Doa Muslimin dan Muslimat: Lengkap dengan Teks Latin dan Arab serta Artinya!

0
Doa Muslimin Dan Muslimat Dengan Teks Latin Dan Bahasa Arab Serta Arti Terjemahannya
Doa Muslimin Dan Muslimat Dengan Teks Latin Dan Bahasa Arab Serta Arti Terjemahannya

Doa Muslimin dan Muslimat dengan Teks Latin dan Bahasa Arab serta Arti Terjemahannya. Betul, berdoa dengan bacaan doa yang ditujukan untuk seluruh umat muslim yang ada di dunia ini adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan. Kita manusia, sebagai makhluk yang diciptaan Allah Subhanahuwata’ala, pasti tidak terlepas dari dosa, apalagi manusia adalah tempatnya khilaf. Banyak doa yang dapat kita panjatkan kepada Tuhan kita misalnya seperti doa selamat panjang, pendek dan dunia akhirat yang dapat kalian baca disini.

Setelah selesai melakukan sholat fardhu kita disunnahkan untuk membaca bacaan doa dan dzikir. Apalagi terutama karena dzikir dan istighfar yang dilakukan setelah sholat fardhu tersebut dapat menambahkan serta melengkapi apabila ada terdapat kekurangan dalam sholat kita. Selain itu, hal tersebut merupakan langkah yang dapat kita lakukan agar kita mendapatkan pahala tambahan dengan doa kita setelah kita mendekatkan diri kepada Allah saat sholat. Pada postingan kali ini, Kami akan membahas tentang bacaan doa untuk seluruh kaum mukmin di dunia yang sangat baik ini. Baiklah, di bawah ini adalah pembahasannya!

Doa untuk Kaum Muslimin dan Muslimat Adalah Sesuai Sunnah

Berdoa dengan bacaan ini adalah sesuai dengan sunnah. Berdasarkan dari Hadits sahabat Ubadah bin al-Shamit radhiyallaahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam bersabda:

مَنِ اسْتَغْفَرَ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ كَتَبََ اللهُ لَهُ بِكُلِّ مُؤْمِنٍ وَمُؤْمِنَةٍ حَسَنَةً

Artinya dan terjemahannya:

Barangsiapa yang memohonkan ampunan (yaitu doa) bagi orang-orang yang beriman, laki-laki dan (juga) perempuan, maka Allah akan mencatat bagi (diri) nya dengan setiap orang yang beriman, laki-laki dan (juga) perempuan sebagai satu pahala kebaikan.

Bacaan Doa Muslimin dan Muslimat

Gambar Mesjid Sebagai Ilustrasi Doa Untuk Seluruh Kaum Mukmin Dan Mukminat Setelah Sholat Fardhu
Gambar Mesjid Sebagai Ilustrasi Doa Untuk Seluruh Kaum Mukmin Dan Mukminat Setelah Sholat Fardhu

Sebagaimana yang sudah kita semua ketahui bahwa, doa untuk seluruh umat muslim ini sering dibaca setelah selesai sholat fardhu maupun sholat berjamaah seperti sholat jum’at dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Quran in Word Versi Terbaru: v3.0.3 Microsoft Office Windows Plugin, Full 2020 Gratis Download!

Adapun bacaan doa muslimin dan muslimat dalam bahasa arab adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

حَمْدًشَكِرِن،حَمْدً نَءِمِنْ،حَمْدً يُءَفِ نِعَمَهُ وَيُكَفِ مَزِدَهُ، يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِلْجَاَلِ وَءَذِمِ سُلْطَنِكْ

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِلْ مُسْلِمِنَ وَلْمُسْلِمَت، وَلْمُءْمِنِينَ مَلْمُءمِنَت، اَلْاَهْيَاءِمِنْهُمْوَلْاَمْوَتْ، اِنَّكَ ءَلاَكُلِّشَيْءِِقَدِر

رَبَّنَغْفِرْلَنَ وَلِ اِخْوَانِنَاَّذِنَ سَبَقُونَبِلْ اِيمَن وَلاتَجْعَلْ فيقُلوبِنَ غِلَّلِلَّذِينَ آمَنُ رَبَّنَ اِنَّكَرَءُفُرَّحِمْ

وَصَلِّ، اللّٰهُمَ،عَلَى عَبَدِكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَا وَمَولَنَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ. وَارْزُقْنَا كَمَالَ الْمُتَابَعَةِ لَهُو ظَاهِرًا وَبَاطِنًا فِي عَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Bacaan Latin:

BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM. ALHAMDULILLAAHI RABBIL ‘AALAMIIN.

HAMDAN SYAKIRIN, HAMDAN NA’IMIN, HAMDAN YU’AFI NI’AMAHU WAYUKAAFI’U MAZIDAH. YAA RABBANAA LAKALHAMDU WA LAKASYUKRU KAMAA YAMBAGHI LIJALAALI WA’ADZIMI SULTHOONIK

ALLOOHUMMA SHALLI WA SHALLIM ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD, WA’ALAA AALI SAYIIDINAA MUHAMMAD.

ALLAHUMMAGHFIRLI WALIWALIDAYYA WARHAMHUMA KAMA RABBAYANI SHOGHIRA.

ALLAHUMMAGHFIR LIL MUSLIMINA WAL MUSLIMAT, WAL MU’MININA MAL MU’MINAT, AL AHYAAI MINUM WAL AMWAT, INNAKA ‘ALA KULLI SYAI’IN QODIR.

ROBBANAGHFIRLANA WA LIIKHWAANINAL LADZINA SABAQUUNA BIL IIMAN WA LAA TAJ’AL FII QULUUBINA GHILLA LILLADZIINA AAMANU ROBBANA INNAKA ROUFUR ROKHIIM

WA SHOLLI, ALLOOHUMMA, ‘ALAA ‘IBAADIKA WA ROSUULIKA SAYYIDINAA WA MAULAANAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALIHII WA SHOHBIHII WA SALLIM. WARZUQNAA KAMAALAL MUTAABA’ATI LAHUU ZHOOHIRON WA BAATHINAN FII ‘AAFIYATIN WA SALAAMATIN, BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

SUBHAANA ROBBIKA ROBBIL ‘IZZATI ‘AMMAA YASHIFUUN, WASALAAMUN ‘ALAL MURSALIINA WALHAMDU LILLAAHI ROBBIL ‘AALAMIIN.

AL-FAATIHAH

Artinya:

Dengan (menyebut) nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmat-Nya dan menjamin tambahannya. Wahai Allah Tuhan kami, kepada-Mu lah segala puji dan bagi-Mu lah segala syukur sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan atas kekuasaan-Mu.

Limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami Nabi Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam dan para pengikutnya sampai di akhir zaman.

Baca Juga :  Mengenal Makhorijul Huruf Hijaiyah: Pengertian, Jenis, Macam dan Contohnya Sebelum Belajar Membaca Al-Qur'an!

Ya Allah ya Tuhan kami, ampunilah (dosa) kami, ampunilah (dosa) kedua orang tua kami, (berilah) Kasih sayang kepada kedua orang tua kami sebagaimana mereka telah menyayangi (dan mendidik) kami waktu masih kecil.

Ampunilah (dosa) para saudara kami, kerabat, musllimin (dan) muslimat, mukminin dan mukminat baik yang masih ada maupun yang telah wafat (meninggal)

Wahai Rabb (Tuhan) Kami, ampunilah kami dan (juga) para saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian (ada) kepada orang-orang yang beriman (yang berada) dalam hati kami. Wahai Rabb (Tuhan) kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.

Limpahkanlah rahmat ta’zim dan juga kesejahteraan, Ya Allah, kepada hamba dan Rasul-Mu (Nabi Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam), junjungan dan tuan kami, Muhammad, beserta keluarga dan (juga) sahabatnya. Berilah kami kesempurnaan (dalam) mengikuti (sunnah) beliau secara lahir dan batin, dalam keadaan sehat dan selamat, berkat rahmat-Mu, wahai Yang Maha Penyayang dari sekalian penyayang.

Masa suci Tuhanmu, Tuhan pemilik (segala) kemuliaan, dari sifat-sifat yang mereka (musuh-musuh-Nya) berikan. Keselamatan selalu tertuju kepada Rasul (Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam) dan segala puji bagi Allah penguasa alam semesta.

Kemudian dilanjutkan dengan surah Al-Faatihah. Selesai

Keutamaan Membaca Doa untuk Kaum Muslimin Dan Muslimat

Ilustrasi Gambar Keuramaan Doa Untuk Seluruh Kaum Muslim
Ilustrasi Gambar Keuramaan Doa Untuk Seluruh Kaum Muslim

Terkait keutamaannya, dalam mendoakan saudara sesama muslim tanpa kehadirannya, baik hal itu terkait ketidakhadiran fisik atau karena sudah berbeda dunia atau yang kita doakan telah meninggal dunia.

Imam Muslim, dia meletakkan beberapa hadits terkait ini dalam kitabnya yang mana setelah itu, dia diberi judul oleh Al-Imam An-Nawawi Asy-Syafi’i dengan judul “Keutamaan doa untuk kaum muslimin dengan tanpa sepengetahuan dan kehadiran mereka”.

Hal ini sesuai dengan sunnah Nabi Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam bersabda dalam hadits dari shahabiyah Ummud Darda’ yang artinya:

 Doa seorang muslim (YANG BERDOA) kepada saudaranya secara rahasia dan (ATAU) tidak hadir di hadapannya adalah sangat dikabulkan. Di sisinya ada seorang malaikat yang ditunjuk oleh Allah. Setiap kali Dia MEMANJATKAN DOA untuk saudaranya dengan kebaikan, malaikat berkata (kepadanya), “Ya Allah, kabulkanlah, dan bagimu juga (mendapatkan balasan) yang semisalnya”.

HR. Muslim

Kesimpulan

Di atas, adalah penjelasan Doa Muslimin dan Muslimat dengan Teks Latin dan Bahasa Arab serta Arti Terjemahannya. Para ulama menafsirkan bahwa doa ini merupakan doa yang mencakup segenap kaum mukmin yang ada terlebih dahulu baik dari kalangan para sahabat maupun mereka yang hidup sebelum masa sahabat dan juga untuk kaum mukminin yang datang setelah para sahabat.

Baca Juga :  Doa Iftitah: Pendek, Panjang, Macam, Hukum, Adabnya dengan Teks Latin dan Arab serta Artinya!

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa doa mereka mencakup semua kaum mukminin atau umat muslim. Mereka yang mendoakan bagi saudara sesamanya para mukmin dengan kebaikan yang ada dalam keadaan saudaranya tersebut yang tidak hadir di hadapannya dan tanpa sepengetahuan mereka.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang Doa Muslimin dan Muslimat dengan Teks Latin dan Bahasa Arab serta Arti Terjemahannya yang dapat Kami tuliskan dalam postingan kali ini. Doa ini patut dan mesti kita amalkan setiap hari minimal setelah sholat fardhu yang mana tentunya sudah kita mengetahui apa manfaat dan juga keutamaan mendoakan para saudara kita.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini, serta jangan lupa meninggalkan komentar Anda di bawah ini. Semoga bermanfaat dan menjadi berkah. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar