Mempelajari Pengertian Keyword (Kata Kunci): Apa itu SEO Keywords? Jenis, Penggunaan, Cara Menggunakan, Memilih dan Menemukannya!

0
Gambar Pengertian Keyword Apa itu SEO Keywords Dan Kata Kunci Jenis Penggunaan Dan Bagaimana Cara Menggunakan Memilih Menemukannya Serta Kenapa Itu Penting
Gambar Pengertian Keyword Apa itu SEO Keywords Dan Kata Kunci Jenis Penggunaan Dan Bagaimana Cara Menggunakan Memilih Menemukannya Serta Kenapa Itu Penting

Tahukah Kalian, Pengertian Keyword, Apa itu SEO Keywords dan Kata Kunci? Jenis, Penggunaan serta Bagaimana Cara Menggunakan, Memilih dan Menemukannya? Ya, seperti yang sudah kita ketahui, keyword yang berarti kata kunci merupakan ide dan topik yang menentukan tentang konten Anda. Dalam hal SEO, kata-kata dan frasa yang dimasukkan oleh pencari ke mesin pencari juga disebut dengan permintaan pencarian. Sebagai pemilik website (baca pengertian website disini) dan pembuat konten, Anda pasti ingin kata kunci pada halaman Anda relevan dengan apa yang dicari orang sehingga mereka (para pengguna) memiliki peluang lebih baik untuk menemukan konten Anda di antara hasil pencariannya.

Kata kunci yang paling umum merujuk pada kata-kata yang digunakan orang ketika mereka mencari, ini mungkin berupa satu kata atau frasa. Selain itu, pentingnya menerapkan keyword research atau penelitian kata kunci memungkinkan Anda menemukan, menilai, dan menargetkan kata kunci terbaik untuk situs web Anda. Perlu kalian ketahui, dengan memahaminya, maka Anda dapat menemukan kata kunci yang lebih baik dengan lebih cepat dan menarik lebih banyak lalu lintas ke situs Anda. Terkait hal itu, dalam postingan ini Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian keyword, apa saja jenisnya dan bagaimana cara menggunakannya. Langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Keyword

Berarti kata kunci (dalam bahasa Indonesia), focus atau keyword, adalah kata yang paling menggambarkan konten pada halaman atau postingan Anda berdasarkan simpulan Kami yang mengacu dari sumber Situs Yoast.

Ini adalah istilah pencarian yang ingin Anda peringkatkan dengan halaman tertentu. Jadi, ketika orang mencari kata kunci atau frasa seperti di Google, Bing, Yandex, Yahoo atau mesin pencari lainnya, mereka menemukan halaman itu di situs web Anda.

Apa itu SEO Keywords?

Gambar Apa Itu Arti SEO Keywords Atau Kata Kunci Optimasi Mesin Pencari
Gambar Apa Itu Arti SEO Keywords Atau Kata Kunci Optimasi Mesin Pencari

Kata kunci SEO atau SEO keywords adalah kata kunci dan frasa dalam konten web Anda yang memungkinkan orang menemukan situs Anda melalui mesin pencari.

Sebuah situs web yang dioptimalkan dengan baik untuk mesin pencari sebagai basis pengunjung potensial dengan kata kunci untuk SEO membantu menghubungkan pencari ke situs Anda. Selain itu, perlu kalian ketahui bahwa keyword (kata kunci) adalah salah satu elemen utama Search Engine Optimization (SEO).

Dengan kata lain, Anda perlu tahu bagaimana orang (para pengguna) mencari produk, layanan, atau informasi (baca pengertian informasi disini) yang Anda tawarkan, agar mudah bagi mereka untuk menemukan Anda.

Kenapa? Karena jika tidak, mereka akan mendarat di salah satu dari banyak halaman lain di hasil Google. Selain itu, harus kalian ketahui juga bahwa dengan menerapkan keyword untuk SEO (baca selengkapnya tentang pengertian SEO disini) akan membantu peringkat situs Anda berada di atas pesaing Anda.

Apa itu Kata Kunci?

Jadi, apa itu yang dimaksud dengan kata kunci? Sebenarnya, artinya sendiri tergantung dari konteksnya, dalam hal mesin pencari, kata kunci adalah setiap istilah pencarian yang dimasukkan di Google (atau mesin pencari lainnya) yang memiliki halaman hasil di mana berbagai macam situs web terdaftar.

Kata kunci merupakan istilah pencarian yang akan digunakan oleh pemilik situs web atau profesional SEO untuk mengoptimalkan situs web dengan harapan mendapat peringkat di bagian atas hasil Google untuk kata kunci tertentu.

Apa pun yang dicari di mesin pencari, baik satu kata atau frasa, dianggap sebagai kata kunci. Misalnya, inilah halaman hasil untuk kata kunci “pengertian tujuan.”

Jenis-Jenis keyword (Kata Kunci)

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Keywords Dalam Penjelasan Dan Pembahasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Keywords Dalam Penjelasan Dan Pembahasan Pengertiannya

Setelah kalian mengetahui apa arti dari keyword atau kata kunci, pastinya kita harus mengetahui apa saja jenis dan macamnya bukan?

Baca Juga :  Pembahasan Pengertian Impression: Apa itu Tayangan? Tujuan, Fungsi, Jenis dan Contohnya dalam Internet Marketing!

Ya! Adapun beberapa macam dan jenis-jenis keyword, terutama dalam hal SEO yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut.

a. Head Keywords

Jenis keyword yang pertama adalah head keywords atau kata kunci kepala. Arti dari jenis ini bisa jadi luas dan berjangkauan jauh, atau mereka dapat menjadi kombinasi yang lebih spesifik dari beberapa istilah yang sering disebut dengan long-tail keywords.

b. Singular Keywords

Jenis berikutnya adalah singular keywords atau kata kunci tunggal. Ini mungkin tampak menjadi tujuan utama Anda dalam optimasi mesin pencari, karena mereka sering kali memiliki volume pencarian yang tinggi dan terbilang menggoda.

Namun, mereka biasanya memiliki persaingan yang sangat ketat (sulit). Anda mungkin ingin toko pakaian butik Anda mendapat peringkat untuk “pakaian,” tetapi itu akan menjadi sangat sulit untuk mendapatkan peringkat di atas toko atau e-commerce terkenal seperti Shopee dan Zalora.

Di atas persaingan yang kuat itu, kata kunci tunggal bisa jadi sangat membingungkan.

Jika seseorang mencari “kucing” Anda tidak tahu apakah mereka menginginkan daftar ras kucing, informasi tentang makanan kucing, tempat untuk membeli kerah anjing, atau hanya situs dengan foto-foto kucing yang lucu.

c. Long-Tail Keywords

Jenis yang terakhir adalah long-tail keywords atau kata kunci ekor panjang. Ini biasanya memiliki maksud yang lebih jelas. Misalnya, “makanan kucing organik terbaik untuk anak kucing,” atau “faktor penting SEO untuk peringkat dan halaman #1 Google.”

Anda juga akan menemukan bahwa kata kunci ekor panjang memiliki lebih sedikit persaingan, dengan ruang untuk situs yang lebih kecil untuk membuat tanda mereka pada hasil pencarian mesin pencari atau Search Engine Result Page (SERP).

Penggunaan Keyword di Halaman Web

Terlepas daripada pengertian keyword atau kata kunci di atas, tidak ada gunanya jika hanya melemparkan sembarang kata kunci ke halaman Anda.

Membuat konten yang menarik berarti adalah memberikan nilai nyata bagi orang-orang, tidak hanya mengirim petunjuk kepada teman robot di Google saja.

Ada beberapa aturan dasar penggunaan kata kunci yang harus Anda ikuti untuk memulainya. Kata kunci unik harus digunakan pada setiap halaman situs Anda di area yang biasanya dilihat oleh bot dan manusia untuk meyakinkan mereka bahwa Anda memiliki apa yang mereka cari.

Ini termasuk tag judul dan isi konten Anda, yang mengarah ke poin penting atau perangkap clickbait (baca pengertian clickbait disini).

Anda mungkin percaya bahwa Anda menarik lebih banyak klik dengan menawarkan judul-judul yang samar-samar menggiurkan untuk konten Anda, tetapi dengan menyamarkan tentang apa yang terdapat sebenarnya halaman itu, Anda memilih untuk keluar dari beberapa kekuatan dari sebuah kata kunci.

Anda juga dapat melihat bagaimana cara kerja keyword atau kata kunci utama Anda ke dalam URL (baca pengertian URL disini) Anda, tag h1 pada halaman, deskripsi meta, dan atribut alt gambar pada halaman. Semua tempat ini akan membantu petunjuk mesin pencari tentang apa konten Anda sebenarnya.

Menggunakan kata kunci Anda di area ini adalah cara paling dasar untuk menargetkan konten Anda untuk pencarian. Ini tidak akan langsung membuat Anda ke atas hasilnya, tetapi hal itu penting untuk SEO dan kegagalan dalam praktik mengambil langkah-langkah dasar ini dapat mencegah Anda hilang dari peringkat hasil.

Keyword untuk Merumuskan Strategi Konten

Ilustrasi Gambar Penggunaan Kata Kunci Untuk Merumuskan Strategi Konten
Ilustrasi Gambar Penggunaan Kata Kunci Untuk Merumuskan Strategi Konten

Meskipun Anda sering dapat memulai dengan keyword (kata kunci) dan membuat konten di sekitar istilah itu, terkadang konten Anda sudah ada, dan Anda perlu mencari cara untuk mencocokkannya dengan kata kunci.

Untuk melakukan ini, buat apa yang dikenal sebagai “pemetaan konten ke kata kunci” atau yang lebih dikenal dengan content to keyword mapping. Membuat peta ini dapat membantu Anda memahami dampak dari konten yang ada dan mengidentifikasi tautan atau celah lemah yang perlu diisi.

Baca Juga :  Pengertian QoS (Quality of Service): Parameter, Cara Kerja dan Cara Menerapkannya

Karena kata kunci menentukan setiap halaman situs Anda, Anda dapat menggunakannya untuk mengatur konten Anda dan merumuskan strategi. Cara paling dasar untuk melakukan ini adalah memulai membuat spreadsheet dan mengidentifikasi kata kunci utama Anda untuk setiap artikel.

Kemudian kalian dapat membangun lembar Anda untuk kebutuhan kalian sendiri, menambahkan volume pencarian kata kunci, lalu lintas organik, otoritas halaman dan metrik lain yang penting bagi bisnis Anda.

Idealnya, Anda ingin setiap halaman di situs Anda menargetkan kata kunci utama yang unik. Secara umum, beranda Anda akan menargetkan istilah industri yang sangat luas dan saat Anda membuat halaman kategori, halaman produk, dan artikel, mereka akan menelusuri milik Anda dan menargetkan kebutuhan yang lebih spesifik.

Cara Menggunakan Keyword (Kata Kunci)

Biasanya, cara menggunakan keyword atau kata kunci adalah dengan merencanakan kampanye yang menargetkannya. Di situlah SEO, content marketing atau pemasaran konten, dan iklan PPC ikut bermain.

Cara paling sederhana untuk menggunakan kata kunci adalah dengan memastikan bahwa konten situs web Anda (judul halaman, teks, kategori, dan subbagian halaman web, dan lain sebagainya), semuanya ditulis dengan cara yang sama seperti audiens Anda menulis permintaan mesin pencari mereka.

Dengan cara ini, ketika halaman web Anda muncul di hasil pencarian, hal tersebut akan menarik orang-orang yang baru saja mencari dengan bahasa yang sama.

Anda dapat menulis posting blog (baca pengertian blog disini) yang dioptimalkan yang memberikan jawaban atas kata kunci yang mengajukan pertanyaan, atau memberikan informasi umum di situs web Anda yang mengedukasi orang tentang topik seputar kata kunci target tersebut dalam upaya meningkatkan SEO sebuah situs.

Atau, buat halaman arahan di situs web Anda untuk kampanye iklan Anda yang menarik bagi setiap kata kunci spesifik yang ingin Anda targetkan dengan kampanye Anda.

Cara Memilih Keyword atau Kata Kunci untuk SEO dan SEM

Terkait penjelasan apa itu pengertian keyword di atas, memilih kata kunci target Anda dapat menentukan strategi online dan membentuk reputasi Anda.

Apakah kalian ingin tahu cara menemukan kata kunci untuk SEO atau target PPC kalian? Berikut adalah beberapa panduan langkah dan cara umum untuk memilihnya:

  • Periksa referensi pencarian situs Anda saat ini melalui Google Search Console dan bangun konten Anda dari itu.
  • Konten atau halaman web apa yang Anda miliki di website Anda yang akan memuaskan pencarian seseorang? Kata-kata apa yang akan Anda cari untuk menemukan konten itu?
  • Bagaimana Anda menggambarkan produk Anda kepada seorang pemula?
  • Cobalah untuk menghindari kata-kata dengan banyak makna.
  • Cari long-tail keyword atau kata kunci berekor panjang dengan maksud tertentu dan persaingan rendah.
  • Jangan memilih kata-kata yang terlalu kompetitif jika Anda bukan pemain utama dalam bisnis Anda.
  • Tanyakan kepada orang-orang di sekitar Anda bagaimana mereka akan mencari situs web Anda untuk membantu menentukan kata kunci untuk SEO, konten, dan PPC.
  • Rencanakan satu kata kunci target pusat (utama) dan 2-5 kata kunci target terkait per halaman arahan atau postingan blog dalam kampanye Anda.

Cara Menemukan Keyword Terbaik Anda untuk SEO

Dalam membahas mengenai apa itu pengertian keyword dan artinya, jenis serta penggunaannya, perlu kalian ketahui bahwa kebanyakan marketer atau pemasar yang newbie membuat kesalahan yang sama ketika datang ke research atau penelitian kata kunci SEO.

Adapun beberapa kesalahan marketer atau pemasar dalam menemukan keyword terbaik tersebut antara lain:

  • Hanya melakukan keyword research (riset kata kunci) SEO sekali.
  • Tidak ingin repot memperbarui dan memperluas daftar kata kunci mereka, atau
  • Menargetkan kata kunci yang terlalu populer, yang artinya sangat kompetitif.

Pada dasarnya, penelitian kata kunci SEO harus menjadi bagian yang berkelanjutan dan terus berkembang dari pekerjaan Anda sebagai marketer.

Kata kunci lama perlu dievaluasi kembali secara berkala, dan kata kunci kompetitif yang memiliki volume tinggi (atau kata kunci “head”) sering kali dapat diganti atau diperbesar dengan frasa yang lebih panjang dan lebih spesifik yang dirancang untuk tidak menghasilkan sembarang kata kunci.

Baca Juga :  Memahami Pengertian VPN: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Manfaat serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Anda juga harus melakukan diversifikasi, kalian tidak akan menonjol jika Anda menggunakan semua kata kunci yang sama dengan pesaing Anda. Anda tidak hanya harus mencoba alat pencarian kata kunci baru dan melacak hasilnya, tetapi Anda harus merasa bebas untuk bereksperimen berdasarkan penelitian Anda sendiri.

Mengapa Keyword Penting?

Berdasarkan pembahasan apa itu pengertian keyword dan artinya di atas, kata kunci adalah sesatu yang penting karena merupakan kunci antara apa yang dicari orang dan konten yang Anda sediakan untuk memenuhi kebutuhan itu.

Tujuan Anda dalam menentukan peringkat pada mesin pencari adalah untuk mengarahkan lalu lintas organic (organik) ke situs Anda dari halaman hasil mesin pencari dan kata kunci yang Anda pilih untuk target (artinya antara lain, yang Anda pilih untuk dimasukkan dalam konten Anda) akan menentukan lalu lintas seperti apa yang Anda dapatkan.

Sebagai contoh misalnya, jika Anda memiliki toko golf, Anda mungkin ingin peringkat untuk kata “klub baru” tetapi jika Anda tidak hati-hati, pada akhirnya menarik lalu lintas yang tertarik untuk menemukan tempat hiburan malam baru.

Kata kunci sama banyaknya dengan audiens (baca pengertian audiens disini) Anda, tetapi juga tentang konten Anda, karena Anda dapat menggambarkan apa yang Anda tawarkan dengan cara yang sedikit berbeda dari beberapa orang yang memintanya.

Untuk membuat konten yang berperingkat baik secara organik dan mengarahkan pengunjung ke situs Anda, Anda perlu memahami kebutuhan pengunjung tersebut dan bahasa yang mereka gunakan dan jenis konten yang mereka cari.

Anda dapat melakukan ini dengan berbicara dengan pelanggan Anda, mengunjungi forum dan grup komunitas, dan melakukan riset kata kunci Anda sendiri dengan alat seperti keyword explorer.

Kesimpulan

Baiklah, sekarang kalian pasti sudah memiliki gambarannya bukan? Oke, jadi berdasarkan pembahasan dan penjelasan Pengertian Keyword, Apa itu SEO Keywords dan Kata Kunci? Jenis, Penggunaan serta Bagaimana Cara Menggunakan, Memilih dan Menemukannya di atas dapat kita simpulkan bahwa kata kunci atau keyword adalah kata yang digunakan oleh mesin pencari untuk menampilkan halaman web yang relevan. Sebenarnya, artinya secara umum adalah tergantung dari konteksnya sendiri, misalnya dalam pengeditan teks dan sistem manajemen basis data atau DBMS, itu adalah entri indeks yang mengidentifikasi catatan atau dokumen tertentu.

Sedangkan dalam pemrograman, kata kunci adalah kata yang dicadangkan oleh suatu program karena kata tersebut memiliki arti khusus. Keywords juga dapat berupa perintah atau parameter. Setiap bahasa pemrograman memiliki serangkaian kata kunci yang tidak dapat digunakan sebagai nama variabel. Kata kunci kadang-kadang juga disebut dengan nama yang dipesan.

Penutup

Demikianlah tulisan yang dapat Kami bagikan dalam postingan kali ini yang membahas mengenai Pengertian Keyword, Apa itu SEO Keywords dan Kata Kunci? Jenis, Penggunaan serta Bagaimana Cara Menggunakan, Memilih dan Menemukannya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat terutama bagi kalian yang sedang belajar istilah-istilah teknologi yang harus diketahui dalam belajar teknologi informasi.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat serta rekan bisnis Anda semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar