Berikut Tips Memilih Platform Blog yang Tepat dan Terbaik serta Apa Saja Faktor Pentingnya dalam Blogging!

0
Gambar Dari Tips Memilih Platform Blog Yang Tepat Dan Terbaik Serta Apa Saja Faktor Faktor Penting Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilihnya Untuk Memulai Blogging
Gambar Dari Tips Memilih Platform Blog Yang Tepat Dan Terbaik Serta Apa Saja Faktor Faktor Penting Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilihnya Untuk Memulai Blogging

Tips Memilih Platform Blog yang Tepat dan Terbaik serta Apa Saja Faktor-Faktor Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Memilihnya untuk Memulai Blogging!

Memang, memutuskan bahwa sudah waktunya untuk memulai blog Anda sendiri berarti Anda harus membuat beberapa keputusan penting.

Terutama, jika berbicara terkait platform (baca pengertian dari platform disini) untuk memulai blogging.

Perlu kalian ketahui, adapun salah satu dari beberapa pertanyaan paling kritis dalam daftar Kami yang terbilang sering ditanyakan yaitu adalah platform blog mana yang harus saya gunakan?

Kebanyakan sering bersikeras bahwa Anda harus membangun blog Anda dengan WordPress atau Joomla untuk menunjukkan keseriusan seseorang, namun kenyataannya ada banyak pilihan selain itu.

Tidak ada solusi satu ukuran untuk semua untuk memilih platform blog yang sempurna.

Sebaliknya, Anda perlu menilai blog yang ingin Anda buat dan memikirkan tentang bagaimana Anda akan membangun merek Anda.

Terkait hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas mengenai pengertian dan tips cara memilih platform blog yang tepat serta apa saja faktor yang harus diperhatikan untuk blogging.

Berikut ini adalah ulasannya!

Apa itu Platform Blog atau Blogging?

Gambar Apa Itu Platform Blog Atau Blogging Manfaat Serta Cara Tepat Memilih Platformnya
Gambar Apa Itu Platform Blog Atau Blogging Manfaat Serta Cara Tepat Memilih Platformnya

Sebelum membagikan tips dan caranya, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu platform blog atau blogging.

Ya! Platform blogging adalah software (perangkat lunak) atau layanan yang memungkinkan Anda membuat, mengelola, dan mempublikasikan konten di internet dalam bentuk blog (baca pengertian blog disini).

Platform blog biasanya menerbitkan konten dalam urutan kronologis mundur dengan penulis dan tanggal ditampilkan.

Terdapat banyak platform blog free (gratis) atau paid (berbayar) yang tersedia, serta pembuat situs web yang menyertakan kemampuan blogging.

Blogging atau tindakan melakukan aktivitas blog secara reguler dapat membantu orang menemukan bisnis Anda secara online, dan Anda bahkan dapat menghasilkan uang dari blogging.

Manfaat Menggunakan Platform Blog

Kemudian, apa saja manfaat dari adanya dan menggunakan platform blog untuk blogging?

Ya! Perlu kalian ketahui bahwa salah satu keuntungan menggunakan platform untuk blogging adalah membuat pengoptimalan blog Anda untuk search engine (mesin pencari) mudah dilakukan.

Sebagian besar platform blog memiliki bidang untuk Anda masukkan metadata, yang membantu memberi tahu mesin pencari tentang apa situs web Anda.

Ya! Informasi ini biasanya mencakup judul untuk halaman Anda, deskripsi posting Anda, dan beberapa keyword atau kata kunci terkait.

Selain itu, kunci untuk mendapatkan traffic atau lalu lintas website gratis dari mesin telusur adalah dengan menerbitkan konten asli berkualitas tinggi secara teratur, dan menambahkan konten baru ke situs web Anda dengan membuat blog secara teratur adalah cara terbaik untuk melakukannya.

Sebagai seorang digital marketer, Anda pasti ingin melakukan research atau penelitian kata kunci untuk menemukan topik apa yang dicari orang.

Selain itu, keuntungan lain yang mungkin dari blogging adalah make money atau menghasilkan uang darinya

Perlu diketahui bahwa, ketika datang ke banyak platform blog gratis, Anda hanya diperbolehkan menggunakan blog Anda untuk penggunaan pribadi dan tidak diperbolehkan menggunakannya untuk tujuan bisnis.

Jika Anda berencana menghasilkan uang dengan blog Anda, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda menggunakan blog yang memungkinkan penggunaan komersial atau hanya menghosting blog Anda sendiri di akun hosting Anda sendiri.

Baca Juga :  Ini Dia Pengertian WWW: Menurut Ahli, Cara Kerja, Perbedaannya dengan Internet serta Contohnya!

Tips dan Cara Memilih Platform Blog yang Tepat dan Terbaik

Ilustrasi Gambar Tips Memilih Platform Blog Yang Tepat Serta Apa Saja Faktornya
Ilustrasi Gambar Tips Memilih Platform Blog Yang Tepat Serta Apa Saja Faktornya

Sekarang, kita sudah mengetahui pengertian dari apa itu platform blog serta apa saja manfaat dari menggunakannya.

Baiklah, langsung saja, berikut ini adalah beberapa tips dan cara dalam memilih platform blog yang tepat dan terbaik pastinya.

1. Tentukan Jenis Blog yang ingin Anda Jalankan

Tips tepat dalam memilih platform blog pertama yang akan Kami bagikan disini yaitu adalah dengan menentukan jenis blog apa yang ingin Anda jalankan.

Yup! Ini merupakan langkah dan cara pertama dan pastinya terpenting, Anda harus bertanya pada diri sendiri apa tujuan blog Anda nantinya.

Sebagai contoh misalnya, apakah Anda meningkatkan kesadaran untuk tujuan yang Anda tekuni, atau apakah Anda hanya ingin mendapatkan lebih banyak perhatian untuk bisnis Anda?

Setiap platform blog yang tersedia secara online saat ini hadir dengan kepribadiannya yang berbeda.

Contoh lainnya misalnya, seperti situs Tumblr yang lebih merupakan blog bergaya jurnal yang dirancang untuk individu yang ingin pemikiran mereka didengar.

Di sisi lain, WordPress adalah solusi yang lebih serius bagi pengembang situs web yang ingin memberi pengaruh pada audiens (baca pengertian audiens disini) bisnis.

2. Kenali Audiens Anda

Tips berikutnya yaitu dengan mengenali audiens Anda.

Sama seperti jenis blog yang ingin Anda tulis akan berdampak pada platform yang harus Anda pilih, jenis audiens yang Anda coba tarik juga akan memainkan peran penting.

Untuk audiens yang lebih muda, Tumblr adalah pilihan yang bagus, karena sangat populer di kalangan remaja dan artis pendatang baru.

Namun, jika Anda mencari audiens yang lebih canggih, Anda mungkin ingin mempertimbangkan blog yang dihosting oleh WordPress, Joomla, atau bahkan Shopify.

Pastikan platform yang Anda pilih dilengkapi dengan semua fitur tambahan yang mungkin Anda perlukan untuk menyenangkan dan melibatkan audiens Anda.

3. Perhatikan Besarnya Kontrol atau Kendali Anda

Tips yang ke-3 (tiga), yaitu adalah dengan memperhatikan besarnya kontrol atau kendali Anda.

Banyak platform blog yang hanya menyediakan pengguna mereka dengan berbagai pilihan tema untuk dipilih.

Situs host kemudian bertanggung jawab untuk membantu Anda membuat blog Anda online dan domain Anda siap.

Tentu saja, menggunakan situs web siap pakai bisa sangat membatasi, terutama jika Anda mendesain blog untuk tujuan bisnis.

Alternatifnya, platform blog seperti WordPress menawarkan lebih banyak kebebasan berkreasi.

Meskipun Anda mungkin perlu lebih banyak pengetahuan teknologi untuk unggul di platform ini, Anda juga dapat menciptakan pengalaman pengguna yang jauh lebih menarik.

4. Hitung Berapa Banyak yang ingin Anda Investasikan

Tips selanjutnya yaitu dengan memperhitungkan seberapa banyak yang ingin Anda investasikan.

Memang benar bahwa terkadang Anda perlu “membelanjakan” uang jika ingin menghasilkan uang.

Tentu saja, sebagian besar perusahaan lebih suka menghabiskan sesedikit mungkin untuk platform blog mereka.

Ada banyak saluran atau channel di luar sana yang dapat Anda akses secara gratis, seperti Blogger dan Tumblr, tetapi ini mungkin tidak berdampak terbaik pada pemirsa Anda jika Anda berharap menghasilkan uang dengan blog Anda.

Meskipun platform blog berbayar bisa lebih mahal, mereka juga memberi Anda sejumlah fitur tambahan yang dapat membuat Anda jauh lebih sukses.

Blog WordPress juga tersedia secara gratis, tetapi Anda harus memperhitungkan biaya tambahan untuk hosting pihak ke-3 (tiga) dan apa desain temanya.

5. Pahami Cara Menggunakan CMS

Yang ke-5 (lima) yaitu dengan memahami cara menggunakan Content Management System (CMS).

Well, bahkan platform blogging yang paling luar biasa tidak akan bernilai banyak jika Anda tidak tahu bagaimana menggunakannya untuk keuntungan Anda.

Baca Juga :  Tips Pencarian Google Search yang Efektif untuk Menemukan Pencarian Anda

Mayoritas platform blog hadir dengan sistem manajemen konten yang sederhana dan efektif yang memungkinkan Anda menambahkan gambar, teks, dan solusi lain ke blog Anda tanpa terlalu banyak pengetahuan pengkodean dan programming (baca pengertian programming disini).

Sebagian besar sistem CMS hadir dengan fitur dasar seperti kemampuan untuk mengubah ukuran font dan menyesuaikan opsi gaya, tetapi jika Anda menginginkan banyak pilihan untuk penyesuaian, maka Anda perlu mencari platform blog yang dapat memberikan hasil nyata.

6. Perhatikan Kompatibilitas untuk Mesin Pencari

Tips memilih platform blog terbaik, tepat yang terakhir yaitu adalah memperhatikan kompatibilitas untuk search engine (mesin pencari).

Yup! Salah satu alasan terbesar mengapa orang memilih untuk berinvestasi di blog adalah karena blog adalah cara yang bagus untuk mendapatkan perhatian pada halaman mesin pencari organik.

Namun, jika platform blog Anda tidak dirancang untuk dioptimalkan untuk mesin pencari, maka Anda akan kesulitan untuk membuat konten Anda dilihat oleh audiens yang tepat.

Platform blog yang tidak ramah mesin pencari kehilangan komponen kunci dari apa yang membuat blog begitu menguntungkan dan berharga.

Jika Anda berpikir untuk menggunakan blog Anda untuk tujuan bisnis, atau Anda hanya ingin memastikan bahwa orang yang tepat dapat membaca apa pun yang Anda katakan, periksa kembali apakah platform blog Anda dapat ditingkatkan dalam segi Search Enginge Optimization (SEO) sebelum Anda mulai memilihnya.

Apa Saja Faktor-Faktor yang Perlu Diperhatikan dalam Mimilih Platform untuk Blogging?

Jadi, apa saja faktor-faktor yang perlu dan harus Anda perhatikan dalam memilih platform untuk blogging?

Ya! Seperti yang sudah Kami singgung terkait pengertiannya di atas, blog adalah alat bisnis penting yang dapat Anda gunakan untuk menarik pelanggan potensial ke situs Anda dan memudahkan untuk terhubung dengan pelanggan Anda.

Setelah Anda memutuskan bahwa Anda perlu memulai blog untuk bisnis kecil Anda, memilih platform blog yang akan digunakan adalah salah satu keputusan terpenting yang harus Anda buat untuk situs web e-commerceAnda.

Saat Anda mencoba mencari tahu platform blog mana yang paling cocok untuk bisnis Anda, berikut adalah beberapa faktor-faktor yang perlu dipertimbangan penting untuk memilihnya:

  1. Anggaran; Jika bisnis Anda baru saja berkembang, mungkin sulit memperkirakan berapa banyak arus kas masuk yang dapat Anda harapkan. Ada beberapa platform blog yang gratis untuk digunakan, meskipun akses Anda ke fitur tertentu akan dibatasi, dan mungkin tidak dapat membuat penyesuaian sebanyak yang Anda inginkan. Platform lain mengenakan biaya tahunan atau bulanan, tetapi menawarkan banyak fitur. Jika Anda memilih untuk meng-host blog Anda di domain Anda sendiri, maka Anda harus membeli domain kemudian membayar layanan hosting.
  2. Tingkat kendali; Kemampuan untuk mengontrol siapa yang dapat melihat blog dan jenis konten apa yang diposting antara lain merupakan pertimbangan penting sebelum memilih platform blogging. Persyaratan minimum Anda adalah kemampuan untuk mengakses back-end blog untuk mengedit postingan, halaman, komentar, atau mengubah peran pengguna tertentu.
  3. Peluang monetisasi; Anda mungkin sudah memiliki tujuan yang jelas untuk situs web Anda. Selain menggunakan blog Anda untuk mempromosikan bisnis Anda secara online, Anda juga dapat menghasilkan uang dan menggunakannya sebagai sumber pendapatan sisa yang dapat digunakan untuk membayar biaya hosting dan manajemen situs. Tetapi tidak semua blog perlu dimonetisasi, jadi lakukan penelitian yang benar sebelum memutuskan platform blog mana yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam hal ini.
  4. Kemudahan penggunaan; Platform blog paling umum dibundel dengan sistem manajemen konten yang layak. Sebagian besar CMS menawarkan fitur dasar seperti garis bawah, tebal, miring, gaya font, dan beberapa opsi gaya lainnya. Meskipun ini mungkin cukup untuk beberapa orang, kebanyakan orang membutuhkan opsi lain yang sederhana untuk dipahami seperti beralih antara kode html dan tampilan visual, mengedit gambar, menyorot teks, menyisipkan tabel, dan lainnya.
  5. Tingkat keahlian Anda; Apakah Anda tahu cara membuat kode dalam CSS atau Ruby dan PHP? Jika demikian, Anda pasti akan mudah menemukan platform yang Anda inginkan. Di sisi lain, jika Anda baru mengenal blog, akan lebih baik untuk menemukan platform yang ramah pengguna. Jangan memilih platform yang menurut Anda membingungkan untuk dikerjakan; itu bisa di luar tingkat keahlian Anda.
  6. Faktor SEO; Bagaimana kinerja keseluruhan situs web yang dihosting di setiap platform blog? Ya! Menyampaikan konten Anda ke audiens yang besar penting untuk meningkatkan lalu lintas web dan membangun basis penggemar. Mesin pencari biasanya merupakan penggerak lalu lintas utama untuk blog yang ramah terkait SEO.
Baca Juga :  Begini Cara Cek Harga Website (URL, Domain dan DA/PA) Anda Secara Online, Gratis dan Mudah!

Benar! Perlu Kami tekankan disini bahwa setelah melihat seberapa besar pengaruh pilihan platform blog yang Anda buat terhadap bisnis Anda, sebaiknya jangan terburu-buru saat membuat keputusan tersebut di atas.

Luangkan waktu untuk mempertimbangkan implikasi dari keputusan potensial Anda.

Ingat, pilihan yang Anda buat hari ini mungkin tidak sebaik dalam 1 (satu) atau 2 (dua) tahun kedepan.

Kesimpulan

Oke, di atas adalah penjelasan dan pembahasan terkait Tips Memilih Platform Blog yang Tepat dan Terbaik serta Apa Saja Faktor-Faktor Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Memilihnya untuk Memulai Blogging yang dapat Anda terapkan sekarang juga.

Penting untuk diingat, meskipun ada banyak manfaat menggunakan platform blog seperti WordPress, beberapa orang mungkin menganggapnya terlalu teknis untuk digunakan.

Ada pembuat situs web populer yang tidak terlalu teknis dan dapat membuat situs web yang dirancang dengan baik dengan kemampuan blogging dan mereka termasuk SquareSpace, Web.com, serta Wix.com.

Tidak banyak perbedaan antara menggunakan platform blogging atau platform situs web untuk blog Anda.

Sebagian besar platform situs web memungkinkan Anda memasukkan blog, dan sebagian besar platform blog memiliki kemampuan untuk membuat halaman situs web biasa.

Bagian terpentingnya, 1 (satu) kelemahan terbesar utama pembuat situs web adalah kurangnya kemampuan untuk menyesuaikan situs Anda dan integrasi untuk platform pihak ke-3 (tiga) lainnya.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam postingan kali ini, dimana Kami membahas tentang Tips Memilih Platform Blog yang Tepat dan Terbaik serta Apa Saja Faktor-Faktor Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Memilihnya untuk Memulai Blogging.

Semoga apa yang sudah Kami coba untuk terangkan dan jelaskan disini dapat bermanfaat serta juga bisa menambah wawasan kalian semua dalam memahami dan mempelajari dunia teknologi dan bisnis dalam bidang blog serta blogging.

Silahkan like, share kepada teman, kerabat serta rekan kerja kalian semua dan jangan lupa juga untuk subscribe Blog Kami dengan e-mail serta YouTube Kami. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar