Memahami Pengertian Software: Menurut Para Ahli, Sejarah, Jenis dan Kategori, Klasifikasi serta Contohnya!

2
Gambar Pengertian Software Apa Itu Perangkat Lunak Menurut Para Ahli Sejarah Fungsi Jenis Dan Kategori Klasifikasi Serta Contohnya
Gambar Pengertian Software Apa Itu Perangkat Lunak Menurut Para Ahli Sejarah Fungsi Jenis Dan Kategori Klasifikasi Serta Contohnya

Sebenarnya, Apa Pengertian Software, Apa itu Perangkat Lunak? Menurut Para Ahli, Sejarah, Jenis dan Kategorinya, Klasifikasi serta Contohnya? Ya! Perlu kalian ketahui bahwa dalam istilah teknologi informasi perangkat lunak ini biasa dikenal dengan sebutan software, pada dasarnya ini merukan kata umum yang digunakan untuk apa pun yang merujuk pada sebuah application atau aplikasi serta program. Untuk aplikasi dan program sendiri, mereka adalah label untuk set instruksi komputer dan data yang disimpan dalam beberapa file atau grup file.

Selain itu juga, beberapa hal yang harus kalian ketahui terlebih dahulu adalah bahwa sebuah program yang berjalan pada memory Units dari komputer disebut sebagai proses. Terlepas daripada hal tersebut, dalam dunia teknologi, kata software ini merupakan kata yang asing bagi orang awam. Benar! Berkenaan dengan hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail tentang apa itu software. Baiklah, langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Software

Berarti perangkat lunak, software adalah sekumpulan instruksi, data, atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas tertentu berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Techtarget.

Ini berlawanan dengan hardware (perangkat keras), yang menggambarkan aspek fisik komputer, software merupakan istilah umum yang digunakan untuk merujuk ke aplikasi, skrip kode, dan program yang berjalan pada perangkat. Perangkat lunak dapat dianggap sebagai bagian variabel dari komputer dan perangkat keras adalah bagian yang tidak berubah.

Apa itu Perangkat Lunak?

Lalu, apa itu sebenarnya perangkat lunak ini? Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini sering dikenal dengan sebutan software, perangkat lunak adalah suatu bagian dari sistem perangkat komputer, dimana mereka tidak mempunyai wujud berupa fisik serta tidak terlihat, karena software merupakan sekumpulan data yang berbentuk elektronik dan disimpan serta diatur oleh komputer yang berupa program.

Beberapa orang juga mengartikan perangkat lunak ini dengan data yang programmed (di-program), atau formatted (di-format) yang disimpan secara digital, namun tidak berupa bentuk fisik, tapi dapat untuk dioperasikan oleh user atau penggunanya melalui perangkat komputer (baca pengertian komputer disini).

Sebuah perangkat lunak adalah sebagai jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware (perangkat keras) sehingga dapat melakukan command atau perintah tertentu. Jadi, tanpa adanya sebuah software, maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak dapat melakukan apa-apa.

Perangkat lunak sering dibagi menjadi perangkat lunak aplikasi atau application software, dan program yang diunduh pengguna yang memenuhi keinginan atau kebutuhan, serta system software (perangkat lunak sistem) yang mencakup sistem operasi dan program apa pun yang mendukung perangkat lunak aplikasi.

Pengertian Software Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami tentang arti software, maka kita harus merujuk kepada pendapat para ahli dan pakar terkait definisi mereka tentang software atau perangka lunak ini.

Adapun beberapa pengertian software menurut para ahli yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut.

1. Wiwit Siswoutomo

Yang pertama adalah menurut Wiwit Siswoutomo, dia menjelaskan bahwa software (perangkat lunak) adalah nyawa dari sebuah hardware komputer. Mengapa? Karena tanpa adanya ini, maka komputer pun hanyalah sebuah perangkat atau hardware yang mati serta tidak dapat dipakai serta digunakan.

Baca Juga :  Pengertian Data Modelling: Apa itu Pemodelan Data? Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan serta Cara Memodelkan Data!

2. Roger S. Pressman

Menurut Roger S. Pressman (2002), menurutnya, definisi software (perangkat lunak) merupakan suatu perintah program dalam sebuah komputer yang apabila diperintahkan untuk dijalankan oleh user atau pengguna, mereka akan memberikan fungsi dan bekerja seperti yang diminta.

Dengan istilah lain, aplikasi berfungsi untuk memberi perintah pada perangkat komputer sehingga dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan perintah user atau pengguna.

3. Melwin Syafrizal Daulay

Menurut Melwin Syafrizal Daulay (2007), definisi software adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas dari kerja Komputer serta semua intruksi yang mengarah kepada sistem komputer, dimana mereka menjembatani hubungan antara user atau pengguna dengan komputer.

4. Imam Prayogo Pujiono

Menurut Imam Prayogo Pujiono, pengertian software (perangkat lunak) adalah suatu program yang terdapat pada perangkat komputer yang dibuat sedemikian rupa.

Apabila itu dijalankan, mereka akan memberikan perintah pada perangkat komputer, hardware dan software yang lain dalam rangka merampungkan sebuah tugas, pekerjaan, serta juga permintaan langsung seperti yang diminta User atau Pengguna.

5. Wilman dan juga Riyan

Menurut Wilman dan Riyan, arti dari software adalah sebuah perangkat operasi kerja yag digunakan untuk menjalankan berbagai komponen yang terdapat pada hardware, dimana mereka mempunyai sifat maya (tidak terlihat), tetapi bermanfaat bagi user atau Penggunanya.

Sejarah Singkat Software

Ilustrasi Gambar Sejarah Software Atau Perangkat Lunak Dalam Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Sejarah Software Atau Perangkat Lunak Dalam Penjelasan Pengertiannya

Dalam membahas mengenai apa arti software, tentu kita juga harus mengenal bagaimana sejarah software ini sendiri. Adapun teori dari software atau perangkat lunak ini pertama kali diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935 dalam esainya yang berjudul “Computable Numbers With an Application to the Entscheidungsproblem” yang berarti angka yang dapat dihitung dengan aplikasi ke entscheidungsproblem.

Namun, kata “software” diciptakan oleh ahli matematika dan ahli statistik yang bernama John Tukey dalam edisi tahun 1958 miliknya dari American Mathematical Monthly di mana John membahas program tentang kalkulator elektronik.

Benar! Itulah sedikit terkait sejarah dari kata software, dimana mereka terus digunakan hingga sekarang di tahun 2020 ini.

Fungsi Software Secara Umum

Kemudian setelah mengetahui pengertian dan sejarahnya, lalu apa saja fungsi dari software? Apa yang bisa kita lakukan dengan software komputer? Ya! Ini tergantung pada jenis software apa yang kita gunakan, dan untuk apa mereka dibuat, sebagai contoh, misalnya seperti:

  • Menggunakan sistem operasi untuk mengelola file yang disimpan pada hardware atau perangkat keras.
  • Atau dengan menggunakan aplikasi seperti kalkulator untuk menghitung satu set angka.
  • Dan lain sebagainya.

Di zaman sekarang ini, terutama di tahun 2020 ini, terdapat banyak software atau perangkat lunak yang masing-masing dirancang untuk memiliki tujuan tertentu. Software tersebut pun dapat ditemukan atau digunakan di hampir semua bidang industri di dunia, mulai dari bidang hiburan dan perawatan kesehatan hingga pendidikan dan penjualan.

Berdasarkan hal tersebut, adapun beberapa fungsi software atau perangkat lunak yang ada adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer; Agar hardware dapat dioperasikan, maka mereka pun harus memerlukan adanya software. Sebagai contoh, misalnya ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung dalam perangkat komputer.
  • Mengatur hardware agar dapat bekerja secara bersamaan; Software juga mengatur setiap hardware yang terdapat dalam komputer sehingga, mereka dapat untuk bekerja secara simultan atau bersamaan.
  • Sebagai jembatan dan penghubung; Menjadi jembatan serta penghubung antara beberapa software (perangkat lunak) lainnya dengan hardware komputer.
  • Menterjemahkan command atau perintah; Software atau perangkat lunak juga berfungsi sebagai penerjemah dari suatu perintah software lainnya dalam bahasa mesin yang hanya dapat dibaca dan dipahami oleh hardware.
  • Mengidentifikasi program; Fungsi software yang lainnya yaitu adalah untuk mengidentifikasi suatu program yang terdapat dalam sebuah perangkat komputer .

Bagaimana? Dari penjelasan beberapa fungsinya di atas, adalah hal yang benar, jika mereka dapat dianggap menjadi nyawa dari sebuah perangkat komputer.

Jenis dan Kategori Software

Mengacu kepada pembahasan pengertian software di atas, ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga) Jenis kategori. Selain merupakan hal penting bagi Anda untuk mengetahui jenis dan kategorinya, dengan itu sendiri kita harusnya sudah dapat memahami lebih lanjut apa artinya sebuah software.

Baca Juga :  Pengertian QoS (Quality of Service): Parameter, Cara Kerja dan Cara Menerapkannya

Berikut ini adalah 3 (tiga) jenis dan kategori software bersamaan dengan penjelasannya.

1. System Software

Jenis software yang pertama adalah perangkat lunak sistem atau system software. Ini adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai dasar untuk perangkat lunak aplikasi.

System software ini mencakup driver perangkat komputer, OS (sistem operasi), kompiler, pemformat disk, teks editor, dan utilitas lain yang membantu komputer beroperasi lebih efisien.

Jenis system software ini juga bertanggung jawab untuk mengelola komponen hardware (perangkat keras) dan menyediakan fungsi dasar non-tugas khusus. Perangkat lunak sistem biasanya ditulis dalam bahasa pemrograman C.

2. Programming Software

Berikutnya adalah jenis perangkat lunak pemrograman atau yang dikenal dengan programming software. Ini adalah seperangkat alat untuk membantu pengembang dalam menulis program. Berbagai alat yang tersedia adalah compiler (kompiler), connector, penerjemah dan editor teks.

3. Application Software

perangkat lunak aplikasi atau application software adalah jenis dan kategori software yang dimaksudkan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Contoh dari application software ini termasuk seperti Office Suite, aplikasi game, sistem database, perangkat lunak pendidikan dan lain sebagainya.

Programming software dapat berupa program tunggal atau kumpulan program kecil. Jenis kategori perangkat kunak ini adalah apa yang biasanya dianggap konsumen dengan sebutan “software”.

Klasifikasi Software

Gambar Klasifikasi Dari Software Atau Perangkat Lunak
Gambar Klasifikasi Dari Software Atau Perangkat Lunak

Meskipun fungsi utamanya adalah seperti yang Kami jelaskan pada penjelasan dan jenis software di atas, yaitu adalah sebagai penghubung antara hardware dengan user (biasa dikenal dengan brainware atau peopleware), perlu kalian ketahui, software memiliki klasifikasi dan jenisnya sendiri.

Adapun beberapa jenis dan klasifikasi software (perangkat lunak) beserta penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Klasifikasi Software Berdasarkan Jenisnya

Yang pertama adalah klasifikasinya berdasarkan jenisnya. Di bawah ini adalah penjelasan terkait klasifikasi software berdasarkan apa jenis software tersebut.

a. Operating System

Berarti sistem operasi, operating system adalah klasifikasi software yang berfungsi dalam mengelola dan mengkoordinasikan setiap komponen serta fungsi komputer. Beberapa contoh dari operating system yang terkenal adalah seperti Windows, Linux, UNIX, DOS dan lain sebagainya.

b. Programming Language

Bahasa pemrograman atau programming language adalah software yang berfungsi sebagai pemberi instruksi standar yang melibatkan sintak serta semantik yang dipakai untuk mendefinisikan suatu program aplikasi dari Komputer.

Beberapa contoh dari programming language atau bahasa pemrograman yang terkenal adalah seperti bahasa pemrograman Ruby, PHP, Java, R, Go, Pascal, Microsoft Visual Basic dan lain sebagainya.

c. Application Program

Program aplikasi atau application program adalah software aplikasi yang memiliki fungsi tertentu, sebagai contoh misalnya software yang memiliki fungsi untuk melakukan presentasi, software akuntansi, MatLab dan lainnya.

Adapun beberapa contoh dari application program yang populer adalah seperti software Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, MYOB, OpenOffice, MatLab dan lain sebagainya.

2. Klasifikasi Software Berdasarkan Distribusinya

Berikutnya adalah klasifikasi software berdasarkan distribusinya. Di bawah ini adalah penjelasan terkait klasifikasinya berdasarkan bagaimana cara dan proses distribusi dari software tersebut.

a. Freeware

Klasifikasi software berdasarkan cara distribusinya yang pertama adalah freeware. Ini adalah software yang dapat dimiliki dan digunakan secara secara cuma-cuma tanpa batas waktu (gratis).

Biasanya software freeware ini, mereka memiliki fitur yang kurang lengkap serta output atau Keluaran mereka tidak semaksimal dengan software berbayar.

b. Adware

Berikutnya adalah adware, ini adalah software yang didapatkan serta dapat digunakan secara gratis, namun dengan kompensasi, adware ini terdapat iklan yang timbul pada perangkat dari user atau pengguna.

c. Spyware

Spyware adalah software atau perangkat lunak yang dibentuk khusus atau secara spesifik untuk memata-matai semua aktivitas dari user atau pengguna perangkat yang menggunakannya.

Biasanya software spyware ini seringkali disalahgunakan fungsinya. Sebagai contoh misalnya perangkat lunak spyware ini digunakan untuk mencuri data dari penggunanya (misalnya data kartu kredit, password dan lain sebagainya).

Baca Juga :  Memahami Pengertian Google: Apa itu Google? Sejarah, Tujuan dan Manfaatnya!

d. Open Source

Open source adalah software yang kode sumbernya dapat untuk dibuka, diubah-ubah, ditingkatkan atau di-upgrade (proses ini dikenal dengan sebutan software development), dan juga disebar serta didistribusikan.

Biasanya jenis open source ini dapat untuk diperoleh secara gratis serta dapat dikembangkan oleh orang lain dengan lisensi General Public License (GPL).

e. Shareware

Klasifikasi software berdasarkan cara distribusinya adalah shareware. Ini merupakan software atau perangkat lunak yang digunakan untuk keperluan tertentu serta juga dibagikan secara cuma-cuma atau gratis.

Biasanya ini dibagikan sebagai demo dengan fitur terbatas serta penggunaannya pun juga terbatas seperti hanya beberapa hari (misalnya 30 hari) dan sering ditulisakan dengan tulisan “30 days trial“.

Contoh Software (Perangkat Lunak)

Ilustrasi Gambar Contoh Software Dalam Pengertian Apa Itu Perangkat Lunak
Ilustrasi Gambar Contoh Software Dalam Pengertian Apa Itu Perangkat Lunak

Ada banyak sekali contoh software yang dipakai oleh user atau pengguna komputer dalam kegiatan mereka sehari-hari, baik itu software atau aplikasi gratis maupun yang berbayar.

Dalam postingan ini Kami juga akan menjelaskan daftar dari berbagai jenis software (perangkat lunak) yang biasanya diinstal di komputer dengan contoh program terkaitnya.

Perlu dicatat bahwa meskipun application program atau software aplikasi ini sering dikenal dan dianggap sebagai suatu program, walaupun hal tersebut dapat berupa apa saja yang berjalan pada komputer.

Tabel Contoh-Contoh Software

Di bawah ini adalah contoh-contoh software berupa tabel yang juga mencakup kolom dari program untuk mengklarifikasi perangkat lunak apa yang tidak termasuk bagian dari program.

SoftwareContohProgram?
AntivirusAvast, AVG, Housecall, McAfee, dan NortonYa
Program Audio atau MusiciTunes dan WinAmpYa
KomunikasiDiscord, Skype, dan VentriloYa
DatabaseAccess, MySQL, dan SQLYa
Device driversDriver komputerTidak
E-mailOutlook dan ThunderbirdYa
GameMadden NFL football, Quake, dan World of WarcraftYa
Internet dan browserFirefox, Google Chrome, dan Internet ExplorerYa
Movie PlayerVLC dan Windows Media PlayerYa
Operating SystemAndroid, iOS, Linux, Mac OS, dan WindowsTidak
Photo atau Graphics ProgramAdobe Photoshop dan CorelDRAWYa
PresentationPowerPointYa
Programming LanguageC++, HTML, Java, Perl, PHP, Ruby, Python, dan Visual BasicYa
SimulationFlight Simulator dan SimCityYa
SpreadsheetExcelYa
UtilityCompression, Disk Cleanup, Encryption, Registry Cleaner, dan Screen SaverTidak
Word ProcessorMicrosoft WordYa

Bagaimana Software Dibuat dan Seperti Apa Cara Kerjanya?

Ya! Pertanyaan di atas merupakan pertanyaan dari salah satu teman Kami. Untuk jawabannya sendiri adalah seperti ini.

Mari kita gambarkan dengan seorang programmer komputer (atau beberapa programmer) menulis instruksi menggunakan bahasa pemrograman dengan algoritma (baca pengertian algoritma disini) mereka, mendefinisikan bagaimana perangkat lunak harus beroperasi pada data yang terstruktur.

Program tersebut pun kemudian dapat ditafsirkan, atau dikompilasi ke dalam kode mesin dan kemudian digunakan pada komputer.

Kesimpulan

Jadi berdasarkan pembahasan dan penjelasan tentang Pengertian Software, Apa itu Perangkat Lunak? Menurut Para Ahli, Sejarah, Jenis dan Kategorinya, Klasifikasi serta Contohnya atas, dapat kita simpulkan bahwa perangkat lunak atau software adalah semua bagian tidak berwujud atau tidak berwujud yang menjalankan komputer untuk melakukan serangkaian tugas spesifik.

Perangkat lunak ini mencakup semua informasi (baca pengertian informasi disini) yang berbentuk digital dan membuat rangkaian elemen fisik dan material yang sesuai dengan kerja komputer secara cerdas. Karena memang, sebuah komputer pada dasarnya terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu adalah hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

Penutup

Demikianlah pembahasan yang dapat Kami bagikan kali ini dimana Kami menjelaskan tentang Pengertian Software, Apa itu Perangkat Lunak? Menurut Para Ahli, Sejarah, Jenis dan Kategorinya, Klasifikasi serta Contohnya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kalian semua terutama dalam memahaminya.

Silahkan bagikan postingan Kami disini kepada teman-teman dan kerabat kalian semua serta jangan lupa berikan juga tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

2 Komentar

Tinggalkan Komentar