Inilah Faktor Penting SEO untuk Peringkat dan Ranking #1 di Tahun 2020 yang Harus Kalian Ketahui!

0
Gambar Faktor Penting SEO Untuk Peringkat Dan Rangking 1 Yang Harus Diketahui Dan Dilakukan
Gambar Faktor Penting SEO Untuk Peringkat Dan Rangking 1 Yang Harus Diketahui Dan Dilakukan

Apa saja Faktor Penting SEO Untuk Peringkat dan Rangking #1 di Tahun 2020 yang Harus Diketahui? Ya, seperti yang kita ketahui, persyaratan SEO terus berubah, dan mungkin dapat dikatakan adalah hal yang sulit untuk mengikuti perkembangan terbarunya. Tetapi jika Anda ingin situs Anda mendapatkan traffic (lalu lintas) pengunjung website, bagaimanapun juga Anda harus dan wajib untuk mengetahuinya.

Situs yang dioptimalkan dengan baik mendapatkan lebih banyak lalu lintas dari waktu ke waktu, dan hal itu berarti lebih banyak leads dan CPL serta conversion (penjualan). Tanpa SEO, para pencari tidak akan dapat menemukan situs Anda, dan semua kerja keras Anda akan sia-sia 😭😭😭. Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membagikan tentang apa saja faktor penting SEO tersebut agar website Anda mendapatkan peringkat dan rangking #1 (bahkan #0)! Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Apa Saja Faktor-Faktor Penting SEO untuk Mendapatkan Peringkat dan Ranking Teratas?

Ilustrasi Gambar Apa Saja Faktor Penting SEO Untuk Peringkat Dan Ranking #1 Di Mesin Pencari
Ilustrasi Gambar Apa Saja Faktor Penting SEO Untuk Peringkat Dan Ranking #1 Di Mesin Pencari

Setelah Anda menyelesaikan panduan Kami ini, Anda akan memiliki situs yang sudah dioptimalkan dengan sangat baik yang membawa Anda lebih banyak bisnis.

Di bawah ini adalah daftar faktor-penting SEO yang akan Kami bahas. Adapun faktor-faktor penting SEO tersebut adalah sebagai berikut:

  • Website yang aman dan dapat diakses
  • Kecepatan halaman (termasuk hecepatan halaman mobile atau seluler)
  • Mobile friendliness (keramahan seluler atau mobile friendly)
  • Usia domain, URL, dan authority (otoritas)
  • Conten optimization (optimasi konten)
  • Technical SEO (teknis)
  • Pengalaman pengguna (RankBrain)
  • Link (tautan)
  • Social media signals (sinyal sosial media)
  • Business listing (informasi bisnis)

Sebelum kita masuk ke detail masing-masing faktor-faktor penting SEO untuk peringkat atau ranking tersebut, mari kita lihat dasar-dasar cara kerja peringkat mesin pencari.

Memahami SEO, Bagaimana Cara Google Memberikan Peringkat atau Me-Ranking sebuah Website?

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara kerja sistem peringkat dan ranking Google, sebelum kita masuk ke faktor-faktor penting untuk peringkat dan ranking mesin pencari yang sebenarnya, mari kita mulai dengan menjawab beberapa pertanyaan dasar kebanyakan orang tentang SEO.

Apa itu “Peringkat” dalam SEO?

Seperti yang Anda ketahui, SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization (Optimasi Mesin Pencari), yang berarti membuat halaman web lebih baik untuk peringkat mesin pencari, tetapi bagaimana sebenarnya cara kerjanya? Berikut uraiannya!

Dalam dunia SEO, reringkat atau ranking adalah sesuatu yang mengacu pada posisi konten Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP). Mendapatkan peringkat dan ranking #1 berarti bahwa ketika orang mencari istilah tertentu, halaman website Anda akakn tampil pada hasil teratas (selain dari hasil iklan, cuplikan unggulan, dan kotak jawaban).

Gambar CTR VS SERP Dalam Ranking Mesin Pencari
Gambar CTR VS SERP Dalam Ranking Mesin Pencari

Muncul dalam 3 hasil teratas untuk sebuah web merupakan hal yang hebat, karena hampir setengah dari klik pada halaman hasil pencarian berasal dari posisi tersebut. Sedangkan muncul di halaman pertama pun, dalam 10 hasil teratas, juga merupakan hal yang bagus. Kenapa bagus? Ya, karena 95% orang bahkan tidak pernah berhasil sama sekali untuk mendapatkan halaman pertama!

Cara Kerja SEO Google

Gambar Bagaimana Cara Kerja Google Apa Yang Google Cari Dalam SEO
Gambar Bagaimana Cara Kerja Google Apa Yang Google Cari Dalam SEO

Apa yang Google cari untuk SEOnya? Begini, tujuan Google sendiri adalah untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan bermanfaat. Memberikan hasil pencarian yang relevan adalah salah satu bagian besar dari tujuan mereka.

Secara singkat, beginilah kurang lebih cara kerja Google:

  1. Pertama; BOT pencarian Google halaman merayapi web Anda. Hal ini berarti mereka mengunjungi halaman web Anda.
  2. Kedua; Mereka menambahkan halaman yang telah dioptimalkan dengan benar dan dapat dirayapi ke indeks google dan katalog mereka.
  3. Ketiga; Ketika orang mencari menggunakan Google, algoritma (baca pengertian algoritma disini) mereka menunjukkan apa yang menurutnya adalah hasil yang paling tepat berdasarkan pada istilah pencarian yang mereka masukkan (dari triliunan halaman dalam indeks Google).

Pada titik itu, Anda harus mengandalkan judul halaman dan deskripsi meta untuk membuat pencari mengklik tautan Anda dan mengunjungi situs Anda. Hmmmm… Bagaimana sudah paham?

Proses Pemberian Peringkat dan Ranking Hasil Pencarian Google

Gambar Bagaimana Proses Pemberian Hasil Peringkat Dan Ranking Pencarian Google Atau Google Search
Gambar Bagaimana Proses Pemberian Hasil Peringkat Dan Ranking Pencarian Google Atau Google Search

Ketika orang ingin menemukan informasi, mereka mengetik atau mengatakan kata-kata yang berhubungan dengan apa yang mereka cari. Itu disebut kata kunci atau yang lebih dikenal dengan istilah keywords (baca pengertian keywords disini).

Tetapi peringkat mesin pencari bukan hanya tentang kata kunci atau keywords semata, mereka juga tentang kualitas informasi.

Menurut peringkat kualitas pencarian Google sendiri, ketika mengindeks konten utama dari setiap halaman, ia memeriksa faktor-faktor seperti:

  • Tujuan halaman Anda.
  • Expertise (Keahlian), authority (otoritas), dan trushworthiness (kepercayaan). Tidak hanya dari segi konten situs dan halaman, tetapi juga keahlian dari masing-masing pembuat konten.
  • Kualitas dan jumlah konten.
  • Info situs web dan informasi tentang pembuat konten.
  • Reputasi situs web dan reputasi pembuat konten.

Semua ini masuk kedalam algoritma peringkat dan membantu menentukan peringkat SEO. Berdasarkan pedoman dan penjelasan peringkat dan ranking di atas, Google menunjukkan kepada pengguna pencarian hasil yang paling relevan, berkualitas tinggi terkait dengan apa yang mereka cari. Yang paling relevan adalah ditunjukkan pertama kali, dan sisanya ditampilkan di halaman berikutnya.

Salah satu tujuan mengatasi faktor-faktor peringkat dan ranking SEO adalah untuk memberi tahu Google kapan halaman Anda di situs Anda relevan dengan permintaan pencarian tertentu, sehingga orang-orang akan mengklik link (tautan) dan mengunjungi situs Anda.

Namun, mari kita perjelas terlebih dahulu bahwa, tidak pernah ada jaminan, mendapatkan peringkat halaman satu atau Ranking #1 dengan dasar dan pedoman SEO yang berubah setiap saat, karena peringkat mesin pencari pun juga dapat berubah tiap saat.

Apa itu SEO On-Page dan SEO Off-Page?

Tunggu! Apa itu SEO on-page dan off-page? Ya! ke-2 (dua) istilah yang sering Anda dengar disebutkan ketika berbicara tentang faktor penting peringkat dan ranking SEO.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Yandex: Apa itu Yandex? Jenis Layanan dan Cara SEO untuk Yandex Search Engine!

Di bawah ini adalah penjelasan tentang apa itu SEO on-page dan SEO off-page.

a. SEO On-Page

Pertama, SEO On-Page adalah semua hal yang mengacu pada faktor-faktor di situs web Anda sendiri yang dapat Anda optimalkan seperti kode yang mendasari dan konten yang ada di dalamnya.

b. SEO Off-Page

SEO Off-Page adalah segala hal mengacu pada tindakan yang diambil di luar situs Anda untuk memengaruhi kepercayaan dan otoritas situs Anda dengan membangun link (tautan) masuk yang tepat atau backlink dan social media signals (sinyal sosial media seperti jumlah share).

Kedua jenis ini termasuk dalam faktor peringkat SEO teratas.

Faktor-Faktor Penting SEO untuk Mendapatkan Peringkat dan Ranking #1 Tahun 2020 pada Hasil Pencarian Mesin Pencari!

Gambar Bagaimana Cara Memantau Dan Memonitor Pencarian Untuk Melihat Peringkat Dan Ranking Pencarian Anda Di Google
Gambar Bagaimana Cara Memantau Dan Memonitor Pencarian Untuk Melihat Peringkat Dan Ranking Pencarian Anda Di Google

Sebelum Anda dapat meningkatkan peringkat SEO Anda, Anda harus mengetahui titik awal Anda untuk memulainya. Ada beberapa cara untuk menemukan ini. Pertama, Anda bisa mencari di Google menggunakan istilah yang menurut Anda akan digunakan pelanggan atau pengunjung Anda. Gunakan penyamaran dengan menggunakan tab incognito atau jendela pribadi di browser Anda (baca pengertian web browser disini) Anda. Lihat di mana konten Anda muncul.

Oke, setelah memahami dasar-dasar dalam SEO diatas, langsung saja, berikut adalah detail faktor-faktor penting SEO untuk mendapatkan peringkat dan ranking #1 di tahun 2020 di hasil pencarian search engine (mesin pencari).

1. Website yang Aman dan Dapat Diakses

Tidak mengherankan lagi bukan? Faktor penting SEO untuk mendapatkan peringkat dan rangking pertama Kami yaitu berkaitan dengan jenis URL yang tepat. Secara khususnya adalah URL yang dapat dengan mudah dijangkau dan dirayapi oleh BOT Google.

Dengan kata lain, Google harus dapat mengunjungi URL dan melihat konten halaman untuk mulai memahami tentang apa halaman tersebut. Untuk membantu mengoptimalkan perayapan BOT, Anda harus membuat:

  • Website yang terstruktur; Adalah Website yang dibuat dengan pembuat situs web yang dikodekan dengan baik.
  • File robots.txt; Merupakan file yang memberi tahu Google di mana ia bisa dan tidak bisa mencari informasi situs Anda
  • Peta situs atau sitemap; Adalah file yang mencantumkan semua halaman Anda. Jika Anda menjalankan situs WordPress, Anda dapat mengatur peta situs melalui Yoast SEO. Jika tidak, maka Anda dapat menggunakan generator sitemap secara online.

Apakah SSL atau URL dengan HTTPS Juga Merupakan Salah Satu Faktornya?

Sebenarnya, URL dengan HTTPS bukan merupakan faktor dalam memutuskan apakah BOT mesin pencari akan mengindeks halaman atau tidak, tetapi Google sendiri mengatakan bahwa, HTTPS adalah “faktor peringkat ringan” dan juga “memiliki HTTPS adalah suatu hal yang bagus untuk pengguna”. Terkait hal tersebut Kami pribadi disini juga setuju.

Jika Anda belum mengaktifkan keamanan SSL di situs web Anda, maka cobalah untuk menggunakan HTTPS sekarang.

2. Page Speed (Kecepatan Halaman)

Gambar Screenshoot Page Speed Kecepatan Halaman Alat PageSpeed Insight Google Dalam Faktor-Faktor Penting SEO Untuk Peringkat Dan Ranking
Gambar Screenshoot Page Speed Kecepatan Halaman Alat PageSpeed Insight Google

Kecepatan halaman telah disebut sebagai faktor penting SEO untuk mendapatkan peringkat dan rangking pertama selama bertahun-tahun. Google ingin meningkatkan pengalaman pengguna tentang web, dan halaman web yang memuat cepat pasti akan melakukannya.

Google mengumumkan pembaruan algoritma mesin pencari yang berfokus pada kecepatan halaman seluler yang akan mulai memengaruhi situs mulai juli tahun 2018 sampai sekarang (tahun 2020 ini).

Jika situs Anda tidak memuat dengan cepat pada perangkat seluler, maka tentu nilai peringkat dan rankingnya akan dikurangi. Gunakan tools atau alat Google PageSpeed Insight untuk melihat bagaimana kecepatan situs Anda (termasuk halaman desktop dan mobile atau seluler).

3. Mobile Friendliness (Keramahan Seluler)

Gambar Screenshoot Mobile Fiendliness Alat Pengujian Situs Mobile Friendly Google
Gambar Screenshoot Mobile Fiendliness Alat Pengujian Situs Mobile Friendly Google

Sementara Kami membahas masalah seluler atau mobile, mobile friendliness (keramahan seluler) adalah faktor penting SEO untuk peringkat dan rangking yang lainnya. Sekarang lebih banyak orang menggunakan perangkat mobile (seluler) daripada desktop untuk mengakses internet, dan hal itulah yang menjadi alasan mengapa ada perubahan dalam cara Google memberi peringkat pada hasil pencarian.

Google mobile first index atau Indeks pertama seluler Google sekarang menjadi kenyataan, yang berarti ia menarik hasilnya dari situs yang telah dioptimalkan untuk seluler terlebih dahulu, daripada situs yang ditujukan ke dalam penggunaan komputer desktop.

Jika situs Anda tidak dioptimalkan untuk seluler, Anda berisiko untuk mendapatkan nilai yang kurang, setidaknya dalam istilah SEO.

Berdasarkan Data dari Google, di bawah ini adalah tabel statistik pengguna mobile (seluler).

No.DataJumlahKeterangan
1.Mobile traffic
(lalu lintas pengunjung dari seluler)
+6%Bertambah dari
tahun 2016
2.Tampilan halaman mobile+12%Bertambah dari
Tahun 2016
3.Mobile bounce rate (pantulan)-9%Berkurang dari
Tahun 2016

Gunakan tools atau alat Pengujian situs mobile-friendly Google untuk melihat bagaimana situs Anda pada halaman mobile atau seluler.

Banyak faktor peringkat SEO yang akan Kami bahas dalam artikel Kami kali ini adalah faktor yang akan membantu Anda menerapkan dasar untuk peringkat mesin pencari yang baik. Pastikan Anda juga harus menjaga pengalaman pengguna ketika orang-orang mendarat dan mengunjungi situs web Anda.

Untuk faktor SEO terkait mobile-friendliness, berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan:

  • Apakah Anda memiliki kemampuan responsive web design yang secara otomatis mengubah ukuran agar sesuai dengan perangkat.
  • Apakah Anda menggunakan font berukuran besar agar mudah dibaca di layar kecil.
  • Aksesibilitas dan kemampuan navigasi, termasuk membuatnya mudah untuk mengetuk menu di website Anda.
  • Memastikan bahwa konten penting Anda tidak disembunyikan oleh iklan atau elemen HTML Anda.

4. Usia Domain, URL, dan Authority (Otoritas)

Tahukah Anda bahwa hampir 60% Situs yang memiliki peringkat sepuluh besar pencarian Google berusia tiga tahun atau lebih? Data dari studi Ahrefs dari dua juta halaman, menunjukkan bahwa sangat sedikit situs yang berumur kurang dari satu tahun untuk mencapai peringkat itu.

Jadi, jika Anda baru saja memiliki website, dan telah mengoptimalkannya menggunakan tips dalam Kami kali ini, itu sudah merupakan kelebihan Anda dan bukan tidak mungkin situs Anda dapat berada di halaman pertama (#1) mesin pencari.

Dalam beberapa kasus, nama domain (baca pengertian domain disini) juga merupakan hal yang penting. Meskipun Google telah memberikanpPenalti untuk domain yang mempunyai pencocokan sama persis atau yang dikenal dengan exact-match domains (adalah domain dengan kata kunci target pada nama domain), namun tetap, penalti tersebut umumnya berlaku untuk situs spam dengan konten yang sedikit.

Penelitian lain menunjukkan bahwa exact-match domains yang dianggap relevan, bernilai, dan berkualitas tinggi dapat melihat peningkatan peringkat karenanya. Namun, jika Anda sudah memiliki situs web yang sudah matang, Anda tidak perlu mencari domain yang sama persis dengan bisnis Anda, fokuslah pada 1 (satu) URL yang mencerminkan bisnis Anda dan sebaliknya optimalkan dan terus tingkatkan segala hal terkait website optimization situs Anda!

Kembali ke faktor SEO nomor 4 (empat), Ketika datang ke faktor peringkat mesin pencari, authority atau otoritas merupakan salah satu faktor penting SEO Untuk peringkat dan rangking. Seperti yang akan Anda lihat, biasanya kombinasi dari konten hebat dan sinyal SEO off-page seperti inbound link dan share media sosial.

Baca Juga :  Pengertian Typographic Hierarchy: Contoh dan Faktor-Faktornya

MOZ telah mengodifikasi masalah ini menjadi skor otoritas halaman dan otoritas domain, keduanya diberi peringkat dari 0 sampai 100, yang memberi tahu Anda seberapa besar kemungkinan halaman atau domain tertentu diperingkatkan dalam hasil pencarian.

Anda dapat memeriksa otoritas domain Anda yang biasa dikenal dengan DA (Domain Authority) atau otoritas Halaman yang biasa dikenal dengan PA (Page Authority) dengan MOZ Link Explorer. Cukup masukkan URL Anda ke kotak Input mereka, dan Anda akan mendapatkan laporan yang menunjukkan otoritas domain, otoritas halaman, tautan yang dibuat, dan tautan baru.

5. Content Optimization (Optimasi Konten)

Tentu saja, Content Optimization (Optimasi Konten) merupakan salah satu faktor peringkat pencarian paling penting seperti UX atau user experience (pengalaman pengguna), link (tautan) dan Rankbrain yang merupakan komponen algoritma Google.

Sekarang mari kita menggali dan melihat apa arti sebenarnya dari Content Optimization atau Optimasi Konten untuk SEO.

Seperti yang kami katakan sebelumnya mengenai cara kerja SEO Google di atas, algoritma pencarian Google bergantung pada keywords (kata kunci). Ini adalah kata dan frasa yang digunakan pencari ketika mereka mencari informasi. Keyword merupakan kata-kata dan frasa yang menggambarkan topik situs Anda. Idealnya, mereka akan cocok dan saling berkaitan. Itulah mengapa sangat penting untuk menggunakan dan menyisipkan keywords dalam konten Anda.

Salah satu faktor peringkat SEO negatif yang harus diperhatikan adalah duplikat konten (duplicate). Untuk SEO, fresh (segar) dan konten original yang asli selalu menjadi yang terbaik. Dan jika Anda memiliki konten yang serupa (duplikat dalam website Anda), beri tahu Google mana yang harus diurutkan sebagai yang paling otoritatif dengan menggunakan canonical URL (kanonik).

Pengertian LSI Keywords dalam SEO

Ini bukan hanya tentang kata kunci utama, walaupun juga merupakan hal penting untuk memasukkan istilah yang terkait dengan istilah utama yang dicari orang. Ini disebut Keywords LSI (Latent Semantic Indexing). Mereka menyediakan semacam asosiasi kata online untuk membantu Google mengetahui hasil mana yang akan ditampilkan.

Misalnya, menggunakan kata kunci LSI yang tepat akan memberi tahu Google bahwa ketika para pencari mengetik “persia”, sedangkan halaman Anda lebih relevan dengan kucing, daripada negara, sebaliknya, maka situs Anda lah yang akan tampil.

Perlu dicatat bahwa semakin banyak orang mencari dengan suara atau voice search, pengoptimalan konten termasuk mengoptimalkan pertanyaan dan pencarian bahasa alami.

Namun, inilah poin pentingnya, mengisi kata kunci berulang-ulang di halaman Anda seperti:

Halaman Beranda: Persia, Persia, Persia ..... (Sampai dengan 300 Kali)

Adalah sesuatu yang jelek dan dilarang karena akan menghasilkan halaman web yang berkualitas buruk dan benar-benar akan merusak peringkat SEO Anda.

Pengertian Search Intent (Maksud Pencarian) untuk Optimasi Konten

Search Intent (Maksud Pencarian) juga penting ketika mengoptimalkan konten. Hal tersebut berarti memahami apa yang sebenarnya dicari orang ketika mereka mengetikkan kata kunci pencarian.

Misalnya, katakanlah Anda telah mengidentifikasi “cara mengatasi Corel Draw X7 bajakan” sebagai kata kunci yang ingin Anda peringkatkan. Anda mungkin berpikir bahwa menulis konten untuk orang yang mencari “mengatasi Corel Draw X7 bajakan” adalah ide yang bagus.

Tetapi jika orang yang mencari istilah itu adalah “apa itu Corel Draw viewer mode” , maka konten Anda tidak akan memenuhi kebutuhan mereka, dan halaman Anda tidak akan mendapat peringkat untuk tampil.

Terkadang, jelas apa yang dicari orang. Misalnya, jika mereka menggunakan kata “jual”, mereka cenderung mencoba membuat keputusan tentang menjual produk. Dan jika mereka menggunakan kata “beli”, maka mereka ingin melakukan pembelian.

Kata kunci yang mereka gunakan akan berubah tergantung pada apa yang mereka inginkan:

  • Mencari situs web tertentu (navigasi)
  • Mendapatkan jawaban dari pertanyaan (informasi)
  • Mendapatkan informasi sebelum melakukan pembelian (investigasi)
  • Melakukan pembelian (transaksional)

Tentu, situs bisnis yang memiliki dan menerapkan Content Optimization (Optimasi Konten) yang baik akan mencakup konten untuk masing-masing jenis pencarian tersebut.

Panjang Konten adalah Faktor Peringkat SEO?

Singkatnya, Ya! Google ingin konten berkualitas dan memiliki jumlah panjang. Meskipun menulis lebih banyak hanya untuk merentangkan panjangnya tidak pernah dianjurkan, jika subjek yang ingin Anda tampilkan membutuhkan kedalaman, maka berikan kedalaman.

Penelitian menunjukkan bahwa konten lebih yang mempunya dari 1000 Kata mendapat lebih banyak posisi sepuluh besar di peringkat mesin pencari Google. Konten yang lebih lama menarik lebih banyak link (tautan) dan juga share (berbagi), yang merupakan 2 sinyal dan faktor penting dalam peringkat dan ranking lainnya.

Answer Box (Kotak Jawaban)

Google semakin memberikan jawaban melalui answer box atau kotak jawaban, sehingga merupakan aspek lain dari pengoptimalan untuk peringkat mesin pencari yang lebih baik.

Di bawah ini adalah gambar answer box (kotak tampilan) dari jawaban Google.

Gambar Screenshoot Bagaimana Google Menampilkan Answer Box Atau Kotak Jawaban Mereka Dalam Faktor-Faktor Penting SEO Untuk Peringkat Dan Ranking
Gambar Screenshoot Bagaimana Google Menampilkan Answer Box Atau Kotak Jawaban Mereka

Berdasarkan pengalaman Kami pribadi, berikut ini adalah cara mengoptimalkan answer box (kotak jawaban).

  • Tentu saja menjawab pertanyaan.
  • Termasuk pertanyaan sebagai judul atas, dengan tag judul yang diformat dengan benar (yang akan kita bahas selanjutnya).
  • Memastikan bahwa jawabannya benar, relevan, dan tidak terlalu banyak.
  • Menargetkan konten ke keywords atau kata kunci yang sudah memiliki kotak jawaban
  • Termasuk daftar atau tabel.

Menggunakan Video di Blog untuk Meningkatkan Peringkat SEO?

Menurut Cisco, konten video akan mewakili 80% Traffic (Lalu Lintas) Online pada tahun 2020 dan 2021.

Sedangkan berdasarkan penelusuran dan penelitian Kami sendiri menunjukkan bahwa:

  • Orang-orang menonton video di semua kelompok umur.
  • Sekitar 79% orang lebih suka menonton video daripada membaca postingan blog.
  • Orang-orang menggunakan video untuk membantu mereka membuat keputusan pembelian.

Mulailah memasukkan video dalam strategi konten Anda. Video Anda akan dibaca, dibagikan, dan ditautkan ke situs Anda, mereka memberikan banyak sinyal untuk memperkuat peringkat pencarian Anda. Anda bisa mulai dengan menambahkan video yang berhubungan dengan topik yang Anda bahas.

6. Technical SEO (Teknis)

Faktor SEO untuk peringkat dan rangking yang selanjutnya adalah technical SEO (Teknis). Seperti yang Kami katakan sebelumnya bahwa memperbaiki kode adalah salah satu aspek dari mengoptimalkan konten untuk peringkat mesin pencari yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan terkait technical SEO:

  • Gunakan keywords (kata kunci) dalam judul halaman; yang merupakan tempat Google pertama kali mencari untuk menentukan konten mana yang relevan dengan pencarian mana. Anda akan melihat judul halaman sebagai baris pertama dari entri hasil pencarian.
  • Gunakan tag judul untuk menampilkan susunan struktur konten; Jika judul Anda diformat sebagai h1, maka gunakan h2 atau h3 untuk subtitle.
  • Buat deskripsi meta yang menarik pembaca dan sertakan frase kata kunci Anda; Buat deskripsi meta singkat dan ringkas. Anda memiliki hak sekitar 160 karakter untuk meyakinkan pencari bahwa ini adalah postingan yang mereka inginkan.
  • Gunakan frasa kata kunci dalam tag alt gambar; Gunakan untuk menunjukkan bagaimana gambar relevan dengan konten utama. Google juga memiliki pencarian gambar, yang merupakan cara lain bagi orang untuk menemukan konten Anda.
  • Jika perlu, gunakan markup skema; Gunakan untuk memberi tahu Google jenis konten apa yang Anda hasilkan. Ini juga dapat membantu konten Anda muncul di entri kartu kaya atau rich card selain kotak jawaban.
Baca Juga :  Pembahasan Pengertian Impression: Apa itu Tayangan? Tujuan, Fungsi, Jenis dan Contohnya dalam Internet Marketing!

7. Pengalaman Pengguna (RankBrain)

Faktor SEO yang ke-7 adalah RankBrain. Untuk sementara saat ini, Google telah menggunakan AI (Kecerdasan Buatan) untuk memberi peringkat lebih baik pada halaman web yang memanggil sinyal Pengalaman Pengguna (RankBrain).

Pengalaman pengguna atau Rankbrain termasuk sinyal lain yang memengaruhi peringkat mesin pencari Anda. Sinyal lain tersebut adalah:

  • Clickthrough Rate (Rasio klik-tayang); Yaitu persentase orang yang mengklik untuk mengunjungi situs Anda setelah entri muncul di hasil pencarian.
  • Bounce Rate (Tingkat pentalan); terutama pogosticking, yaitu jumlah orang yang keluar untuk kembali, yang pada dasarnya berarti situs Anda tidak memberikan apa yang mereka inginkan.
  • Dwell Time; Adalah berapa lama mereka tinggal dan berada di situs Anda setelah mereka tiba.

Jika orang mendarat di situs Anda, tidak menyukainya, dan keluar kembali, maka Google akan menganggapnya tidak relevan dengan kebutuhan mereka. Jika cukup banyak orang melakukan ini, maka Anda mungkin akan terasa lebih sulit bagi situs Anda untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Sebaliknya, jika orang mengklik ke halaman web Anda dan tinggal sebentar, hal itu akan memberi tahu Google konten Anda relevan dengan pencarian mereka. Jadi, ketika Anda mengoptimalkan judul, deskripsi, dan konten untuk mendapatkan klik dan memberikan sebuah nilai pada seluruh kontennya. Anda dapat meningkatkan peringkat mesin pencari website Anda.

8. Link (Tautan)

Seperti yang sudah Kami katakan di awal, Link (tautan) adalah salah satu sinyal dan faktor-faktor SEO untuk peringkat dan rangking.

Berikut ini adalah 3 (tiga) jenis link atau tautan yang harus Anda perhatikan:

  1. Inbound links (tautan masuk)
  2. Outbound links (tautan keluar)
  3. Internal links (tautan internal)

Google menggunakan inbound links (tautan masuk) sebagai salah satu cara untuk membantu menentukan seberapa otoritatif dan relevan konten Anda. Skenario kasus terbaik adalah seperti ketika sebuah situs resmi menyertakan tautan yang relevan ke situs Anda di bagian konten yang relevan.

Jadi, jika ada content marketing (pemasaran konten) menyertakan inbound links (tautan masuk) ke sumber daya pemasaran konten Anda, hal tersebut itu akan dianggap lebih baik daripada jika orang acak dengan tautan situs yang berkualitas rendah yang menujunnya.

Idealnya, Anda ingin memiliki sedikit tautan masuk dari domain berkualitas rendah. Anda dapat menemukan tautan masuk Anda menggunakan alat seperti SEMRush atau Ahref yang merupakan salah satu tools atau alat penelitian keyword atau kata kunci.

Pada saat yang sama, Anda ingin menunjukkan bahwa Anda membuat konten berkualitas untuk pengunjung Anda dan menautkannya ke situs yang relevan dan lebih memiliki authority (otoritas) di niche Anda adalah hal yang baik.

Yang terakhir, yaitu dengan menautkan ke konten Anda sendiri dapat membantu menyatukan halaman untuk Google dan pengunjung Anda, menjadikan setiap halaman Anda lebih berharga. Jika Anda memiliki halaman resmi dan menautkan ke halaman lain di situs Anda, itu membantu pengunjung menemukan halaman lain dan meneruskan sebagian dari otoritas itu. Hal tersebut akan menjadi faktor penting peringkat dan ranking kedua dalam meningkatkan peringkat mesin pencari web Anda.

9. Social Media Signals (Sinyal)

Faktor-faktor penting SEO Untuk selanjutnya adalah Social Media Signals. Ketika orang membagikan konten Anda di jejaring sosial, itu pertanda lain bahwa hal itu adalah berharga.

Berdasarkan kata Official Google, social media sharing (share media sosial) tidak merupakan faktor peringkat langsung. Link (tautan) dari Twitter atau Facebook tidak dihitung sama dengan tautan yang berasal dari situs resmi lainnya.

Namun, tidak dapat disangkal bahwa halaman dengan peringkat tertinggi dalam hasil pencarian Google biasanya memiliki banyak jumlah share, mungkin karena semakin banyak konten Anda dibagikan, semakin banyak orang akan melihatnya dan memutuskan untuk menautkannya (menjadikannya backlink). Hal itu berarti mendapatkan lebih banyak social share tidak membantu peringkat mesin pencari Anda, jika hanya secara tidak langsung.

Anda tidak hanya perlu memiliki akun media sosial sendiri, tetapi Anda harus membuatnya agar mudah untuk membagikan konten Anda dan memperkuat social media signals tersebut.

10. Business Listing (Informasi Bisnis)

Gambar Business Listing Atau Informasi Bisnis Asli Google Dalam Faktor-Faktor Penting SEO Untuk Peringkat Dan Ranking
Gambar Business Listing Atau Informasi Bisnis Asli Google

Faktor-faktor penting SEO untuk peringkat dan rangking terakhir yang Kami bahas disini merupakan tips yang sangat penting untuk bisnis yang menargetkan area lokal tertentu. Ada atau tidak adanya business listing (informasi bisnis) adalah salah satu dari faktor SEO lokal yang paling penting.

Jadi, penting untuk memperhatikan bagian terkait SEO lokal seperti:

  • NAN; Nama, Alamat, Nomor Telepon.
  • Daftar bisnis di Google Bisnisku dan Facebook.
  • Review (ulasan) di kedua situs tersebut dan pada direktori bisnis atau business listing yang relevan dan lain sebagainya.
  • Istilah pencarian lokal yang tepat.

Kesimpulan

Bayangkan jika Anda sudah menerapkan semua Faktor-Faktor Penting SEO untuk Peringkat dan Ranking di atas yang berjalan bersama untuk membantu SEO Anda, tentu akan menciptakan sesuatu yang luar biasa bukan? Sekarang, strategi SEO pun menjadi lebih komprehensif dan canggih untuk tujuan yang lebih baik dari tahun sebelumnya yang telah kita lihat perubahannya dari Tahun 2015, 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020 (Sekarang) dan seterusnya.

Semua perubahan tersebut terjadi karena dampak mobile-first indexing, faktor peringkat kecepatan halaman, dan lain sebagainya yang terus berlaku hingga tahun 2020 ini, Anda harus yakin bahwa SEO yang berfokus pada kualitas daripada keuntungan jangka pendek adalah sesuatu yang akan membantu Anda mendapatkan peringkat dan ranking teratas dalam hasil pencarian SERP.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas mengenai Faktor Penting SEO Untuk Peringkat dan Rangking #1 di Tahun 2020 yang Harus Diketahui. Jangan lupa bagikan pendapat Anda melalui kolom Komentar di bawah ini.

Mari bagikan dan share tulisan atau artikel Kami disini jika kalian rasa bermanfaat. Selain itu, selamat mencoba. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar