Kalkulator Bandwidth (Jaringan) Online

Ilustrasi Gambar Kalkulator Bandwidth Jaringan Online Dan Cara Menghitung Bandwidth Secara Manual
Ilustrasi Gambar Kalkulator Bandwidth Jaringan Online Dan Cara Menghitung Bandwidth Secara Manual

Pengertian dan Bagaimana Cara Menghitung Bandwidth (Jaringan) dengan Kalkulator Bandwidth Online atau dengan Cara Manual?

Benar! Seperti yang kita semua ketahui, istilah kata “bandwidth” ini, memiliki sejumlah makna teknis. Tetapi sejak berkembang dan dipopulerkan internet, sekarang istilah ini umumnya merujuk pada volume informasi per unit waktu yang dapat ditangani oleh media transmisi (seperti koneksi internet).

Jangan lupa gunakan juga kalkulator resistor Kami untuk membuat rangkaian elektronik.

Koneksi internet dengan bandwidth yang lebih besar dapat memindahkan sejumlah data yang ditetapkan (misalnya, file video) jauh lebih cepat daripada koneksi internet dengan bandwidth yang lebih rendah.

Bandwidth biasanya dinyatakan dalam bit per detik, seperti 60 Mbps atau 60 Mb/s, untuk menjelaskan kecepatan transfer data 60 juta bit (MegaBit) setiap detik.

Anda dapat menggunakan tools atau alat bandwidth (jaringan) Kami untuk menghitung bandwitdh transfer Anda secara online.

Oke! Di bawah ini adalah ulasan selanjutnya!

Pengertian Bandwitdth

Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Bandwith
Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Bandwith

Jadi, apa itu bandwidth sebenarnya?

Bandwidth adalah kapasitas komunikasi jaringan kabel atau nirkabel untuk mengirimkan jumlah data maksimum dari satu titik ke titik lainnya melalui networking (jaringan komputer) atau koneksi internet dalam jumlah waktu tertentu, yang biasanya satu detik.

Bandwidth merupakan sinonim dari capacity (Kapasitas) dalam bahasa Inggris dan bandwidth ini menggambarkan laju transfer data.

Perlu kalian ketahui bahwa bandwidth bukanlah sebuah ukuran kecepatan jaringan, dimana hal ini kadang menjadi dan merupakan kesalahpahaman umum terutama orang awa,.

Sementara bandwidth secara tradisional dinyatakan dalam Bit per Second/Detik (Bps), jaringan modern memiliki kapasitas lebih besar, yang biasanya diukur dalam jutaan bit per detik yang disebut Megabit per Second/Detik, atau Mbps atau miliaran bit per detik dengan sebutan Gigabit per Second/Detik, atau Gbps.

Betul! Koneksi bandwidth dapat menjadi simetris, yang berarti kapasitas data (baca pengertian data disini) sama di kedua arah untuk “upload” atau “download” data, atau bisa juga disebut asimetris, yang berarti kapasitas unduh dan unggah tidak sama.

Dalam koneksi asimetris, kapasitas unggahan atau upload biasanya lebih kecil dari kapasitas download atau unduhan.

Cara Kerja Bandwidth

Lalu, bagaimana cara kerja bandwidth ini?

Sebelum Anda menggunakan alat atau tools calculator bandwidth (jaringan) online Kami, alangkah baiknya bagi Anda untuk mengetahui sedikit tentang bagaimana cara kerja bandwidth terlebih dahulu.

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas terkait apa itu pengertian bandwidth, semakin banyak bandwidth yang dimiliki oleh koneksi data, maka semakin banyak data yang dapat dikirim dan diterima pada suatu waktu.

Bandwidth dapat dibandingkan dengan jumlah air yang dapat mengalir melalui pipa air.

Semakin besar pipa, semakin banyak air yang bisa mengalir sekaligus.

Bandwidth bekerja dengan prinsip yang sama.

Jadi, semakin tinggi kapasitas tautan komunikasi, atau pipa, semakin banyak data dapat mengalir melaluinya per detik.

Kalkulator Bandwidth (Jaringan) Online

Ukuran File:
Kecepatan Transfer:

Waktu Transfer Data Anda:

Cara Menghitung Bandwidth (Jaringan) Secara Manual

Selain menggunakan cara untuk menghitung bandwidth (jaringan) dengan tools atau alat online di atas, pastinya kita juga harus mengetahui bagaimana cara manual untuk menghitung bandwidth atau jaringan ini bukan?

Baiklah, untuk menghitung bandwidth yang diperlukan, Anda harus terlebih dahulu memahami ukuran data Anda.

Sebagai contoh disini misalnya, Kami memiliki dokumen yang berisi 120 Kbytes data dan Kami ingin menghitung bandwidth (jaringan) yang diperlukan untuk mentransfer (satu arah) dokumen ini dari 1 komputer ke komputer lain.

Untuk menghitung berapa banyak bandwidth yang diperlukan, Kami pribadi pertama-tama mengkonversi byte dokumen menjadi bit, yaitu sebagai berikut:

10 x 120 Kbytes = 1200 bit

Jika organisasi, perusahaan atau bisnis Kami memiliki jaringan 100 Mb/detik, maka:

1,200 Kbits : 100000 Kbits/detik = 0,012 Detik
Ini digenapkan menjadi 0,1 Detik

Setelah Anda memiliki perhitungan mendasar, Anda dapat mengembangkan perhitungan Anda ke dalam menentukan keseluruhan throughput bandwidth organisasi, perusahaan atau bisnis Anda.

Perlu diingat bahwa di atas adalah ringkasan tentang cara menghitung bandwidth untuk data traffic atau lalu lintas data saja.

Ketika mengukur lalu lintas VoIP, tentunya akan ada banyak pertimbangan lain untuk dipertimbangkan.

Cara Menghitung Bandwidth Per User (Pengguna) Secara Manual

Selain dari cara untuk menghitung besar jaringan dengan kalkulator bandwidth (jaringan) online dan cara menghitung bandwidth secara manual yang sudah Kami jelaskan di atas, selanjutnya Kami juga akan menjelaskan tentang cara menghitungnya per user (pengguna).

Oke baiklah, berikut ini adalah cara hitung bandwidth per user atau penggunanya.

1. Hitung Berapa Banyak Perangkat yang akan Terhubung ke Jaringan Wi-Fi Anda Secara Bersamaan

Pertama-tama, mulai dengan hitung berapa banyak perangkan yang terhubung secara bersamaan.

Sebagai contoh, jika sebuah Hotel memiliki 18 kamar, masing-masing untuk 2 orang, yang artinya hotel ini memiliki 36 orang tamu jika dipesan penuh.

Jika setiap tamu memiliki 2 perangkat, Anda dapat melihat bahwa ada sekitar 72 perangkat keseluruhan.

2. Pilih Layanan Internet untuk Digunakan

Persyaratan bandwidth jaringan Anda juga tergantung pada penggunaan internet yang dilakukan tamu Anda saat sedang terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda.

Beberapa aplikasi internet, seperti web browser dan pesan instan seperti chatting, hanya memerlukan penggunaan bandwidth yang rendah.

Yup! Sedangkan aplikasi lain, seperti streaming video dan panggilan VoiP, membutuhkan penggunaan bandwidth yang terbilang cukup intensif (banyak).

Berikut ini adalah tabel penjelasan berat, tinggi atau rendahnya penggunaan (resource) bandwidth berdasarkan software (aplikasi) yang digunakan yang sudah Kami rangkum agar lebih mudah dimengerti.

NamaKeterangan
E-mail, Pesan InstanPenggunaan Rendah
Web BrowsingPenggunaan Rendah
FacebookPenggunaan Rendah
YoutubeMenengah
Upload photosMenengah
SkypeBerat
Google Drive, DropboxBerat
Video streaming (HD)Berat

3. Menghitung Kebutuhan dan Keperluan Bandwidth Anda

Lalu, untuk menghitung bandwidth (jaringan) yang dibutuhkan, pertimbangkan jumlah perangkat yang menggunakan Wi-Fi atau hotspot secara bersamaan yang terhubung ke jaringan Anda dan aplikasi internet yang digunakan pengguna Wi-Fi.

Kemudian, kalikan nilai ini dengan jumlah Kbps tertentu, sebagai berikut:

  • Jumlah perangkat bersamaan (penggunaan ringan) x 500 Kbps
  • Jumlah perangkat bersamaan (penggunaan sedang) x 900 Kbps
  • Jumlah perangkat bersamaan (penggunaan berat) x 2000 Kbps

Sebagai contoh, misalnya dalam sebuah ruangan (anggap saja seperti hotel), Kami memiliki 20 perangkat yang aktif secara bersamaan.

Disana terdapat 10 perangkat dengan penggunaan rendah, 8 perangkat dengan penggunaan Menengah dan 2 perangkat dengan penggunaan berat, maka cara menghitungnya:

(10 X 500 Kbps) + (8 X 900 Kbps) + (2 X 2000 Kbps) =
5000 + 7200 + 4000 = 16200 Kbps = 16,2 Mbps

Jadi, 16.2 Mbps adalah perkiraan kebutuhan Bandwidth Wi-Fi atau Hotspot Kami.

Kesimpulan

Bagaimana sudah cukup jelas bukan? Oke baiklah, jadi berdasarkan penjelasan dan pembahasan di atas, dapat Kita simpulkan bahwa sebenarnya bandwidth adalah rentang frekuensi dalam pita yang diberikan, khususnya yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal.

Adapun cara untuk menentukan atau menghitung bandwidth dalam jaringan dapat beragam, Anda dapat menggunakan kalkulator kandwidth (jaringan) online Kami atau dengan menggunakan langkah manual dalam menghitung bandwidth seperti yang sudah Kami jelaskan di atas.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam artikel atau postingan kali ini mengenai Pengertian dan Bagaimana Cara Menghitung Bandwidth (Jaringan) dengan Kalkulator Bandwidth Online atau dengan Cara Manual serta Cara Hitungnya Per User.

Selain itu, selamat mencoba tools atau alat hitungnya secara online dan silahkan hubungi Kami lebih lanjut untuk mengembangkan kalkulatornya menjadi lebih interaktif.

Silahkan share dan bagikan kepada kerabat Anda jika Anda rasa tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Sekian dari Saya, Terima Kasih.