Inilah 9 Alternatif Google Form (Formulir) Terbaik dan Gratis untuk Membuat Survei, Umpan Balik, Kuis serta Pertanyaan Online!

0
Gambar Alternatif Google Form Atau Formulir Terbaik Dan Gratis Untuk Membuat Survei Umpan Balik Feedback Kuis Serta Pertanyaan Online
Gambar Alternatif Google Form Atau Formulir Terbaik Dan Gratis Untuk Membuat Survei Umpan Balik Feedback Kuis Serta Pertanyaan Online

Apa Alternatif Google Form atau Formulir Terbaik dan Gratis untuk Membuat Survei, Umpan Balik, Kuis dan Pertanyaan Online?

Well, sekedar kalian ketahui, Kami pribadi telah menggunakan Google Formulir selama lebih dari satu dekade, dan mereka dapat dikatakan terus membuat Kami terkesan dengan fitur-fitur baru, desain yang disempurnakan serta lebih banyak fleksibilitas ditingkatkan setiap tahunnya.

Online tools (alat daring) ini memang gratis, tetapi apakah ini memberikan tingkat kecanggihan dan penyesuaian yang harus dimiliki survei organisasi Anda?

Jawaban yang Kami dapati dari beberapa survei adalah “tidak”.

Meskipun demikian, sekarang, terutama di tahun 2020, saat ini ada banyak alternative selain Google Formulir yang mungkin bekerja lebih baik untuk startup Anda.

Bergantung pada apa yang ingin Anda lakukan, salah satu pesaing Google Formulir di bawah ini mungkin mengubah cara Anda mengumpulkan survei dan masukan pengguna.

Berkenaan dengan hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membagikan website atau aplikasi web alternatif Google Form terbaik yang dapat kalian gunakan sekarang juga.

Berikut adalah ulasannya!

Apa itu Google Form (Formulir)?

Gambar Dari Apa Itu Google Form Formulir Serta Apa Alasan Menggantinya
Gambar Dari Apa Itu Google Form Formulir Serta Apa Alasan Menggantinya

Google Form atau Formulir adalah bagian dari kumpulan tools atau alat online yang disediakan oleh Google Suite (G-Suite).

Google Formulir ini merupakan aplikasi administrasi survei yang termasuk dalam Google Drive Office Suite bersamaan dengan Google Docs (Dokumen), Google Sheets, dan Google Slides.

Dengan menggunakan layanan ini, pengguna dapat dengan mudah mentransfer data yang dikumpulkan dari formulir ke spreadsheet yang terorganisir.

Alasan Beralih dari Google Form (Formulir)

Sebelumnya, apa alasan Anda mengganti Google Form (Formulir)?

Ya! Jika Google Formulir sudah cukup bekerja untuk Anda, itu berarti sudah bagus.

Benar! Tidak perlu memperbaiki apa yang tidak rusak.

Memang, konon, ada banyak alasan bagus untuk mencari alternatifnya.

Sebagai contoh misalnya, bagaimana jika Anda ingin menyesuaikan gaya pada formulir Anda?

Alasan lain Anda mungkin ingin menjelajahi alternatif dari Google Formulir adalah untuk menambahkan pemrosesan pembayaran ke masukan pengguna Anda.

Anda mungkin juga khawatir dengan membatasi akses ke formulir Anda.

Google Formulir memungkinkan Anda memberikan akses ke akun Gmail tertentu, tetapi Anda tidak dapat menambahkan nama pengguna dan akses sandi atau izin berbasis tim ke formulir Anda.

Terakhir, Anda mungkin menginginkan integrasi yang lebih dalam antara formulir dan situs web Anda.

Sebagai contoh misalnya, jika Anda menggunakan WordPress, Anda tidak dapat memasukkan data Google Formulir ke situs web Anda tanpa alat pihak ke-3 (tiga).

9 Alternatif Selain Google Form atau Formulir Terbaik untuk Membuat Survei, Umpan Balik, Kuis dan Pertanyaan Online

Alternatif pengganti sudah Kami kumpulkan disini tersedia secara gratis dan sebagian berbayar dengan model freemium (baca pengertian freemium disini) untuk digunakan oleh siapa saja.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Leading: Apa itu Leading (Font) dan Line-Height? Sejarah Kata, Tujuan, Cara Menyesuaikan dan Tips Menerapkannya dalam Typography!

Selain itu, mereka juga memiliki banyak fitur tambahan dalam penggunaannya.

Baiklah langsung saja, di bawah ini adalah daftar website atau aplikasi web penyedia layanan pengganti selain Google Form atau Formulir yang dapat kalian coba gunakan.

1. JotForm

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web JotForm Sebagai Alternatif Pengganti Selain Google Form
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web JotForm Sebagai Alternatif Pengganti Selain Google Form

Layanan formulir online pertama yang mirip dengan Google Form pertama yaitu adalah JotForm.

Benar! JotForm memberi Anda ratusan tema dan template (baca pengertian template disini) untuk memastikan formulir Anda menonjol dan sesuai dengan merek Anda.

Paket berbayar mereka juga mencakup Kepatuhan aturan Health Insurance Portability and Accountability Act (HIPAA), jadi jika Anda berada dalam lingkungan perawatan kesehatan, Anda mungkin ingin menggunakan JotForm.

Alternatif bentuk Google yang kuat ini memiliki antarmuka drag (seret) dan drop (lepas) yang intuitif yang membuat pembuatan formulir jauh lebih mudah.

Pengguna dapat menghasilkan prospek, membagikan formulir mereka, dan mengumpulkan tanggapan secara terorganisir.

Fitur utama mencakup seperti kemudahan menyesuaikan tampilan pertanyaan Anda dengan bantuan opsi field style (gaya bidang), menggunakan fitur tweeting formulir dengan mudah atau dengan membuat desain Anda lebih inovatif dengan bantuan suntikan CSS.

Selain itu, Anda dapat menggunakan tanda tangan digital serta fitur reCAPTCHA sebagai ganti Captcha yang asli, menggunakan logika bersyarat, membuat formulir percakapan dan terjemahan untuk penggunaan yang multibahasa.

2. Crowdsignal

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Crowdsignal
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Crowdsignal

Alternatif selain layanan Google Form atau formulir berikutnya yaitu adalah Crowdsignal.

Dengan menggunakan platform layanan online ini, Anda dapat mendapatkan hasil tanggapan yang Anda butuhkan, di mana saja.

Kalian dapat membuat survei dan kuis yang fleksibel dengan Crowdsignal.

Kumpulkan, atur, dan analisis data kalian dari berbagai sumber, termasuk media sosial dan mobile (seluler).

Anda dapat mengontrol setiap aspek survei Anda sehingga Anda dapat menyesuaikan pengalaman surveyor Anda agar sesuai dengan brand atau merek kalian.

Kalian juga dapat dalam language (bahasa) apa pun, mengubah warna, menambahkan gambar, membuat pertanyaan bercabang (nesting), dan banyak lagi yang lainnya.

3. Dislack

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Dislack
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Dislack

Alternatif formulir online selanjutnya yaitu Dislack.

Perlu kalian ketahui bahwa ini merupakan layanan yang menyediakan pembuatan formulir modern.

Sebagian database, sebagian pembangun formulir, dan sepenuhnya dapat disesuaikan.

Mulailah membuat, menghubungkan, dan mengumpulkan di berbagai platform.

Anda dapat menggunakan pembuat formulir Dislack untuk membuat semua formulir yang Anda butuhkan, terlebih jika kalian mencari sesuatu yang lebih advanced (canggih), gunakan titik akhir kami dan kodekan Anda sendiri.

Tinjau semua formulir dan kiriman Anda di satu dasbor (baca pengertian dasbor disini) serta gunakan data Anda untuk menghasilkan prospek, newsletter (buletin) atau mengembangkan jaringan Anda.

Selain itu, kalian juga dapat mengintegrasikan aplikasi favorit Anda ke Dislack untuk kreasi tanpa batas.

4. Typeform

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Typeform Alternatif Dari Google Formulir
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Typeform Alternatif Dari Google Formulir

Daftar alternatif G-Form ke-4 (empat) yang akan Kami jelaskan dalam artikel kali ini yaitu adalah Typeform.

Dengan layanan ini, Anda dapat membuat formulir online generasi mendatang yang terbilang cukup indah dilihat dengan kelebihan dari Typeform.

Para pembuat survei, kuis atau pertanyaan lainnya kini dapat membuat dan mengajukan pertanyaan menjadi mudah di perangkat apa pun.

Baca Juga :  10 Contoh Artificial Intelligence (Produk) yang Anda Gunakan Sehari-Hari

Benar! Anda dapat mencoba secara gratis untuk melihat seberapa baik service dari Typeform, dimana kelebihan software (perangkat lunak) utamanya yaitu membuat formulir dinamis berdasarkan kebutuhan pengguna.

Ya! Beberapa kalian mungkin juga sudah mendengarnya dimana software atau perangkat lunak Typeform ini telah digunakan oleh Apple Inc., Airbnb, Uber, dan Nike, Inc. yang merupakan brand ternama.

5. Engageform

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Engageform
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Engageform

Kemudian, ada Engageform, ya, ini adalah alat keren lainnya yang digunakan untuk membuat survei, kuis, dan jajak pendapat.

Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat membuat kuis, polling serta survei hanya dalam beberapa menit.

Publish atau publikasikan formulir onlinenya dan mereka akan terlihat luar biasa di semua jenis layar.

Ini juga merupakan cara termudah untuk menghasilkan prospek, dimana Anda dapat melibatkan pengguna, mengarahkan traffic (lalu lintas pengunjung) sosial ke situs web Anda, dan mendapatkan umpan balik dari pelanggan Anda.

Yup! Semuanya dapat dilakukan dan dilihat secara real time (waktu nyata) dan di semua layar.

6. Responster

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Responster
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Responster

Alternatif Google formulir selanjutnya yaitu Responster, ini adalah solusi survei dan umpan balik lintas atau cross-platform yang ramah pengguna.

Dengan feedback (umpan balik) pelanggan, keterlibatan karyawan, tindak lanjut prospeknya, dapat Kami katakan bahwa layanan yang disediakan oleh Responster adalah alat pembuatan survei dengan mempertimbangkan bisnis.

Survei yang juga memiliki tampilan indah ini dapat dengan mudah dibuat di pembuat drag and drop serta hasil survei secara otomatis diunggah dan diatur secara visual di dashboard Anda, dimana mereka memiliki kemampuan ekspor ke Excel atau PDF yang sangat mudah.

7. SurveyMonkey

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web SurveyMonkey
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web SurveyMonkey

Berikutnya adalah SurveyMonkey.

Tools daring ini adalah layanan berbasis web survei online yang membantu Anda membuat dan menjalankan survei, kuis atau pertanyaan online profesional.

Alat ini terbilang cukup hebat, terlepas daripada mereka juga merupakan penyedia aplikasi online yang terkenal.

Benar! Sangat cepat dan mudah untuk merancang kuesioner survei profesional yang terlihat keren.

Ini sama cepatnya ketika datang untuk menampilkan hasilnya.

Kalian juga dapat dengan mudah untuk mendapatkan data Anda untuk dianalisis hasilnya.

SurveyMonkey memberi Anda alat yang ampuh untuk mempelajari apa yang diinginkan pelanggan (dan karyawan) dari Anda serta mereka dapat melakukannya dalam waktu sekitar 80% (persen) lebih cepat daripada para pesaingnya.

8. Cognito Forms

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Cognito Forms
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Cognito Forms

Cognito Forms menjadi daftar ke-8 (delapan) sebagai alternatif dari Google Form yang dapat kalian gunakan secara gratis.

Ini adalah pembuat formulir seret dan lepas yang mudah dalam membuat formulir online yang intuitif dan responsif.

Formulir dapat dibuat dengan cepat dari awal atau dari lusinan template bawaannya.

Selain itu, formulirnya juga dapat dibagikan sebagai link (tautan) atau disematkan dengan mulus ke situs web mana pun.

Entri yang terdapat di dalamnya juga dapat dengan mudah dikelola dari komputer atau perangkat mobile (seluler) apa pun.

Salah satu key feature atau keunggulan yang dimili Cognito Forms ini yaitu Anda dapat mereka pembayaran melalui unlimited integration (integrasi tanpa batas) dengan penyedia layanan pembayaran Stripe.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Resolution: Apa itu Resolusi? Jenis dan Macam, Pengukuran serta Apa yang Terjadi ketika itu Ditingkatkan atau Diturunkan!

Tidak ada biaya bulanan dalam menggunakannya, walaupun hanya ada biaya 1% (persen) dari transaksi untuk formulir yang mendukung pembayaran.

9. Microsoft Office Forms

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Microsoft Office Forms
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Microsoft Office Forms

Alternatif selain dari formulir online Google Forms terakhir yang akan Kami jelaskan disini yaitu adalah Microsoft Forms.

Microsoft Forms adalah pembuat survei online dan merupakan bagian dari Office 365.

Terkait sejarahnya sendiri, service (layanan) ini dirilis oleh Microsoft pada bulan juni tahun 2016.

Formulir online Microsoft ini memungkinkan pengajar membuat survei, kuis, soal dan pertanyaan online lainnya dengan penilaian otomatis.

Benar! Data tersebut juga dapat diekspor ke Microsoft Excel dengan hanya sekali klik!

Secara keseluruhan, dengan menggunakan layanan Microsoft Forms, Anda dapat membuat survei, kuis, pertanyaan, soal dan jajak pendapat serta dengan mudah melihat hasilnya saat sudah masuk.

Kesimpulan

Oke bagaimana, apakah kalian sudah dapat menemukan alternatif pengganti yang sesuai?

Ya! Di atas adalah Alternatif Google Form atau Formulir Terbaik dan Gratis untuk Membuat Survei, Umpan Balik, Kuis dan Pertanyaan Online yang dapat Anda gunakan selain dari layanan bawaan Google.

Jika Anda masih kebingungan dalam memilihnya, disini, Kami pribadi lebih menyarankan menggunakan JotForm.

Kenapa? terlebih jika kalian merupakan seorang dosen, guru atau tenaga pengajar, dengan fitus khusus input digital mereka dapat membuat validitas form yang kalian kirimkan menjadi lebih mantap.

Selain itu juga JotForm juga memiliki beberapa settings atau pengaturan tambahan lainnya untuk memudahkan penggunaannya.

Dan begitulah! Anda sekarang tahu persis apa alternatif Google Formulir terbaik.

Jika Anda adalah pengguna formulir Google, Kami paham kalian pasti juga mencoba untuk mencari alternatif yang lebih baik, karena fitur-fiturnya yang masih terbatas.

Apakah Anda menemukan software (perangkat lunak), web app (baca pengertian web app disini) atau aplikasi web penyedia layanan yang sesuai untuk penggunaan pribadi atau bisnis Anda?

Penutup

Demikianlah ulasan dan postingan daftar yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas tentang Alternatif Google Form atau Formulir Terbaik dan Gratis untuk Membuat Survei, Umpan Balik, Kuis dan Pertanyaan Online.

Semoga dapat bermanfaat serta dapat menjadi referensi Anda dalam memilihnya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar