Mengenal Apa Itu Pengertian Linux dan Materi Tentang Linux Lengkap

0
Gambar Pengertian Linux Dan Materi Tentang Linux Sejarah Linux Bagian Dan Komponen Linux Beserta Distribusi Linux
Gambar Pengertian Linux Dan Materi Tentang Linux Sejarah Linux Bagian Dan Komponen Linux Beserta Distribusi Linux

Apa itu Linux?

Sebenarnya, apa itu Pengertian Linux dan Materi Tentang Linux? Linux. Sudah ada sejak pertengahan 90-an dan sejak itu telah mencapai basis pengguna yang menjangkau industri dan benua. Bagi yang tahu, Anda mengerti bahwa Linux sebenarnya ada di mana-mana. Itu ada di ponsel Anda, di mobil Anda, di lemari es Anda, perangkat Roku Anda yang menjalankan sebagian besar Internet, superkomputer membuat terobosan ilmiah dan bursa efek dunia.

Tetapi sebelum Linux menjadi platform untuk menjalankan desktop, server, dan sistem embedded di seluruh dunia, Linux adalah (dan masih) salah satu sistem operasi yang paling andal, aman, dan bebas kekhawatiran yang tersedia.

Pengertian Linux

Linux adalah sistem operasi open source yang paling terkenal dan paling banyak digunakan. Sebagai sistem operasi, Linux adalah perangkat lunak yang berada di bawah semua perangkat lunak lain di komputer, menerima permintaan dari program-program tersebut dan meneruskan permintaan ini ke perangkat keras komputer.

Dalam membahas mengenai Pengertian Linux dan Materi Tentang Linux, kami menggunakan istilah “Linux” untuk merujuk ke kernel Linux, tetapi juga set program, alat, dan layanan yang biasanya digabungkan bersama dengan kernel Linux untuk menyediakan semua komponen yang diperlukan dari sebuah sistem operasi yang berfungsi penuh.

Beberapa orang, khususnya anggota Free Software Foundation, menyebut koleksi ini sebagai GNU/Linux, karena banyak alat yang disertakan adalah komponen GNU. Namun, tidak semua instalasi Linux menggunakan komponen GNU sebagai bagian dari sistem operasinya. Android, misalnya, menggunakan kernel Linux tetapi sangat sedikit bergantung pada alat GNU.

Perbedaan Linux dari Sistem Operasi Lain

Berdasarkan Pengertian Linux dan Materi Tentang Linux di atas, dalam banyak hal, Linux mirip dengan sistem operasi lain yang mungkin pernah Anda gunakan sebelumnya, seperti Windows, OS X, atau iOS. Seperti sistem operasi lain, Linux memiliki antarmuka grafis, dan jenis perangkat lunak yang biasa Anda gunakan pada sistem operasi lain, seperti aplikasi pengolah kata, memiliki persamaan Linux. Dalam banyak kasus, pembuat perangkat lunak mungkin telah membuat versi Linux dari program yang sama yang Anda gunakan pada sistem lain. Jika Anda dapat menggunakan komputer atau perangkat elektronik lainnya, Anda dapat menggunakan Linux.

Tetapi Linux juga berbeda dari sistem operasi lain dalam banyak hal penting. Pertama, dan mungkin yang paling penting, Linux adalah perangkat lunak open source. Kode yang digunakan untuk membuat Linux gratis dan tersedia untuk umum untuk dilihat, diedit, dan bagi pengguna dengan keterampilan yang sesuai untuk berkontribusi.

Linux juga berbeda dalam hal itu, meskipun bagian inti dari sistem operasi Linux umumnya umum, ada banyak distribusi Linux, yang mencakup opsi perangkat lunak yang berbeda. Ini berarti bahwa Linux sangat dapat dikustomisasi, karena tidak hanya aplikasi, seperti pengolah kata dan browser web, dapat ditukar. Pengguna Linux juga dapat memilih komponen inti, seperti sistem yang menampilkan grafik, dan komponen antarmuka pengguna lainnya.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Brainware: Fungsi, Jenis, Komponen, Perannya dalam Bisnis serta Contohnya!

Perbedaan antara Unix dan Linux

Dalam pembahasan Pengertian Linux dan Materi Tentang Linux ini. Anda mungkin pernah mendengar tentang Unix, yang merupakan sistem operasi yang dikembangkan pada 1970-an di Bell Labs oleh Ken Thompson, Dennis Ritchie, dan lainnya. Unix dan Linux serupa dalam banyak hal, dan pada kenyataannya, Linux pada awalnya dibuat serupa dengan Unix.

Keduanya memiliki alat serupa untuk berinteraksi dengan sistem, alat pemrograman, tata letak sistem file, dan komponen kunci lainnya. Namun, Unix tidak gratis. Selama bertahun-tahun, sejumlah sistem operasi yang berbeda telah dibuat yang berusaha untuk menjadi “unix-like” atau “unix-compatible,” tetapi Linux telah menjadi yang paling sukses, jauh melebihi pendahulunya dalam popularitas.

Siapa yang menggunakan Linux?

Anda mungkin sudah menggunakan Linux, apakah Anda mengetahuinya atau tidak. Bergantung pada survei pengguna yang Anda lihat, antara satu dan dua pertiga dari halaman web di Internet dihasilkan oleh server yang menjalankan Linux.

Perusahaan dan perorangan memilih Linux untuk server mereka karena aman, dan Anda dapat menerima dukungan yang sangat baik dari komunitas besar pengguna, selain perusahaan seperti Canonical, SUSE, dan Red Hat, yang menawarkan dukungan komersial.

Banyak perangkat yang Anda miliki mungkin, seperti ponsel Android, perangkat penyimpanan digital, perekam video pribadi, kamera, perangkat yang dapat dikenakan, dan banyak lagi, juga menjalankan Linux. Bahkan mobil Anda memiliki Linux berjalan di bawah kap.

Siapa Pemilik Linux?

Mengacu pada Pengertian Linux dan Materi Tentang Linux di atas, berdasarkan lisensi open source-nya, Linux tersedia secara bebas untuk siapa saja. Namun, merek dagang dengan nama “Linux” ada pada penciptanya, Linus Torvalds. Kode sumber untuk Linux berada di bawah hak cipta oleh banyak pengarangnya sendiri, dan dilisensikan di bawah lisensi GPLv2.

Karena Linux memiliki sejumlah besar kontributor dari berbagai dekade pengembangan, menghubungi setiap penulis secara perorangan dan meminta mereka untuk menyetujui lisensi baru hampir tidak mungkin, sehingga Linux tetap dilisensikan di bawah GPLv2 selamanya tidak dapat dipastikan.

Sejarah dibuatnya Linux

Linux diciptakan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa di University of Helsinki. Torvalds membangun Linux sebagai alternatif sumber terbuka dan gratis untuk Minix, klon Unix lain yang sebagian besar digunakan dalam pengaturan akademik.

Linus Torvalds awalnya bermaksud menamakannya “Freax,” tetapi administrator server Torvalds digunakan untuk mendistribusikan kode asli bernama direktori-nya “Linux” setelah kombinasi nama pertama Torvalds dan kata Unix, dan namanya macet.

Bagaimana Saya bisa Mulai Menggunakan Linux?

Seperti yang sudah kita ketahui dalam pembahasan Pengertian Linux dan Materi Tentang Linux ini, ada beberapa kemungkinan Anda sudah menggunakan Linux dan tidak mengetahuinya, tetapi jika Anda ingin menginstal Linux di komputer rumah Anda untuk mencobanya, cara termudah adalah memilih distribusi populer yang dirancang untuk platform Anda ( misalnya, perangkat laptop atau tablet) dan mencobanya.

Meskipun ada banyak distribusi yang tersedia, sebagian besar distribusi yang lebih tua dan terkenal adalah pilihan yang baik untuk pemula karena mereka memiliki komunitas pengguna yang besar yang dapat membantu menjawab pertanyaan jika Anda buntu atau tidak dapat memecahkan masalah. Distribusi populer termasuk Debian, Fedora, Mint, dan Ubuntu, tetapi ada banyak lainnya.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Topologi Ring: Apa itu? Cara Kerja, Ciri, Kelebihan Kekurangannya dan Contohnya!

Bagian dan Komponen OS Linux

Membahas mengenai Pengertian Linux dan Materi Tentang Linux tentunya tidak lepas dari apa Komponen yang ada pada Sistem Operasi Linux ini. OS terdiri dari sejumlah bagian:

1. Bootloader

Perangkat lunak yang mengelola proses booting komputer Anda. Untuk sebagian besar pengguna, ini hanya akan menjadi splash screen yang muncul dan akhirnya hilang untuk boot ke sistem operasi.

2. Kernel

Ini adalah bagian dari keseluruhan yang sebenarnya disebut “Linux”. Kernel adalah inti dari sistem dan mengelola CPU, memori, dan perangkat periferal. Kernel adalah level “terendah” dari OS.

3. Daemon

Ini adalah layanan latar belakang (pencetakan, suara, penjadwalan, dll) yang dijalankan saat boot, atau setelah Anda masuk ke desktop.

4. Shell

Anda mungkin pernah mendengar menyebutkan tentang baris perintah Linux. Ini adalah shell yang merupakan proses perintah yang memungkinkan Anda untuk mengontrol komputer melalui perintah yang diketikkan ke antarmuka teks. Inilah yang, pada suatu waktu, membuat orang takut jauh dari Linux (dengan asumsi mereka harus mempelajari struktur command line yang tampaknya kuno untuk membuat Linux berfungsi). Ini bukan lagi masalahnya. Dengan Linux desktop modern, tidak perlu menyentuh baris perintah atau Shell ini.

5. Server Grafis

Ini adalah sub-sistem yang menampilkan grafik pada monitor Anda. Ini biasanya disebut sebagai server X atau hanya “X”.

6. Desktop Environment

Ini adalah potongan puzzle yang benar-benar berinteraksi dengan pengguna. Ada banyak lingkungan desktop untuk dipilih (Unity, GNOME, Cinnamon, Enlightenment, KDE, XFCE, dan lainnya). Setiap lingkungan desktop mencakup aplikasi bawaan (seperti manajer file, alat konfigurasi, browser web, game, dan lain sebagainya).

7. Aplikasi

Lingkungan desktop tidak menawarkan beragam aplikasi. Sama seperti Windows dan Mac, Linux menawarkan ribuan judul perangkat lunak berkualitas tinggi yang dapat dengan mudah ditemukan dan diinstal. Sebagian besar distribusi Linux modern (lebih lanjut tentang ini sebentar lagi) mencakup alat seperti App Store yang memusatkan dan menyederhanakan instalasi aplikasi.

Distribusi dan Jenis Linux?

Berdasarkan pembahasan kita di atas mengenai Linux memiliki sejumlah versi berbeda yang sesuai dengan hampir semua jenis pengguna. Dari pengguna baru hingga pengguna Hard-Core, Anda akan menemukan “rasa” Linux yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa itu Distribusi dalam Linux?

Linux memiliki sejumlah versi berbeda yang sesuai dengan hampir semua jenis pengguna. Dari pengguna baru hingga pengguna hard-core, Anda akan menemukan “rasa” Linux yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Versi ini disebut distribusi (atau, dalam bentuk singkat, “distro.”) Hampir setiap distribusi Linux dapat diunduh secara gratis, dibakar ke disk (atau USB thumb drive), dan diinstal (pada mesin sebanyak yang Anda inginkan) .

Distribusi Linux atau Linux Distribution yang Populer

Mengacu pada Pengertian Linux dan Materi Tentang Linux di atas. Adapun Distribusi Linux atau Linux Distribution yang Populer adalah sebagai berikut:

  • Ubuntu Linux
  • Linux Mint
  • Arch Linux
  • Deepin
  • Fedora
  • Debian
  • openSUSE

Setiap distribusi memiliki pandangan berbeda di desktop. Beberapa memilih antarmuka pengguna yang sangat modern (seperti Unity Ubuntu, di atas, dan Deepin’s Desktop), sedangkan yang lain tetap menggunakan lingkungan desktop yang lebih tradisional (openSUSE menggunakan KDE). Untuk panduan mudah ke desktop Linux, periksa Cara Menemukan Desktop Linux Terbaik untuk Anda.

Baca Juga :  8+ Istilah dalam Graphic Design yang Harus Anda Ketahui

Instalasi dan Cara Menginstall Linux

Bagi sebagian besar, gagasan menginstal sistem operasi mungkin tampak seperti tugas yang sangat menakutkan. Percaya atau tidak, Linux menawarkan salah satu instalasi termudah dari semua sistem operasi. Faktanya, sebagian besar versi Linux menawarkan apa yang disebut distribusi Langsung, yang berarti Anda menjalankan sistem operasi dari CD/DVD atau USB flash drive tanpa membuat perubahan apa pun pada hard drive Anda.

Anda mendapatkan fungsionalitas penuh tanpa harus berkomitmen untuk instalasi. Setelah Anda mencobanya, dan memutuskan ingin menggunakannya, Anda cukup klik dua kali ikon “Instal” dan berjalan melalui panduan instalasi sederhana.

Biasanya, wizard penginstalan memandu Anda melalui proses dengan langkah-langkah berikut (Saya akan mengilustrasikan penginstalan Ubuntu Linux):

1. Persiapan

Pastikan mesin Anda memenuhi persyaratan untuk instalasi. Ini juga mungkin bertanya kepada Anda apakah Anda ingin menginstal perangkat lunak pihak ketiga (seperti plugin untuk pemutaran MP3, codec video, dan lainnya).

Gambar Cara Menginstall Atau Install Linux
Gambar Cara Menginstall Atau Install Linux

2. Pengaturan Jaringan (Jika perlu)

Jika Anda menggunakan laptop (atau mesin dengan nirkabel), Anda harus terhubung ke jaringan, untuk mengunduh perangkat lunak dan pembaruan pihak ketiga.

3. Alokasi hard drive

Langkah ini memungkinkan Anda memilih bagaimana Anda ingin sistem operasi diinstal. Apakah Anda akan menginstal Linux bersama sistem operasi lain (disebut “Dual Booting”), menggunakan seluruh hard drive, memutakhirkan instalasi Linux yang ada, atau menginstal lebih dari versi Linux yang ada.

Gambar Cara Untuk Menginstall Atau Install Linux
Gambar Cara Untuk Menginstall Atau Install Linux

Pilih jenis instalasi Anda dan klik Instal Sekarang.

  • Lokasi; Pilih lokasi Anda dari peta.
  • Tata letak keyboard; Pilih tata letak keyboard untuk sistem Anda.
  • Pengaturan pengguna; Atur nama pengguna dan kata sandi Anda.

Selesai. Setelah sistem menyelesaikan instalasi, reboot dan Anda siap untuk digunakan.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan mengenai Pengertian Linux serta Materi tentang Linux, dapat disimpulkan bahwa, Linux adalah keluarga open source sistem operasi yang mirip dengan Unix berdasarkan kernel Linux, kernel sistem operasi yang pertama kali dirilis pada 17 September, 1991 oleh Linus Torvalds. Linux, mereka biasanya dikemas dalam distribusi Linux.

Distribusi Linux mencakup kernel Linux dan perangkat lunak serta perpustakaan sistem pendukung, banyak di antaranya disediakan oleh Proyek dari GNU. Banyak distribusi Linux menggunakan kata “Linux” dalam namanya, tetapi Free Software Foundation, mereka menggunakan nama GNU/Linux untuk menekankan betapa pentingnya perangkat lunak GNU, sehingga menimbulkan beberapa kontroversi.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai Pengertian Linux serta Materi Tentang Linux, Perbedaan Linux, Siapa Pemilik Linux, Sejarah Linux, Bagian dan Komponen Linux, Distribusi Linux, Jenis Linux dan Cara Install Linux beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar