Cek WHOIS Domain Website

Gambar Apa Itu WHOIS Dan Record Bagaimana Cara Mengecek Pemilik Situs dengan Cek WHOIS Domain Website Com Pandi Id Co Id Dan Lainnya Berserta IP Nya
Gambar Apa Itu WHOIS Dan Record Bagaimana Cara Mengecek Pemilik Situs dengan Cek WHOIS Domain Website Com Pandi Id Co Id Dan Lainnya Berserta IP Nya

Apa itu WHOIS dan Record, Bagaimana Cara Mengecek Pemilik Situs dengan Cek WHOIS Domain Website .Com, Pandi (.id), Co.Id, dan Lainnya Berserta IP-nya?

Benar, saat Anda ingin memulai ngeblog atau membuat web, hal pertama yang akan kalian lakukan pastinya adalah mendaftarkan nama domain.

Yup! Perlu kalian ketahui bahwa perusahaan internet ICANN mengharuskan Anda memberikan detail pribadi yang mencakup nama, alamat, nomor telepon, dan lain sebagainya.

Semua informasi ini secara otomatis ditambahkan ke database yang tersedia untuk umum yang mengkatalogkan pemilik setiap nama domain yang terdaftar.

Benar! Database informasi yang sangat besar ini disebut WHOIS!

Secara sederhana, Anda dapat mencari basis data WHOIS melalui terminal di komputer Anda jika Anda paham teknologi, atau Anda dapat menggunakan sejumlah alat pencarian WHOIS di internet secara online.

Oke baiklah, berdasarkan hal itulah, dalam kesempatan kali ini Kami akan membagikan tools WHOIS Lookup atau lebih tepatnya alat Pengecek Pemilik Domain Website .Com, Pandi (.id), Co.Id, dan Lainnya Berserta IP-nya dimana basis datanya pastinya akan terus terbaru setiap harinya.

Selain itu juga Kami juga akan menerangkan terlebih dahulu hal-hal terkait WHOIS dan bagaimana cara ceknya.

Apa itu WHOIS?

WHOIS adalah daftar data internet yang banyak digunakan untuk mengidentifikasi siapa yang memiliki domain dan cara menghubungi mereka.

Betul! Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) mengatur pendaftaran dan kepemilikan nama domain.

Record atau catatan WHOIS telah terbukti sangat berguna dan telah berkembang menjadi sumber daya penting untuk menjaga integritas pendaftaran nama domain dan proses kepemilikan situs web.

Data Apa yang Ada dalam Catatan atau WHOIS Record?

Ilustrasi Gambar Data Apa Saja Yang Ada Dalam Catatan Atau WHOIS Record
Ilustrasi Gambar Data Apa Saja Yang Ada Dalam Catatan Atau WHOIS Record

Ya, data WHOIS berisi semua informasi kontak yang terkait dengan orang, grup, atau perusahaan yang mendaftarkan nama domain tertentu.

Biasanya, setiap catatan atau yang lebih sering dikenal dengan istilah WHOIS Record akan berisi informasi seperti nama dan informasi kontak pendaftar atau Registrant (yang memiliki domain), nama dan informasi kontak dari Registrar (organisasi atau entitas komersial yang mendaftarkan nama domain), tanggal pendaftaran, nama server, pembaruan terbaru, dan tanggal kedaluwarsanya.

Catatan atau WHOIS Record yang ditampilkan setelah kalian cek ini pastinya juga dapat memberikan informasi kontak administratif dan teknis dari pendaftar atau Registrant domain websitenya.

Cek Whois Domain Website .Com, Pandi (.id), Co.Id, .Net, .Site, .Co Berserta IP-nya


Note: Cek WHOIS nama domain kalian dengan mengetikkan alamat situs atau website di atas.

Cara Mengecek Kepemilikan Sebuah Website atau Pemilik Nama Domain dan Mendapatkannya

Gambar Bagaimana Cara Mengecek Kepemilikan Sebuah Website atau Pemilik Nama Domain dan Mendapatkannya
Gambar Bagaimana Cara Mengecek Kepemilikan Sebuah Website atau Pemilik Nama Domain dan Mendapatkannya

Ya, seperti yang sudah Kami singgung di atas, ketika kita baru memulai blogging atau ngeblog (baca selengkapnya panduan ngeblog untuk pemula sampai menghasilkan uang disini), hal pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan nama domain kita bukan?

Namun, perlu kalian ketahui bahwa tidak semua domain yang Anda inginkan tersedia untuk Anda gunakan sebagai alamat website atau blog Anda.

Sebelum Anda dapat mempelajari apakah membeli domain Anda bahkan dimungkinkan, Anda perlu mencari tahu siapa yang harus dihubungi tentang hal itu.

Adapun beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengecek kepemilikan (WHOIS) sebuah domain atau untuk memastikannya tanpa pemilik yaitu adalah sebagai berikut.

1. Kunjungi Situs Web

Hal pertama yang dapat kalian lakukan untuk mengecek kepemilikannya atau apakah domain tersebut tersedia (tanpa pemilik) yaitu dengan langsung mengunjungi situs webnya.

Jika pemilik membeli domain tersebut sebagai investasi, mereka seringkali akan memudahkan Anda untuk menghubungi mereka.

Apabila domain tersebut tidak bisa di akses, maka ada kemungkinan bahwa nama domain tersebut tersedia untuk Anda beli di penyedia layanan pembelian domain.

Yup! Jadi, saran Kami pribadi, mulailah dengan membuka situs web untuk melihat apa yang muncul.

2. Periksa Direktori WHOIS

Langkah berikutnya yaitu dengan memeriksa direktori WHOIS.

Benar! Setiap kali seseorang mendaftarkan nama domain, pendaftar domain yang memproses penjualan diharuskan mengumpulkan informasi kontak dasar.

Dalam beberapa kasus, informasi tersebut kemudian dikirimkan ke direktori WHOIS, sehingga ada catatan tentang siapa orang yang menjalankan setiap situs secara online.

Oleh karena itu, direktori WHOIS adalah perhentian kalian berikutnya untuk mencari pemilik nama domain.

Masukkan nama domain yang Anda cari dan gulir ke bawah untuk menemukan semua data yang tercantum dalam direktori WHOIS.

Dalam beberapa kasus, itu mungkin berisi informasi kontak pemilik.

Jika ya, Anda dapat melewati langkah berikutnya.

Meskipun tidak, itu akan selalu menyertakan setidaknya registrar domain dan tanggal kedaluwarsa domain mereka.

Betul! Hal itu akan dapat memberi tahu Anda apakah domain akan segera diperpanjang untuk perpanjangan.

Jika demikian, Anda mungkin bisa mengambilnya dengan harga lebih murah saat kedaluwarsa daripada jika Anda membelinya langsung dari mereka.

Tapi itu hanya berfungsi jika mereka tidak diperpanjang, jadi Anda pastinya akan mendapatkan kesempatan.

Apa pun pilihannya, mengetahui registrar domain memungkinkan Anda mengambil langkah berikutnya.

Untuk mengecek pemilik domain, kalian dapat menggunakan alat pengecek WHOIS yang Kami sediakan di atas dengan data direktori terbaru setiap harinya.

3. Hubungi Registrar Nama Domain

Langkah terakhir yang dapat kalian lakukan untuk mengecek kepemilikan sebuah domain atau untuk memastikannya tanpa pemilik yaitu dengan menghubungi Registrar nama domain.

Banyak pendaftar domain sekarang menawarkan privasi nama domain, yang membuat informasi pribadi pemilik tidak dicantumkan di direktori WHOIS.

Di hal tersebut dan undang-undang GDPR, direktori WHOIS pastinya tidak lagi menjadi cara yang dapat diandalkan untuk menemukan informasi kontak pribadi pemilik domain.

Artinya, dalam banyak kasus, Anda tidak dapat mengetahui secara langsung siapa pemiliknya melalui direktori atau database WHOIS.

Tetapi Anda akan dapat mengetahui dengan siapa mereka mendaftarkan domain tersebut.

Tenang! Ini bukanlah jalan buntu!

Gunakan alat pengecek WHOIS Kami di atas, dan cari informasi kontak mereka.

Sebagai contoh, kalian ingin mengetahui pemilik dari nama domain Registrar Pandi (.id) atau ekstensi domain .co.id Niagahoster, cukup ketikkan saja selengkapnya, maka server Kami akan memproses input atau masukan Anda tersebut.

Lanjutkan dengan menghubungi mereka atau tulis e-mail untuk memberi tahu mereka domain apa yang ingin Anda beli, dan minta mereka untuk menyampaikan informasi Anda kepada pemiliknya.

Registrar akan menyimpan detail kontak pemiliknya, dan akan dapat membagikan minat Anda dengan mereka tanpa melanggar masalah privasi apa pun.

Langkah Selanjutnya untuk Mendapatkan Domain Setelah Mengecek Kepemilikannya

Jadi apa langkah selanjutnya untuk mendapatkan domain brander atau keren untuk nama website serta blog Anda?

Pada titik ini, Anda memiliki 3 (tiga) langkah atau jalan berbeda yang perlu untuk dipertimbangkan.

1. Hubungi Pemilik Nama Domain

Jika salah satu langkah di atas mengarahkan Anda ke pemilik situs web, sekarang saatnya menghubungi pemilik nama domain!

Kalian dapat membuat e-mail yang memberi tahu mereka bahwa Anda tertarik untuk membeli domain tersebut.

2. Sewa Broker Domain

Jika Anda belum berhasil menemukan informasi kontak pemilik pada saat ini, atau jika Anda sudah tetapi masih membutuhkan bantuan untuk menavigasi proses membuat penawaran, pertimbangkanlah untuk menyewa broker domain.

Website bisnis seperti Sedo hadir secara khusus untuk membantu mengelola kesepakatan antara penjual dan pembeli domain.

3. Pertimbangkan Ekstensi dan Nama Domain Baru

Ada kemungkinan besar bahwa meskipun Anda melakukan semua langkah di atas, orang yang memiliki domain tersebut sekarang tidak ingin menjualnya, atau hanya akan menerima harga yang lebih tinggi daripada yang dapat Anda bayarkan.

Dalam hal ini, Anda bukanlah orang pertama yang harus menemukan alternatif dari nama depan domain brander dan keren yang Anda pilih.

Pertimbangkan ekstensi dan nama domain baru yang berbeda, terlebih jika .com sudah digunakan, .net atau .co mungkin masih tersedia.

Selain itu, kalian juga dapat memikirkan tentang ide nama domain lain yang sesuai atau relevan dengan bisnis Anda.

Anda mungkin baru saja menemukan sesuatu yang lebih Anda sukai daripada ide Anda sebelumnya.

Kesimpulan

Oke, Kami pikir sudah cukup untuk pembahasan tentang Apa itu WHOIS dan Record, Bagaimana Cara Mengecek Pemilik Situs dengan Cek WHOIS Domain Website .Com, Pandi (.id), Co.Id, dan Lainnya Berserta IP-nya.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa WHOIS adalah layanan yang memberikan informasi dasar tentang domain terdaftar, seperti informasi kontak pemilik domain, status ketersediaan domain, dan perusahaan tempat domain terdaftar (ini disebut dengan Registrar).

Terkait masalah privasi, penting untuk diperhatikan bahwa tidak ada cara untuk menyembunyikan keberadaan pendaftaran domain karena siapa pun dapat memeriksa WHOIS untuk mengonfirmasi status domain.

Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) mengharuskan informasi kontak dari mereka yang memiliki dan mengelola nama domain tersedia untuk umum melalui direktori WHOIS.

Well, memang, terlepas dari apakah kalian ingin memulai bisnis blogging atau hanya ingin sekedar membuat web perusahaan dengan nama atau alamat domain branded yang relevan, perlu kalian pahami bahwa menemukan nama domain bagus yang belum diklaim itu sulit.

Ada begitu banyak situs web di luar sana sehingga banyak ide-ide untuk pastinya telah diambil.

Tapi Anda mungkin masih bisa membeli domain yang Anda inginkan!

Dan jika gagal, sedikit kreativitas atau fleksibilitas dengan cara Kami di atas pastinya akan membantu Anda menemukan yang berhasil dengan baik.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam tulisan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Apa itu WHOIS dan Record, Bagaimana Cara Mengecek Pemilik Situs dengan Cek WHOIS Domain Website .Com, Pandi (.id), Co.Id, dan Lainnya Berserta IP-nya.

Semoga apa yang sudah Kami buat dan sampaikan disini dapat berguna serta dapat menambah wawasan Anda dan juga mengatasi kesulitan untuk mendapatkan data catatan atau WHOIS Record untuk sebuah domain.

Silahkan share dan bagikan kepada kerabat, teman, mitra kerja dan bisnis kalian jika Anda rasa tulisan ini bermanfaat bagi kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.