Memahami Pengertian Password: Jenis dan Contoh, dan Cara Membuat Secure Password!

0
Gambar Dalam Pengertian Password Apa Itu Kata Sandi Jenis Contoh Dan Cara Membuat Secure Password
Gambar Dalam Pengertian Password Apa Itu Kata Sandi Jenis Contoh Dan Cara Membuat Secure Password

Tahukah Anda Pengertian Password, Apa itu Kata Sandi? Jenis, Contoh dan Cara Membuat Secure Password atau Kata Sandi yang Aman? Hmmm, jika seseorang menemukan tempat persembunyian Anda, ada satu Informasi kunci yang perlu mereka ketahui untuk masuk ke sarang Anda. Apa yang kita bicarakan? Ya, tentu saja adalah Password atau Kata Sandinya bukan?

Perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya, Kata Sandi telah ada sejak zaman kuno, ketika itu mereka dikenal sebagai semboyan. Meskipun Kata Sandi mungkin tidak digunakan di dunia nyata seperti dulu, ada satu tempat di Dunia Modern tempat mereka sangat diperlukan yaitu adalah di Dunia Online. Di Dunia Maya di Internet, Password atau Kata Sandi melindungi identitas Anda dan mengelola akses ke Informasi dan Website yang aman. Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lengkap tentang Pengertian Password (Kata Sandi). Mari simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Password

Biasanya disingkat PW dan PWD, Password adalah sekumpulan karakter atau kata yang bersifat rahasia yang digunakan untuk mengotentikasi akses ke Sistem Digital. Kata Sandi membantu memastikan bahwa Komputer atau Data hanya dapat diakses oleh mereka yang telah diberikan hak untuk melihat atau mengaksesnya berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Computerhope.

Apa itu Kata Sandi atau Password?

Jadi, sebenarnya, apa itu Kata Sandi atau Password? Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, Password atau Kata sandi (dalam bahasa Indonesia) adalah mekanisme keamanan dasar yang terdiri dari frase tahap rahasia yang dibuat dengan menggunakan karakter Alfabet, Numerik, Alfanumerik dan Simbolik, atau Kombinasi. Anda dapat membaca selengkapnya tentang Pengertian Alphameric atau Alfanumerik disini.

Kata sandi digunakan untuk membatasi akses ke Sistem, Aplikasi atau Layanan, hanya untuk pengguna yang telah memiliki, mengetahui dan menghafal atau menyimpan Password yang diizinkan untuk menggunakannya. Password atau Kata sandi ini juga dapat disebut Kode Akses, PIN atau Kode Rahasia. Kata Sandi adalah salah satu prosedur kontrol akses yang paling banyak digunakan yang diterapkan di hampir semua perangkat Digital dan Komputasi. Umumnya, Kata Sandi digunakan dalam kombinasi dengan nama pengguna dan dalam kebanyakan kasus, seseorang harus menyediakan keduanya untuk mendapatkan akses ke Sistem, Jaringan atau Area yang dilindungi Kata Sandi atau Password.

Di sebagian besar Aplikasi dan Service (Layanan), Kata Sandi dibuat oleh pengguna sendiri dan biasanya terpisah untuk setiap Sistem atau Layanan berbeda yang digunakan. Dalam praktik keamanan yang baik, Kata Sandi panjangnya harus berkisar antara 8 (delapan) dan 24 karakter, dan termasuk setidaknya satu huruf besar, satu angka dan satu karakter khusus. Password biasanya berupa Kata-kata sering digunakan, walaupun hal ini tidak disarankan karena lebih mudah ditebak atau dipecahkan.

Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Programming: Tujuan, Jenis, Karakteristik, Elemen dan Perbedaannya dengan Coding!

Jenis Password (Kata Sandi)

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Password Dalam Penjelasan Pengertian Kata Sandi
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Password Dalam Penjelasan Pengertian Kata Sandi

Setelah mengetahu Pengertian Kata Sandi atau Password, tentunya kita juga harus mengetahui apa saja Jenis Password yang harus kita ketahui. Ada beberapa Jenis Kata Sandi atau Password dalam Komputer, Jenis yang paling umum adalah sebagai berikut:

  • CMOS | BIOS
  • Password Administratif (Password Sistem Operasi)
  • Password Web

Di bawah ini akan Kami jelaskan secara detail tentang Jenis Kata Sandi atau Password.

a. CMOS | BIOS

Jenis Kata Sandi atau Password yang pertama adalah Password CMOS dan BIOS. Password yang umumnya disimpan dalam Baterai CMOS ini disebut dengan Semikonduktor Oksida Logam Komplementer yang merupakan sel kecil berbentuk lingkaran yang memungkinkan untuk menyimpan Kata Sandi, Tanggal, waktu semua Informasi yang disimpan dalam Program Utilitas CMOS.

CMOS adalah Sel Lithium dengan kapasitas penyimpanan 3,5 volt yang dipasang di dalam Konektor pada Motherboard Komputer. Jika baterai CMOS rusak, alat ini tidak akan menyimpan Informasi apa pun yang diberikan kepadanya dengan menggunakan Program Bios. Pada umumnya, Pengguna harus memasukkan Kunci tersebut dari Keyboard untuk mengakses Program Bios yang didalamnya terdapat semua fitur untuk mengubah Konfigurasi Sistem yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Dalam Program Utilitas BIOS, ada beberapa fitur tertentu di mana Anda dapat menambahkan Kata Sandi atau Password ke Sistem Komputer, mengubah urutan Boot Komputer, memilih perangkat Boot, dan lain sebagainya. Anda harus membuat CMOS atau Kata Sandi atau Password Bios untuk mengamankan Informasi sensitif Anda dari akses tidak sah atau Valid dan membantu Sistem untuk bekerja secara maksimal.

b. Password Administratif (Password Sistem Operasi)

Jenis Password Administratif (Password Sistem Operasi) ini biasanya disimpan dalam memori Komputer yaitu adalah pada Drive Hard Disk Komputer untuk menghindari akses ke pengguna yang tidak diinginkan. Password atau Kata Sandi ini umumnya digunakan untuk mencegah Sistem Operasi memuat keseluruhan Sistem-nya, tanpa ada pihak atau pengguna lain yang memasukkan Kunci Rahasia yang benar. Jika Anda tidak memiliki Password atau Kata Sandi atau kunci rahasia yang benar, Anda tidak akan diizinkan mengakses Sistem Komputer apakah itu Host atau pun Pengguna.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Software: Sejarah, Jenis dan Kategori, Klasifikasi serta Contohnya!

Password ini mengamankan semua Informasi Sensitif Anda yang tersimpan dalam Hard Disk Komputer seperti detail Kartu Kredit, Informasi Pribadi yang tidak akan Anda bagikan kepada siapa pun, seperti Foto-Foto Pribadi, dan lain sebagainya.

c. Password Web

Jenis Password yang terakhir adalah Password Web, Kata Sandi Web ini digunakan terutama pada saat bekerja Online. Sebagai contoh, misalnya sebelum menggunakan Program E-Mail apa pun yang pertama kali harus Anda daftarkan di Situs Web atau Aplikasi Anda harus memberikan Kredensial Anda seperti Nama, Nama Belakang, Username dan Password atau Kata yang diinginkan. Username dan Password atau Kata ini bertindak seperti Identitas Online Anda.

Hampir setiap Web App atau Aplikasi saat ini meminta Registrasi untuk mengetahui mereka dalam mengidentifikasi bahwa Anda adalah orang yang Valid atau benar menggunakan Perangkat Lunak atau Layanan Aplikasi mereka. Beberapa pengembang Software (Perangkat Lunak atau Developer telah mengembangkan untuk mencegah Program Robot yang melakukan SPAM atau Spamming layanan mereka dengan akun palsu dan aktivitas ilegal.

Contoh Password

Ilustrasi Gambar Contoh Password Dalam Membahas Pengertian Password Atau Kata Sandi
Ilustrasi Gambar Contoh Password Dalam Membahas Pengertian Password Atau Kata Sandi

Mengacu pada Pengertian Password di atas, Kata Sandi atau Password ini pada umumnya adalah Kata, Frasa, atau Rangkaian Karakter yang dimaksudkan untuk membedakan pengguna atau proses yang berwenang (untuk tujuan mengizinkan akses) dari pengguna yang tidak sah, atau dengan kata lain, Kata Sandi digunakan untuk membuktikan identitas seseorang, atau mengotorisasi akses ke sumber daya.

Password yang Kuat akan mencegah persentase kemungkinan Akun atau Sesuatu yang Anda lindungi dengan Password untuk di akses oleh pengguna yang tidak Valid dibandingkan dengan Password yang Lemah. Terkait Contoh Password atau Kata Sandi, berikut ini adalah beberapa Contohnya yang perlu kalian ketahui.

1. Contoh Password atau Kata Sandi Kuat

Strong Password atau Kata Sandi Kuat adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan Kata Sandi yang efektif, dimana mereka akan sulit untuk dibobol atau dipecahkan. Seringkali Kata Sandi yang kuat memiliki antara 6 (Enam) sampai 10 (Sepuluh) Karakter (semakin banyak semakin baik), Angka, Karakter lain, dan Karakter huruf besar serta kecil. Di bawah ini adalah Contoh Password atau Kata Sandi yang Kuat.

1RahaSia!2

2. Contoh Password atau Kata Sandi Lemah

Weak Password atau Kata Sandi yang Lemah adalah istilah untuk Kata sandi yang tidak efektif karena mudah diingat. Sebagai contoh, misalnya seperti Nama, Tanggal Lahir, Nomor Telepon, dan Kata-Kata yang mudah ditebak dianggap sebagai Kata Sandi yang lemah. Di bawah ini adalah Contoh Password atau Kata Sandi yang Lemah.

rahasia

Cara Membuat Secure Password atau Kata Sandi yang Aman

Terkait Penjelasan Pengertian Password di atas, banyak organisasi menetapkan kebijakan Kata Sandi untuk para Pegawai atau Karyawan mereka, sehingga mereka membuat Kata Sandi yang kuat dan menggunakan praktik terbaik untuk kredensial Login mereka. Adapun beberapa Praktik, Syarat dan Cara Membuat Secure Password atau Kata Sandi yang Aman tersebut adalah sebagai berikut:

  • Panjang Minimum 8 (Delapan) Karakter dengan batas mulai dari 16 hingga 64 Karakter atau bahkan lebih tinggi
  • Terdapat atau dimasukkannya Huruf Besar dan Kecil dengan Sensitivitas Case atau sering dikenal dengan Case-Sensitive
  • Menggunakan setidaknya satu Nomor
  • Menggunakan setidaknya satu Karakter Khusus
Baca Juga :  Pengertian Raster Image: Format, Resolusi, Pengukuran dan Cara Edit

Kesimpulan

Jadi, dari pembahasan Pengertian Password, Apa itu Kata Sandi? Jenis, Contoh dan Cara Membuat Secure Password atau Kata Sandi yang Aman di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Kata Sandi atau Password adalah salah satu prosedur kontrol akses yang paling banyak digunakan yang diterapkan di hampir semua Perangkat Digital dan Komputasi. Umumnya, Password digunakan dalam kombinasi dengan Nama Pengguna dan dalam kebanyakan kasus, seseorang harus menyediakan keduanya untuk mendapatkan akses ke Sistem, Jaringan atau Area yang dilindungi Kata Sandi atau Password.

Kata Sandi harus berupa kata atau rangkaian karakter unik yang hanya Anda ketahui. Jika orang lain mengetahui kata sandi Anda, mereka dapat memperoleh akses ke Sumber Daya Anda, seperti Situs Web, Akun Keuangan, dan E-Mail, yang ingin Anda jaga kerahasiaannya.

Penutup

Pentingnya Password dalam Dunia Internet terutama setelah peringatan “Hari Password Dunia” membuat kita semakin lebih memperhatikan Keamanan Data Kita dalam Dunia Maya. Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini mengenai Pengertian Password, Apa itu Kata Sandi? Jenis, Contoh dan Cara Membuat Secure Password atau Kata Sandi yang Aman dengan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar