Gaya Hidup Digital: Pengertian Menurut Ahli, Apa itu Digital Lifestyle? Tujuan dan Fungsi, Jenis Macam Contoh, Dampak, serta Kenapa itu Penting!

Gambar Dari Gaya Hidup Digital Pengertian Menurut Ahli Apa Itu Digital Lifestyle Tujuan Dan Fungsi Jenis Macam Contoh Serta Apa Dampak Dan Kenapa Menjaga Kesehatannya Penting!
Gambar Dari Gaya Hidup Digital Pengertian Menurut Ahli Apa Itu Digital Lifestyle Tujuan Dan Fungsi Jenis Macam Contoh Serta Apa Dampak Dan Kenapa Menjaga Kesehatannya Penting!

Memahami Gaya Hidup Digital, Pengertian Menurut Ahli, Apa itu Digital Lifestyle? Tujuan dan Fungsi, Jenis Macam Contoh, Dampak, serta Kenapa Itu Penting!

Di zaman ini, khususnya di tahun 2024 sekarang, teknologi digital atau digital technology telah merajalela, tidak bisa dilepaskan bahwa cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi telah mengalami transformasi yang mendalam.

Konsep gaya hidup digital muncul sebagai manifestasi dari perubahan ini, menandai bagaimana kita semakin terikat dengan dunia digital dalam setiap aspek kehidupan kita.

Pentingnya gaya hidup digital tidak hanya terletak pada kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkannya.

Dalam postingan web Kami kali ini, Kami akan berusaha mengajak Anda untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang apa sebenarnya gaya hidup digital itu, mengapa hal itu menjadi relevan, dan bagaimana hal ini telah memengaruhi cara kita memandang dan menjalani kehidupan.

Mengingat, gaya hidup digital bukan hanya tentang bagaimana kita menggunakan teknologi, melainkan juga tentang bagaimana teknologi tersebut membentuk kembali nilai-nilai, kebiasaan, dan interaksi kita sehari-hari.

Dari penggunaan media sosial hingga gaya belanja online, gaya hidup digital mencakup segala hal yang terkait dengan keterlibatan kita dalam dunia digital.

Oke baiklah, langsung saja, mari kita simak bersama-sama ulasannya berikut ini!

Pengertian Gaya Hidup Digital

Dikenal dengan sebutan digital lifestyle secara global dan berarti gaya hidup digital (dalam bahasa Indonesia), secara umum ini merujuk pada cara individu atau kelompok masyarakat berinteraksi dengan teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan mereka sehari-hari (daily life aspect).

Gaya hidup digital mencakup penggunaan perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, dan komputer, serta pemanfaatan layanan dan aplikasi digital seperti media sosial, e-commerce, dan layanan berbasis web lainnya.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa digital lifestyle ini juga mencakup pola perilaku, kebiasaan, dan preferensi yang terbentuk sebagai hasil dari penetrasi teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari.

Secara teknis, gaya hidup digital dapat dijelaskan sebagai adaptasi individu atau masyarakat terhadap kemajuan teknologi digital, yang mencakup berbagai aspek, seperti konsumsi konten digital, koneksi dan komunikasi, pekerjaan dan produktivitas, belanja dan transaksi online, pendidikan dan pembelajaran baru, juga hiburan dan rekreasi.

Benar! Pengertian ini mencakup transformasi yang signifikan dalam cara individu menjalani kehidupan sehari-hari mereka, di mana teknologi digital telah menjadi bagian tak terpisahkan dan memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia.

Pengertian Gaya Hidup Digital atau Digital Lifestyle Menurut Para Ahli

Gambar Apa Itu Digital Lifestyle Dan Pengertian Definisi Gaya Hidup Digital Menurut Para Pakar Ahli Berdasarkan Paper Atau Buku Mereka
Gambar Apa Itu Digital Lifestyle Dan Pengertian Definisi Gaya Hidup Digital Menurut Para Pakar Ahli Berdasarkan Paper Atau Buku Mereka

Agar kita dapat dengan baik memahami pengertian digital lifestyle (gaya hidup digital), mari kita lihat juga apa saja definisinya menurut para pakar dan ahli berdasarkan literasi yang Kami lakukan sebagai berikut.

1. Sherry Turkle

Definisi gaya hidup menurut para ahli dan pakar yang pertama adalah dari Sherry Turkle.

Sebagai seorang ahli psikologi dan sosiologi, Turkle menggambarkan gaya hidup digital sebagai transformasi cara kita hidup dan berinteraksi sebagai hasil dari penetrasi teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam paper atau karya tulisnya “Alone Together: Why We Expect More from Technology and Less from Each Other“, Turkle mengulas tentang bagaimana teknologi telah memengaruhi cara kita membangun hubungan dan identitas.

2. Hiward Rheingold

Berikutnya yaitu definisi gaya hidup digital menurut pakar atau ahli bernama Howard Rheingold.

Penulis buku “Net Smart: How to Thrive Online” yang bernama Rheingold menggambarkan gaya hidup digital sebagai kemampuan untuk menggunakan dan memanfaatkan teknologi digital secara bijaksana, produktif, dan bermakna.

Baginya, gaya hidup digital melibatkan penggunaan alat-alat digital untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi, literasi media yang merupakan salah satu jenis dari literasi digital (baca pengertian literasi digital atau digital literacy di sini), dan koneksi sosial.

3. Don Tapscott

Berikutnya yakni definisi digital lifestyle atau gaya hidup digital menurut ahli bernama Don Tapscott.

Sebagai penulis buku “Growing Up Digital: The Rise of the Net Generation”, Tapscott menyajikan gaya hidup digital sebagai fenomena yang melekat pada generasi yang tumbuh dewasa dalam era digital.

Benar! Baginya, gaya hidup digital mencakup preferensi, nilai, dan cara berinteraksi yang unik bagi generasi digital.

  1. Turkle, S. (2012). Alone Together: Why We Expect More from Technology and Less from Each Other. Basic Books.
  2. Rheingold, H. (2012). Net Smart: How to Thrive Online. MIT Press.
  3. Tapscott, D. (1998). Growing Up Digital: The Rise of the Net Generation. McGraw-Hill Education.
Baca Juga :  Voice User Interface (VUI): Pengertian, Apa itu Antarmuka Pengguna Suara? Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Macam Manfaat, Contoh, dan Pentingnya!

Dengan memahami pandangan dan penelitian dari para ahli yang mereka lakukan, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang signifikansi dan dampak gaya hidup digital dalam masyarakat kontemporer.

Apa itu Digital Lifestyle?

Oke, jadi apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan digital lifestyle itu?

Seperti yang sudah Kami terangkan di atas, pada bagian pengertiannya, digital lifestyle ini dikenal dengan istilah gaya hidup digital di negara kita Indonesia.

Gaya hidup digital, atau digital lifestyle, mengacu pada cara individu atau masyarakat secara aktif mengintegrasikan teknologi digital ke dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari mereka.

Sekali lagi, ini mencakup segala hal, mulai dari cara kita berkomunikasi, bekerja, berbelanja, hingga hiburan dan rekreasi, yang semuanya dipengaruhi oleh penetrasi teknologi digital.

Secara lebih spesifik, gaya hidup digital atau digital lifestyle melibatkan:

  1. Ketergantungan pada Teknologi; Individu yang mengadopsi gaya hidup digital cenderung bergantung pada perangkat elektronik seperti smartphone, komputer, dan tablet untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, seperti berkomunikasi, bekerja, belajar, dan hiburan.
  2. Koneksi dan Interaksi Online; Digital lifestyle memungkinkan individu untuk tetap terhubung dengan orang lain melalui media sosial, aplikasi pesan, dan platform komunikasi online lainnya, mengubah cara kita berinteraksi dan membentuk hubungan sosial.
  3. Kemudahan Akses Informasi; Dengan akses mudah ke internet, gaya hidup digital memungkinkan individu untuk mencari informasi, berita, dan konten lainnya secara instan, mengubah cara kita belajar, membuat keputusan, dan memperoleh pengetahuan.
  4. Fleksibilitas dalam Pekerjaan; Bekerja secara remote atau menggunakan teknologi untuk kolaborasi tim merupakan bagian integral dari digital lifestyle, memberikan fleksibilitas dalam cara kita bekerja dan meningkatkan produktivitas.
  5. Pembelian dan Transaksi Online; Gaya hidup digital memungkinkan individu untuk melakukan pembelian dan transaksi secara online, mengubah cara kita berbelanja dan bertransaksi dengan barang dan layanan.
  6. Konsumsi Hiburan Digital; Streaming musik dan video, bermain game online, dan mengikuti konten hiburan lainnya melalui platform digital merupakan bagian penting dari gaya hidup digital, mengubah cara kita menghibur diri sendiri dan mengisi waktu luang.

Begitulah digital lifestyle mencerminkan transformasi yang signifikan dalam cara kita menjalani kehidupan sehari-hari, di mana teknologi digital telah menjadi bagian tak terpisahkan yang membentuk cara kita berinteraksi, bekerja, belajar, dan bersenang-senang.

Tujuan dan Fungsi Gaya Hidup Digital

Setelah kita menggali apa pengertian dan definisi digital lifestyle menurut para ahli, selanjutnya kita juga harus mengetahui terkait tujuan dan fungsinya.

Untuk fungsi dari digital lifestyle (gaya hidup digital), mereka termasuk:

  1. Meningkatkan Konektivitas; Salah satu tujuan utama dari gaya hidup digital adalah untuk meningkatkan konektivitas antara individu di berbagai belahan dunia. Teknologi digital memungkinkan kita untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman, dan rekan kerja tanpa batas geografis, mengurangi jarak dan waktu dalam berkomunikasi.
  2. Memperluas Akses Informasi; Digital lifestyle bertujuan untuk memberikan akses yang lebih luas terhadap informasi dan pengetahuan melalui internet. Ini memungkinkan individu untuk memperoleh informasi tentang topik apa pun, belajar, dan berkembang secara pribadi dan profesional.
  3. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas; Dengan adopsi teknologi digital, gaya hidup digital bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pekerjaan, pendidikan, dan kegiatan sehari-hari. Penggunaan alat-alat produktivitas digital dan aplikasi bisnis membantu dalam mengelola waktu dan tugas dengan lebih efektif.
  4. Menyediakan Kemudahan dalam Bertransaksi; Salah satu tujuan gaya hidup digital adalah untuk menyediakan kemudahan dalam melakukan transaksi dan pembelian secara online. Platform e-commerce memungkinkan individu untuk membeli barang dan layanan tanpa harus meninggalkan rumah, menghemat waktu dan tenaga.
  5. Membangun Komunitas dan Jaringan; Gaya hidup digital bertujuan untuk memfasilitasi pembentukan komunitas dan jaringan yang berbasis online. Media sosial dan platform komunitas memungkinkan individu untuk berinteraksi, berbagi minat, dan mendukung satu sama lain dalam skala global.

Lalu, adapun untuk fungsi gaya hidup digital (digital lifestyle) yang juga perlu kita pahami termasuk:

  1. Komunikasi; Salah satu fungsi utama dari gaya hidup digital adalah untuk memfasilitasi komunikasi antarindividu melalui berbagai platform digital seperti email, pesan teks, dan media sosial.
  2. Pendidikan dan Pembelajaran; Gaya hidup digital berfungsi sebagai sarana untuk pendidikan dan pembelajaran, memungkinkan akses ke sumber daya pendidikan dan kursus online dari mana saja dan kapan saja.
  3. Pekerjaan dan Kolaborasi; Dalam konteks profesional, gaya hidup digital memungkinkan untuk bekerja dari jarak jauh, kolaborasi tim secara online, dan penggunaan alat-alat produktivitas digital untuk meningkatkan efisiensi kerja.
  4. Hiburan dan Rekreasi; Fungsi lain dari gaya hidup digital adalah sebagai sumber hiburan dan rekreasi, melalui streaming musik dan video, gaming online, dan konsumsi konten hiburan digital lainnya.
  5. Belanja dan Transaksi; Gaya hidup digital memungkinkan individu untuk melakukan pembelian dan transaksi secara online melalui platform e-commerce, mengubah cara kita berbelanja dan bertransaksi dengan barang dan layanan.
Baca Juga :  Mengenal Pengertian Website: Apa itu Situs Web? Menurut Para Ahli, Sejarah, Unsur, Jenis dan Contoh Website!

Memang, intinya dapat Kami terangkan adalah bertujuan untuk memfasilitasi konektivitas, akses informasi, efisiensi, dan kenyamanan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

Jenis Macam Contoh Gaya Hidup Digital (Digital Lifestyle)

Ilustrasi Gambar Apa Saja Jenis Dan Macam Contoh Digital Lifestyle
Ilustrasi Gambar Apa Saja Jenis Dan Macam Contoh Digital Lifestyle

Sekarang kita sudah mengetahui pengertian serta tujuan dan fungsi dari digital lifestyle.

Lalu, apa saja sih jenis masam contoh gaya hidup digital yang ada di kehidupan sehari-hari kita?

Di bawah ini adalah beberapa contoh digital lifestyle atau gaya hidup digital yang umum ditemui dalam masyarakat dan yang perlu kalian ketahui.

a. Penggunaan Media Sosial

Jenis tipe macam contoh digital lifestyle pertama dalam membahas pengertian gaya hidup digital yang akan Kami jelaskan di sini yaitu adalah penggunaan media sosial.

Penggunaan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn adalah contoh gaya hidup digital yang sangat umum.

Di dalamnya, individu menggunakan media sosial untuk berbagi konten, berinteraksi dengan teman dan keluarga, serta membangun jejaring sosial secara online.

b. Belanja Online

Jenis tipe dan macam contoh gaya hidup digital yang ke-2 (dua) yaitu adalah dalam belanja online.

Membeli barang dan layanan secara online melalui platform e-commerce seperti Amazon, Tokopedia, atau Shopee adalah contoh lain dari gaya hidup digital.

Benar! Di sini, orang-orang dapat membeli segala jenis produk, mulai dari pakaian hingga makanan, tanpa harus meninggalkan rumah.

c. Pekerjaan Jarak Jauh (Remote Working)

Selanjutnya, ada contoh dalam pekerjaan jarak jauh atau remote working.

Bekerja dari jarak jauh atau remote work telah menjadi semakin umum di era digital.

Ini memungkinkan kita sebagai individu untuk bekerja dari mana saja dengan menggunakan teknologi seperti video konferensi, alat kolaborasi online, dan akses internet yang cepat.

d. Pendidikan Daring

Kemudian ada contoh pendidikan daring.

Gaya hidup digital juga mencakup pendidikan daring atau yang biasanya dikenal dengan istilah e-learning, di mana individu dapat mengakses kursus, seminar, dan materi pembelajaran lainnya melalui platform online.

Adapun contoh nama-nama platform tersebut adalah seperti Coursera, Udemy, atau Khan Academy, dan lain sebagainya.

e. Streaming Konten Hiburan

Ada juga contoh dalam streaming konten hiburan.

Mengonsumsi konten hiburan digital seperti film, acara TV, musik, dan podcast melalui layanan streaming seperti Netflix, Spotify, atau YouTube adalah contoh lain dari gaya hidup digital.

Individu dapat menikmati konten ini kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan perangkat digital mereka.

f. Kesehatan dan Kebugaran Digital

Menggunakan aplikasi dan perangkat pelacak kesehatan dan kebugaran seperti Fitbit, Apple Watch, atau aplikasi MyFitnessPal adalah contoh lain dari gaya hidup digital.

Dalam contoh keseharan dan kebugaran digital, kita sebagai individu dapat memantau aktivitas fisik mereka, mengatur pola makan, dan mencapai tujuan kesehatan mereka dengan bantuan teknologi.

g. Travel dan Transportasi Digital

Jenis macam contoh digital lifestyle terakhir yang akan Kami jelaskan di sini yaitu travel dan transportasi digital.

Memesan tiket pesawat, hotel, atau transportasi online melalui platform seperti Traveloka, Booking.com, atau Grab adalah contoh lain dari gaya hidup digital.

Benar! Kita sebagai individu dapat merencanakan perjalanan mereka dan mengakses layanan transportasi dengan mudah melalui aplikasi dan situs web.

Dengan adopsi teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, contoh-contoh yang Kami sebutkan di atas pastinya dapat menunjukkan bagaimana gaya hidup digital telah mengubah cara kita berkomunikasi, bekerja, belajar, berbelanja, hiburan, dan bahkan menjalani gaya hidup sehat.

Apa Dampak dan Kenapa Penting untuk Menjaga Kesehatan Gaya Hidup Digital (Digital Lifestyle Health)

Ilustrasi Gambar Apa Saja Dampak Dan Pentingnya Menjaga Kesehatan Gaya Hidup Digital
Ilustrasi Gambar Apa Saja Dampak Dan Pentingnya Menjaga Kesehatan Gaya Hidup Digital

Well, kemudian dalam masalah terkait dampak dan kenapa itu penting untuk menjaga kesehatan gaya hidup digital, perlu Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Tentu saja di sini Kami juga akan menjelaskan beberapa hal terkait dampak dan pentingnya menjaga kesehatan gaya hidup digital juga.

Begini, menjaga gaya hidup digital yang sehat memiliki dampak yang signifikan pada kesejahteraan individu dan masyarakat secara keseluruhan.

Di bawah ini adalah beberapa dampak dan pentingnya menjaga gaya hidup digital yang sehat:

1. Kesehatan Mental

  • Pencegahan Stres dan Kecemasan; Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar dan terpapar konten yang memicu stres atau kecemasan dapat berdampak negatif pada kesehatan mental. Memastikan batas waktu yang sehat dan memilih konten yang positif dan mendukung dapat membantu mencegah stres dan kecemasan yang berlebihan.
  • Meningkatkan Kualitas Tidur; Paparan cahaya biru dari layar gadget dapat mengganggu pola tidur. Mengatur waktu layar sebelum tidur dan menciptakan lingkungan tidur yang tenang dan nyaman dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.
Baca Juga :  Penjelasan Pengertian Hardening: Apa itu Server dan System Hardening? Tujuan, Jenis dan Macam, Manfaat, Standar, Langkah serta Caranya!

2. Kesehatan Fisik

  • Mendorong Aktivitas Fisik; Terlalu banyak waktu dihabiskan di depan layar dapat menyebabkan gaya hidup yang kurang aktif. Menjaga keseimbangan antara waktu online dan aktivitas fisik dapat membantu meminimalkan risiko penyakit yang terkait dengan gaya hidup tidak aktif, seperti obesitas dan penyakit jantung.
  • Pengaturan Ergonomis; Menggunakan teknologi secara ergonomis, seperti mengatur posisi duduk yang benar dan mengambil istirahat singkat dari layar secara teratur, dapat membantu mencegah cedera dan ketegangan pada tubuh.

3. Dampak pada Hubungan Sosial

  • Memelihara Hubungan yang Sehat; Terlalu banyak waktu yang dihabiskan di dunia digital dapat mengganggu hubungan interpersonal di dunia nyata. Penting untuk memastikan bahwa kita tetap terhubung secara langsung dengan orang-orang di sekitar kita dan menjaga kualitas hubungan sosial yang sehat.
  • Mencegah Isolasi Sosial; Terlalu banyak mengandalkan interaksi online dapat menyebabkan isolasi sosial. Memastikan bahwa kita masih terlibat dalam kegiatan sosial di luar dunia digital dapat membantu mencegah isolasi dan kesepian.

4. Produktivitas dan Keseimbangan Hidup

  • Meningkatkan Produktivitas; Mengelola waktu secara efektif dan menghindari gangguan online yang tidak perlu dapat meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan dan kegiatan sehari-hari.
  • Menciptakan Keseimbangan Hidup; Menjaga keseimbangan antara waktu online dan offline adalah kunci untuk gaya hidup yang sehat dan seimbang. Ini membantu mencegah kelelahan, kelelahan, dan kelebihan beban kerja.

Seperti yang kalian lihat di atas, mulai dari pengertian, arti, dan cara menjaga gaya hidup digital yang sehat, individu dapat mengambil langkah-langkah untuk mengatur penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari dengan bijaksana adalah merupakan hal yang penting.

Hal tersebut dilakukan supaya kita dapat memberikan kesejahteraan dalam masalah fisik, mental, dan sosial kita.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan Memahami Gaya Hidup Digital, Pengertiannya Menurut Ahli, Apa itu Digital Lifestyle? Tujuan dan Fungsi, Jenis Macam Contoh, Dampak, serta Kenapa Itu Penting di atas, dapat kita simpulkan bahwa gaya hidup digital, atau digital lifestyle ini adalah istilah yang mengacu pada cara hidup yang terintegrasi dengan teknologi digital, di mana kegiatan sehari-hari seperti bekerja, belajar, berkomunikasi, dan berhibur semakin bergantung pada perangkat digital.

Ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas hidup melalui penggunaan teknologi canggih serta memiliki fungsi yang meliputi memudahkan akses informasi, memperkaya pengalaman hiburan, memfasilitasi komunikasi dan interaksi sosial, serta mendukung kegiatan profesional dan pribadi.

Dalam gaya hidup digital, terdapat berbagai jenis dan macam teknologi yang digunakan, termasuk smartphone, laptop, wearable devices, dan aplikasi cerdas.

Setiap perangkat atau aplikasi memiliki contoh spesifiknya, seperti ASUS ROG Phone 8 yang merupakan contoh smartphone canggih dengan kemampuan AI yang dirancang untuk melampaui batas gaming, sekaligus mendukung kebutuhan gaya hidup digital yang aktif.

Pentingnya gaya hidup digital terletak pada kemampuannya untuk menyediakan solusi bagi tantangan modern, meningkatkan koneksi antarmanusia meski secara fisik terpisah, dan memberikan hiburan serta edukasi yang tak terbatas.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Memahami Gaya Hidup Digital, Pengertiannya Menurut Ahli, Apa itu Digital Lifestyle? Tujuan dan Fungsi, Jenis Macam Contoh, Dampak, serta Kenapa Itu Penting.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi web.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Postingan ini juga tersedia dalam versi:


Tinggalkan Komentar