Konverter Hijriah (Hijriyah) Online

Gambar Dari Apa Itu Kalender Masehi Dan Hijriah Bagaimana Cara Convert Konversi Atau Mengubah Tanggal Ke Kalender Masehi Atau Gregorian Hijriah Dengan Converter Konverter Hijri Online dan Secara Manual
Gambar Dari Apa Itu Kalender Masehi Dan Hijriah Bagaimana Cara Convert Konversi Atau Mengubah Tanggal Ke Kalender Masehi Atau Gregorian Hijriah Dengan Converter Konverter Hijri Online dan Secara Manual

Apa itu Kalender, Masehi dan Hijriah? Bagaimana Cara Mengubah Tanggal ke Kalender Masehi (Gregorian), Hijriah dengan Converter (Konverter) Hijri Online dan Manual?

Oke sebelumnya, seperti yang kita ketahui, tahun kalender juga disebut tahun sipil dan berisi 365 hari penuh atau 366 untuk tahun kabisat.

Benar, kalender ini dibagi menjadi bulan, minggu, dan hari.

Kalender Gregorian atau yang juga dikenal dengan Masehi (khususnya di negara Indonesia) adalah standar internasional dan digunakan di sebagian besar dunia untuk mengatur acara keagamaan, sosial, bisnis, pribadi, dan administrasi.

Kalender berguna bagi individu dan perusahaan untuk mengatur jadwal mereka, merencanakan acara dan kegiatan, dan menandai acara-acara khusus di masa depan.

Kalender Islam (Hijriah) adalah kalender lunar.

Ini dimulai pada 622 M. Dengan rumus sederhana, maka kita dapat mengubah tanggal. Seringkali, dalam urusan administrasi organisasi keagamaan, kita harus menuliskan tanggal di dokumen dengan tanggal arab dan kadang itu bisa memakan waktu dalam mencarinya bukan?

Baiklah, terkait hal itu, kali ini Kami akan membagikan converter (konverter) hijriah atau hijri Islam serta bagaimana cara mengubahnya secara manual.

Pengertian Kalender

Kalender adalah sistem ketepatan waktu yang menentukan awal dan panjang serta pembagian tahun

Satu tahun kalender adalah periode satu tahun yang dimulai pada 1 Januari dan berakhir pada 31 Desember, berdasarkan kalender Gregorian yang pada umumnya kita digunakan (termasuk di Indonesia).

Terkait dengan dunia bisnis, dengan tujuan perpajakan perorangan dan perusahaan, tahun takwim biasanya bertepatan dengan tahun fiskal dan karenanya secara umum terdiri dari semua informasi keuangan tahun yang digunakan untuk menghitung pajak penghasilan yang terutang.

Apa itu Masehi (Gregorian)?

Kalender Gregorian adalah kalender yang saat ini digunakan pada umumnya, dan seringkali sebagai kalender sipil dan gereja.

Dilembagakan oleh Paus Gregorius XIII pada tahun 1582, kalender tersebut memiliki 365 hari dengan satu hari ekstra setiap empat tahun (tahun kabisat) kecuali dalam tahun yang habis dibagi 100 tetapi tidak habis habis 400.

Dengan demikian, tahun kalendernya memiliki rata-rata panjang sebanyak 365,2422 hari.

Apa itu Hijriah dalam Arab dan Islam?

Gambar Apa Itu Kalender Masehi Atau Gregorian Dan Hijriah Hijri Arab Islamic Atau Islam
Gambar Apa Itu Kalender Masehi Atau Gregorian Dan Hijriah Hijri Arab Islamic Atau Islam

Kalender Hijriah adalah kalender lunar yang perhitungan waktunya terikat dengan fase bulan.

Setiap bulan berlangsung selama satu bulan penuh, yang merupakan rentang waktu dari satu bulan baru (hilal) ke bulan berikutnya.

Yup! Siklus bulan ini mencakup semua fase bulan.

Waktu bulan dalam kalender Islam didasarkan pada pengamatan astronomi.

Bulan baru hanya dapat dimulai setelah bulan sabit terbesar terlihat segera setelah matahari terbenam.

Waxing Crescent Moon adalah istilah untuk fase bulan yang dimulai tepat setelah bulan baru.

Terkait sejarahnya sendiri, Khalifa Umar ibn Al-Khattab, dianggap sebagai pencipta kalender Hijriah, yang terdiri dari 12 bulan, ditentukan oleh siklus bulan.

Hingga saat ini, bulan purnama dan bulan sabit digunakan untuk mengkonfirmasi awal dan akhir setiap bulan, terutama untuk menetapkan awal Ramadhan, awal bulan Syawal dan tanggal Idul Adha dan Idul Fitri.

Konverter Hijriah (Hijriyah) Online

Hijri Calendar Converter



Cara Konversi dan Mengubah Tanggal Kalender Masehi (Gregorian) ke Arab, Hijriah (Hijriyah) Islam Secara Manual

Ilustrasi Gambar Bulan Baru Hilal Dalam Cara Menghitung Convert Atau Konversi Kalendar Masehi Hijriah Secara Manual
Ilustrasi Gambar Bulan Baru Hilal Dalam Cara Menghitung Convert Atau Konversi Kalendar Masehi Hijriah Secara Manual

Baiklah, jadi bagaimana cara konversi atau mengubah tanggalnya secara manual selain dengan menggunakan tools (alat) online untuk konversi tanggal dari Hijriah ke Masehi (Gregorian) atau dari Kalender Arab (Islam) Hijri ke Gregorian Kami di atas?

Oke, baiklah, sebelumnya disini Kami akan menjelaskannya dengan memulainya dari nama هجْرة (hijrah), ini menggambarkan migrasi nabi Islam Muhammad dan pengikutnya dari Mekah ke Madinah pada bulan Juni 622 Masehi.

Benar! Ini juga menandai awal dari kalender Islam atau (bulan) Hijriah, yang disebut التَّقْوِيم الهِجْرِيّ الْقَمَرِيّ.

Kalender Arab atau Muslim adalah kalender lunar dan tidak mengikuti tata surya seperti kalender Gregorian atau Persia.

Biasanya dalam bahasa Arab ditandai dengan huruf ھ, Itu ditulis dalam bentuk yang ada di awal kata (ھ) dan bukan bentuk yang berdiri sendiri seperti huruf ه.

Well, Kami sendiri tidak paham mengapa, apa karena mungkin agar kita tidak dibingungkan dengan angka 5 atau apa?

Oke, jika masih belum jelas, kalian dapat mencari informasi dan referensi lainnya yang khusus membahas tentang hal itu, khususnya huruf Arab dalam Islam.

Kemudian, kalender Masehi atau Kristen ditandai dengan huruf Arab م artinya: مِيلادِيّ, A.D.

Baik, kembali ke awal permasalahan kita yaitu mengubah tanggal Masehi ke Hijriah secara manual.

Sebagai contoh, mari kita hitung tahun Masehi berapakah 1443 Hijriah dalam kalender Arab Islam?

Untuk menghitungnya, pertama-tama, perlu kita ingat bahwa 1 (satu) tahun lunar memiliki waktu sekitar 354 hari.

Maka dari itulah, kita perlu mengubahnya.

Cara termudahnya, yaitu adalah dengan menggunakan faktor korektif sebagai berikut:

354 dibagi 365 = 0,97

Sehingga, hal ini membawa kita ke sebuah rumus atau formula seperti yang akan Kami jelaskan di bawah ini.

1. Masehi ke Hijriah

Rumus atau formula untuk pertama, yaitu untuk convert dan menghitung Masehi ke Hijriah.

Jika Anda ingin mengubah tanggal dari Kalender Arab Islam menjadi tanggal Masehi, Anda perlu mengalikan tahun Hijriah asli dengan 0,97 dan menambahkan 622:

Tahun Gregorian = Tahun Hijriah × 0.97 + 622

2. Hijriah ke Masehi

Berikutnya adalah rumus atau formula dalam convertion atau konversi dan menghitung Hijriah ke Masehi atau Gregorian.

Jika Anda ingin mengubah tanggal Gregorian menjadi tanggal Muslim, maka Anda harus mengurangi 622 dari tahunnya dan mengalikannya dengan 1,0 3:

Tahun Hijriah = (Tahun Gregorian – 622) × 1.03

Dalam contoh di postingan halaman ini, maka hasilnya adalah sebagai berikut:

1443 x 0,97 + 622 = 2021,95

Tahun Masehi dari kalender Hijriah Islam setelah di-convert dan dihitung secara manual adalah 2022 (setelah digenapkan).

Kesimpulan

Oke, sudah cukup jelas bukan?

Jadi, berdasarkan pembahasan tentang Apa itu Kalender, Masehi dan Hijriah? Bagaimana Cara Mengubah Tanggal ke Kalender Masehi (Gregorian), Hijriah dengan Converter (Konverter) Hijri Online dan Manual di atas, dapat Kita simpulkan bahwa sebenarnya calendar atau kalender adalah Kalender, sistem apa pun untuk membagi waktu dalam periode yang diperpanjang, seperti hari, bulan, atau tahun, dan mengatur pembagian tersebut dalam urutan yang real serta true.

Untuk convert atau mengkonversinya sendiri, terkadang hal tersebut dalam memakan waktu yang lama, terlebih apabila kita hanya mengandalkan kalender Arab simpanan kita dan kebetulan lupa membawanya ke tempat dimana kita sendang membutuhkannya.

Agar terhindar dari masalah tersebut, Anda dapat menggunakan tools atau alat convert huruf online kalender Masehi ke Hijriyah, Hijriah, Hijri, Arab (Islam) dan sebaliknya atau dengan menghitungnya secara manual seperti yang sudah Kami jelaskan di atas.

Gunakan converter Islam, Arab calendar ke Gregorian (Masehi) Kami di atas untuk merubah atau mengubah tanggal kebutuhan Anda! Cukup klik dan pilih tanggal sekarang, kemudian pilih tombol salin untuk menyalin tanggal yang sudah di-convert.

Sekali lagi, perlu Kami tekankan bahwa pada intinya, sebuah kalender merupakan sesuatu yang sangat berguna ketika seseorang memiliki banyak komitmen dan tidak dapat mengandalkan ingatan saja untuk menjaga segala sesuatunya tetap teratur.

Ya! Kemunculan teknologi telah membuat perencanaan menjadi lebih mudah, karena kalender sekarang mudah diakses melalui komputer, smartphone, dan perangkat pribadi lainnya.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam tulisan kali ini, dimana Kami membahas terkait Apa itu Kalender, Masehi dan Hijriah? Bagaimana Cara Mengubah Tanggal ke Kalender Masehi (Gregorian), Hijriah dengan Converter (Konverter) Hijri Online dan Manual.

Semoga tulisan ini dapat berguna dan dapat menambah wawasan Anda serta mengatasi kesulitan Anda saat menghitung, convert atau konversi tanggal ke-2 (duanya).

Silahkan share dan bagikan kepada kerabat, teman atau rekan kerja kalian jika Anda rasa tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Sekian dari Saya, Terima Kasih.