Memahami Pengertian Komputer: Apa itu Computer? Menurut Ahli, Sejarah, Jenis dan Klasifikasinya!

2
Gambar Penjelasan Pengertian Apa Itu Komputer Menurut Para Ahli Sejarah Fungsi Jenis Komponen Dan Klasifikasinya
Gambar Penjelasan Pengertian Apa Itu Komputer Menurut Para Ahli Sejarah Fungsi Jenis Komponen Dan Klasifikasinya

Tahukah Kalian, Pengertian Komputer, Apa itu Computer? Menurut Para Ahli, Sejarah, Fungsi, Jenis, Komponen dan Klasifikasinya? Benar! Saat sekarang ini, kita sering melihat Komputer dimana-mana, baik itu di tempat kerja, di klinik dokter, di supermarket dan lain sebagainya. Seperti yang sudah kita ketahui, sebuah Komputer bekerja dengan program atau software (perangkat lunak) yang dikirim ke arsitektur hardware atau perangkat keras yang mendasarinya untuk membaca, menafsirkan, dan mengeksekusinya.

Komputer, mereka dapat diklasifikasikan berdasarkan daya komputasi, kapasitas, ukuran, mobilitas, dan faktor lainnya, seperti komputer pribadi atau yang sering dikenal dengan PC, komputer desktop, komputer laptop, minicomputer, komputer dan perangkat genggam, mainframe atau superkomputer. Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lengkap dan detail tentang apa itu Komputer agar kita semua dapat lebih memahaminya. Langsung saja, berikut ini ulasannya!

Pengertian Komputer

Dinamakan dengan Computer, Komputer adalah mesin atau perangkat yang melakukan proses, perhitungan, dan operasi berdasarkan instruksi yang diberikan oleh software (perangkat lunak) atau hardware (perangkat keras). Komputer dirancang untuk menjalankan application atau aplikasi dan menyediakan berbagai solusi dengan menggabungkan komponen perangkat keras dan perangkat lunak yang terintegrasi berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Technopedia.

Apa itu Computer atau Komputer?

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan Komputer? Secara Umum, Komputer adalah suatu perangkat elektronik yang dapat untuk digunakan dalam mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan sehingga menghasilkan Informasi berguna bagi para penggunanya.

Definisi Personal Komputer adalah alat elektronik yang terdiri dari berbagai rangkaian komponen yang saling terhubung, sehingga mereka membangun suatu sistem kerja. Sistem yang ada dalam komputer tersebut mampu untuk melakukan pekerjaan secara otomatis dari perintah berupa program sehingga bisa membentuk informasi dari data yang ada.

Secara etimologis, istilah “komputer” ini berasal dari bahasa Latin, yaitu adalah “computare“. Computare artinya adalah menghitung. Sehingga secara sederhana, komputer adalah sebagai alat untuk menghitung aritmatika.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu penjelasan tentang komputer, maka kita dapat merujuk kepada pendapat para ahli terkait Definisi mereka tentang Komputer.

Adapun beberapa pengertian komputer menurut para ahli adalah sebagai berikut.

1. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, Personal Komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat untuk melakukan beberapa tugas, yaitu seperti menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta juga menyediakan hasil berupa bentuk informasi.

2. V. C. Hamacher

Menurut V. C. Hamacher, definisi Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat serta dapat menerima informasi dari input digital dan kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan pada memorinya, dan juga menghasilkan hasil berupa informasi.

3. Donald H. Sanders

Menurut H. Sanders, dia menjelasakan bahwa, Komputer adalah merupakan sistem elektronik yang dipakai untuk memanipulasi data yang cepat dan sempurna, didesain dan serta diorganisasikan agar dapat menerima, menyimpan, memproses data hingga menghasilkan output dari command atau perintah yang sudah tersimpan di dalam memory unit (baca pengertian memory unit disini).

4. Wiliam M. Fuori

Menurut M. Fuori, Komputer adalah suatu alat pemroses Data yang dapat melakukan perhitungan dalam jumlah besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika, operasi logika, tanpa ada campur tangan manusia.

5. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, Komputer adalah suatu perangkat Elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas antara lain seperti menerima input, memproses, menyimpan perintah-perintah serta menghasilkan output yang berbentuk informasi dari data.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Technopreneur (Teknopreneur): Apa itu Technopreneurship? Sejarah, Ciri dan Karakteristik, Contoh serta Cara Menjadi Teknopreneur yang Sukses!

6. Williams dan Sawyer

Menurut Williams dan Sawyer, definisi Personal Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat diprogram, mampu menerima Data dan memproses atau memanipulasi data yang ada tersebut ke dalam Iinformasi yang bisa digunakan.

Sejarah Komputer

Ilustrasi Gambar Dalam Sejarah Komputer Dan Pengertian Apa Itu Menurut Para Ahli Fungsi Jenis Komponen Dan Klasifikasinya
Ilustrasi Gambar Dalam Sejarah Komputer Dan Pengertian Apa Itu Menurut Para Ahli Fungsi Jenis Komponen Dan Klasifikasinya

Selain mengenal Apa Arti Komputer, kita juga harus mengetahui apa sejarah komputer bukan? Ya, Komputer seperti yang kita kenal sekarang ini, berawal dari seorang Profesor Matematika Inggris abad ke-19 bernama Charles Babbage. Dia merancang mesin analitik dan desain, inilah yang menjadi dasar kerangka kerja Komputer saat ini.

Secara umum, komputer dapat diklasifikasikan menjadi tiga generasi. Setiap generasi berlangsung selama periode tertentu. Waktu, dan masing-masing memberi kita Komputer yang baru dan lebih baik atau upgrade dan perbaikan dari komputer yang ada.

Di bawah ini adalah penjelasan dari Sejarah Generasi Komputer yang harus kalian ketahui.

1. Sejarah Komputer Generasi Pertama: 1937-1946

Kita mulai dengan sejarah komputer generasi pertama terlebih dahulu. Komputer substansial pertama adalah Mesin ENIAC raksasa oleh John W. Mauchly dan J. Presper Eckert di University of Pennsylvania. ENIAC atau Electrical Numerical Integrator and Calculator ini menggunakan kata 10 angka desimal, alih-alih angka biner seperti kalkulator dan komputer otomatis sebelumnya.

ENIAC juga merupakan mesin pertama yang menggunakan lebih dari 2.000 tabung vakum, menggunakan hampir 18.000 tabung vakum.

Gambar ENIAC Computer
Gambar ENIAC Computer

Kemudian, pada tahun 1937 komputer digital elektronik pertama dibangun oleh Dr. John V. Atanasoff dan Clifford Berry. Komputer digital elektronik ini disebut Komputer Atanasoff-Berry (ABC). Pada tahun 1943, nama Komputer Elektronik Colossus dibangun untuk militer. Perkembangan lain berlanjut sampai pada tahun 1946, Komputer digital untuk tujuan umum pertama, Integrator Numerik Elektronik dan Komputer (ENIAC) dibangun.

Gambar Vakum Pada Generasi Pertama
Gambar Vakum Pada Generasi Pertama

Dikatakan bahwa komputer ini memiliki berat 30 Ton, dan memiliki 18.000 Tabung Vakum yang digunakan untuk pemrosesannya. Ketika Komputer ini dinyalakan untuk pertama kalinya, lampu pun redup di beberapa bagian Philadelphia. Komputer Generasi Pertama ini hanya dapat melakukan satu tugas, dan mereka tidak memiliki Sistem Operasi.

2. Sejarah Komputer Generasi Kedua: 1947- 962

Generasi Komputer Kedua ini menggunakan transistor daripada tabung vakum yang lebih andal. Pada tahun 1951, Komputer pertama untuk penggunaan komersial diperkenalkan ke publik, yaitu Universal Automatic Computer atau UNIVAC 1. Pada tahun 1953, Mesin Bisnis Internasional yang dikenal dengan IBM Seri 650 dan 700 membuat jejak mereka di dunia komputer.

Gambar Transistor Pada Generasi Kedua
Gambar Transistor Pada Generasi Kedua

Selama generasi komputer ini, lebih dari 100 bahasa pemrograman komputer dikembangkan, komputer modern ini memiliki memori dan sistem operasi, media penyimpanan seperti tape dan disk, serta yang juga digunakan adalah printer untuk output atau keluarannya.

3. Sejarah Komputer Generasi Ketiga: 1963 – Sekarang

Penemuan sirkuit terintegrasi membawa kita menjadi Generasi Ketiga Komputer. Dengan penemuan ini, komputer pun menjadi lebih kecil, lebih kuat, lebih andal, dan mereka dapat menjalankan banyak Program yang berbeda secara bersamaan. Pada tahun 1980, Sistem Operasi Disk Microsoft atau MS-Dos pun lahir, dan pada tahun 1981, IBM memperkenalkan PC (Personal Computer) atau Komputer Pribadi untuk penggunaan di rumah dan di kantor.

Tiga tahun kemudian Apple pun memberi kita Komputer Macintosh dengan antarmuka yang digerakkan ikon. Dan kemudian, di tahun 90-an kita dikenalkan dengan Sistem Operasi Windows oleh Bill Gates.

Sebagai hasil dari berbagai peningkatan pada pengembangan komputer, kita telah melihat komputer digunakan di semua bidang kehidupan. Komputer merupakan alat yang sangat berguna yang akan terus mengalami perkembangan baru seiring berjalannya waktu.

Fungsi Komputer

Ilustrasi Gambar Fungsi Komputer Dalam Pengertian Apa Itu Computer
Ilustrasi Gambar Fungsi Komputer Dalam Pengertian Apa Itu Computer

Terkait penjelasan mengenai pengertian komputer di atas, pada dasarnya fungsi komputer sangat banyak, tergantung dalam para penggunanya.

Adapun beberapa fungsi Kkomputer tersebut adalah sebagai berikut.

a. Data Input

Komputer dapat menerima informasi atau data dari sumber lain. Data tersebut, mereka diterima melalui aktivitas yang ada pada keyboard, mouse, dan perangkat masukan lainnya dari komputer.

b. Data Processing

Salah satu fungsi utama komputer adalah untuk melakukan pengolahan data sehingga menciptakan hasil berupa informasi. Pada umumnya, data yang diolah dalam komputer biasanya berupa bentuk teks, gambar, audio, video, grafis, dan lain sebagainya.

c. Data Output

Fungsi komputer berikutnya yaitu adalah untuk menghasilkan output atau informasi setelah melalui proses pengolahan data. Informasi tersebut ditampilkan melalui monitor, alat printer, dan speaker serta perangkat keluaran komputer lainnya.

Baca Juga :  7+ Istilah dalam System (Sistem) yang Harus Anda Ketahui

d. Data Storage

Komputer juga bisa berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data agar dapat dipakai dan digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan dalam memori internal komputer serta memori eksternal.

e. Data Movement

Fungsi lain dari komputer yaitu adalah untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya atau alat output atau keluaran lainnya.

Jenis-Jenis Komputer

Gambar Jenis Jenis Komputer Dalam Membahas Pengertianya Menurut Para Ahli Sejarah Fungsi Komponen Dan Klasifikasinya
Gambar Jenis Jenis Komputer Dalam Membahas Pengertianya Menurut Para Ahli Sejarah Fungsi Komponen Dan Klasifikasinya

Dalam membahas mengenai apa itu arti komputer, perlu kalian ketahui bahwa komputer dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kriterianya yang berbeda. Berdasarkan ukurannya, Komputer dapat dibagi menjadi 5 (lima) jenis.

Adapun beberapa jenis komputer ini adalah sebagai berikut:

  1. Komputer Mikro
  2. Komputer Mini
  3. Komputer Mainframe
  4. Super Komputer
  5. Workstation

Di bawah ini adalah penjelasan dari masing-masing Jenis tersebut secara detail.

1. Komputer Mikro

Komputer Mikro adalah komputer pengguna tunggal yang memiliki kecepatan dan kapasitas penyimpanan lebih sedikit daripada jenis lainnya. Komputer mikro ini menggunakan mikroprosesor sebagai CPU.

Komputer mikro pertama dibangun dengan chip mikroprosesor 8-bit. Contoh umum mikrokomputer termasuk seperti laptop, komputer desktop, PDA (Personal Digital Assistant), tablet, dan smartphone. Mikrokomputer umumnya dirancang dan dikembangkan untuk penggunaan umum seperti web browser, mencari informasi, internet, MS Office, media sosial, dan lain sebagainya.

2. Komputer Mini

Komputer Mini juga dikenal sebagai “komputer kelas menengah”. Mereka tidak dirancang untuk satu orang. Mereka adalah komputer multi-user atau multi pengguna yang dirancang untuk mendukung banyak pengguna secara bersamaan. Jadi, mereka umumnya digunakan oleh usaha kecil dan perusahaan.

Masing-masing departemen perusahaan menggunakan komputer ini untuk tujuan tertentu. Misalnya, departemen penerimaan suatu universitas dapat menggunakan komputer mini untuk memantau proses penerimaan mahasiswa.

3. Komputer Mainframe

Komputer Mainframe juga merupakan komputer multi-user atau pengguna yang mampu mendukung ribuan pengguna secara bersamaan. Mereka digunakan oleh perusahaan besar dan organisasi pemerintah untuk menjalankan operasi bisnis mereka, karena mereka dapat menyimpan dan memproses data dalam jumlah besar.

Sebagai contoh, misalnya seperti bank, universitas, dan perusahaan asuransi menggunakan komputer mainframe untuk menyimpan data pelanggan, siswa, mereka.

4. Super Komputer

Super Computer atau Komputer Super adalah Komputer tercepat dan termahal di antara semua jenis Komputer. Mereka memiliki kapasitas penyimpanan yang besar dan kecepatan komputasi sehingga dapat melakukan jutaan instruksi per detik.

Komputer super adalah tugas khusus dan karenanya digunakan untuk aplikasi khusus seperti masalah numerik skala besar dalam disiplin ilmu dan teknik termasuk Aplikasi dalam elektronik, teknik perminyakan, ramalan cuaca, kedokteran, penelitian ruang angkasa dan banyak lagi. Sebagai contoh, misalnya NASA menggunakan super komputer untuk meluncurkan satelit ruang angkasa dan memantau serta mengendalikannya untuk eksplorasi ruang angkasa.

5. Workstation (Stasiun Kerja)

Stasiun Kerja atau Workstation adalah Komputer pengguna tunggal. Meskipun seperti komputer pribadi, workstation memiliki mikroprosesor yang lebih kuat dan monitor berkualitas lebih tinggi daripada komputer mikro.

Dalam hal kapasitas dan kecepatan penyimpanan, stasiun kerja hadir di antara komputer pribadi dan komputer mini. Stasiun kerja umumnya digunakan untuk aplikasi khusus seperti penerbitan desktop, software development atau pengembangan perangkat lunak, dan Desain Teknik.

Komponen Komputer

Selain mengetahui apa pengertian komputer, kita juga harus mengetahui apa saja komponen-komponen komputer. Berdasarkan manfaatnya, komponen komputer dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu input, process, dan output.

Adapun penjelasan tentang 3 (tiga) Komponen Komputer tersebut adalah sebagai berikut.

a. Komponen Input

Komponen Input adalah merupakan komponen hardware yang mempunyai fungsi sebagai pemberi perintah berbagai macam tugas yang akan diberikan pada komputer. Adapun beberapa komponen input tersebut antara lain adalah:

  • Keyboard; Adalah perangkat yang memberikan Input atau masukan berupa alphanumeric atau alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya.
  • Mouse dan Trackpad; Perangkat yang menghubungkan brainware dengan layar monitor.
  • Pen (Layar Sentuh); Penggunaannya mirip seperti mouse namun bentuknya berupa sebuah pena.
  • Scanner; Adalah alat untuk memindai gambar yang akan dimasukkan ke dalam sistem komputer.
  • Microphone; Adalah perangkat untuk input data dalam bentuk audio.

b. Komponen Proses

Komponen Proses adalah komponen mempunyai fungsi untuk mengolah data atau memproses perintah yang diberikan oleh brainware (beberapa mengenalnya dengan peopleware) yang kemudian ditampilkan pada komponen output. Adapun beberapa komponen proses ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Processor; Yaitu komponen utama yang mempunyai proses mengolah data.
  • Motherboard; Adalah komponen penghubung berbagai komponen lainnya pada komputer.
  • Hard Disk; Yaitu komponen yang digunakan untuk menyimpan data yang sifatnya tetap pada komputer. Sebagai contoh, misalnya seperti OS komputer.
  • RAM; Adalah memori yang digunakan untuk menyimpan berbagai aktivitas komputer secara temporary atau sementara.
Baca Juga :  Memahami Pengertian BPO: Apa itu Business Process Outsourcing dan Company? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam serta Kelebihan dan Kekurangannya!

c. Komponen Output

Komponen Output adalah komponen yang mempunyai fungsi untuk menampilkan informasi berdasarkan dari perintah yang sudah diproses oleh komputer. Adapun beberapa komponen output tersebut antara lain adalah:

  • Monitor; Adalah komponen perangkat komputer yang bisa untuk menampilkan proses yang sedang dikerjakan sebuah komputer .
  • Printer; Adalah komponen yang mampu mencetak informasi ke dalam bentuk hard-copy.
  • Speaker; Yaitu komponen yang dapat menghasilkan hasil berupa audio atau suara.

Klasifikasi Komputer atau Computer

Mengacu pada penjelasan pengertian dan definisi Komputer di atas, berdasarkan bentuk dan ukurannya, Komputer dapat diklasifikasikan menjadi 7 (tujuh) jenis.

Adapun jenis klasifikasi komputer tersebut adalah sebagai berikut.

1. Komputer Portabel

Komputer Portabel adalah jenis klasifikasi komputer yang mudah dan dapat dibawa kemana saja, dimana penggunaannya yaitu untuk keperluan penelitian di lapangan. Jenis klasifikasi komputer ini kurang terkenal lantaran cenderung lebih berat dan juga lebih besar daripada laptop.

2. Komputer Desktop

Sesuai dengan namanya, Komputer Desktop merupakan komputer yang ada dan biasa digunakan di atas meja. Komputer desktop memiliki CPU yang terpisah dari monitor atau layar serta keyboardnya.

3. Komputer Palmtop

Komputer Palmtop adalah Klasifikasi komputer yang bentuknya kecil serta dapat digenggam. Komputer palmtop di zaman sekarang ini sudah sangat jarang dipakai, semenjak ditemukan dan populernya smartphone.

4. Komputer Tower

Komputer Tower adalah komputer yang memiliki bentuk lebih besar daripada komputer desktop. Komputer tower biasanya diletakkan di atas atau samping meja. Komputer tower ini dapat dibubuhi perangkat pendukung, karena mereka mempunyai expansionslot.

5. Komputer Notebook

Komputer Notebook adalah Klasifikasi komputer jenis laptop, namun dengan ukurannya yang lebih tipis. Umumnya, banyak digunakan oleh pelajar seperti mahasiswa, pengajar seperti dosen dan guru, serta peneliti yang membutuhkan perangkat komputer yang simpel serta ringan.

6. Handbook atau Sub-Notebook

Handbook atau Sub-Notebook adalah jenis komputer notebook yang ukurannya lebih kecil dari komputer notebook pada umumnya. Biasanya, handbook memiliki processor yang ber-spesifikasi yang rendah terkait penggunaannya.

7. Komputer Laptop

Komputer Laptop adalah jenis klasifikasi komputer dari personal komputer yang biasanya digunakan dan diletakkan di pangkuan user atau penggunanya. Komputer laptop memiliki CPU, monitor, dan keyboard yang menyatu, mereka juga dapat dengan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan dan pembahasan mengenai Pengertian Komputer, Apa itu Computer? Menurut Para Ahli, Sejarah, Fungsi, Jenis, Komponen dan Klasifikasinya di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Computer atau Komputer adalah sebuah kata berasal dari kata Latin “computare” yang berarti “menghitung”, “menghitung”, “meringkas” atau “berpikir bersama”. Jadi, lebih tepatnya kata Komputer berarti “perangkat yang dapat melakukan perhitungan”.

Definisi Komputer sendiri adalah perangkat yang diprogram dengan serangkaian instruksi untuk melakukan tugas tertentu dan menghasilkan hasil dengan kecepatan yang sangat tinggi. Sebagai tambahan, menurut Wikipedia, kata “computer” pertama kali digunakan dalam sebuah buku berjudul “The Young Mans Gleanings” pada tahun 1613.

Penutup

Demikianlah postingan Kami kali ini yang membahas mengenai Pengertian Komputer, Apa itu Computer? Menurut Para Ahli, Sejarah, Fungsi, Jenis, Komponen dan Klasifikasinya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua, terutama dalam memahaminya.

Silahkan bagikan tulisan atau artikel Kami disini dengan menyetakan sumbernya. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

2 Komentar

Tinggalkan Komentar