Hari Password Dunia: Apa itu? Ini Sejarah dan Bagaimana Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat!

0
Gambar Hari Password Dunia Apa Itu World Password Day Sejarah Dan Bagaimana Cara Membuat Password Atau Kata Sandi Yang Kuat
Gambar Hari Password Dunia Apa Itu World Password Day Sejarah Dan Bagaimana Cara Membuat Password Atau Kata Sandi Yang Kuat

Hari Password Dunia, Apa itu World Password Day? Sejarah dan Bagaimana Cara Membuat Password atau Kata Sandi yang Kuat? Setiap tahun, hari kata password sedunia dirayakan tepatnya setiap hari kamis pertama bulan mei hingga di tahun 2020 ini. Hal tersebut mengingatkan kita tentang betapa pentingnya melindungi diri kita sendiri dengan menggunakan kata sandi yang kuat. Ini membantu orang untuk meningkatkan kata sandi yang mereka gunakan untuk akun online mereka serta menyediakan sumber untuk mempelajari lebih lanjut tentang keamanan dunia maya.

Kita tidak dapat mengabaikan bahwa sebagian besar hal-hal yang ada sekarang ini semuanya terkait dengan teknologi informasi. Seperti Kami yang sering menggunakan internet banking dan beberapa mode lain untuk membayar tagihan, belanja online, dan lain sebagainya. Jadi, perlindungan digital penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Terkadang hal itulah yang melindungi identitas kita di dunia internet. Setiap orang memiliki setidaknya satu kata sandi dalam dunia digital, untuk menerima dan mengirim e-mail, untuk menggunakan platform yang ada di internet. Baiklah, langsung saja di bawah ini adalah ulasan lebih lanjut terkait hari kata sandi se-dunia.

Apa itu Password?

Berarti kata sandi, password adalah serangkaian karakter yang digunakan untuk mengautentikasi pengguna di sistem komputer (baca pengertian komputer disini). Misalnya, Anda mungkin memiliki akun di komputer yang mengharuskan Anda masuk.

Agar berhasil mengakses akun, Anda harus memberikan nama pengguna dan kata sandi yang valid. Kombinasi seperti ini sering disebut sebagai login. Meskipun nama pengguna umumnya adalah informasi yang bersifat publik, kata sandi bersifat pribadi untuk setiap pengguna. Anda dapat membaca selengkapnya tentang password disini.

Apa itu World Password Day?

World password day adalah sebuah perayaan untuk mempromosikan kebiasaan password (kata sandi) yang lebih baik.

Sebuah kata sandi merupakan penjaga gerbang penting bagi identitas digital pengguna internet yang memungkinkan kita untuk mengakses e-commerce (belanja online), perbankan, media sosial, pekerjaan pribadi, dan komunikasi seumur hidup dan lain sebagainya.

Sejarah Hari Password Dunia

Membahas mengenai hari password se-dunia, tentunya kita juga harus mengetahui sedikit tentang sejarahnya bukan?

Baca Juga :  Daftar Singkatan dalam Teknologi (Akronim) yang Umum Digunakan

Ya! Mark Burnet, seorang peneliti keamanan pertama-tama mendorong orang-orang untuk mengingat dan mengetahui “World Password Day”, di mana mereka memperbarui kata sandi penting seperti dalam bukunya (tahun 2005) tentang Perfect Password atau kata sandi yang sempurna.

Intel Security terinspirasi oleh idenya dan mengambil inisiatif untuk mengumumkan hari kamis pertama dalam bulan mei sebagai hari kata sandi dunia mei 2013. Jadi, hari tersebut adalah hari untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya keamanan kata sandi.

Mengapa Kita Harus Memiliki Kata Sandi yang Kuat?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Password Dalam Membahas Hari Password Sedunia
Ilustrasi Gambar Apa Itu Password Dalam Membahas Hari Password Sedunia

Berdasarkan penelitian yang Kami lakukan, 50% dari populasi terhubung dengan dunia digital dan menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun mereka. Jenis menjaga perilaku kata sandi yang sama membuat akun berisiko diretas.

Apakah kalian tahu bahwa ketika terjadi pelanggaran data atau cyber crime, kredensial login bisa dijual ke penjahat cyber di darknet? Lebih lanjutnya, para penjahat ini mencoba menggunakan kredensial login untuk mengakses sebanyak mungkin akun karena mereka tahu bahwa kebanyakan orang menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun.

Selain itu, penelitian mengatakan bahwa sebagian besar orang menggunakan password (kata sandi) lemah yang mudah diretas. Penjahat dunia maya mengambil keuntungan untuk secara brutal memaksa masuk ke dalam akun, yang juga dikenal sebagai serangan brute force.

Dalam jenis serangan tersebut, software (perangkat lunak) otomatis digunakan untuk mencoba berbagai kombinasi nama pengguna dan kata sandi sampai menemukan yang berfungsi.

Apakah Anda tahu tentang serangan kamus atau dictionary attack? Ya! ini juga dilakukan oleh penjahat cyber. Ini adalah metode untuk mendapatkan akses akun dengan memasukkan kata-kata kamus yang biasa digunakan untuk kata sandi. Jika kata sandi Anda kuat, kata sandi tersebut sulit untuk diretas dan akan melindungi data pribadi Anda juga. Jadi, buatlah kata sandi Anda sekuat dan rutin di-update selalu.

Selain itu, jika Anda menggunakan banyak akun, maka jangan gunakan kata sandi yang sama. Seringkali, untuk melindungi lebih dari satu akun online mereka, banyak pengguna menggunakan kata sandi yang sama.

Ini bisa menjadi sangat berisiko, jika peretas melanggar data Anda dengan meretas kata sandi anda, maka mereka juga dapat masuk ke akun Anda yang lain. Setelah terjadi pelanggaran data, kata sandi Anda pun juga di ubah.

Apa itu Phishing dan Bagaimana itu dapat Meretas Keamanan?

Pengelabuan (dalam bahasa indonesia) atau yang lebih dikenal dengan istilah phishing adalah serangan yang dilakukan oleh hacker atau peretas untuk mendapatkan informasi penipuan seperti nama pengguna, kata sandi, dan mungkin detail kartu kredit orang lain.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Topologi Ring: Apa itu? Cara Kerja, Ciri, Kelebihan Kekurangannya dan Contohnya!

Misalnya kalian mungkin mendapatkan e-mail (baca pengertian e-mail disini) yang mengklaim bahwa mereka berasal dari Apple dan mengatakan bahwa kata sandi Anda sangat diperlukan atau akun Anda akan dikunci.

Kemudian, Anda mengklik tautan yang diberikan dan memasukkan kata sandi Anda, perincian lainnya, yang kemudian dicuri oleh peretas, karena jenis e-mail atau surel semacam itu tidak pernah dikirim oleh Apple.

Hal ini dapat terjadi melalui akun bank juga. Terkadang pesan penipuan dengan link url atau tautan juga diterima dari bank yang menanyakan detail pribadi dan kata sandi. Tanpa disadari, kita pun mengklik tautan dan memberikan detailnya. Oleh karena itulah, phising adalah salah satu penipuan paling umum di internet.

Menghindari Phishing untuk Keamanan

Tahukah kalian bahwa perusahaan google telah menyiapkan kuis tentang serangan phishing, terutama pada hari kata sandi dunia untuk memeriksa apakah pengguna tahu tentang serangan phising?

Selain itu, google juga ingin mendidik orang-orang yang tidak tahu tentang serangan ini dan juga tentang jenis serangan phishing yang terjadi di seluruh dunia terkait bagaimana seseorang dapat melindungi dirinya dari menjadi korban serangan ini.

Lalu, Seperti Apa Password yang Lemah itu?

Menyimpan informasi pribadi dalam kata sandi bukanlah ide yang bagus. Penjahat dunia maya dapat menemukan informasi pribadi melalui akun media sosial (baca pengertian media sosial disini) yang dapat mereka gunakan dan tebak dengan kata sandi Anda.

Jadi, untuk menghasilkan password (kata sandi) yang kuat pikirkan sesuatu yang berbeda dan jangan gunakan kata seperti:

"1234567", "qwerty", dan "kata sandi" atau "password"

Selain itu juga, hindari menggunakan informasi dalam kata sandi seperti:

  • Nama Anda sendiri atau nama anggota keluarga mana pun.
  • Ulang tahun Anda.
  • Nama hewan peliharaan Anda.
  • Kata-kata yang berhubungan dengan hobi Anda.
  • Alamat rumah Anda atau bagian dari itu.
  • Dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat?

Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Membuat Kata Sandi Yang Kuat
Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Membuat Kata Sandi Yang Kuat

Menurut Luis Corrons, dengan menggunakan pengelola kata sandi, Anda dapat membuat password (kata sandi) yang kuat.

Untuk menggunakan pengelola kata sandi, Anda dapat menggunakan aplikasi Avast Password Manager yang dapat kalian download di bawah ini.

Selain itu, Anda dapat mengikuti beberapa tips dan ide seperti:

  • Hasilkan kata sandi yang terdiri dari setidaknya 16 karakter atau lebih.
  • Gunakan angka, karakter khusus dan huruf besar dan kecil.
  • Hindari menggunakan kata apa pun yang terkait dengan diri Anda atau layanan Anda.
  • Adalah merupakan hal yang penting untuk menggunakan otentikasi dua faktor (jika memungkinkan).
Baca Juga :  7+ Istilah dalam System (Sistem) yang Harus Anda Ketahui

Anda juga dapat menggunakan VPN (baca pengertian VPN disini), terutama pada Wi-Fi publik, untuk mencegah orang lain yang berada di jaringan memata-matai aktivitas internet Anda. Jangan lupa untuk menginstal antivirus di perangkat smartphone Anda. Seperti, perangkat lunak antivirus yang memungkinkan untuk mendeteksi, mencegah dan menghapus informasi yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan tentang Hari Password Dunia, Apa itu World Password Day? Sejarah dan Bagaimana Cara Membuat Password atau Kata Sandi yang Kuat di atas, sekarang Anda pasti telah mengetahui bagaimana caranya untuk dapat menghasilkan kata sandi yang kuat, tahu seperti apa kata sandi yang lemah, dan lain sebagainya terutama dengan tibanya hari World Password Day atau hari password se-dunia tahun 2020 yang dirayakan bertepatan di hari kamis pada bulan mei setiap tahunnya.

Penutup

Demikianlah tulisan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Hari Password Dunia, Apa itu World Password Day? Sejarah dan Bagaimana Cara Membuat Password atau Kata Sandi yang Kuat. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi Kita semua serta juga dapat menambah wawasan Kita semua.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar