Mengenal Pengertian E-Book: Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Ciri Karakteristik, Format dan Kelebihan dan Kekurangannya!

0
Gambar Pengertian E Book Apa Itu Electronic Book Menurut Para Ahli Fungsi Tujuan Ciri Karakteristik Format Serta Kelebihan Dan Kekurangannya
Gambar Pengertian E Book Apa Itu Electronic Book Menurut Para Ahli Fungsi Tujuan Ciri Karakteristik Format Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Tahukah Kalian, Pengertian E-Book? Apa itu Electronic Book? Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan, Ciri dan Karakteristik, Format serta Kelebihan dan Kekurangannya? Memang, pertanyaan ini seharusnya mudah untuk dijawab, sekilas, dapat dikatakan bahwa e-book mewakili buku yang dibaca di perangkat elektronik (layar komputer, tablet, smartphone, atau e-reader). Tetapi deskripsi ini agak buram dan luas, termasuk banyak hal yang bukan e-book. Ya, Secara umum, e-book adalah teks yang disajikan dalam format yang memungkinkannya dibaca di komputer atau perangkat genggam.

Banyak judul yang tersedia dalam versi cetak dapat dibaca dengan e-book, termasuk fiksi terlaris, klasik dan teks referensi. Ini juga digunakan untuk membuat pekerjaan yang tidak dicetak menjadi tersedia, atau untuk memotong cetak sama sekali, seperti dengan karya-karya baru oleh para calon penulis. Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang apa itu e-book secara lebih detail dan lengkap. Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian E-Book

Berarti buku elektronik atau e-book adalah publikasi digital yang dapat terdiri dari teks, gambar atau kombinasi keduanya. Buku elektronik dapat dibaca di perangkat digital (dengan e-reader) atau di komputer, yang memerlukan perangkat lunak khusus berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Techopedia.

Apa itu Electronic Book?

Jadi, apa itu sebenarnya electronic book? Mengacu pada penjelasan pengertiannya di atas, ini disingkat dengan e-book, electronic book adalah merupakan suatu buku yang bentuknya digital atau elektronik dimana pada umumnya mereka berisi tulisan, berita atau panduan (tutorial) dan lain sebagainya.

Buku elektronik ini hanya dapat dibuka dan juga dibaca melalui perangkat Elektronik, sebagai contoh, misalnya seperti komputer, tablet, smartphone dan lain sebagainya. Berbeda dengan menggunakan buku cetak yang ada pada umumnya, buku elektronik ini juga berisi tulisan-tulisan yang juga ada gambar dengan berbagai macam tema, sebagai contoh, misalnya e-book tentang teknologi, pengetahuan, motivasi, tutorial, dan tema lain sebagainya.

Di zaman yang serba digital saat ini, tentu saja e-book lebih banyak dipakai dan dibaca dibandingkan dengan buku cetak. Berdasarkan segi penggunaan dan penyimpanannya mereka juga terbilang lebih simpel, sehingga sekarang, banyak orang yang lebih memilih untuk membeli e-book daripada buku cetak.

Pengertian E-Book Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu e-book, kita juga harus merujuk kepada pendapat para ahli terkait definisi mereka tentang e-book.

Adapun beberapa pengertian e-book menurut para ahli adalah sebagai berikut.

Baca Juga :  Pengertian Firewall (Security): Jenis, Metode dan Next Generation Firewall

1. Wikipedia

Menurut Situs Wikipedia, e-book adalah publikasi buku yang tersedia dalam bentuk digital, terdiri berdasarkan teks, gambar, atau keduanya, mampu dibaca pada layar komputer layar datar atau perangkat elektronik lainnya. Meskipun kadang-kadang, ini didefinisikan menjadi “versi elektro buku cetak”, sementara beberapa e-book dibentuk tanpa adanyak versi cetak.

2. Whalts

Menurut Situs Whalts, e-book merupakan versi elektronik dari buku cetak tradisional yang bisa dan dapat dibaca dengan menggunakan personal komputer secara langsung atau menggunakan memakai e-book reader.

3. Oxford Dictionaries

Menurut Oxforddictionaries, e-book adalah versi elektronik dari buku cetak yang dapat untuk dibaca pada perangkat personal komputer atau perangkat genggam yang didesain khusus untuk tujuan ini.

Fungsi E-Book

Ilustrasi Gambar Fungsi E-Book Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Fungsi E-Book Dalam Membahas Pengertiannya

Secara umum, fungsi e-book adalah untuk sebagai media membaca informasi secara digital melalui perangkat khusus. Umumnya penggunanya biasanya adalah mereka yang sudah familiar dengan teknologi dan terbiasa membeli e-book sebagai media untuk belajar.

Berkenaan dengan hal itu, adapun beberapa fungsi e-book lainnya yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Sarana Belajar

Fungsi yang pertama adalah sebagai sarana belajar. Sekarang ini, banyak penulis orang yang menerbitkan e-book yang berisi dan membahas terkait ilmu pengetahuan serta tutorial.

Tema bacaan dan liputan yang sering dijadikan e-book merupakan seputar digital marketing, tutorial blogging, tutorial komputer, dan hal-hal terkait dengan teknologi yang lainnya.

2. Sebagai Media Informasi

Sekarang ini pebisnis juga telah banyak menerbitkan dan memberikan e-book kepada calon pelanggan mereka. Dengan hanya memasukkan e-mail, maka calon pelanggan dapat langsung men-download e-book yang berisi informasi atau tutorial yang diharapkan oleh mereka.

Selain itu, proses pembuatan dan penyebarannya pun juga terbilang sangat mudah, lantaran karena bentuknya yang Digital. Itulah sebabnya e-book sangat cocok dipakai sebagai media informasi.

Tujuan E-Book

Seperti yang sudah Kami singgung dalam penjelasan e-book, menurut para ahli dan fungsinya di atas, adapun tujuan dibuatnya e-book adalah untuk memudahkan proses dalam penyebaran informasi dan pembelajaran kepada para penggunanya.

Adapun beberapa tujuan e-book yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut.

1. Memudahkan Pembuatan Buku

Dengan menggunakan e-book merupakan salah satu solusi bagi mereka yang ingin mengeluarkan buku namun kesulitan dalam pembuatannya dan proses lainnya. Seperti kita ketahui, proses pembuatan buku cetak relatif panjang dan terbilang cukup sulit.

Hal ini tentu tidak akan terjadi jika kita membuat buku dengan memanfaatkan digital technology atau teknologi digital. Tetapi, tentu saja format e-book tadi harus dibuat semenarik mungkin supaya layak buat disebarkan atau dijual.

2. Menghemat Biaya

Pembuatan buku cetak memakan biaya yang relatif besar karena masih menggunakan alat-alat cetak dan konvensional. Berbeda halnya dengan pembuatan e-book, biayanya nyaris tidak ada bahkan gratis!

3. Memudahkan Proses Penyebaran Informasi

Penyebaran dan distribusi e-book sangat mudah dan gampang untuk dilakukan, yaitu hanya dengan melalui media dari internet. Selain itu juga, alat-alat elektronik lainnya seperti flashdisk atau hardisk dapat juga digunakan dalam proses penyebarannya.

Baca Juga :  Pembahasan Pengertian Networking (Jaringan): Manfaat dan Jenisnya!

4. Memudahkan Proses Belajar dan Mengajar

Dengan adanya e-book, maka proses belajar dan mengajar menjadi lebih mudah dan gampang. Pengajar (baik itu guru atau dosen) dapat membuat bahan ajar dalam bentuk e-book lalu kemudian mengirimkannya kepada muridnya.

Dari sisi pelajar sendiri, tentu saja akan sangat dimudahkan, lantaran dengan e-book ini, mereka dapat melihat bahan ajar dalam bentuk e-book di mana saja dan kapan saja dengan device atau perangkat elektronik mereka.

5. Melindungi Informasi yang Disebarkan

Ketika kita menerbitkan dan menciptakan sebuah e-book, kita juga dapat menaruh perlindungan terhadap isi e-book tersebut. Caranya yaitu dengan menaruh password spesifik. Jadi, hanya orang-orang tertentu saja yang dapat membuka e-book terbitan Anda.

Selain itu, e-book juga tidak mudah rusak tidak seperti buku cetakan. Dimana hal ini adalah keuntungan tersendiri bagi penggunanya.

Ciri dan Karakteristik E-Book

Dalam membahas materi tentang e-book, tentu kita juga harus mengetahui apa saja ciri-ciri dan karakteristik dari e-book.

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, e-book merupakan file (baca pengertian file disini) yang dapat Anda baca pada perangkat digital. Namun sekali lagi, mengingat File lain juga dapat dibaca pada perangkat digital seperti dokumen word, e-book memiliki karakteristik khusus yang membedakannya.

Adapun beberapa ciri-ciri dan karakteristik e-book adalah sebagai berikut:

1.Tidak dapat Di-Edit

Salah satu ciri khas e-book yaitu adalah teks yang ada di dalamnya tidak dapat diedit. Ini harus selalu dikonversi ke dalam format yang memastikan e-book tidak dapat diedit.

Dengan ribuan orang yang memiliki akses ke perangkat digital, mereka berpotensi mengubah konten apa pun tanpa izin dari penulis. Jadi, agar memenuhi syarat sebagai e-book yang sebenarnya, teks seharusnya tidak dapat diubah dengan cara apa pun, seperti halnya buku saku.

2. Flexible (Fleksibel)

Berikutnya adalah flexible atau fleksibel (dengan pengecualian). Karakteristik sejatin dari sebuah e-book, yaitu mereka harus flexible atau fleksibel. Ini berarti bahwa apa pun ukuran layar yang Anda lihat e-book aktif, itu akan selalu sesuai dengan layar Anda. Teks akan tetap diformat dengan jeda baris dan bab serta gambar akan diubah ukurannya agar sesuai dengan proporsi perangkat yang Anda baca.

Format Umum E-Book

Ilustrasi Gambar Format Umum Sebuah E-Book Dalam Membahas Penjelasannya
Ilustrasi Gambar Format Umum Sebuah E-Book Dalam Membahas Penjelasannya

Dalam pembuatannya, e-book memiliki beberapa format yang dipakai sesuai dengan kebutuhanya. Berikut ini adalah beberapa format e-book pada umumnya:

Kelebihan dan Kekurangan E-Book

Terkait penjelasan apa itu e-book di atas, dapat kita akui bahwa penggunaannya telah sangat marak di masyarakat Indonesia lantaran dianggap murah dan juga gampang buat dibuat untuk diterbitkan. Namun, selain memiliki kelebihan, e-book juga punya beberapa kekurangan yang harus diperhatikan. Di bawah ini akan Kami bahas apa kelebihan dan kekurangannya, simak terus ulasannya!

Baca Juga :  Mengenal Pengertian API: Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Menggunakan serta Kelebihan dan Kekurangannya!

a. Kelebihan E-Book

Berikut ini adalah apa saja kelebihan yang dimiliki oleh e-book.

  • Lebih ringkas; Buku digital atau e-book terbukti jauh lebih ringkas dibandingkan dengan hanya menggunakan buku cetak. Pengguna smartphone dan perangkat genggam lainnya dapat membukanya untuk membaca isi dari e-book kapan saja dan di mana saja
  • Lebih awet; Karena bentuknya digital, tentu saja e-book lebih awet dan juga tidak gampang rusak seperti buku cetak.
  • Lebih murah; Proses pembuatan e-book sangat mudah dan biayanya juga pembuatannya juga kecil. Untuk harganya sendiri, biasanya sebuah e-book cenderung lebih murah dibanding buku cetak yang ada di toko maupun pasar.
  • Ramah lingkungan; Mereka tidak membutuhkan tinta dan juga kertas, oleh karena itulah, e-book lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan buku cetak yang terbuat dari kertas dan juga tinta.

b. Kekurangan E-Book

Berikut ini adalah apa saja kekurangan yang dimiliki oleh e-book.

  • Tidak dapat dipegang; Memang sebagian besar orang lebih senang dan suka hal-hal yang simpel. Tetapi, beberapa orang lebih suka memegang buku ketimbang gadget dan hal ini bukan hal yang dapat diberikan dari e-book.
  • Ukuran huruf lebih kecil; Biasanya, e-book memiliki ukuran huruf yang cenderung lebih kecil dibanding pada buku cetak, apalagi jika kalian membaca dan membukanya pada smartphone.
  • Membuat mata cepat lelah; Saat membaca e-book, cahaya dari perangkat seperti ponsel atau perangkat lainnya akan membuat mata kita cepat lelah. Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Sebagai contoh, misalnya mata kita menjadi minus karena sering membaca e-book di perangkat ponsel yang hurufnya dapat dikatakan terlihat sangat kecil.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan mengenai Pengertian E-Book? Apa itu Electronics Book? Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan, Ciri dan Karakteristik, Format serta Kelebihan dan Kekurangannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa, e-book adalah versi elektronik dari buku cetak tradisional yang dapat dibaca dengan menggunakan komputer pribadi atau dengan menggunakan pembaca e-buku (nama lain e-book). Pembacanya dapat menggunakan aplikasi atau software (perangkat lunak) untuk digunakan pada komputer, seperti aplikasi pembaca gratis Microsoft, atau komputer ukuran buku yang hanya digunakan sebagai perangkat baca.

Pengguna dapat membeli e-book melalui disket atau CD, tetapi metode paling populer untuk mendapatkan e-book adalah dengan membeli file yang dapat diunduh dari website untuk dibaca dari komputer pengguna atau perangkat membaca. Secara umum, eBuku dapat diunduh dalam lima menit atau kurang.

Penutup

Demikianlah penjelasan yang dapat Kami sampaikan kali ini yang membahas mengenai Pengertian E-Book? Apa itu Electronics Book? Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan, Ciri dan Karakteristik, Format serta Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua serta dapat menambah wawasan kita semua terutama dalam memahaminya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar