Ini Beberapa Tips Cara Menjual Barang di EBay untuk Pemula!

0
Gambar Dari Bagaimana Dan Apa Saja Tips Cara Menjual Barang Di EBay Untuk Pemula
Gambar Dari Bagaimana Dan Apa Saja Tips Cara Menjual Barang Di EBay Untuk Pemula

Apa Saja Tips Cara Menjual Barang di EBay yang Harus Diketahui untuk Pemula?

Memang, menjual barang di eBay tidak semudah kedengarannya, setidaknya tidak jika Anda sudah mahir melakukannya.

Yup, itu termasuk bagaimana Anda bisa menyederhanakan proses penjualan, meningkatkan peluang penjualan barang Anda, dan menghasilkan keuntungan yang layak.

Betul! Jawabannya terletak pada penerapan beberapa strategi kunci atau yang lebih sering disebut dengan key strategy dalam istilahnya.

Sebagai pengguna ahli, Anda setidaknya pasti sudah tahu cara menentukan harga barang, cara membuka diri terhadap penawaran balasan, cara memanfaatkan pendaftaran gratisnya, cara memperbarui harga barang yang tidak laku, dan cara menentukan biaya pengiriman barang Anda.

Entah Anda sudah mencoba menjual barang di eBay atau belum mencobanya, kiat-kiat atau tips cara menjual barang yang akan Kami jelaskan kali ini tentunya dapat membantu Anda agar menjadi penjual yang sukses.

Oke langsung saja, mari kita simak berikut ini!

Apa itu EBay?

Ilustrasi Gambar Apa Itu EBay Serta Jenis Macam Barang Dan Model Bisnisnya
Ilustrasi Gambar Apa Itu EBay Serta Jenis Macam Barang Dan Model Bisnisnya

Ya, sebelum kita membahas lebih lanjut tentang tips dan caranya, mari kita mengenal sedikit terlebih dahulu tentang apa itu eBay ini.

EBay atau e-Bay adalah salah satu situs penjualan e-commerce (baca pengertian e-commerce disini) yang terbilang terkemuka.

Ini merupakan pasar tempat jutaan orang berdagang setiap hari, dimana diantaranya yaitu pembeli atau penjual serta beberapa adalah keduanya.

Kehebatan eBay terletak pada kekuatan pasarnya, dimana suatu barang hanya akan bernilai sebesar apa yang akan dibayar oleh seseorang.

Betul! Ini bisa berarti harga yang sangat tinggi untuk barang-barang yang sangat dicari seperti barang koleksi, barang tidak diproduksi lagi, barang vintage, barang tidak biasa, atau apapun yang persediaannya terbilang sangat sedikit.

Jika Anda seorang pemula dan ingin memulai membangun dan membuat bisnis online, Anda harus mempertimbangkan untuk menjual produk Anda di eBay. 

Terkait sejarahnya sendiri, eBay pada awalnya adalah salah satu tempat terbaik untuk menemukan barang-barang yang terbilang aneh, unik atau tidak biasa.

Sejak saat itu, produk ebay telah berevolusi, dan dari 1,6 miliar listing aktif eBay saat ini, 79% (persen) dari semua produk yang dijual di situs mereka adalah barang baru.

Macam-Macam Barang dan Model Bisnis di eBay

Oke, agar kita dapat lebih memahami tentang apa itu eBay, terutama sebelum mengenalkan tips cara menjual barang di eBay, disini Kami juga akan menjelaskan beberapa macam-macam model bisnis yang perlu kalian ketahui sebagai pemula.

Langsung saja, berikut ini adalah beberapa jenis dan model bisnis yang biasa dilakukan di eBay.

a. Barang Bekas

Jenis macam yang pertama yaitu adalah barang bekas.

Betul! Banyak sekali barang bekas yang saat ini terdaftar di eBay.

Beberapa termasuk dalam kategori barang elektronik lama seperti, video game, sepatu, pakaian, furnitur, mainan, buku, lego, permainan papan, barang olahraga, hampir semua barang bekas tersedia di ebay.

b. Barang koleksi

Berikutnya yaitu barang koleksi.

Jenis ini termasuk merupakan barang-barang seperti koin langka, jam tangan dan mainan vintage biasa ditemukan di eBay.

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian Bio: Apa itu Biography dan Personal Bio? Contoh dan Cara Menulisnya agar Menarik Perhatian serta Tipsnya!

c. Barang Antik dan Unik

Kemudian ada juga barang antik dan unik.

Ini juga merupakan kategori luas eBay yang mencakup hal-hal seperti buku catatan, furnitur, piring, memorabilia, mainan, jam, porselen, peralatan perak, pernak-pernik, media kosong usang seperti VHS atau kaset, boneka binatang, dan lain-lain.

d. Barang Baru

Selain dari jenis dan macam yang Kami sebutkan di atas, banyak juga perusahaan dengan merek besar dan kecil menjual produk dan barang baru mereka di eBay.

Terlepas dari persaingan ketat dari raksasa e-niaga lainnya seperti Amazon dan Walmart, perusahaan tersebut tentunya juga memiliki banyak pelanggan setia disana.

e. Private Label

Jenis lainnya yaitu seberti private label.

Betul! Sama seperti produk private label yang terkenal di Amazon, Anda juga bisa sukses menjual merek Anda sendiri di eBay.

Kalian dapat membaca tips cara bermain bisnis affiliate di Amazon disini jika kalian tertarik dengan model bisnis afiliasi.

f. Grosir

Benar, grosir juga merupakan salah satu model bisnis yang dapat Anda lakukan di situs website eBay.

Yup! Ini termasuk seperti membeli dan menjual kembali produk atau brand (merek) lain.

g. Reselling atau Arbitrage

Lalu, ada juga model reselling atau arbitrage.

Model ini yaitu seperti membeli produk diskon dari toko atau penjual online, dan menjualnya kembali eBay.

h. Dropshipping

Dropshipping, seperti yang mungkin sudah kalian ketahui, cara kerjanya yaitu seperti ketika kita membeli produk langsung dari produsen.

Dimana itu pesanannya terpenuhi, kemudian akan kita lanjutkan dengan mengirimkannya langsung ke pelanggan.

i. Item Acak

Jenis dan macam-macam barang serta model bisnis terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu adalah barang atau item acak.

Benar! Anda bisa menjual apapun di ebay, Jika Anda memiliki beberapa buah pohon cemara yang tampak keren, Anda akan mendapatkan pembeli yang menginginkannya untuk kerajinan tangan atau dekorasi rumah.

Item acak lainnya termasuk gabus anggur, gulungan kertas toilet kosong, karton telur, mug, potongan permainan papan lama, dan lain sebagainya.

Tips Cara Menjual Barang di Ebay untuk Pemula

Gambar Screenshot Menjual Barang Di Situs EBay Serta Tips Dan Caranya
Gambar Screenshot Menjual Barang Di Situs EBay Serta Tips Dan Caranya

Berkenaan dengan apa yang sudah Kami jelaskan di atas terkait apa itu eBay beserta jenis dan macam barang dan model bisnisnya, jika Anda belum yakin apa yang akan dijual, saran Kami pribadi, Anda harus mempelajari cara mengevaluasi produk potensial berdasarkan profitabilitas, permintaan, dan persaingannya.

Dengan begitu, Anda dapat membuat keputusan berdasarkan data tentang apa yang akan dijual, dan sebagai hasilnya menikmati keuntungan yang lebih tinggi.

Saat Anda baru memulai di eBay, Anda memiliki akses ke akun penjual gratis, artinya tidak akan ada biaya bulanan untuk menjalankan bisnis online Anda.

Saat Anda mengembangkan bisnis eBay, Anda akan memiliki opsi untuk membuat toko eBay Anda sendiri, langganan bulanan berbayar menawarkan manfaat peningkatan trafik atau traffic (baca pengertian traffic disini) dan penjualan.

Meng-upgrade ke toko eBay dari akun penjual gratis memang tidak diperlukan, tetapi ini dapat membantu Anda mengembangkan bisnis, jika itu tujuan Anda. 

Ingatlah bahwa meskipun tidak menarik biaya bulanan dari pengguna gratisnya, eBay mengenakan biaya kecil kepada semua penjualnya untuk listing dan menjual produk di websitenya. 

Mendaftar untuk menjual di eBay pada dasarnya adalah proses yang mudah, dimana hal tersebut tentunya akan membuat bisnis Anda dapat aktif dan berjalan dalam waktu yang singkat.

Oke langsung saja, berikut ini beberapa tips cara berjualan barang di situs website eBay untuk pemula yang perlu kalian ketahui.

Baca Juga :  Memahami Pengertian BPO: Apa itu Business Process Outsourcing dan Company? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam serta Kelebihan dan Kekurangannya!

1. Membuat Akun EBay

Pertama-tama, tips caranya pastinya adalah dengan membuat akun eBay Anda.

Untuk melakukannya, cukup buka halaman “create account”, lalu masukkan nama dan alamat e-mail Anda ke kolom isian yang sesuai.

Selanjutnya, Anda kemudian akan diminta membuat sandi untuk akun tersebut.

Setelah Anda mengeklik tombol “create account”, Anda akan diarahkan ke beranda eBay, masuk ke akun baru Anda.

Di halaman ini, eBay akan secara otomatis membuat nama pengguna untuk Anda, tetapi Anda dapat mengubahnya di bagian “my eBay” di bawah “account”, lalu “personal info”.

Saran Kami, sebelum Anda mulai membuat daftar barang Anda, aturlah opsi pembayaran Anda sehingga Anda tahu ke mana uang dari penjualan produk Anda akan pergi.

2. Tambahkan Metode Pembayaran Anda Sesegera Mungkin

Tips cara menjual barang di eBay berikutnya yaitu dengan sesegera mungkin menambahkan metode pembayaran kalian.

Hal ini tentunya memungkinkan Anda menerima pembayaran dari pembelian pelanggan dan membayar biaya penjual ke eBay.

Untuk melakukannya, pada bagian pojok kanan atas beranda eBay, cari menu tarik-turun “my eBay”, dan klik “sell”.

Selanjutnya, klik “account”.

Di bawah bagian “payment”, Anda akan melihat pilihan opsi pembayaran.

Lanjutkanlah dengan memMasukkan informasi untuk rekening bank yang Anda inginkan untuk menerima pembayaran untuk penjualan eBay Anda.

Perlu Kami tekankan disini terkait sejarahnya, dulu, penjual eBay hanya akan dibayar melalui PayPal.

Namun, kini eBay mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi menawarkan PayPal sebagai opsi pembayaran pada akhir tahun 2020.

Yup! Sebaliknya, eBay beralih ke sistem pembayaran mereka sendiri yang disebut dengan istilah managed payment, yang mengirimkan pembayaran langsung ke rekening bank penjual.

3. Mulai Berjualan

Ya! Sekarang Anda siap untuk mendaftarkan item Anda untuk dijual di eBay, ya! Sesederhana itu.

Namun ingat, ada beberapa hal lagi yang harus Kami jelaskan kepada kalian disini.

Berkaitan dengan cara ke-2 (dua) di atas, Anda juga perlu memberikan metode pembayaran untuk biaya penjual eBay.

Kami sarankan untuk kalian agar menyiapkan metode pembayaran otomatis untuk ini, sehingga Anda membayar setiap biaya transaksi saat terjadi.

Mengapa? Jika tidak, biayanya dapat bertambah menjadi satu jumlah besar di akhir setiap bulan, dan mungkin sulit untuk tetap memantau saat membayar secara manual.

Dengan managed payment tersebut, Anda juga dapat menyederhanakan pembayaran biaya dengan secara otomatis menguranginya dari pendapatan penjualan Anda.

Untuk melakukannya, jika Anda men-scroll ke bagian bawah dalam “seller account”, Anda akan melihat “payment method for seller fees”.

Disana, silahkan kalian tambahkan rekening koran atau kartu kredit dan debit kalian.

4. Tambahkan Judul Item dan Gunakan Gambar yang Berkualitas Tinggi

Tips cara menjual barang di situs website eBay ke-4 (empat) yang akan Kami jelaskan disini yaitu dengan menambahkan judul item dan gunakan gambar yang berkualitas tinggi.

Ya! Mengambil gambar berkualitas tinggi adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk akun eBay Anda.

Kualitas gambar dan judul inilah yang menarik prospek ke produk Anda.

Jika Anda ingin memastikan bahwa orang akan membeli, pastikan gambar dan judul Anda terapkan adalah yang terbaik.

Ambil gambar dengan banyak pencahayaan dan gunakan kamera yang bagus.

Perlu kalian ketahui bahwa situs eBay memungkinkan Anda menambahkan hingga 12 (dua belas) gambar secara gratis.

Jika Anda akan memposting kira-kira 9 (sembilan) hingga 12 (dua belas) gambar, maka itu pastinya sudah lebih dari cukup untuk meyakinkan prospek untuk melindungi produk Anda.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Microblogging: Apa itu Micro Blog? Sejarah, Manfaat dan Macam-Macam Platformnya untuk Pengguna Mobile!

5. Tingkatkan Prospek dengan Riset Produk

Tips cara berjualan di eBay terakhir yang dapat Kami bagikan untuk pemula disini yaitu adalah dengan melakukan riset produk untuk meningkatkan prospek.

Seperti yang sudah Kami singgung di atas, Anda bisa menjual apa saja di eBay.

Anda mungkin sudah memiliki ide tentang apa yang harus dicantumkan, atau Anda mungkin membutuhkan beberapa inspirasi.

Bagaimanapun juga, Anda perlu melakukan penelitian produk untuk mencari tahu produk mana yang menguntungkan, dan berapa harganya.

Anda tidak boleh memilih sembarang produk untuk dijual di eBay.

Jika Anda benar-benar ingin membuat toko Anda sukses, Anda harus mengevaluasi ide produk Anda untuk profitabilitas, permintaan, dan persaingan sebelum Anda memutuskan untuk mendaftarkannya.

Yup! Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa Anda akan memperoleh laba atas investasi Anda.

Kesimpulan

Oke baiklah, Kami pikir sudah cukup jelas untuk pembahasan tentang Apa Saja Tips Cara Menjual Barang di EBay yang Harus Diketahui untuk Pemula di atas.

Bagi penjual pemula, dengan adanya lebih dari 1,2 miliar daftar yang terdapat di situs eBay, penjual pastinya akan memiliki banyak hal untuk bersaing ketika bersaing untuk mendapatkan perhatian dari 182 juta pembeli aktif eBay.

Beberapa penjual eBay yang mahir, tidak hanya terampil menampilkan cantuman mereka di hadapan calon pembeli, menyelesaikan penjualan, dan mendapatkan umpan balik positif saja.

Ya! Mereka juga sangat sukses dalam hal itu.

Jika Anda baru mengenal penjualan di eBay, pastinya Anda mungkin tidak dapat langsung menerapkan semua strategi lebih lanjut tersebut.

Sebagai contoh misalnya, mungkin perlu waktu bagi Anda untuk mengumpulkan cukup inventaris untuk membuat daftar baru setiap hari atau bahkan setiap minggunya.

Namun pada intinya, meskipun Anda hanya siap untuk mencantumkan item pertama Anda untuk dijual, jelas ada banyak langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan Anda membuat listingan yang berhasil, membangun reputasi penjual yang sangat baik, dan mulai menghasilkan keuntungan.

Lagi pula, jika metode ini berhasil untuk penjual teratas eBay (yang berpengalaman), mereka pasti akan berhasil untuk Anda juga.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Apa Saja Tips Cara Menjual Barang di EBay yang Harus Diketahui untuk Pemula.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi khususnya e-commerce dan bisnis.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar