Mengenal Pengertian File: Apa itu File Komputer? Menurut Ahli, Jenis dan Fungsi serta Contohnya!

0
Gambar Pengertian File Apa Itu File Komputer Menurut Para Ahli Jenis Dan Fungsi Contoh Serta Bagaimana Mereka Dibuat Dan Disimpan
Gambar Pengertian File Apa Itu File Komputer Menurut Para Ahli Jenis Dan Fungsi Contoh Serta Bagaimana Mereka Dibuat Dan Disimpan

Tahukah Kalian, Pengertian File, Apa itu File Komputer? Menurut Para Ahli, Jenis dan Fungsinya, Contoh dan Bagaimana Mereka Dibuat dan Disimpan? Benar! Di sebagian besar sistem operasi, sebuah file harus memiliki nama unik dalam direktori file yang diberikan. Saat proses pembuatan nama file, karakter tertentu dianggap ilegal, dan karenanya tidak dapat digunakan. Nama file terdiri dari nama dengan akhiran, yang juga dikenal sebagai ekstensi file. Ekstensi file adalah dua hingga empat karakter setelah periode dalam nama file lengkap. Ekstensi file membantu mengidentifikasi jenis file, format file, dan atribut yang terkait dengan file tersebut.

Sebagian besar sistem komputer modern memberikan langkah-langkah keamanan atau perlindungan terhadap kerusakan atau kerusakan file. Data yang terkandung dalam file dapat berkisar dari informasi yang dihasilkan sistem hingga informasi yang ditentukan pengguna. Manajemen file dilakukan dengan bantuan sistem operasi, alat pihak ketiga atau dilakukan secara manual di kali dengan bantuan pengguna. Berkenaan dengan hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lengkap dan lebih detail tentang apa itu file. Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian File

Apa itu file? File adalah kumpulan dari data dan juga informasi yang saling berhubungan dan juga tersimpan di dalam ruang penyimpanan sekunder. Definisi dari file ini dapat juga dikatakan sebagai arsip atau data yang mana ia disimpan di dalam komputer.

Secara konsepnya, file ini memiliki beberapa tipe, diantaranya yaitu adalah tipe data terdiri dari character, numeric, dan binary. Selain itu, ada juga file yang bertipe program. Pada umumnya file pada komputer ini tersimpan di dalam folder tertentu, tergantung di mana si pemilik file ingin menyimpannya. Masing-masing dari file ini memiliki ekstensi yang berbeda sesuai dengan jenis filenya.

Berdasarkan ekstensi filenya, sebuah file mewakili tanda yang membedakan antara satu jenis file pada jenis file lainnya. Misalkan, file gambar akan memiliki ekstensi .jpg, .gif, .png, .jpeg dan lain-lainnya. Sedangkan untuk file video, dia akan memiliki ekstensia .mpeg, .avi, .mp4, .wmv, .3gp dan lain-lainnya.

Apa itu File Komputer?

Dalam dunia komputer, computer file atau file komputer adalah informasi mandiri yang tersedia untuk sistem operasi dan sejumlah program individual berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Lifewire.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian API: Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Menggunakan serta Kelebihan dan Kekurangannya!

File komputer dapat dianggap seperti file tradisional yang dapat ditemukan di kabinet file kantor. Sama seperti file kantor, informasi dalam file komputer pada dasarnya dapat terdiri dari apa saja.

Pengertian File Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu arti file, maka kita dapat merujuk kepada pendapat para ahli terkait definisi mereka tentang hal tersebut.

Adapun beberapa pengertian file menurut pada ahli pada bidang ilmu komputer yang menjelaskan definisi file adalah sebagai berikut:

1. McLeod (Pearson)

Menurut McLeod (Pearson), file adalah koleksi record atau rekaman yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, seperti satu file dari seluruh record yang berisi bidang kode-kode mata kuliah dan namanya.

2. Rachmad Hakim S.

Menurut Rachmad Hakim S., definisi file adalah kumpulan dokumen yang berisi informasi tertentu dan dapat dibuka dengan menggunakan program komputer tertentu.

3. Edi S. Mulyanta

Menurut Edi S. Mulyanta, file adalah urutan data yang digunakan untuk melakukan encode informasi digital yang berguna dalam hal pertukaran dan penyimpanan data.

4. Hendrayudi

Menurut Hendrayudi, arti file adalah data-data yang tersimpan dalam sebuah media yang memiliki informasi besar file, tanggal dan jam penyimpanan, ciri file, nama file, dan atribut file tersebut.

Jenis-Jenis File dan Fungsinya

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis File Dan Fungsinya Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis File Dan Fungsinya Dalam Membahas Pengertiannya

Mengacu pada penjelasan arti file yang tersebut di atas, kata file ini dirujukkan pada bidang komputerisasi. Dalam membahas mengenai apa itu file, pastinya kita juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis dan fungsi file bukan?

Di bawah ini adalah jenis-jenis dari file dan fungsinya yang ada dalam komputer berdasarkan format filenya.

a. File System

Jenis file yang pertama adalah file system atau file sistem. Beberapa ekstensi dalam file sistem diantaranya adalah .sys, .com, .bak, .bat, .tmp, dan .exe. Jenis dari file sistem ini berfungsi untuk menjalankan program yang ada di dalam komputer sesuai dengan peruntukkannya, dan juga menjalankan berbagai aplikasi yang diinstalkan ke dalam komputer.

b. File Video

Berikutnya adalah jenis file video. Beberapa ekstensi pada file video ini adalah .mpg, .wmv, .mp4, .3gp, .avi, .flv, dan lain sebagainya. Masing-masing dari ekstensi ini menunjukkan bahwa masing-masing video memiliki jenis berbeda dan juga memiliki pemutar yang berbeda.

Tidak semua dari jenis video dapat diputar dengan software yang biasanya terinstal di dalam komputer. Ada juga beberapa jenis video yang hanya bisa diputar dengan software tertentu.

Baca Juga :  Pengertian User Research (Riset Pengguna): Jenis, Dasar dan Metode

c. File Dokumen

Beberapa ekstensi pada file dokumen ini diantaranya adalah .doc, .odt, .doc, .xls, .ods, .pdf, .ppt, .txt. Masing-masing dari ekstensi tersebut menunjukkan jenis file dokumennya, dan hanya bisa dibuka jika di dalam komputer terinstal software atau aplikasi yang sesuai.

d. File Gambar

Beberapa ekstensi file gambar ini diantaranya adalah .jpg, .jpeg, .png, .gif, .tif, dan lain sebagainya. Pada umumnya gambar yang dihasilkan oleh kamera digital atau kamera manual, gambarnya akan berekstensi .jpg atau .jpeg.

Gambar berekstensi .gif, .png, dan lainnya biasanya adalah hasil penyimpanan dari software tertentu, misalnya Photoshop, CorelDraw, AutoCad, dan lain-lainnya.

e. File Suara

Beberapa ekstensi dari file suara diantaranya adalah .wav, .mp3, .midi, dan lainnya. Sama halnya dengan file komputer lainnya, tidak semua file suara dapat dibuka dengan menggunakan satu aplikasi saja.

f. Open Proprietary Formats

Format arsip yang bersifat terbuka atau universal atau open format ini bisa dibuka dengan dan juga aplikasi lain yang mengikuti standar.

Secara khusus, open proprietary formats adalah format file buatan organisasi, perusahaan, atau individu yang berisi data yang disimpan dan dipesan sesuai dengan skema pengkodean tertentu yang dirancang oleh organisasi atau perusahaan untuk dirahasiakan. Format ini dianggap sebagai rahasia dagang.

Selain yang disebutkan di atas, pastinya masih ada banyak jenis file yang ada di dalam komputer sesuai fungsinya. Pada umumnya masing-masing jenis file komputer ini dikelompokkan pada folder khusus sesuai dengan jenisnya.

Dengan pengelompokkan file di dalam folder khusus maka user atau pengguna dapat menemukan file tersebut dengan mudah ketika dibutuhkan atau ketika sedang dicari.

Format File untuk Aplikasi

Ketika seorang developer (pengembang aplikasi) membuat aplikasi yang memiliki fitur menyimpan file, memilih jenis format sangat penting. Untuk beberapa program akan wajar apabila menggunakan open format, agar kompatible dengan aplikasi lain.

Memilih format archive atau arsip dengan pemilihan format tertutup (format yang dibentuk sendiri) akan dirasa lebih aman apabila file Anda tidak ingin bocor keluar. Disisi lain orang-orang sebagai user atau pengguna akan lebih suka aplikasi dengan ada banyak pilihan formatnya, dengan dan juga pertimbangan file yang disimpan dapat dibuka dengan aplikasi lain juga.

Terkait hal tersebut di atas, kebanyakan developer sekarang ini berpindah memakai open file format. Berhubung hal tersebut dapat menjadi lebih fleksibel, karena file dapat dibuka melalui sistem operasi Linux, Windows, Android, MacOS, iOS dan Platform lainnya (baca pengertian platform disini).

Untuk dapat memakai format arsip terbuka, Anda perlu mempelajari anggaran dan cara penulisan nya. Anda bisa langsung merujuk ke Wikipedia Open File Format dan kunjungi situs official masing-masing pengembang agar dapat melihat dan mengunduh dokumentasi dari file format tadi.

Baca Juga :  Pengertian Firewire: Sejarah, Fungsi dan Fitur Kabel Firewire

Contoh File

Ilustrasi Gambar Contoh File Serta Bagaimana Mereka Dibuat Dan Disimpan
Ilustrasi Gambar Contoh File Serta Bagaimana Mereka Dibuat Dan Disimpan

Mengacu pada penjelasan apa itu file di atas, Kami akan mencontohkannya seperti ini. Seperti gambar yang Anda salin dari kamera Anda ke komputer Anda (mungkin dalam format .jpg atau .tif), ini adalah file, sama seperti video dalam format .mp4, atau file audio dengan .mp3, juga file. Hal yang sama berlaku untuk file .docx yang digunakan dengan Microsoft Word, file .txt yang menyimpan informasi teks biasa, dan lain sebagainya.

Anda dapat melihat bahkan dengan beberapa contoh ini menjelaskan bahwa tidak semua file adalah sama. Misalnya, dalam Windows Explorer ada file “Regedit.exe”. “Regedit” adalah nama file dan “.exe” adalah ekstensi file yang mengidentifikasi file sebagai file yang dapat dieksekusi. File selanjutnya “RtlExUpd.dll” adalah file DLL dan contoh file lainnya.

Bagaimana File Dibuat?

File dibuat menggunakan software atau program perangkat lunak di komputer. Misalnya, untuk membuat file teks Anda akan menggunakan text editor atau editor teks, untuk membuat file gambar Anda akan menggunakan editor gambar, dan untuk membuat dokumen Anda akan menggunakan pengolah kata.

Dimana File Disimpan?

File komputer disimpan pada drive (misalnya, hard drive), disk, (seperti CD, DVD), dan disket serta mungkin juga terdapat dalam folder (direktori) pada media itu sendiri.

Kesimpulan

Baiklah, jadi dari pembahasan dan penjelasan mengenai Pengertian File, Apa itu File Komputer? Menurut Para Ahli, Jenis dan Fungsinya, Contoh dan Bagaimana Mereka Dibuat dan Disimpan di atas, dapat kita simpulkan bahwa file adalah wadah dalam sistem komputer untuk menyimpan informasi. File yang digunakan dalam komputer mirip dalam fitur dengan dokumen kertas yang digunakan dalam file perpustakaan dan kantor.

Ada berbagai jenis file seperti file teks, file data, file direktori, file biner dan grafik, dan berbagai jenis file ini menyimpan berbagai jenis informasi. Dalam sistem operasi komputer, file dapat disimpan pada drive optik, hard drive, atau jenis perangkat penyimpanan sejenis lainnya.

Penutup

Demikianlah penjelasan dan uraian yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas mengenai Pengertian File, Apa itu File Komputer? Menurut Para Ahli, Jenis dan Fungsinya, Contoh dan Bagaimana Mereka Dibuat dan Disimpan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua dalam memahaminya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk pembelajaran kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar