemasaran memungkinkan pemasar untuk memasukkan kriteria spesifik untuk tugas-tugas yang bersangkutan dan bahwa data ditafsirkan dan dieksekusi oleh program.

9. Multichannel Marketing atau Pemasaran Multichannel

Pemasaran multichannel menggunakan berbagai platform komunikasi (iklan spanduk situs web, iklan Facebook, email pemasaran, blog) untuk berinteraksi dengan pelanggan potensial. Pendekatan ini memungkinkan pengguna untuk memilih saluran mana yang ingin mereka gunakan untuk berinteraksi dengan produk Anda dan meningkatkan opsi untuk mengubah tayangan menjadi pelanggan.

10. Search Engine Marketing (SEM) atau Pemasaran mesin pencari

SEM menjelaskan penggunaan iklan berbayar (seperti salinan singkat, daftar produk, dan klip video) di mesin pencari (Google, Yahoo, Bing) untuk mengarahkan lalu lintas pengguna ke situs web Anda.

11. Search Engine Optimazion (SEO) atau Optimasi mesin pencari

SEO yang merupakan dalam Istilah-Istilah Teknologi adalah praktik pemasaran internet untuk mengoptimalkan situs web sehingga lebih cenderung muncul dalam hasil pencarian yang tidak dibayar (misalnya. Itu adalah salah satu situs pertama yang muncul ketika Anda Google topik yang terkait). SEO dilakukan dengan menggunakan algoritme berdasarkan perilaku mesin pencari tertentu, menganalisis kata kunci spesifik yang diketik dalam mesin pencari, dan meneliti mesin pencari mana yang populer dengan demografi tertentu. Kemudian, Anda menyelaraskan format konten Anda (termasuk hal-hal seperti memastikan bahwa judul memiliki istilah yang dapat dicari) untuk memberikan diri Anda kesempatan terbaik untuk naik peringkat mesin pencari. Namun berhati-hatilah: melangkah terlalu jauh memiliki konsekuensi. “Mengisi” konten Anda dengan kata kunci akan membuat Anda mendapatkan peringkat Google, jadi jangan biarkan tujuan SEO menyalip menghasilkan konten yang otentik dan luar biasa.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Growth Hacking: Apa itu Growth Hacker? Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Strategi, Contoh dan Bagaimana Cara Memulainya?

12. Traffic (Lalu Lintas)

Lalu lintas adalah jumlah total pengguna yang mengunjungi situs web. Lalu lintas keseluruhan kemudian dipecah menjadi jenis kunjungan khusus seperti pengunjung unik dan total klik.

Kesimpulan

Digital Marketing (Pemasaran Digital) adalah penggunaan Internet, Smartphone, Media Sosial, mesin pencari, dan saluran lainnya untuk menjangkau konsumen. Beberapa pakar pemasaran menganggap pemasaran digital sebagai upaya yang sama sekali baru yang membutuhkan cara baru untuk mendekati pelanggan dan cara baru untuk memahami bagaimana pelanggan berperilaku dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

Penutup

Demikianlah pembahasan Kami mengenai Istilah dalam Digital Marketing (Pemasaran Digital) yang dapat Kami bagikan. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar