Mengenal Pengertian Yandex: Apa itu Yandex N.V.? Tujuan dan Fungsi, Jenis serta Macam Layanan, Cara SEO dan Perbedaannya dengan Google Search Engine!

0
Gambar Pengertian Yandex Apa Itu Yandex N.V Tujuan Dan Fungsi Jenis Serta Macam Layanan Cara SEO Dan Perbedannya Dengan Google Search Engine
Gambar Pengertian Yandex Apa Itu Yandex N.V Tujuan Dan Fungsi Jenis Serta Macam Layanan Cara SEO Dan Perbedannya Dengan Google Search Engine

Tahukah Anda, Pengertian Yandex, Apa itu Yandex N. V.? Tujuan dan Fungsi, Jenis serta Macam Layanan, Cara SEO dan Perbedannya dengan Google Search Engine! Singkatnya, Yandex sebenarnya merupakan jawaban dari negara Rusia untuk Google. Ini dapat memberi Anda data, informasi yang ditampilkan dengan peringkat sama seperti mesin pencari lainnya seperti Google, Yahoo dan Bing. Namun, ini secara khusus dibuat untuk Rusia. Lalu peduli kita? Memang, jika Anda lebih banyak melakukan pencarian internasional, mungkin Anda akan sedikit peduli.

Ya, Yandex juga memiliki beberapa optimasi alat lokal unik yang walaupun tidak sebagus MOZ, namun lebih baik jika dibandingkan dengan sebagian besar alat yang lainnya. Jika Anda sedang berada di Eropa atau Rusia dan perlu menargetkan pencarian informasi area itu, terlebih dalam masalah SEO (baca pengertian SEO menurut ahli disini), tentu Anda ingin berteman dengan Yandex. Oke, terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang apa itu arti Yandex beserta pengertiannya secara detail dan lengkap. Baiklah langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Yandex

Yandex adalah perusahaan teknologi dan layanan internet di negara Rusia, ini merupakan situs web atau website dan search engine (mesin pencari) paling populer di Negara Rusia.

Yandex bekerja dengan memberikan hasil pencarian yang relevan dan bermanfaat bagi para penggunanya sambil meningkatkan berbagai algoritma (baca pengertian algoritma disini) teknologi tinggi untuk memastikan hasil yang lebih berharga terutama di negara Rusia.

Apa itu Yandex N.V.?

Gambar Dari Apa Itu Yandex Dan N.V. Serta Tujuan Dan Fungsinya
Gambar Dari Apa Itu Yandex Dan N.V. Serta Tujuan Dan Fungsinya

Jadi, apa itu yang dimaksud Yandex N.V. ini sebenarnya? Benar, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini lebih dikenal dengan Yandex saja.

Yandex N.V. adalah perusahaan internet multinasional Rusia, ini merupakan perusahaan teknologi terbesar di Rusia dan menawarkan berbagai jenis produk dan layanan.

Mereka terkenal karena memiliki search engine atau mesin pencari terbesar di Rusia, walaupun mereka juga terlibat dalam banyak hal lain yang berkaitan dengan teknologi dan internet dengan traffic (lalu lintas pengunjung) yang mendekati atau melampaui Google berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Computerhope.

Sejarah Yandex

Dalam membahas apa itu arti dan pengertian Yandex, tentu saja kita juga harus mengenal sedikit terkait sejarah awal search engine atau mesin pencari rusia ini bukan?

Ya, di awal-awal mulainya internet, pengguna harus menavigasi ke file bersama tertentu untuk memanfaatkan konektivitas web.

Bahkan mesin pencari yang paling pertama pun tidak memiliki kemampuan bahasa alami yang diperlukan untuk menilai relevansi dari hasil.

Namun, ketika internet telah (dapat dikatakan) matang, mesin pencari menjadi lebih efektif dengan menyisir miliaran keping data untuk mengembalikan informasi yang akurat dan berharga.

Ya, itu semua seringkali terjadi hanya dalam hitungan detik!

Search engine memainkan peran penting dalam pengembangan dan fondasi internet, karena itu memungkinkan pengguna rata-rata untuk menemukan apa yang mereka cari dengan cepat.

Ya, pada akhirnya, mesin pencari seperti Yandex juga bekerja untuk membuat semua informasi di internet dapat diakses dengan mengklik beberapa tombol.

Terkait sejarah sendiri, Yandex dimulai sebagai program pencarian Rusia untuk MS-DOS yang disebut Arkadia.

Program Arkadia ditulis oleh Arkady Volozh, Arkady Borkovsky dan Ilya Segalovich.

Kemudian pada tahun 1997, mereka meluncurkan mesin pencari Yandex.ru dan sampai sekarang mereka menawarkan layanan pencarian dan lainnya.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Tracking: Apa itu Tracking (Font) dan Letter-Spacing? Tujuan, Cara Menyesuaikan, Tips Menerapkan dalam Typography dan Perbedaannya dengan Kerning!

Berdasarkan sumber Kami, menurut website pakar atau ahli dari Wikipedia, Yandex didirikan di negeri Belanda.

Nama ini berasal dari frasa “Yet Another iNDEXer”.

Perusahaanini memiliki IPO pada tahun 2011 dan sekarang diperdagangkan secara publik di NASDAQ di AS, dengan simbol ticker YNDX.

Saat ini, mereka memiliki kapitalisasi pasar sebesar $12 miliar.

Pada tahun 2018, Yandex memiliki pendapatan global sebesar $1,85 Miliar, yang merupakan peningkatan 13,52% dari tahun 2017 sebelmnya.

Perusaahan ini juga semakin berkembang hingga sekarang ini dengan munculnya berbagai macam fitur baru pencariannya terutama di tahun 2020 sekarang.

Tujuan dan Fungsi Yandex Search Engine

Agar lebih memahami tentang apa arti dan pengertian Yandex, juga merupakan hal yang penting bagi kita untuk memahami tujuan dan fungsinya.

Seperti yang sudah Kami singgung dalam pengertian dan artinya di atas, Yandex merupakan perusahaan teknologi yang terkenal dengan rangkaian layanannya yang menjangkau mesin pencari, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), dan bahkan analitik, semuanya dibangun dengan tujuan membantu para penggunanya menavigasi dunia online dan offline.

Ya! Sebagian besar fungsi Yandex adalah seperti mesin pencari populer lainnya.

Anda mengetik frasa pencarian, tekan enter dan kemudian Anda melihat halaman hasil pencarian dengan banyak tautan biru, URL, dan deskripsinya.

Bergantung pada permintaan atau query pencarian, Anda juga dapat melihat gambar, video, dan jenis hasil pencarian lainnya.

Kami pribadi sudah mencoba mengetik berbagai frase pencarian dan hasilnya biasanya terbilang cukup bagus.

Bahkan, mereka juga sering mengembalikan beberapa halaman yang sama dengan Google.

Namun, terkadang hasil pencarian akan berubah secara acak ke bahasa Rusia bahkan ketika Kami menggunakan versi internasionalnya yaitu versi .com.

Hal ini terjadi untuk setiap frasa pencarian yang memiliki unsur “SEO” di dalamnya, sama seperti dengan Google, Anda juga dapat mengklik tab untuk beralih ke hasil pencarian untuk gambar, video, dan berita.

Menariknya, jika Anda tidak puas dengan hasil Yandex, maka ada tombol untuk mencari di Google dan Bing di bagian bawah setiap halaman hasil pencarian. Mesin pencari Yandex mirip dengan mesin pencari populer lainnya dalam banyak hal.

Agar mesin pencari mana pun berhasil, ia harus memberikan hasil yang konsisten dan relevan bagi penggunanya. Setiap hari ada milyaran pencarian yang dilakukan secara online, dan semuanya membutuhkan sumber daya yang signifikan untuk memastikan bahwa hasil yang relevan muncul kembali. Rata-rata pengguna internet sering menerima begitu saja kerumitan pencarian internet, mengharapkan setiap pencarian untuk mengembalikan hasil yang berharga setiap saat.

Meskipun keberhasilan luar biasa Yandex yaitu hasil dari fungsi mesin pencari yang kuat, tujuannya sebagai organisasi adalah untuk membantu pengguna menikmati internet secara efisien.

Jenis dan Macam Layanan Yandex

Gambar Jenis Dan Macam Layanan Yandex Search Engine Serta Bagaimana Cara SEO Pencariannya
Gambar Jenis Dan Macam Layanan Yandex Search Engine Serta Bagaimana Cara SEO Pencariannya

Dalam membahas tentang apa itu Yandex serta tujuan dan fungsi mesin pencarinya di atas, pastinya kita juga harus mengetahui apa saja jenis dan macam-macam service atau layanannya bukan?

Benar, berkenaan dengan apa yang sudah Kami jelaskan pada bagian sejarahnya di atas, Yandex telah terdaftar secara publik di NASDAQ sejak tahun 2011.

Mereka terus menjadi pilihan populer bagi mereka yang ingin berinvestasi di perusahaan teknologi yang berkembang.

Ya, Yandex juga menawarkan beberapa service atau layanan bagi mereka yang berkelut dalam dunia teknologi.

Adapun beberapa jenis dan macam-macam ayanan Yandex yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut:

  • Yandex.Connect; Layanan ini merupakan layanan B2B mirip dengan Google Apps.
  • Yandex Disk; Ini merupakan penyimpanan cloud.
  • Yandex.DNS; Adalah DNS publik gratis.
  • Yandex.Mail; Merupakan layanan e-mail dengan penyimpanan yang tidak terbatas.
  • Yandex.Images; Pencarian gambar dengan keyword (kata kunci) atau file yang berbentuk image
    (gambar).
  • Yandex.Money; Lakukan pembayaran elektronik ke vendor atau pengguna lain.
  • Yandex.Taxi; Menghubungkan pengguna dengan layanan taksi Rusia.
  • Yandex.Translate; Terjemahkan teks secara online.
  • Yandex.Video; Cari film dan klip video.
  • Yandex Browser; Yandex juga menerbitkan browser web sendiri, Yandex Browser, yang didasarkan pada Chromium.
Baca Juga :  Memahami Pengertian LAN: Menurut Ahli, Fungsi, Jenis, Ciri dan Karakteristik, serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Terlepas dari apa yang Kami sampaikan di atas dan sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa, situs atau website utama Yandex terletak di https://yandex.ru/.

Cara SEO dan Memaksimalkan Pencarian Yandex

Lalu bagaimana cara SEO (Search Engine Optimization) dan memaksimalkan pencarian optimasi mesin pencari pada Yandex?

Ya, Jika Anda ingin mengoptimalkan kinerja situs Anda di Yandex, maka Anda harus mulai dengan menambahkannya ke tools atau alat Yandex Webmaster yang merupakan layanan analytics (analitik) gratis yang disediakan oleh Yandex.

Itu mirip dengan Google Search Console dan Bing Webmaster Tools.

Anda dapat menggunakan ini untuk mengunggah sitemap atau peta situs (baca pengertian peta situs disini) Anda ke Yandex, melacak kinerja Anda, melihat kesalahan crawl atau perayapan, dan lain sebagainya.

Menurut Kami pribadi, meningkatkan SEO untuk Yandex sangat mirip dengan cara meningkatkan SEO untuk mesin pencari lainnya.

Berikut Ini adalah beberapa faktor peringkat SEO Yandex yang dapat Anda optimalkan untuk meningkatkan pencariannya:

  • Keywords (kata kunci); Sama seperti dengan mesin pencari lainnya, Anda perlu memasukkan kata kunci dalam judul dan teks Anda.
  • Search intent atau maksud pencarian; Sama seperti Google, konten Anda harus memenuhi maksud dari orang yang melakukan pencarian.
  • Kualitas konten; Memiliki konten berkualitas tinggi yang menjawab permintaan pencarian orang merupakan hal yang sangat penting.
  • SEO on-page; Optimalkan tag judul Anda, deskripsi, URL, link atau tautan internal, dan banyak lagi hal terkait lainnya.
  • Meta tag keyword; Yang menarik, Yandex masih menggunakan tag meta kata kunci untuk tujuan peringkat (Sedangkan Google sudah mengabaikannya).
  • Kecepatan situs; Situs yang memuat peringkat lebih cepat lebih tinggi di Yandex.
  • Kegunaan seluler: Penting agar situs Anda berfungsi dengan baik dan terlihat bagus dalam perangkat seluler.
  • Penargetan geografis: Hasil pencarian di Yandex mungkin sangat berbeda tergantung pada lokasi pencari.
  • Hukuman atau penalty pada popup; Seperti Google, Yandex dapat menghukum situs yang memiliki popup yang mengganggu dan atau menyesatkan.
  • Crawlability; Sangat penting bahwa situs Anda tidak memblokir robot dan tidak disembunyikan melalui tag noindex.
  • Link: Tautan masuk juga merupakan faktor peringkatnya.

Selain itu, menariknya adalah bahwa link (tautan) atau backlink mungkin kurang penting di Yandex SEO daripada di Google untuk jenis query (kueri) tertentu.

Berdasarkan informasi yang Kami dapatkan, hal ini terjadi karena mereka memiliki masalah besar dengan spam link di Rusia dan memutuskan untuk mendevaluasi tautan sebagai faktor peringkat untuk beberapa permintaan komersial.

Perbedaan Yandex dengan Google Search Engine

Kemudian, dalam subbagian ini Kami akan menjelaskan tentang apa yang membedakan mesin pencari Yandex dengan Google search engine.

Memang, angka pangsa pasar Yandex terbilang relatif stabil jika tidak meningkat selama beberapa tahun terakhir, dan Kami pribadi sangat percaya bahwa Yandex akan tetap menjadi mesin pencari yang dominan terutama di Negara Rusia.

Di bawah ini adalah apa saja perbedaan serta keuntungan utama menggunakan Yandex dibandingkan dengan Google, terlebih jika menggunakan Yandex daripada menggunakan Google di negara Russia.

1. Yandex Adalah Portal

Terkait pada penjelasan artinya di atas, Yandex ini merupakan tujuan media terbesar di seluruh Rusia dan bagi banyak orang Rusia, Yandex.ru adalah tempat mereka memulai hari mereka.

Baca Juga :  Mari Memahami Pengertian Cartridge: Jenis, Fungsi dan Urutan Isi Warna Tinta Printernya!

Betul, faktanya sendiri, Yandex merupakan properti media online terbesar di seluruh Rusia.

2. Yandex Lebih Baik untuk Pencarian Berbahasa Rusia

Yandex diciptakan khusus untuk pasar Rusia dan lebih mampu menangani tantangan pencarian Rusia tertentu.

Secara umum, Google hampir tidak seefektif kekita parsing atau memahami maksud pengguna atas ejaan dalam pencarian non-Inggris, ini bahkan lebih lemah dalam bahasa Rusia sendiri.

3. Yandex Populer di Android

Meskipun Google dapat menggunakan sistem operasi smartphone seluler berbasis Android (baca pengertian Android menurut ahli disini) untuk menumbuhkan penelusuran seluler.

Hal itu karena sifat penelusuran Google yang melekat di Android, namun hal tersebut tidak terlalu efektif jika di negara Rusia.

4. Yandex Memiliki Bahasa Rusia

Meskipun orang Rusia sangat peduli terhadap brand atau merek Rusia, mereka juga tampaknya menyukai produk asing.

Meskipun demikian, setelah ada beberapa masalah, orang Rusia mungkin lebih suka menggunakan Yandex hanya karena mereka tidak terlalu mempercayai Google.

5. Algoritma Yandex dapat Memperhitungkan Spam

Algoritma dari Yandex mungkin dapat memperhitungkan spam (baca selengkapnya pengertian spam disini) dengan lebih baik. Pasar online Rusia terkenal karena metode spam tautan langsung.

Penyebal hal itu karena ada banyak “iklan” agensi yang ada hanya untuk menjual tautan dengan tujuan meningkatkan peringkat pencarian.

Kesimpulan

Sudah cukup jelas bukan? Oke, berdasarkan penjelasan dan pembahasan mengenai Pengertian Yandex, Apa itu Yandex N. V.? Tujuan dan Fungsi, Jenis serta Macam Layanan, Cara SEO dan Perbedannya dengan Google Search Engine di atas, dapat kita simpulkan bahwa, sebenarnya Yandex adalah sebuah perusahaan multinasional Rusia yang berspesialisasi dalam produk dan layanan terkait internet, termasuk transportasi, layanan pencarian dan informasi, e-commerce, navigasi, aplikasi mobile, dan iklan online. Yandex menyediakan lebih dari 70 layanan secara total. Didirikan di negara Belanda, Yandex terutama melayani audiens di Rusia dan negara-negara lainnya. Pendiri perusahaan dan sebagian besar anggota tim berlokasinya di Rusia dan memiliki 18 kantor komersial di seluruh dunia.

Yandex merupakan perusahaan teknologi terbesar di Rusia dan mesin pencari terbesar di internet di Rusia, dengan pangsa pasar lebih dari 52%. Halaman beranda Yandex.ru adalah situs web ke-4 paling populer di Rusia. Selain itu, Yandex juga memiliki pangsa pasar terbesar dari semua mesin pencari di Commonwealth of Independent States dan merupakan mesin pencari terbesar ke-5 di dunia setelah Google, Baidu, Bing, dan Yahoo.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam postingan Kami kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian Yandex, Apa itu Yandex N. V.? Tujuan dan Fungsi, Jenis serta Macam Layanan, Cara SEO dan Perbedannya dengan Google Search Engine. Semoga apa yang telah Kami terangkan disini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kalian semua dalam memahaminya.

Jangan lupa like, share dan subscribe blog dan YouTube Kami agar dapat selalu mengedukasi kalian semua dalam mempelajasi teknologi dan informasi beserta istilah-istilah terkaitnya. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar