Kalkulator Chmod (File Permission) Online

Ilustrasi Gambar Dasar Permissions Izin Linux Apa Itu Pengertian Chmod Cara Menghitungnya Dengan Kalkulator Chmod File Permission Online Dan Penjelasannya
Ilustrasi Gambar Dasar Permissions Izin Linux Apa Itu Pengertian Chmod Cara Menghitungnya Dengan Kalkulator Chmod File Permission Online Dan Penjelasannya

Apa itu Chmod? Apa Pengertian dan Penjelasan Chmod dalam Kalkulator Chmod (File Permission)? Sebelum itu biarkan Kami menebak, Anda berada disini pasti karena Anda sedang bingung dan tidak tahu tentang perintah terminal dan izin file Linux bukan? Atau mungkin Anda memiliki Website yang di-Hosting di Server Linux dan Anda telah mengalami beberapa masalah izin file yang hanya dapat diselesaikan dengan beberapa keajaiban baris perintahnya.

Apapun itu, salah satu perintah Linux yang paling penting untuk dipelajari adalah perintah kecil tapi kuat yang disebut Chmod. Tetapi sebelum Kami menjelaskan Chmod dan Kalkulator Chmod (File Permission) Online serta apa yang dilakukan perintah Chmod, kita harus terlebih dahulu memahami sedikit tentang bagaimana Linux menangani keamanan File. Baiklah, di bawah ini adalah ulasannya!

Dasar-Dasar Izin File atau File Permission pada Linux

Sebelum Anda menggunakan Kalkulator Chmod (File Permission) Online Kami, mari kita mengenal terlebih dahulu Dasar Izin File atau File Permission pada Linux. Seperti yang kita ketahui, Sistem operasi Linux sebenarnya adalah sistem mirip Unix atau yang sering di sebut Unix-Like dan pendekatan sistem Mirip Unix atau Unix-Like ini seperti, setiap file memiliki Owner (Pemilik), yang menentukan “User Class (Kelas Pengguna)” pada File. Setiap file juga memiliki Group (Grup), yang menentukan “Group Class (Kelas Grup)” file. Setiap pengguna sistem yang bukan pemilik dan tidak termasuk dalam grup yang sama adalah ditentukan sebagai Other (Orang Lain).

Semua file pada sistem mirip Unix memiliki izin yang ditetapkan untuk ketiga kelas, dan ini menentukan tindakan mana yang dapat diambil oleh kelas tersebut untuk file yang diberikan.

Apa itu Chmod?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Chmod Dan File Permission
Ilustrasi Gambar Apa Itu Chmod Dan File Permission

Lalu, apa itu Chmod? Tidak bagus bukan, jika Anda menggunakan Kalkulator Chmod (File Permission) Online Kami tanpa mengetahui apa itu Chmod? Ya, Dalam Sistem Mirip Unix atau Unix-Like, Chmod adalah perintah tingkat sistem yang merupakan kepanjangan dari Change Mode dan memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan izin file secara manual.

Jangan bingung dengan apa itu Chown, yang merupakan perintah tingkat sistem lain pada sistem Mirip Unix atau Unix-Like yang merupakan singkatan dari Change Owner dan memungkinkan Anda menetapkan kepemilikan file ke pengguna lain, atau Chgrp, yang merupakan kependekan dari Change Group dan untuk menetapkan file ke grup yang berbeda. Ini adalah hal yang penting untuk diketahui, walaupun tidak seperti yang biasa digunakan seperti Chmod.

Apa itu Chmod 644?

Chmod 644 adalah mode untuk mengatur izin file ke 644 yang membuatnya menjadi, hanya pemilik yang dapat mengakses dan memodifikasi file seperti yang mereka inginkan sementara yang lain hanya dapat mengakses tanpa memodifikasi, dan tidak ada yang dapat mengeksekusi file bahkan pemiliknya. Chmod 644 adalah pengaturan ideal untuk file yang dapat diakses publik karena menyeimbangkan fleksibilitas dengan keamanan.

Apa itu Chmod 755?

Chmod 755 adalah mode yang pada dasarnya sama dengan 644 kecuali setiap orang juga memiliki izin untuk dieksekusi. Chmod 755 ini terutama digunakan untuk direktori yang dapat diakses publik karena izin eksekusi diperlukan untuk dapat berubah menjadi direktori.

Apa itu Chmod 555?

Chmod 555 adalah mode untuk mengatur izin file ke 555 membuatnya agar file tidak dapat dimodifikasi sama sekali oleh siapa pun kecuali Superuser pada sistem. Chmod 555 ini tidak biasa dan tidak sering digunakan seperti 644, tetapi masih penting untuk diketahui karena pengaturan Read-Only mencegah perubahan dan perusakan yang tidak disengaja.

Apa itu Chmod 777?

Chmod 777 adalah mode untuk mengatur izin file ke 777 membuatnya jadi siapa pun dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan dengan file tersebut. Mengubah mode File menjadi Chmod 777 adalah sebuah risiko keamanan yang sangat besar, terutama di Web Server. Chmod 777 secara harfiah berarti siapa pun dapat mengakses file, memodifikasinya seperti yang mereka inginkan, dan menjalankannya di sistem. Anda dapat membayangkan potensi kerusakan jika pengguna yang nakal berhasil mendapatkannya.

Kalkulator Chmod (File Permission) Online

Owner Group Other
Read
Write
Execute
File Permissions: 

Penjelasan dan Perhitungan Chmod

Mengacu pada penjelasan Kami di atas tentang apa itu Pengertian Chmod, pada sistem operasi Mirip Unix atau Unix-Like, serangkaian flag yang terkait dengan setiap file menentukan siapa yang dapat mengakses file itu, dan bagaimana mereka dapat mengaksesnya. Flag atau informasi nilai ini disebut Permission (Izin) atau Mode. Nama perintah Chmod adalah singkatan dari “Change Mode”. Chmod digunakan untuk membatasi cara file dapat diakses. Secara umum, perintah Chmod dapat berupa:

chmod options permissions nama file

Jika tidak ada opsi yang ditentukan, chmod memodifikasi izin file yang ditentukan oleh “Nama File” ke izin yang ditentukan oleh “Permissions (Izin)”. Permissions (Izin) menentukan izin untuk pemilik file yaitu User (Pengguna), anggota Group (Grup) yang memiliki file, dan siapa pun lainnya Other (orang lain). Ada dua cara untuk mewakili Permissions (Izin) ini dengan simbol Karakter Alphanumeric (Alfanumerik), atau dengan angka Oktal yaitu digit 0 hingga 7.

Katakanlah Anda adalah pemilik file bernama filesaya, dan Anda ingin mengatur izinnya sehingga:

  • User (Pengguna) dapat membaca, menulis, dan menjalankannya
  • Anggota Group (Grup) Anda dapat membaca dan menjalankannya, dan
  • Other (Yang Lain) mungkin hanya membacanya.

Perintah ini dapat dilakukan dengan menuliskan pada Command Line:

chmod u=rwx,g=rx,o=r filesaya

Contoh ini menggunakan notasi izin simbolis. Huruf u, g, dan o adalah singkatan dari “User“, “Group“, dan “Other“. Tanda sama dengan “=” berarti mengatur hak akses persis (yang dituliskan), dan huruf “r“, “w“, dan “x” adalah singkatan dari “Read (Membaca)“, “Write (Menulis)“, dan “Execute (Eksekusi)“. Pada contoh di atas, Koma memisahkan kelas izin yang berbeda, dan tidak ada spasi di antaranya. Sedangkan dengan perintah Oktal, yaitu dengan menggunakan angka digit dari 0-7, berikut adalah contoh perintah yang menggunakan notasi Permissions (Izin) oktal:

chmod 754 filesaya

Di sini angka 7, 5, dan 4, masing-masing secara individu mewakili Permissions (Izin) untuk User, Group, dan Other, dalam urutan itu. Setiap digit adalah kombinasi dari angka 4, 2, 1, dan 0:

  • 4 pada Chmod adalah singkatan dari “Read”,
  • 2 pada Chmod adalah singkatan dari “Write”,
  • 1 pada Chmod adalah singkatan dari “Execute”, dan
  • 0 pada Chmod adalah berarti “No Permission”

Jadi 7 adalah kombinasi dari Permissions (Izin) Chmod:

4 + 2 + 1 (Read, Write, dan Execute)

Dan 5 adalah kombinasi dari Permissions (Izin) Chmod:

4 + 0 + 1 (Read, No Write, Execute)

Dan 4 adalah kombinasi pada Permissions (Izin) Chmod:

4 + 0 + 0 (Read, No Write, dan No Execute)

Kesimpulan

Jadi, dari pembahasan Dasar-Dasar Permissions (Izin) pada Linux, Apa itu Pengertian Chmod, Cara Menghitung Chmod dengan Kalkulator Chmod (File Permission) Online dan Penjelasan dan Perhitungan Chmod di atas, dapat kita simpulkan bahwa perintah chmod adalah perintah sangat penting diketahui, apalagi jika terkait dengan file yang ada di Website yang Anda gunakan.

Jika semua file dalam Server Anda terbuka hak aksesnya untuk digunakan oleh umum. Jika Anda terhubung dalam jaringan, maka semua pengguna Networking (Jaringan) atau Internet dapat mengakses file-file yang Anda miliki! Bayangkan apabila file penting kita dirusak atau diganti oleh pengguna yang tidak kita ketahui. Gunakan Kalkulator Chmod (File Permission) Online untuk mengetahui apa Izin File atau Permission File Anda.

Penutup

Bagaimana? Sudah jelas bukan? Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan disini terkait tentang Dasar-Dasar Permissions (Izin) pada Linux, Apa itu Pengertian Chmod, Cara Menghitung Chmod dengan Kalkulator Chmod (File Permission) Online dan Penjelasan dan Perhitungan Chmod. Semoga dapat bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.