Pengertian Wiki: Sejarah dan Cara Kerja Website (Situs) Wiki

0
Gambar Dari Pengertian Wiki Apa Itu Wiki Karakteristik Sejarah Dan Cara Kerja Wiki Website Atau Situs Wiki
Gambar Dari Pengertian Wiki Apa Itu Wiki Karakteristik Sejarah Dan Cara Kerja Wiki Website Atau Situs Wiki

Sebenarnya, apa itu pengertian Wiki? Wiki dieja “Wiki” adalah program server yang memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dalam membentuk konten situs Web. Istilah ini berasal dari kata “wikiwiki,” yang berarti “cepat” dalam bahasa Hawaii.

Wiki menyediakan antarmuka yang disederhanakan. Tidak perlu tahu HTML. Kapan saja, kontributor dapat meninjau riwayat halaman yang sedang mereka kerjakan atau mempratinjau halaman Web sebelum menerbitkannya.

Pengertian Wiki

Wiki adalah situs web yang memungkinkan pengunjung situs untuk menambah dan mengedit konten. Secara umum, pengunjung situs menggunakan browser mereka untuk mengedit teks tanpa memerlukan kode HTML. Selain itu, beberapa Wiki memungkinkan penambahan dan pengeditan gambar, tabel dan komponen interaktif berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari situs Technopedia.

Istilah wiki juga dapat merujuk pada perangkat lunak yang digunakan untuk membuat situs Web tersebut. Sebaliknya, situs blog memungkinkan pengunjung untuk menambahkan konten, tetapi biasanya tidak memungkinkan mereka untuk mengubah atau mengedit komentar sebelumnya dari orang lain.

Untuk mendeskripsinya lebih baik yaitu, wiki adalah sistem manajemen konten kolaboratif yang paling sederhana yang mungkin bisa berfungsi. Terdengar rumit, bukan? Itu mungkin sebabnya Ward Cunningham memilih untuk tidak menggambarkannya seperti itu, tetapi itu benar-benar deskripsi yang lebih akurat karena menunjukkan sesuatu yang istimewa yang menyebabkan wiki membakar melalui web seperti api.

Wiki Mirip Seperti Koran

Untuk memahami wiki dan pengertiannya, Anda harus memahami gagasan sistem manajemen konten. Sesulit namanya, sistem manajemen konten, kadang-kadang disebut dengan inisial mereka (CMS), benar-benar konsep yang cukup sederhana.

Bayangkan Anda adalah editor sebuah surat kabar dan itu adalah tugas Anda untuk mengeluarkan koran setiap hari. Sekarang, setiap hari, artikel di koran akan berubah. Suatu hari, seorang walikota mungkin terpilih, pada hari berikutnya, tim sepak bola sekolah menengah memenangkan kejuaraan negara bagian, dan hari berikutnya, kebakaran menghancurkan dua bangunan di pusat kota. Jadi, setiap hari Anda harus memasukkan konten baru ke koran.

Wiki adalah CMS (Sistem Manajemen Konten)

Semua tahu bahwa Situs Web bekerja dengan cara yang sama. Jika Anda perhatikan, sebagian besar situs web mirip dengan koran Anda. Nama situs web dan menu untuk bernavigasi cenderung tetap sama sementara konten yang sebenarnya berubah dari halaman ke halaman.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Verifikasi: Proses, Metode, Contoh dan Perbedaannya dengan Validasi!

Sebagian besar situs web dirancang melalui sistem manajemen konten yang memungkinkan pencipta menyediakan konten kepada pengguna dengan cepat dan mudah dengan cara yang sama seperti editor dapat dengan cepat menarik artikel baru ke dalam surat kabar tanpa harus merancang setiap aspeknya dengan masing-masing tangan.

Yang paling sederhana dari sistem manajemen konten di web adalah blog. Ini adalah tentang terus terang yang Anda bisa dapatkan, yang merupakan salah satu alasan utama mengapa blog sangat populer. Anda cukup mengetik apa yang ingin Anda katakan, berikan judul, dan klik terbitkan. Sistem manajemen konten kemudian akan mencap tanggal dan meletakkannya di halaman utama.

Wiki adalah Tempat Kolaborasi Konten

Itulah yang membuat wiki hebat. Mereka mengumpulkan pengetahuan sekelompok orang untuk menciptakan sumber daya terbaik. Jadi, pada dasarnya, sebuah artikel menjadi jumlah pengetahuan orang-orang yang mengerjakan artikel tersebut. Dan, seperti dalam Trivial Pursuit ketika kita bisa melakukan yang lebih baik ketika kita berada di tim, sebuah artikel menjadi lebih baik ketika itu dibuat oleh tim.

Itulah kelebihan wiki. Melalui upaya kolaboratif, Kita dapat menciptakan sumber daya yang lebih unggul dari apa pun yang bisa Kita capai sendiri.

Apa Itu Wiki dan Karekteristiknya?

Ilustrasi Gambar Pengertian Wiki Apa Itu Wiki Karakteristik Sejarah Dan Cara Kerja Wiki Website Atau Situs Wiki
Ilustrasi Gambar Pengertian Wiki Apa Itu Wiki Karakteristik Sejarah Dan Cara Kerja Wiki Website Atau Situs Wiki

Berdasarkan pengertian Wiki di atas, Kita tahu bahwa Wiki merupakan situs web yang memungkinkan pengunjung untuk mengkolaborasikan konten. Adapun karakteristik utama dari suatu Wiki adalah kemudahan di mana halaman web, yang disebut “halaman wiki,” dapat dibuat dan diedit, sering diterima tanpa ulasan atau modifikasi. Banyak wiki terbuka untuk umum dan tidak memerlukan pendaftaran.

Beberapa orang merekomendasikan untuk masuk untuk menyediakan “cookie tanda tangan wiki” untuk secara otomatis menandatangani suntingan. Namun, pengeditan sering muncul dalam real-time (waktu nyata). Sistem personal wiki mungkin memerlukan pendaftaran dan otentikasi pengguna untuk mengedit atau bahkan membaca, konten.

Beberapa wiki secara otomatis membuat salinan halaman sebelumnya, jika terjadi kesalahan atau pengeditan berbahaya, versi sebelumnya dapat dengan cepat mengganti konten yang diedit. Banyak situs wiki mendorong editor untuk mengisi “edit ringkasan” ini tidak dipublikasikan tetapi memungkinkan editor untuk meringkas perubahan dan alasannya secara singkat.

Baca Juga :  Pengertian SERM (Search Engine Reputation Management) dan Fungsinya

Sejarah Wiki

Mengacu pada pengertian Wiki di atas, Karya dari “wiki” sebenarnya berarti “cepat” atau “cepat” dalam bahasa Hawaii. Wiki pertama kali digunakan pada tahun 1994 oleh Ward Cunningham di Portland, Oregon.

Dia mengembangkan “WikiWikiWeb” setelah diilhami di Bandara Internasional Honolulu oleh karyawan bandara yang menasihatinya untuk mengambil “Shuttle Wiki Wiki” antar terminal, yang mana adalah alternatif untuk “cepat,” karena dia ingin menghindari ungkapan dari “web yang cepat.”

Cara Kerja Wiki

Mengacu pada pengertian dan sejarah dari Wiki di ata, situs website wiki beroperasi berdasarkan prinsip kepercayaan kolaboratif. Program wiki yang paling sederhana memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit konten. Wiki yang lebih maju memiliki komponen manajemen yang memungkinkan orang yang ditunjuk untuk menerima atau menolak perubahan. Contoh paling terkenal dari situs Web wiki adalah Wikipedia.

ketika Anda datang ke wiki, Anda dapat membaca apa yang ditulis komunitas wiki. Dengan mengklik tombol “edit” pada sebuah artikel, Anda dapat mengedit teks artikel. Anda dapat menambah atau mengubah apa pun yang Anda suka di artikel yang sedang Anda baca. Kesederhanaan ini dan keterbukaan dari wiki menyebabkan banyak orang langsung menolak ide tersebut.

Wiki juga tampak sangat asing dan aneh bagi banyak orang. Dari mana semua informasi itu berasal? Apakah ini dapat diandalkan? Orang berasumsi bahwa karena siapa pun dapat mengedit wiki kapan saja, wiki tersebut harus cacat. Tetapi pendukung wiki mengklaim ini adalah asumsi yang Salah. Mari kita lihat wiki yang sebenarnya untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi.

Wiki dapat menggunakan sejumlah teknik untuk mengendalikan perubahan. Riwayat revisi mungkin tersedia untuk editor yang meninjau versi halaman atau bagian sebelumnya. Halaman perubahan terbaru juga dapat dikonsultasikan. Beberapa pemirsa konten reguler dapat dengan sukarela dan teratur meninjau konten halaman dan secara otomatis diberitahu tentang perubahan.

Filosofi terbuka terkadang mengundang perubahan yang buruk. Namun, sebagian besar wiki mendekati masalah ini dengan membuat perubahan seperti itu mudah dihapus atau diedit, sebagai lawan dari upaya untuk mencegah pengeditan berbahaya tersebut. Para wiki lainnya memerlukan pendaftaran singkat atau memberikan hak istimewa tambahan atau fungsi pengeditan kepada pengguna dengan riwayat pengeditan yang valid.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Template: Apa itu Templat dan Template Design? Tujuan, Jenis dan Macam serta Contohnya!

Mengenai cara kerja Wiki, Wiki dijalankan menggunakan perangkat lunak wiki, atau dikenal sebagai mesin wiki. Mesin wiki adalah jenis sistem manajemen konten, tetapi berbeda dari kebanyakan sistem lain, termasuk perangkat lunak blog, dalam konten yang dibuat tanpa pemilik atau pemimpin yang ditentukan, dan wiki memiliki sedikit struktur yang melekat, memungkinkan struktur untuk muncul sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Ada puluhan mesin wiki (Wiki Engine) yang berbeda yang digunakan, baik mandiri maupun bagian dari perangkat lunak lain, seperti sistem pelacakan bug. Beberapa mesin wiki adalah open source, sedangkan yang lain adalah milik. Beberapa mengizinkan kontrol atas berbagai fungsi (tingkat akses) misalnya, hak mengedit dapat mengizinkan perubahan, penambahan, atau penghapusan materi. Orang lain dapat mengizinkan akses tanpa menegakkan kontrol akses. Aturan lain mungkin dikenakan untuk mengatur konten.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan mengenai pengertian Wiki di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengertian Wiki adalah situs web basis pengetahuan di mana pengguna secara kolaboratif mengubah konten dan struktur langsung dari browser web. Dalam wiki yang tipikal, teks ditulis menggunakan bahasa markup yang disederhanakan dan sering diedit dengan bantuan editor.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian Wiki, Apa itu Wiki dan Karakteristiknya, Sejarah Wiki beserta Cara Kerja Wiki dilengkapi dengan pembahasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom Komentar di bawah ini atau hubungi Kami pada halaman Kontak untuk informasi lebih lanjut. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar