Ini Dia Pengertian SEO: Menurut Para Ahli, Tujuan, Cara Kerja dan Jenis-Jenisnya!

0
Gambar Apa Itu Pengertian SEO Search Engine Optimization Menurut Para Ahli Cara Kerja Dan Jenis SEO
Gambar Apa Itu Pengertian SEO Search Engine Optimization Menurut Para Ahli Cara Kerja Dan Jenis SEO

Sebenarnya, Apa Pengertian SEO, Menurut Para Ahli, Tujuan, Cara Kerja, Jenis, Cara Meningkatkan dan Faktor Negatifnya? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization (Optimasi Mesin Pencari). SEO mewakili proses untuk mendapatkan traffic (lalu lintas pengunjung) dari hasil pencarian organik, editorial atau alami pada mesin pencari.

SEO (Seach Engine Optimization) sering disebut sebagai seni dan ilmu untuk mengarahkan lalu lintas situs web yang ditargetkan ke situs web Anda dari mesin pencari. Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas penjelasan dari Apa itu SEO secara detail dan lengkap. Baiklah, langsung saja, berikut adalah ulasannya!

Pengertian SEO (Seach Engine Optimization)

Search Engine Optimization atau SEO adalah proses membuat perubahan pada desain dan konten situs web Anda untuk membantunya muncul di search engine (mesin pencari). Dengan mengoptimalkan website Anda untuk mesin pencari, Anda dapat meningkatkan visibilitas Anda dalam hasil mesin pencari organik tanpa berbayar berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Lifemarketing.

Pengertian SEO Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami mengenai apa itu SEO, kita harus merujuk pada pendapat para ahli mengenai definisi dan pengertian mereka tentang SEO (Seach Engine Optimization).

Adapun beberapa pengertian SEO atau Search Engine Optimization menurut para ahli adalah sebagai berikut.

1. Danny Sullivan

Dalam memahami SEO, menurut Danny Sullivan, SEO adalah proses dari seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari informasi dan memastikan mereka atau klien mereka terlihat di area pencarian gratis yang telah disediakan.

2. Neil Patel

Menurut Neil Patel, SEO adalah mesin pencari untuk mencari mesin pencari (search engine) dan menggunakan pengetahuan itu untuk membuat website yang memiliki peringkat lebih tinggi di mesin pencari (dalam hal ini biasa disebut google page-one).

3. Dax Herrera

Menurut Dax Herrera, untuk dapat mengerti apa itu SEO, yaitu dimulai dengan memahami misi google yaitu adalah mengatur semua informasi dari seluruh dunia dan memfasilitasi akses dan manfaat. Jadi misi SEO dan pengertiannya adalah mengatur informasi dari klien untuk memudahkan akses ke bot (search engine) untuk menghasilkan uang.

4. Rand Fishkin

Menurut Rand Fishkin, SEO adalah sebuah kombinasi teknik, kombinasi, dan strategi yang disetujui tetapi tidak disetujui oleh optimalisasi dari informasi, seperti:

  • User Friendly; Kemudahan penggunaan (ramah pengguna).
  • Content; Fokus pada konten (artikel).
  • Audiens; Menargetkan audiens, pengembangan situs, dan desainnya.
  • Keywords; Penelitian tentang kata kunci (kata kunci), pembuatan tautan.
  • Etc.; Semua jenis elemen online dan offline yang mendukung tujuan menerima yang lebih banyak dari mesin pencari.

5. QuadsZilla (Aktivis Dunia Black Hat SEO)

QuadsZilla adalah aktivis dari Dunia Black Hat SEO. Menurut QuadsZilla, SEO adalah cara sekumpulan orang yang mencoba melakukan penipuan dan mengambil jalan pintas untuk membuat situs dan website yang mereka akan ditampilkan lebih tinggi dalam hasil pencarian (berdasarkan peringkat) daripada yang seharusnya mereka terima.

Tujuan SEO (Seach Engine Optimization)

Ilustrasi Gambar Tujuan SEO
Ilustrasi Gambar Tujuan SEO

Sekarang, pertanyaan berikutnya adalah apa tujuan dan juga manfaatnya? Jika kita tarik dari definisi apa itu SEO dan penjelasannya di atas, adapun beberapa tujuan SEO adalah sebagai berikut.

a. Mendapatkan Rangking Teratas

Tujuan yang paling utama dari SEO tentu adalah memperoleh posisi yang optimal di mesin pencari.

b. Mendapatkan Pengunjung (Traffic)

Tujuan lainnya, mendapatkan traffic atau lintas pengunjung. Jika dibuatkan alurnya, jika tujuan pertama di atas tercapai, maka secara otomatis situs akan menerima sesuatu yang disebut dengan traffic (baca pengertian traffic disini).

c. Mendapatkan Pengunjung yang Berkualitas

Berikutnya adalah untuk mendapatkan pengunjung baru yang berkualitas. Maksudnya, pengunjung yang diperoleh benar-benar adalah pengunjung yang membutuhkan informasi yang disajikan dan dapat berubah menjadi konsumen dari produk Anda.

Baca Juga :  Memahami Pengertian WAP: Fungsi, Cara Kerja, Komponen, Kelebihan Kekurangan serta Perbedaannya dengan WEB!

d. Meningkatkan Durasi Kunjungan

Meningkatkan durasi kunjungan. Pengunjung yang mendapatkan informasi yang diperlukan, logikanya akan rela berdiam lebih lama pada situs demi memuaskan rasa ingin tahu mereka sebagai pengunjung.

e. Meningkatkan Konversi

Meningkatkan konversi, jika Anda menjual produk di website Anda, maka SEO dapat mendatangkan konversi yang lebih baik (dalam hal ini, konversi dari pengujung, menjadi pembeli)

f. Meningkatkan Popularitas

Meningkatkan popularitas, otoritas dan tentu saja brandawareness. Artinya, orang akan lebih mudah untuk mengingat Anda dengan situs Anda.

Cara Kerja SEO (Seach Engine Optization)

Gambar Cara Kerja SEO Dalam Pengertian SEO Search Engine Optimization Menurut Para Ahli Cara Kerja Dan Jenis SEO
Gambar Cara Kerja SEO Dalam Pengertian SEO Search Engine Optimization Menurut Para Ahli Cara Kerja Dan Jenis SEO

Berdasarkan penjelasan arti SEO atau Seach Engine Optization di atas, SEO adalah akronim yang merupakan singkatan dari yang kita sebut dengan optimasi mesin pencari, ini merupakan proses mengoptimalkan website Anda untuk mendapatkan lalu lintas organik, atau yang tidak berbayar, dari halaman hasil mesin pencari.

Dengan kata lain, proses SEO disini melibatkan pembuatan perubahan tertentu pada desain Website Anda dan konten yang membuat situs Anda lebih menarik bagi mesin pencari. Anda melakukan ini dengan harapan bahwa mesin pencari akan menampilkan situs web Anda sebagai hasil teratas pada halaman hasil mesin pencari.

Meskipun SEO (Seach Engine Optization) ini menjadi sangat kompleks ketika datang ke semua faktor yang berbeda yang akan mempengaruhi peringkat Anda, proses dasarnya tidak sulit untuk dipahami. Mesin pencari ingin memberikan layanan terbaik bagi penggunanya. Ini berarti memberikan hasil pada halaman mesin pencari yang tidak hanya berkualitas tinggi tetapi juga relevan dengan apa yang dicari oleh pencari.

Untuk melakukan ini, Search Engine (Mesin Pencari) akan memindai, atau yang biasa di sebut crawl (merayapi) berbagai situs web untuk lebih memahami tentang apa situs tersebut. Hal ini membantu mereka memberikan hasil yang lebih relevan bagi mereka yang mencari topik atau kata kunci tertentu.

Demikian pula, mesin pencari tersebut akan memindai situs untuk menentukan betapa mudahnya menavigasi dan membaca, memberi hadiah kepada situs ramah-pengguna dengan peringkat lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari.

Pada gambar cara kerja SEO di atas, kita tahu bahwa SEO merupakan proses yang dilalui organisasi, perusahaan ataupun perorangan untuk membantu memastikan bahwa peringkat situs mereka tinggi di mesin pencari untuk kata kunci dan frasa yang relevan.

Misalnya, katakanlah Anda memiliki artikel tentang cara membangun rumah walet. Untuk mendapatkan konten Anda di depan orang yang tepat, Anda ingin mencoba mengoptimalkan postingan blog Anda ini sehingga akan muncul sebagai hasil teratas bagi siapa saja yang mencari frasa “membangun sangkar burung walet”.

Jenis-Jenis SEO

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis SEO Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis SEO Dalam Membahas Pengertiannya

Seperti yang sudah Kami jelaskan pada penjelasan apa itu SEO dan definisinya di atas, ada 3 (tiga) Jenis SEO yang Anda butuhkan dalam strategi pencarian organik yang lengkap yaitu adalah:

  1. SEO On-Page
  2. Technical SEO, dan
  3. SEO Off-Page.

Dengan memecah strategi Anda dan berpikir tentang SEO sebagai tiga kategori di atas, maka akan lebih mudah untuk mengatur dan menjalankan rencana pengoptimalan Anda. Dalam postingan ini, Kami juga akan meninjau setiap jenis SEO dan bagaimana mereka menjadi penting bagi strategi pemasaran Anda secara keseluruhan.

Berikut adalah uraian penjelasan tentang jenis-jenis SEO secara lengkap.

1. SEO On-Page (Internal)

SEO On-Page berhubungan dengan konten yang ada pada website Anda. Ini termasuk strategi untuk mengoptimalkan halaman individual di Website Anda. Faktor-faktor ini membantu mesin pencari memahami topik konten dan melihat bahwa situs web adalah sumber berharga yang ingin dicari orang. SEO (Seach Engine Optimization) On-Page disini terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu adalah:

a. Keyword Research

Keyword Research adalah cara untuk menemukan kata kunci terbaik untuk ditargetkan pada halaman konten Anda.

b. High Quality Content

High Quality Content adalah dengan menerbitkan konten berkualitas tinggi yang berfokus pada kata kunci target.

c. Keyword Optimization (Optimalisasi Kata Kunci)

Keyword Optimization (Optimalisasi Kata Kunci) adalah penggunaan kata kunci target di semua tempat yang tepat dan menggunakan SEO Meta tag yang baik.

2. Technical SEO (Seach Engine Optimization)

Berikutnya, Technical SEO atau SEO Teknis ini adalah yang berkaitan dengan elemen non-konten yang ada pada website Anda. Ini mencakup strategi untuk meningkatkan struktur dan fondasi backend situs. SEO Teknis meningkatkan keterbacaan situs (yang memudahkan mesin pencari untuk menjelajah dan memahami situs) dan memberikan pengalaman pengguna yang baik, yang membantu mesin pencari melihat bahwa situs tersebut berkualitas tinggi.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian SEO Specialist (Expert): Apa itu SEO Consultant? Jenis dan Macam Skill serta Caranya!

user experience (pengalaman pengguna) yang baik juga penting bagi pembaca, dan dapat memengaruhi tingkat kunjungan dan keterlibatan secara keseluruhan. Adapun bagian-bagian yang ada pada Technical SEO ini berhubungan dengan:

  • Kecepatan Situs
  • Mobile Usability
  • Indexing (Pengindeksan)
  • Crawlability (Perayapan)
  • Arsitektur Situs
  • Data Terstruktur
  • Keamanan

Cara mudah untuk memeriksa keadaan SEO teknis Anda adalah dengan menggunakan tools audit SEO misalnya seperti MOZ, Ahrefs dan Alexa. Masukkan website Anda untuk menerima laporan tentang status beberapa elemen teknis bersama dengan instruksi untuk bagaimana menyelesaikan masalah jika ada.

3. SEO Off-Page (Eksternal)

SEO Off-Page ini merupakan teknik yang ada di luar halaman website yang membantu memperkuat pengaruh dan hubungan yang dimiliki website Anda dengan Website yang lain.

Ini termasuk strategi untuk membangun reputasi dan otoritas situs. Faktor-faktor ini membantu mesin pencari melihat bahwa situs Anda adalah hasil pencarian yang ideal karena berasal dari sumber yang tepercaya dan andal.

Sebagian besar SEO di luar situs terkait dengan backlink berkualitas tinggi. Sejumlah besar tautan yang menunjuk ke situs Anda dari situs yang relevan dan resmi menunjukkan mesin pencari bahwa situs Anda bernilai dan didirikan. Anda dapat memperoleh sinyal kepercayaan ini melalui berbagai taktik pembuatan backlink dan guest post.

Cara Meningkatkan Peringkat SEO

Ada sejumlah faktor yang berkontribusi pada peringkat SEO Anda. Meskipun Google menggunakan algoritma (baca pengertian algoritma disini) canggih untuk menentukan peringkat Anda di mesin pencari, Anda masih dapat bekerja untuk meningkatkan peringkat SEO Anda dengan mengikuti beberapa praktik terbaik. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan peringkat SEO Anda di halaman hasil mesin pencari:

1. Menghasilkan Konten yang Berkualitas

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peringkat SEO Anda adalah dengan menghasilkan konten berkualitas yang unik dan substansial. Semakin banyak konten berkualitas yang Anda hasilkan, semakin banyak yang harus dibaca dan dipahami oleh mesin pencari tentang situs Anda dan bagaimana Anda membantu konsumen.

Lakukan riset keywords (kata kunci) Anda. Elemen penting lainnya untuk meningkatkan SEO Anda adalah penelitian kata kunci. Anda ingin menemukan kata kunci yang digunakan pelanggan dan prospek Anda untuk menemukan merek seperti milik Anda. Kemudian, Anda dapat membangun konten di sekitar kata kunci dan frasa tersebut untuk meningkatkan peluang Anda ditemukan di SERP.

2. Pastikan Website Anda Mobile Friendly

Jika Anda ingin bersaing di pasar digital, tidak lagi opsional untuk memiliki situs web yang mobile-friendly. Desain website resoinsive (responsif) untuk perangkat seluler tidak hanya membantu meningkatkan pengalaman pengguna di situs Anda, tetapi juga berkontribusi pada peringkat SEO Anda.

3. Optimalkan Website Anda untuk Pencarian Suara

Tahukah Anda bahwa menurut Google, sekarang ada 41% orang dewasa dan 55% remaja yang menggunakan pencarian suara setiap hari? Selain itu, berdasarkan penelitian dari Gartner, 30% pencarian pada tahun 2020 akan dilakukan tanpa layar. Di dunia saat ini di mana banyak orang lebih suka menggunakan pencarian suara, ini pasti dapat memengaruhi SEO situs web.

Perbedaan terbesar dari pencarian suara dan pencarian tertulis (diketik) adalah kata kunci yang digunakan. Sementara seseorang dapat mengetik “Kasur Murah” ketika di mesin pencari, jika mereka akan menggunakan pencarian suara, mereka mungkin akan mengatakan “apa Kasur murah yang bisa saya beli?”.

Soalnya, itu semua tentang kata kunci panjang atau yang dikenal dengan long tain keyword. Karena dalam bahasa manusia alami, pertanyaan biasanya lebih panjang dan lebih banyak pada pertanyaan daripada kata kunci biasa.

Ini hanya beberapa Faktor SEO yang ada di bawah kendali Anda. Namun, ada juga beberapa faktor di luar halaman (off page), yang berarti mereka dipengaruhi oleh pengunjung atau pembaca Anda. Misalnya, otoritas Anda didasarkan pada kualitas situs lain atau individu yang menautkan ke halaman Anda atau membagikan halaman Anda dengan orang lain. Semakin banyak Website berkualitas yang menautkan ke konten Anda, semakin baik otoritas Anda.

Faktor SEO lain di luar halaman yang dapat memengaruhi peringkat SERP (singkatan dari search engine result page atau halaman hasil pencarian) Anda adalah apakah pengunjung meluangkan waktu untuk terlibat dengan konten Anda atau jika mereka meninggalkan Website Anda dengan cepat, juga dikenal sebagai istilah bounce rate (memantul atau keluar).

Meskipun tidak ada cara untuk memastikan bahwa pengunjung tetap dan terlibat dengan konten Anda untuk jangka waktu yang lama, Anda dapat mulai dengan membuat konten yang menarik yang membuat pengunjung ingin tinggal dan membaca.

Baca Juga :  Coronavirus bagi Internet dan Digital Marketing: Inilah Pengertian dan Dampaknya!

Faktor-Faktor Negatif SEO

Sama seperti kegiatan tertentu dapat membantu Anda meningkatkan SEO Anda, ada juga beberapa faktor yang dapat berdampak negatif pada optimasi mesin pencari Anda.

Di sini, Kami akan membahas faktor-faktor apa yang berdampak negatif terhadap SEO.

a. Konten yang Sedikit atau Kurang Substansi

Beberapa perusahaan akan mencoba untuk mengambil jalan keluar yang mudah ketika datang ke SEO dan menempatkan banyak konten bersemangat di website mereka. Namun, konten yang kurang substansi sebenarnya dapat berdampak negatif terhadap SEO Anda.

Konten ini tidak bermanfaat bagi pengunjung situs, sehingga google dan mesin pencari lainnya akan memberi penalty (hukuman) pada situs Anda karena konten yang buruk.

b. Konten Dipenuhi dengan Keyword (Kata Kunci)

Hal lain yang dapat berdampak negatif terhadap peringkat mesin pencari Anda adalah isian kata kunci. Ini pada dasarnya ketika Anda memasukkan banyak kata kunci yang relevan ke dalam konten Anda, tetapi tanpa alasan.

Sebagai contoh misalnya, Anda dapat memasukkan kata kunci atau frasa dalam posting blog 20 kali, tetapi posting tersebut tidak masuk akal atau tidak sama sekali memberikan nilai. Itu hanya penuh dengan kata kunci. Mesin pencari akan memberi penalty perilaku ini karena sekali lagi, karena hal itu tidak memberikan nilai apapun bagi pengunjung.

c. Backlink Spam

Periksa link atau tautan ke konten Anda, mungkin itu sebenarnya adalah spam. Pada bagian sebelumnya, Kami berbicara tentang bagaimana tautan kembali ke konten Anda dari sumber berkualitas dapat membantu meningkatkan otoritas Anda, dan dengan demikian peringkat Anda di mesin pencari. Namun, jika Anda melakukan spamming di blog, forum, dan tempat-tempat lain dengan tautan ke konten Anda, ini bisa diperhitungkan terhadap Anda ketika datang ke peringkat SERP Anda.

Ini hanya beberapa faktor yang dapat berdampak negatif terhadap SEO Anda. Cara terbaik untuk menghindari penalty (hukuman) untuk jenis perilaku ini adalah dengan mengikuti praktik terbaik SEO dan fokus pada pembuatan konten berkualitas, bukan mengambil jalan pintas.

Optimalisasi mesin pencari membutuhkan waktu agak lama untuk melakukan keajaibannya dan mulai membawa lebih banyak lalu lintas organik ke situs Anda. Namun, mengikuti praktik terbaik dan bekerja keras untuk membuat konten yang unik dan bermanfaat akan terbayar pada akhirnya.

Kesimpulan

Dari pembahasan mengenai Pengertian SEO, Menurut Para Ahli, Tujuan, Cara Kerja, Jenis, Cara Meningkatkan dan Faktor Negatifnya di atas, dapat Kita simpulkan bahwa, Seach Engine Optimization atau SEO adalah praktik mengoptimalkan konten yang akan ditemukan melalui hasil pencarian organik mesin pencari. Manfaatnya jelas yaitu lalu lintas gratis (tanpa berbayar) dan pasif ke website Anda, bulan demi bulan.

Sekarang Anda sudah tahu jawaban untuk pertanyaan Anda, yaitu apa itu pengertian SEO? Sekarang adalah saatnya mengambil apa yang telah Anda pelajari dan menerapkannya pada bisnis Anda. Sebelum Anda mulai mencari cara untuk meningkatkan pengoptimalan mesin pencari Anda dan meningkatkan peringkat SERP Anda. Anda akan ingin melakukan inventarisasi konten Situs dan Blog Anda serta di mana Anda peringkat pada halaman hasil mesin pencari. Setelah Anda mengaudit konten Anda, Anda akan dapat mengembangkan rencana yang solid untuk meningkatkan optimasi mesin pencari perusahaan Anda.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai Pengertian SEO, Menurut Para Ahli, Tujuan, Cara Kerja, Jenis, Cara Meningkatkan dan Faktor Negatifnya serta Cara Meningkatkan Peringkat SEO dan Faktor Negatifnya yang dilengkapi dengan pembahasannya secara lengkap.

Jangan lupa tambah pengetahuan Anda dalam mengetahui istilah-istilah teknologi yang harus diketahui dalam belajar teknologi informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar