Mengenal Pengertian Programming: Tujuan, Jenis, Karakteristik, Elemen dan Perbedaannya dengan Coding!

0
Gambar Pengertian Programming Apa Itu Computer Programming Tujuan Jenis Karakteristik Elemen Dan Perbedaannya Dengan Coding
Gambar Pengertian Programming Apa Itu Computer Programming Tujuan Jenis Karakteristik Elemen Dan Perbedaannya Dengan Coding

Sebenarnya, Apa Pengertian Programming, Apa itu Computer Programming? Tujuan, Jenis, Karakteristik, Elemen dan Perbedaannya dengan Coding? Benar! Seringkali pertanyaan tersebut menjadi pertanyaan yang muncul, terutama dari kalangan para siswa atau mahasiswa baru yang mengambil jurusan ilmu komputer, teknik informatika atau pun jurusan terkait lainnya. Seperti yang sudah kita ketahui, hal-hal seperti coding, pemrograman, website, aplikasi, serta sistem informasi memang menjadi perbincangan utama mereka terkait programming.

Ya! Kita semua telah mendengar tentang pemrograman, dimana kata ini adalah kata yang terbilang cukup populer terutama dalam 3 dekade terakhir. Apalagi dengan begitu banyaknya calon mahasiswa yang sekarang ini ingin memilih jurusan ilmu komputer untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan teknologi impian mereka seperti Google, Facebook, Microsoft, Apple dan lain sebagainya. Betul, berkenaan dengan hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu yang dimaksud dengan programming. Berikut ulasannya!

Pengertian Programming

Programming adalah implementasi logika untuk memfasilitasi Operasi dan Fungsionalitas Komputasi yang ditentukan berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Technopedia.

Berbicara tentang pemrograman, tentu hal tersebut dapat dilakukan dalam satu atau lebih bahasa, dimana mereka juga diterapkan secara berbeda pada application (aplikasi) atau software (perangkat lunak).

Apa itu Computer Programming?

Kemudian, apa itu yang dimaksud dengan computer programming? Ini berarti pemrograman komputer (dalam bahasa Indonesia) atau computer programming adalah cara memberikan instruksi komputer tentang apa yang harus mereka lakukan selanjutnya. Instruksi ini dikenal sebagai code atau kode, dan pemrogram komputer menulis kode untuk menyelesaikan masalah atau melakukan tugas tersebut.

Pemrograman komputer, dimana tujuan akhirnya adalah untuk menciptakan sesuatu, disini mereka bisa berarti apa saja, bisa jadi dari halaman website (baca pengertian website disini), atau berupa software (perangkat lunak), atau bahkan hanya sebuah gambar yang bagus.

Itulah sebabnya computer programming ini sering digambarkan sebagai campuran antara seni dan sains, serta teknis dan analitik, namun juga merupakan sesuatu yang kreatif pada saat bersamaan.

Ketika Kami pribadi pertama kali mulai mencari kursus untuk mengajar diri sendiri bagaimana cara membuat kode, Kami menyadari betapa sangat tidak tidak tahunya Kami. Seperti teman-teman Kami yang bekerja sebagai seorang programmer, Kami melihat garis dan garis simbol dari tulisan yang mereka tulis dimana hal tersebut adalah hal yang tidak akan dipahami seketika sebagai orang awam.

Tujuan Programming

Ilustrasi Gambar Tujuan Programming Dalam Pembahasan Pengertian Programming
Ilustrasi Gambar Tujuan Programming Dalam Pembahasan Pengertian Programming

Setelah mengetahui apa arti programming, kita juga harus mengetahui apa sebenarnya tujuan mereka sebenarnya. Adapun beberapa tujuan programming secara umum adalah sebagai berikut:

  • Membantu Anda untuk berpikir secara logis dan analitik, sebagai contoh misalnya seperti jika Anda menyukai brainteaser, Kami yakin Anda akan menemukan banyak hal untuk diri Anda pribadi pada saat melakukan pengkodean Anda.
  • Meningkatkan penalaran logis dan pemecahan masalah Anda.
  • Mengembangkan lobus frontal otak Anda yang bertanggung jawab untuk menemukan sebuah solusi.
  • Salah satu tujuan dari pemrograman adalah untuk mengotomatisasi proses.
  • Praktek pemrograman adalah salah satu pengajaran agar komputer dapat melakukan sesuatu.
Baca Juga :  Inilah 10 Alternatif Windows Magnifier Terbaik dan Gratis untuk Memperbesar Ukuran Layar Windows 10, 8 dan 7!

Jenis-Jenis Programming

Mengacu pada penjelasan tentang programming dan computer programming di atas, secara teknis, jenis-jenisnya dapat dibedakan menjadi 2 (dua) bagian.

Adapun 2 (dua) bagian dari jenis pemrograman yang harus kalian ketahui tersebut adalah sebagai berikut:

1. Front-End Programming

Jenis pemrograman yang pertama adalah front-end programming, ini adalah segala hal yang melibatkan bekerja dengan kode yang menghasilkan elemen yang dapat dilihat dan berinteraksi dengan pengguna.

Interaksi tersebut dikenal dengan istilah teknologi dari User Interface (UI), hal itu semua adalah tentang bagaimana sebuah program dapat menjadi terlihat dan terasa.

2. Back-End Programming

Jenis berikutnya adalah back-end programming. Ini adalah pemrograman yang dilakukan untuk memastikan program berfungsi sebagaimana mestinya. Kode yang ditulis oleh programmer biasanya tidak terlihat oleh pengguna.

Back-end programming sering bekerja dengan database (basis data) yang menyimpan informasi seperti detail, dan server yang merupakan tempat tinggal basis data (secara virtual).

Karakteristik Programming

Ilustrasi Gambar Karakteristik Programming Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Karakteristik Programming Dalam Membahas Pengertiannya

Membahas mengenai pengertian programming, tentu kita juga harus mengetahui bagaimana karakteristiknya bukan? Begini, Anda dapat membayangkan bahasa pemrograman seperti bahasa lisan, karena memang pada dasarnya keduanya memiliki banyak karakteristik.

Adapun beberapa karakteristik programming yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut.

a. Functionality Across Languages

Karakteristik programming yang pertama adalah functionality across-languages atau fungsionalitas lintas-bahasa, ini berarti semuanya dapat membuat fungsionalitas yang sama dengan cara bagaimana bahasa yang diucapkan dapat mengekspresikan objek, frasa, serta juga emosi yang sama terutama dalam programming.

b. Syntax and Structure

Berikutnya adalah syntax and structure atau siktaks dan struktur. Perintah dalam bahasa pemrograman dapat menjadi tumpang tindih seperti kata-kata yang terdapat dalam bahasa lisan.

Sebagai contoh, misalnya seperti untuk menampilkan teks ke layar dalam bahasa pemrograman Python atau Ruby Anda menggunakan perintah print, seperti kata “imprimer” dan “imprimir” merupakan kata kerja ketika kita ingin melakukan print” dalam bahasa Prancis dan Spanyol.

c. Natural Lifespan

Karakteristik selanjutnya adalah natural lifespan atau umur alami. Perlu Kalian ketahui, bahasa pemrograman dibuat ketika seorang programmer berbakat mencoba untuk menciptakan cara baru atau metode yang lebih mudah untuk mengekspresikan ide komputasi.

Ya! Dia mempresentasikan ide ini kepada sesama programmer untuk persetujuan. Jika programmer lain mencapai kesepakatan dan memberikannya, mereka dapat mengimplementasikan bahasa tersebut dan menggunakannya untuk program mereka. Oleh karena itulah, bahasa pemrograman menyebar dan menjadi ada.

d. One Creator

Selanjutnya, ada karakteristik one creator atau satu pencipta, berbeda dengan bahasa lisan, bahasa pemrograman dapat dibuat oleh satu orang dalam waktu yang singkat, kadang-kadang hanya dalam beberapa hari saja.

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian HTML Tag: Apa itu Markup Tag? Jenis-Jenis, Contoh serta Perbedaannya dengan Element dan Attribute Value pada HTML!

Bahasa populer dengan pencipta tunggal termasuk seperti bahasa JavaScript oleh Brendan Eich, Python oleh Guido Van Rossum, dan Ruby oleh Yukihiro Matsumoto dan banyak lagi pencipta bahasa pemrograman yang lainnya.

e. Written Language

Karakteristik pemrograman yang terakhir adalah written language atau penulisan bahasa. Bahasa pemrograman biasanya ditulis dalam bahasa Inggris atau dikenal dengan sebutan “written in English”, berbeda dengan bahasa lisan (kecuali, tentu saja seperti bahasa Inggris sendiri), walaupun memang hampir semua bahasa pemrograman ditulis dalam bahasa Inggris.

Bahasa pemrograman dalam JavaScript, Python, atau Ruby, baik itu di negara Prancis, atau Cina, semuanya menggunakan kata kunci dan sintaksis bahasa Inggris yang sama dalam kode mereka.

Walaupun memang, terdapat beberapa bahasa pemrograman non-Inggris, seperti bahasa dalam bahasa Hindi atau Arab, namun tidak satu pun dari bahasa tersebut yang tersebar luas atau menjadi mainstream

karena pada umumnya bahasa lokal hanya digunakan oleh orang lokal saja.

Elemen dalam Programming

Setelah kita mengetahui apa itu pengertian computer programming, tujuan jenis dan karakteristiknya, adalah merupakan hal yang penting bagi Kami untuk menjelaskan apa saja elemen yang terdapat di dalam programming.

Berdasarkan penjelasan programming di atas, adapun beberapa elemen-elemen terkait yang harus kalian ketahui antara lain adalah sebagai berikut.

1. Logika dan Algoritma

Elemen programming yang pertama adalah logika dan algoritma. Ini adalah 2 (dua) jenis pengetahuan yang menjadi satu dalam mata pelajaran atau mata kuliah.

Dalam pelajaran tersebut, Anda dapat menghasilkan sebuah pemecahan masalah atau jalan keluar dengan logika dan penerapan algoritma (baca pengertian algoritma disini). Dalam masalah pemrograman, logika dan algoritma atau prosedur pemecahan masalah ini berperan sangat penting terutama jika terkait bagaimana jalannya sebuah program.

2. Bahasa Pemrograman

Elemen penting programming yang berikutnya yaitu adalah bahasa pemrograman. Jika Anda benar-benar sudah memahami logika dan algoritma, selanjutnya Anda juga harus mengetahui dan memahami bahasa pemrograman, terlebih karena mereka bukanlah bahasa yang kita gunakan sehari-hari.

Ada ada banyak jenis bahasa pemrograman yang terdapat dalam dunia programming. Sebagai contoh misalnya bahasa C, C++, Assembly, Java, Pascal, Python, Javascript dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, bahasa pemrograman menciptakan suatu input atau Masukan yang akan diproses hingga menjadi sebuah output (hasil). Umumnya pemula disarankan memulai dengan bahasa pemrograman PHP terlebih di negara Indonesia sendiri, terutama karena dokumentasi dan tutorial yang mengupas cara-cara serta contoh dan model masalahnya banyak di ulas dan dibagikan.

Bahasa pemrograman Python juga merupakan bahasa pemrograman yang disarankan untuk pelajar pemula dikarenakan dengan syntax-nya yang sangat sederhana dalam penulisannya. Bahasa ini juga mendukung Object Oriented Programming atau OOP. Apabila ingin belajar menggunakan bahasa pemrograman Python, saran Kami probadi, mulailah dengan mengetahui terlebih dahulu apa saja tipe data yang terdapat dalam bahasa tersebut.

3. Debugging

Debugging adalah proses dan rutinitas untuk menemukan dan menghapus bug (baca pengertian bug disini), kesalahan atau kelainan program komputer, yang secara metodenya ditangani oleh pemrograman perangkat lunak melalui tools atau alat debugging.

Arti debugging dalam programming merupakan sebuah tugas yang penting dalam software development yang ada pada program. Hal ini pula lah yang menentukan berjalan baik atau tidaknya sebuah program saat mereka digunakan. Adapun dengan adanya debugging ini adalah bertujuan untuk meminimalisir terjadinya bug dan error, crash atau tidak berjalannya sebuah program.

Baca Juga :  Memahami Pengertian LAN: Menurut Ahli, Fungsi, Jenis, Ciri dan Karakteristik, serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Sehingga, permasalahan sebuah program pun akan diketahui dengan cepat. Biasanya, pada saat sedang mengerjakan program atau coding, proses yang paling lama yaitu adalah proses debugging. Proses ini lebih lama dibandingkan dengan proses menulis program itu sendiri.

selain itu, perlu kalian ketahui bahwa bug sendiri terbagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu:

  • Syntax bug; Merupakan error yang ditimbulkan oleh seorang programmer, karena kesalahan penulisan kode.
  • Logical bug; Sebuah program yang berjalan dengan baik, namun program tersebut berbeda dengan keperluan yang diinginkan oleh programmer.

Perbedaan Programming dengan Coding

Ilustrasi Gambar Perbedaan Programming Dengan Coding Dalam Pembahasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Perbedaan Programming Dengan Coding Dalam Pembahasan Pengertiannya

Terkait penjelasan Kami tentang pemrograman, lalu apa yang membedakan antara programming dengan coding. Ya! Pada tingkat dasarnya, pengertian programming adalah disiplin yang lebih luas sedangkan coding, mereka lebih sempit.

Coding melibatkan penulisan banyak baris kode untuk membuat program perangkat lunak. Programming sendiri tidak hanya melibatkan coding saja tetapi juga tugas-tugas lain, seperti menganalisis dan mengimplementasikan algoritma, memahami struktur data, memecahkan masalah, dan banyak lagi hal yang lainnya.

Seorang programmer biasanya memiliki pikiran teknis serta memiliki keterampilan analitis yang kuat. Untuk penjelasan sederhananya yaitu adalah seperti ini:

Semua programmer melakukan coding tetapi tidak semua aktivitas coding adalah programming

Penjelasan Sederhana Perbedaan Programming dengan Coding

Memang, beberapa programmer berpengalaman menggunakan kata “coder” sebagai istilah atau jargon yang mengacu pada pengembang perangkat lunak pemula (junior programmer).

Kesimpulan

Bagaimana cukup jelas bukan? Baiklah, dari penjelasan Pengertian Programming, Apa itu Computer Programming? Tujuan, Jenis, Karakteristik, Elemen dan Perbedaannya dengan Coding di atas, dapat kita simpulkan bahwa pemrograman atau programming adalah proses untuk memberikan komputer seperangkat instruksi yang ditulis dalam bahasa yang dapat dimengerti komputer. Instruksi ini dapat berasal dari berbagai jenis. Sebagai contoh, misalnya seperti menambahkan 2 angka, membulatkan angka, dan lain sebagainya.

Proses itu sama seperti kita manusia dapat memahami beberapa bahasa (Inggris, Spanyol, Mandarin, Prancis, dan lainnya). Demikian pula halnya dengan komputer. Komputer memahami instruksi yang ditulis dalam bentuk sintaksis khusus yang disebut programming language (bahasa pemrograman).

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami berikan dalam postingan Kami kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Programming, Apa itu Computer Programming? Tujuan, Jenis, Karakteristik, Elemen dan Perbedaannya dengan Coding. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua terutama dalam memahami artinya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk dibagikan kepada teman dan kerabat kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar