Pengertian CRO (Conversion Rate Optimization): Manfaat, Cara Mengukur

0
Ilustrasi Gambar Pengertian CRO (Conversion Rate Optimization)
Ilustrasi Gambar Pengertian CRO (Conversion Rate Optimization)

Pengertian CRO Adalah

Apa itu CRO? CRO (Conversion rate optimization) adalah bagian penting dari strategi pemasaran online. Dalam lingkungan yang menawarkan begitu banyak pilihan dan gangguan, Pengertian CRO adalah ilmu dan seni untuk menarik perhatian pengunjung dan mengarahkan mereka lebih dekat ke tujuan yang diinginkan. Ini adalah strategi pemasaran, dibuat dengan tujuan memaksimalkan pendapatan, tetapi juga strategi yang meningkatkan pengalaman pengguna. Akibatnya, situs web menjadi lebih efektif, memberikan informasi yang tepat sebagaimana mestinya, sementara pengunjung bernavigasi lebih cepat dan lebih mudah. Halaman dianggap dioptimalkan dengan baik ketika persentase pengunjung yang tinggi “mengkonversi” menjadi pelanggan atau pelanggan.

Conversion Rate Optimization atau Pengoptimalan tingkat konversi (dalam bahasa Indonesia) adalah kegiatan pemasaran online yang penting bagi semua pemasar yang ingin memaksimalkan pendapatan dari SEO, PPC dan bentuk-bentuk lain dari promosi online yang menarik lalu lintas di situs. Ini juga dapat menyoroti peluang yang terlewatkan. Selain itu, ini memungkinkan pemasar untuk melacak dan mengikuti preferensi dan motivasi pelanggan yang selalu berubah.

Berapa tingkat konversi yang baik?

Berdasarkan Pengertian CRO di atas dan menurut tujuan akhirnya, nilai tingkat konversi dapat sangat bervariasi sehingga tidak ada standar nyata untuk tingkat konversi yang baik. Namun, jika corong konversi serupa dibandingkan, maka beberapa tolok ukur dapat dibuat. Misalnya, beberapa tolok ukur tingkat konversi yang paling populer adalah menurut industri e-commerce: mode, rumah & kebun, elektronik, dll. Menurut industri, tingkat konversi rata-rata mungkin lebih tinggi atau lebih rendah, tetapi itu tidak relevan dengan situs web individu pemilik karena terlepas dari tingkat konversi mereka selalu ada ruang untuk perbaikan.

Baca Juga :  Pengertian Perawat (Nurse): Jenis, Tugas dan Proses Keperawatan

Tingkat konversi e-commerce rata-rata adalah sekitar 3%. Ini berarti bahwa 97% pengunjung meninggalkan situs tanpa menyelesaikan pembelian. Namun ini tidak berarti bahwa setiap situs ditakdirkan untuk jatuh ke dalam tingkat konversi rata-rata industrinya.

Tingkat konversi yang baik adalah yang terus tumbuh. Titik awalnya tidak terlalu penting selama evolusi itu positif dan konstan. Secara statistik, 10% situs web teratas mengonversi rata-rata sekitar 5 kali lebih baik daripada rata-rata industri. Jadi selama Anda tidak berada di 10%, tingkat konversi terbaik adalah yang tumbuh.

Manfaat CRO untuk SEO (Search Engine Optimization)

Meskipun tidak selalu berkaitan langsung dengan menarik lalu lintas situs web organik atau peringkat pada halaman hasil mesin pencari (SERP), optimasi tingkat konversi memiliki manfaat yang berbeda untuk SEO. Itu termasuk:

Wawasan pelanggan yang ditingkatkan. Optimalisasi tingkat konversi dapat membantu Anda lebih memahami audiens utama Anda dan menemukan bahasa atau pesan apa yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Pengoptimalan tingkat konversi akan mencari pelanggan yang tepat untuk bisnis Anda. Memperoleh lebih banyak orang tidak akan membantu bisnis Anda jika mereka bukan orang yang tepat!. Untuk lebih jelasnya berikut kita uraikan secara lengkap.

1. ROI yang Lebih Baik

Tingkat konversi yang lebih tinggi berarti membuat lebih banyak sumber daya yang Anda miliki. Dengan mempelajari cara memaksimalkan upaya akuisisi Anda, Anda akan mendapatkan lebih banyak konversi tanpa harus mendatangkan lebih banyak pelanggan potensial.

2. Skalabilitas yang lebih baik

Sementara ukuran audiens Anda mungkin tidak bertambah seiring pertumbuhan bisnis Anda, CRO memungkinkan Anda tumbuh tanpa kehabisan sumber daya dan calon pelanggan. Pemirsa tidak terbatas. Dengan mengubah lebih banyak browser menjadi pembeli, Anda akan dapat mengembangkan bisnis Anda tanpa kehabisan pelanggan potensial.

Baca Juga :  Pengertian Email Marketing: Tujuan, Keuntungan dan Tips Melakukannya!

3. Pengalaman pengguna yang lebih baik

Ketika pengguna merasa pintar dan canggih di situs web Anda, mereka cenderung bertahan. CRO mempelajari apa yang berfungsi di situs Anda. Dengan mengambil apa yang berhasil dan mengembangkannya, Anda akan membuat pengalaman pengguna yang lebih baik. Pengguna yang merasa diberdayakan oleh situs Anda akan lebih terlibat dengannya – dan beberapa bahkan mungkin menjadi penginjil untuk merek Anda.

4. Peningkatan kepercayaan

Agar pengguna dapat membagikan kartu kredit, email, atau informasi pribadi apa pun, mereka harus benar-benar mempercayai situs tersebut. Situs web Anda adalah orang penjualan nomor satu Anda. Sama seperti tim penjualan internal, situs Anda harus profesional, sopan, dan siap menjawab semua pertanyaan pelanggan Anda.

Cara Mengukur CRO Anda

Ilustrasi Gambar Pengertian CRO (Conversion Rate Optimization)
Ilustrasi Gambar Cara Mengukur CRO (Conversion Rate Optimization)

CRO tidak diukur hanya dengan menggunakan satu alat atau satu bagian penelitian.

Alih-alih dari Anda menarik data dari berbagai sumber untuk menyusun taktik optimisasi untuk konversi yang lebih baik.

1. Mengindentifikasi

Pertama, Anda harus mengidentifikasi pembuat onar dan segera menyingkirkan mereka.

2. Menyusun Rencana

Kedua, Anda akan menyusun rencana agar para anti-CRO yang sial itu tetap berada di luar situs Anda untuk selamanya.

2. Kompilasi Lagi

Ketiga, Anda perlu mengkompilasi angka lagi, periksa kembali kesehatan CRO Anda, dan sesuaikan bila perlu. Jadi, dari mana Anda memulai?

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu apa itu CRO sekarang, tetapi bagaimana Anda melakukannya? Tidak ada solusi satu ukuran untuk memperbaiki semua dengan CRO. Apa yang berfungsi untuk satu website tidak akan berfungsi untuk situs Anda. Bahkan pesaing Anda akan memiliki tingkat konversi berbeda yang mereka coba optimalkan. Jadi, jangan berharap untuk menarik solusi ajaib dari topi di sini. Sebagai gantinya, Anda perlu fokus dalam praktik terbaik untuk CRO dan menerapkan apa yang berlaku untuk Anda.

Baca Juga :  Pengertian Folder dalam Komputer: Fungsi dan Cara Membuatnya Lengkap

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini mengenai Pengertian CRO (Conversion Rate Optimization) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan Kita semua terutama untuk mengetahui Istilah-Istilah Teknologi dalam Belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar