Memahami Pengertian Informasi: Apa itu Information? Menurut Ahli, Fungsi, Jenis, Cara Mendapatkan dan Contohnya!

0
Gambar Dari Pengertian Informasi Definisi Apa Itu Information Menurut Para Ahli Fungsi Jenis Cara Mendapatkan Dan Contohnya
Gambar Dari Pengertian Informasi Definisi Apa Itu Information Menurut Para Ahli Fungsi Jenis Cara Mendapatkan Dan Contohnya

Tahukah Kalian, Pengertian Informasi, Definisi, Apa itu Information? Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis dan Cara Mendapatkan dan Contohnya? Benar! Memang, peradaban modern sekarang seperti saat ini dapat kita katakan telah menjadi semakin rumit dan terbilang canggih, sehingga untuk bertahan hidup pun seseorang harus menjadi lebih kreatif dan tentunya kompetitif. Hal ini memaksa orang-orang untuk selalu mendapat informasi tentang semua jenis kejadian yang terjadi dalam masyarakat dan sekitarnya.

Kata-kata seperti data dan informasi mungkin terdengar familiar serta sekarang ada banyak orang menggunakan kata-kata tersebut, dan bahkan sangat sering saat mereka berbicara. Keduanya kata tersebut, mereka memiliki banyak perbedaan maknanya. Untuk data sendiri, kalian dapat membaca postingan Kami yang membahas tentang penjelasan apa itu data disini. Sedangkan untuk informasi, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang pengertiannya secara lebih detail dan lengkap agar mudah dipahami. Baiklah, langsung saja, di bawah ini adalah ulasannya!

Pengertian Informasi

Informasi adalah rangsangan yang memiliki makna dalam beberapa konteks bagi penerimanya. Ketika sebuah biasanya informasi dimasukkan dan disimpan di komputer, umumnya, ini disebut sebagai data berdasarkan simpulan yang bersumber dari Situs Techtarget.

Setelah diproses seperti proses memformat dan mencetak, output atau data keluaran tersebut, dapat dianggap menjadi sebuah informasi.

Definisi Informasi

Untuk definisinya, menurut Kamus Businessdictionary, informasi adalah sebagai berikut:

Data yang, akurat dan tepat waktu, spesifik dan terorganisir untuk suatu tujuan, disajikan dalam konteks yang memberikan makna dan relevansi, dan dapat mengarah pada peningkatan pemahaman dan penurunan ketidakpastian. Informasi ini terbilang berharga, karena dapat memengaruhi perilaku, keputusan, atau hasil.

Informasi Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Informasi » /in.for.ma.si/n

  1. Penerangan
  2. Pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu
  3. Ling keseluruhan makna yang menunjang amanat yang terlihat dalam bagian-bagian amanat tersebut

Apa itu Information?

Lalu, apa itu information? Ini berasal dari kata bahasa Inggris yang berarti informasi. Secara umum, informasi atau information adalah sekumpulan data atau keterangan yang telah diproses dan dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang dapat dengan mudah untuk dimengerti yang dapat berguna bagi penerimanya.

Secara Etimologis, istilah dari “informasi” ini berasal dari bahasa Latin, yaitu adalah “Informatinem” yang merupakan ide, kode dan (atau) garis besar. Informasi dapat disajikan dalam berbagai bentuk, mulai dari tulisan, gambar, tabel, diagram, audio, video, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Pengertian Big Data: Menurut Ahli, Sejarah, Cara Kerja dan Contohnya

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, dapat kita pahami bahwa istilah dari “informasi” ini mempunyai arti dan makna yang tidak sama dengan kata “data”. Data adalah sebuah informasi yang masih bersifat mentah atau bisa dikatakan, belum diolah. Namun setelah mengalami proses atau pengolahan maka, mereka dapat menjadi sebuah informasi. Walaupun tidak semua hal yang terdapat dalam data dapat diolah untuk menjadi sebuah informasi, karena apabila suatu data yang diproses dan sudah diolah ternyata bukanlah sesuatu yang berguna bagi penerimanya, maka mereka masih belum dapat dianggap sebagai suatu informasi.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami tentang arti informasi, maka kita dapat merujuk kepada pendapat para pakar dan ahli terkait penjelasan dan definisi mereka tentang informasi.

Adapun beberapa pengertian informasi menurut para ahli adalah sebagai berikut.

1. Raymond McLeod

Menurut Raymond McLeod, menurutnya arti informasi adalah sebuah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima (data) serta bermanfaat dalam pengambilan keputusan pada waktu saat ini atau pada waktu yang akan datang.

2. Jogiyanto HM.

Menurut Jogiyanto HM., informasi adalah hasil dari sebuah (proses) dalam pengolahan data ke bentuk yang lebih berguna bagi penerimanya, dimana mereka mendeskripsikan kejadian-kejadian yang nyata atau real untuk dapat dipakai dalam pengambilan sebuah keputusan.

3. Lina Sidharta

Menurut Lina Sidharta, pengertian informasi adalah data yang (sudah) tersaji dalam bentuk yang lebih berguna dan bermanfaat untuk mengambil suatu keputusan.

4. George R. Terry

Menurut George R. Terry, definisinya tentang informasi adalah sebuah data krusial yang memberikan pengetahuan yang berguna untuk penerimanya.

5. Azhar Susanto

Menurut Azhar Susanto, arti informasi adalah suatu hasil dari pengolahan data yang memberikan sebuah arti serta manfaat untuk penerimanya.

Fungsi Informasi

Mengacu pada penjelasan apa itu informasi di atas, setidaknya terdapat 7 (tujuh) fungsi dari sebuah informasi yang ada untuk manusia.

Adapun beberapa fungsi dari informasi tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

a. Menjadi Sumber Pengetahuan Baru

Informasi valid yang didapatkan, dapat menjadi sebuah pengetahuan baru serta menambah wawasan penerima dalam bidang tertentu. Sebagai contoh, misalnya Informasi tentang cara mengatasi Corel Draw bajakan dan viewer mode dari konten yang terdapat di internet.

Mungkin saja, informasi tersebut merupakan sesuatu yang umum dan juga telah banyak diketahui orang. Namun juga, mungkin saja masih ada beberapa orang yang masih belum mengetahui Informasi itu.

b. Menghilangkan Ketidakpastian

Fungsi informasi yang berikuanya yaitu adalah untuk menghilangkan ketidakpastian. Kurangnya sebuah informasi mengenai sesuatu, tentu akan menyebabkan ketidakpastian serta keraguan.

Untuk menghapus dan menghilangkan ketidakpastian tersebut, maka dibutuhkan sebuah informasi lengkap serta valid dari sumber terpercaya atau trusted source.

c. Sebagai Media Hiburan

Informasi juga dapat berfungsi sebagai sebuah media hiburan untuk warga atau masyarakat. Sebagai contoh, misalnya informasi terkait objek wisata yang ada di suatu tempat yang tersaji dalam bahasa dengan gambar-gambar yang menarik.

Baca Juga :  Mari Pahami Pengertian Teknologi: Apa itu? Definisi, Menurut Ahli, Manfaat Jenis dan Contohnya !

d. Sebagai Sumber Berita

Sebuah informasi terkait hal tertentu dapat dipakai menjadi sumber berita yang disampaikan kepada khalayak umum.

Sebagai contoh, misalnya, informasi tentang piala dunia yang didapatkan dari sebuah media televisi, radio, serta situs berita online.

e. Untuk Sosialisasi Kebijakan

Informasi merupakan sebuah Komponen penting yang ada dalam sebuah komunikasi dengan lain. Salah satunya adalah untuk menyampaikan sebuah kebijakan dari pemerintah kepada warganya yang dilakukan melalui Sosialisasi.

f. Untuk Mempengaruhi Khalayak

Penyampaian informasi melalui media online biasanya dilakukan untuk mempengaruhi khalayak atau masyarakat umum.

Sebagai contoh, misalnya sebuah informasi tentang suatu produk melalui televisi yang tujuannya digunakan agar warga mengenal dan tertarik untuk mulai menggunakannya.

g. Menyatukan Pendapat

Di zaman serba media sosial (baca pengertian media sosial disini) seperti saat ini, adalah merupakan hal yang mudah untuk mengungkapkan pendapat Anda ke ruang publik. Walaupun, tidak semua pendapat yang ada tadi sesuai dan berdasarkan keterangan yang ada.

Adanya informasi yang valid dari trusted source atau sumber terpercaya akan dapat berguna untuk menilai setiap pendapat yang dikemukakan orang di ruang publik, apakah itu sesuai atau tidak.

Jenis-Jenis Informasi

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Informasi Dalam Pembahasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Informasi Dalam Pembahasan Pengertiannya

Berdasarkan penjelasan informasi yang sudah Kami jelaskan di atas, informasi dapat dibedakan menjadi 4 (empat) Jenis.

Adapun 4 (empat) jenis-jenis informasi yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut.

a. Jenis Informasi Berdasarkan Sifatnya

Yang pertama adalah jenis informasi berdasarkan sifatnya. Informasi jenis ini, mereka dapat dibagi menjadi 3 (tiga) bagian.

Adapun bagian-bagian dari jenis informasi berdasarkan sifatnya adalah sebagai berikut:

  1. Faktual; Ini adalah informasi yang dibentuk berdasarkan fakta dan dapat dibuktikan terkait kebenarannya.
  2. Opini atau Konsep, Ini adalah informasi yang dibentuk dari pendapat seseorang mengenai dan terkait sesuatu hal.
  3. Deskripsi, Sedangkan deskripsi adalah informasi yang dibentuk dalam bentuk penjelasan yang terperinci tentang sesuatu hal.

b. Jenis Informasi Berdasarkan Kegunaan

Berikutnya adalah jenis informasi berdasarkan kegunaannya. Informasi jenis ini dapat dibagi menjadi 2 (dua) bagian.

Adapun bagian-bagian dari jenis informasi berdasarkan kegunaannya adalah sebagai berikut.

  1. Informasi yang menambah pengetahuan; Informasi ini adalah informasi yang isinya menambah pengetahuan baru bagi seseorang tersebut.
  2. Informasi penyajian; Informasi ini adalah informasi yang disampaikan dalam beberapa bentuk, misalnya artikel, audio, gambar, video, dan lain sebagainya.

c. Jenis Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan

Jenis informasi berdasarkan bidang kehidupan adalah jenis dari informasi, dimana mereka dibuat dalam beberapa kategori. Sebagai contoh, misalnya informasi kesehatan, pendidikan, bisnis, olahraga, dan lain sebagainya.

d. Informasi Berdasarkan Lokasi Peristiwa

Jenis informasi berdasarkan lokasi peristiwa adalah jenis dari informasi, dimana informasi tersebut dibuat berdasarkan data yang berasal dari sebuah lokasi suatu peristiwa. Jenis informasi ini dapat dibagi menjadi 2 (dua), yaitu adalah sebagai berikut:

  1. Informasi domestik atau dalam negeri
  2. Informasi mancanegara atau luar negeri

Cara Mendapatkan Informasi

Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Untuk Mendapatkan Informasi Dan Contohnya
Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Untuk Mendapatkan Informasi Dan Contohnya

Dalam membahas mengenai pengertian informasi, tahukah kalian, bagaimana proses dan cara dalam mendapatkan informasi? Baiklah, ini adalah hal yang penting untuk diketahui, informasi ini diperoleh dengan mengumpulkan item data ke dalam bentuk yang bermakna.

Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Folder dalam Komputer: Apa itu Folder? Fungsi, Cara Kerja dan Cara Membuatnya!

Sebagai contoh, misalnya seperti tumprature sehari-hari, kelembaban, angin, dan kecepatan yang terekam, mereka adalah data. Sedangkan persentase cuaca sebagai cuaca dingin atau angin adalah sebuah informasi.

Dan juga, seperti nama siswa di kelas adalah data, sedangkan nama siswa dalam urutan abjad adalah informasi. Nilai mata pelajaran siswa adalah data. Sedangkan persentase nilai, nilai, dan posisinya adalah informasi.

Dapat dicatat bahwa informasi dapat diproses lebih lanjut atau dimanipulasi untuk membentuk sebuah pengetahuan. Informasi yang mengandung kebijaksanaan dikenal sebagai pengetahuan.

Contoh dari Informasi

Secara umum, penyampaian dalam sebuah informasi ini biasanya dilengkapi dengan data atau fakta yang sudah melalui proses pengolahan. Membahas mengenai Informasi, tentunya kita juga harus mengetahui seperti apa contoh dari informasi bukan? Adapun contoh informasi tersebut akan Kami jelaskan sebagai berikut.

Informasi Negara Indonesia

Di bawah ini adalah informasi tentang negara Indonesia yang disampaikan dan diberikan oleh Google.

Republik Indonesia atau Negara Kesatuan Republik Indonesia, atau lebih umum disebut Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara daratan benua Asia dan Australia, serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Bahasa resmi: Indonesia Trending
Ibu kota: Jakarta
Bahasa resmi dan bahasa nasional: Bahasa Indonesia
Bahasa Daerah: Kurang lebih 700 bahasa
Ibu kota (dan kota terbesar): Jakarta; 6°10.5′S 106°49.7′E / 6.1750°S 106.8283°E
Presiden: Joko Widodo

Informasi yang dapat diambil dan mereka sampaikan antara lain adalah:

  1. Keterangan tentang Indonesia
  2. Bahasa resmi negaranya
  3. Ibu kota negaranya
  4. Bahasa nasional
  5. Bahasa daerah
  6. Dan siapa presiden negara indonesia

Data di atas adalah data yang sudah diolah dan disajikan dengan baik, sehingga dapat dikatakan sebagai sebuah informasi yang berguna karena dengan informasi tentang negara Indonesia tersebut, kita akan mudah untuk mengetahui dan memahaminya.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan mengenai Pengertian Informasi, Definisi, Apa itu Information? Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis dan Cara Mendapatkan dan Contohnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa informasi adalah data yang telah dikonversi menjadi bentuk yang lebih bermanfaat atau dapat dipahami. Ini merupakan kumpulan data yang telah diatur untuk pemanfaatan langsung umat manusia, karena informasi membantu manusia dalam proses pengambilan keputusan mereka.

Contoh dari informasi ini adalah seperti tabel waktu, daftar, kartu laporan, dokumen cetak, slip pembayaran, kwitansi, laporan dan lain sebagainya.

Penutup

Demikianlah postingan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas mengenai Pengertian Informasi, Definisi, Apa itu Information? Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis dan Cara Mendapatkan dan Contohnya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan kita semua dan dapat bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar