ASUS ZenBook DUO (UX8406): Laptop Evolusi AI dan Multitasking Dua Layar Terbaik, Ubah Cara Bekerja dan Tingkatkan Produktivitas Anda dengan Fitur AI!

Gambar Dari ASUS New ZenBook DUO Laptop AI Dua Layar Terbaik Ubah Cara Dan Tingkatkan Kemampuan Multitasking Pekerjaan Anda Dengan Berbagai Fiturnya
Gambar Dari ASUS New ZenBook DUO Laptop AI Dua Layar Terbaik Ubah Cara Dan Tingkatkan Kemampuan Multitasking Pekerjaan Anda Dengan Berbagai Fiturnya

ASUS New ZenBook DUO (UX8406), Laptop Dua Layar Terbaik, Ubah Cara Bekerja dan Tingkatkan Kemampuan Multitasking Pekerjaan Anda dengan Berbagai Fitur AI!

Benar! Di era digital yang semakin maju saat ini, para profesional dan kreator tentunya sangat membutuhkan tools atau alat yang dapat meningkatkan produktivitas mereka tanpa mengorbankan mobilitas.

Salah satu tren yang semakin populer adalah penggunaan laptop dengan layar eksternal, memungkinkan multitasking yang lebih efisien.

Memang, seringkali, penggunaan layar eksternal menghadirkan tantangan baru dalam hal portabilitas dan pengaturan yang rumit.

Dengan masalah itulah Asus hadir dengan solusi produk revolusionernya, yaitu Asus ZenBook DUO.

Yup! Laptop inovatif ini menawarkan layar ganda terintegrasi langsung ke dalam perangkat, memenuhi kebutuhan multitasking modern tanpa mengorbankan mobilitas.

Dengan ZenBook DUO, Asus tidak hanya memperkenalkan laptop baru, tetapi juga menggiring pengguna ke arah masa depan komputasi yang lebih produktif dan efisien.

Dalam postingan kali ini, Kami akan melihat dan menjelajahi tren penggunaan laptop dengan layar eksternal, apa yang menjadi keunggulan Asus ZenBook DUO, dan mengilustrasikan bagaimana laptop ini dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas penggunanya.

Mari kita jelajahi lebih lanjut tentang bagaimana produk baru New Asus ZenBook DUO dapat mengubah cara Anda bekerja dan berkarya. Baiklah, berikut ini ulasannya!

Apa itu Dual Screen?

Sebelum kita mulai membahas lebih lanjut, mari kita pahami terlebih dahulu apa sih dual screen itu?

Biasa ditulis dengan dual-screen (dengan kata penghubung), dual screen atau layar ganda mempunyai pengertian yang merujuk pada konfigurasi di mana sebuah perangkat, seperti laptop atau komputer, memiliki 2 (dua) layar yang terpisah secara fisik namun terhubung secara bersamaan ke satu unit.

Dalam penggunaan yang umum pada perangkat laptop, ini bisa berarti memiliki layar utama di bagian atas dan layar tambahan di bagian bawah, atau layar tambahan di samping layar utama.

Pengaturan dual screen memungkinkan pengguna untuk memiliki lebih banyak ruang kerja dan meningkatkan produktivitas dengan menampilkan beberapa aplikasi atau tugas secara bersamaan (simultaneously).

Pengguna dapat menyesuaikan tata letak dan konfigurasi layar sesuai kebutuhan mereka, seperti menempatkan aplikasi yang berbeda di setiap layar atau memperluas satu aplikasi di kedua layar untuk menampilkan lebih banyak informasi.

Konfigurasi dual screen ini seringkali digunakan oleh profesional yang membutuhkan banyak ruang kerja, seperti desainer grafis, programmer, atau editor video, karena memungkinkan mereka untuk dengan mudah melihat dan mengelola banyak informasi atau proyek sekaligus tanpa harus beralih antar aplikasi atau jendela secara terus-menerus, di mana pengaturan monitor kedua adalah sebagai perpanjangan atau extension dari layar laptop Anda yang sudah ada.

Apa itu Laptop AI (Artificial Intelligence)?

Lalu, apa sih laptop AI atau Artificial Intelligence itu?

Oke, laptop AI adalah jenis laptop yang dilengkapi dengan kemampuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang terintegrasi secara langsung ke dalam perangkat keras dan perangkat lunaknya.

Kemampuan AI ini memungkinkan laptop untuk melakukan berbagai tugas dengan lebih cerdas dan efisien, serta memberikan pengalaman pengguna yang lebih personal dan responsif.

Seperti laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) yang akan kita bahas kali ini, laptop ini memiliki fitur Copilot untuk dukungan AI.

Perlu kalian ketahui bahwa Copilot ini merupakan asisten AI yang dapat membantu meningkatkan keahlian dan kreativitas pengguna dengan memberikan bantuan yang relevan dan solusi yang cerdas.

Sebagai contoh misalnya, Copilot dapat membantu dalam penyelesaian tugas, memberikan saran kreatif, atau mengoptimalkan pengaturan untuk meningkatkan kinerja.

Dengan adanya kemampuan kecerdasan buatan atau AI seperti Copilot ini, perangkat komputer laptop ini dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih terpersonalisasi dan membantu pengguna untuk menjadi lebih produktif dalam berbagai aktivitas, mulai dari pekerjaan kantor hingga kreasi konten.

Baca Juga :  Memahami Pengertian UX: Apa itu Pengalaman Pengguna dan User Experience Design? Menurut Ahli, Dasar, Faktor dan Perbedaannya dengan UI!

Video ASUS ZenBook DUO UX8406 (2024): Laptop Bertenaga AI dengan Dual Screen Cocok untuk Semua Jenis Macam Pengguna Professional (Blogger, Vlogger, Travelling, dan Lainnya)

Sebelum kita lihat spesifikasi teknis detail dari laptop ZenBook DUO 2024 yang hebat satu ini, mari kita lihat video official atau resmi dari ASUS tentang produk ini terlebih dahulu.

Multitasking dalam Lingkungan Kerja Modern

Expanding atau memperluas layar kerja di komputer Anda dengan monitor ganda dapat membuat kehidupan kerja dan perjalanan Anda lebih mudah.

Daripada menggunakan satu monitor kecil secara tidak efisien, Anda dapat berinvestasi pada monitor sekunder, baik monitor desktop tradisional atau monitor portabel.

Jika kalian menggunakan dua layar atau lebih di ruang kerja kalian, kalian tentunya dapat melakukan hal yang sama dengan laptop kalian di rumah atau saat bepergian.

Dalam lingkungan kerja modern, baik wirausahawan, profesional maupun kreator kreatif semakin mengandalkan multitasking untuk mengelola beberapa proyek secara bersamaan.

Fenomena ini mencerminkan tuntutan meningkatnya kompleksitas tugas dan kebutuhan untuk menjaga engagement atau keterlibatan yang tinggi dalam banyak aspek pekerjaan.

Dengan persaingan yang semakin ketat dan waktu yang terbatas, kemampuan untuk melakukan multitasking telah menjadi keterampilan kunci yang diperlukan untuk mencapai produktivitas yang optimal.

Multitasking = Meningkatkannya Produktivitas

Kebutuhan akan perangkat komputer yang multitasking yang efisien menjadi semakin penting.

Yup! ini berperan krusial dalam menyederhanakan alur kerja dan meningkatkan produktivitas, karena mereka memungkinkan pengguna untuk beralih dengan lancar antara berbagai tugas tanpa gangguan.

Dengan perangkat komputer multitasking yang tepat, wirausahawan, profesional, dan bahkan kreator kreatif dapat meningkatkan efisiensi mereka, menghemat waktu, dan mengoptimalkan hasil kerja mereka.

Salah satu pilihan perangkat dengan teknologi dan desain yang terbarukan dan tentunya yang mendukung multitasking yang efisien seperti Asus New ZenBook DUO menjadi penting dalam memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin kompleks dan meningkatkan kinerja mereka di lingkungan kerja yang kompetitif.

Gambar Zenbook DUO UX8406
Gambar Zenbook DUO UX8406

“Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan.

Selain itu, sudah dilengkapi Office Pre-Installed, agar Anda bisa nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.”

Zenbook DUO UX8406 Dengan Implementasi Desain Yang terbarukan

Jenis Macam Kelebihan dan Manfaat Menggunakan Perangkat Komputer untuk Multitasking

Layar eksternal, seperti monitor tambahan yang sering digunakan dengan laptop, memberikan keleluasaan untuk memperluas ruang kerja dan meningkatkan produktivitas.

Namun, penggunaan monitor eksternal juga membawa sejumlah tantangan dan kekurangan.

Mengacu pada ruang kerja komputer, kata “Setup” yang biasanya merujuk pada penataan atau konfigurasi peralatan, perkakas, perangkat lunak, dan furnitur dalam ruang kerja untuk mengoptimalkan produktivitas, kenyamanan, dan efisiensi.

Ini termasuk penempatan barang-barang seperti komputer, monitor, keyboard, mouse, kursi, meja, lampu, dan periferal atau aksesori lainnya.

Seperti yang dapat kalian lihat pada gambar di bawah ini, ini merupakan setup ruang kerja yang sering Kami gunakan untuk tujuan multitasking.

Gambar Setup Sederhana Dengan Menghubungkan Laptop ASUS Dengan ASUS ZenScreen Portable Monitor
Gambar Setup Sederhana Dengan Menghubungkan Laptop ASUS Dengan ASUS ZenScreen Portable Monitor

Beberapa kelebihan menggunakan perangkat komputer monitor eksternal untuk multitasking termasuk seperti:

  • Ruang Kerja Ekstra; Monitor eksternal memungkinkan pengguna untuk memiliki lebih banyak ruang kerja, memungkinkan mereka untuk menjalankan aplikasi atau task (tugas) yang berbeda secara bersamaan tanpa harus beralih antara jendela.
  • Peningkatan Produktivitas; Dengan lebih banyak ruang kerja, pengguna dapat dengan mudah mengorganisir dan menavigasi antara berbagai tugas atau proyek, meningkatkan produktivitas mereka.

Secara praktis, menurut Kami pribadi, keterbatasan mobilitas, di mana pengguna harus membawa monitor tambahan yang besar dan berat, mengurangi mobilitas dan kenyamanan saat bepergian.

Well, mungkin bagi pengguna yang lebih mengutamakan Work From Office (WFO), setup seperti gambar di atas yang sudah menggunakan perangkat monitor portabel terbarukan dari Asus sendiri adalah sudah sangat bagus.

Portabilitas yang Kami maksud di sini, lebih ke penggunaan laptop pribadi, di mana Kami yang seringkali berkerja di 2 kantor yang berbeda, bahkan di rumah sendiri.

Baca Juga :  Inilah 5 Laptop Gaming MSI dengan Grafis Terbaik!

Selain itu, juga diperlukan pengaturan, di mana mengatur dan menyelaraskan monitor tambahan dengan laptop memerlukan konfigurasi tambahan yang teknis.

Integrated Dual Screen (Layar Ganda Terintegrasi), Menawarkan Solusi yang Terpadu dan Efisien

Inilah apa yang membuat Kami sangat menyukai desain dual screen yang terintegrasi, khususnya dual screen mode pada Zenbook-DUO-UX8406.

Ini merupakan laptop terbaik versi Kami seperti yang diusung dalam laptop kelas Asus ZenBook DUO, di mana perangkat komputer ini menawarkan solusi yang terpadu dan efisien untuk meningkatkan produktivitas dan mobilitas penggunanya.

Adapun beberapa manfaat utama yang pastinya akan dirasakan oleh pengguna perangkat komputer multitasking ini termasuk:

  • Uninterrupted Experience atau Pengalaman Tanpa Gangguan; Dengan layar ganda terintegrasi, pengguna dapat menikmati pengalaman multitasking yang mulus tanpa perlu mengatur atau membawa monitor tambahan.
  • Workspace atau Ruang Kerja yang Lebih Tertata dan Rapi; Konfigurasi dual-screen pada laptop memungkinkan pengguna untuk menjaga ruang kerja mereka tetap rapi dan bebas dari kabel dan perangkat tambahan.
  • Enhanced Mobility atau Mobilitas yang Ditingkatkan; Asus ZenBook DUO menawarkan mobilitas yang ditingkatkan, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah bekerja dari berbagai lokasi tanpa perlu mengorbankan fungsionalitas atau produktivitas.

Benar sekali! Dalam hal mengukur kemampuan perangkat komputer untuk multitasking, yakni dengan membandingkan layar eksternal dengan layar ganda terintegrasi, terlihat jelas bahwa solusi yang diberikan Asus ZenBook DUO menawarkan pengalaman yang lebih efisien, bersih, dan mobilitas yang ditingkatkan, yang sesuai dengan kebutuhan pengguna modern seperti wirausahawan, profesional, dan kreator kreatif.

Spek Detail ASUS ZenBook DUO UX8406

Untuk detail spek/spesifikasi atau spesifications teknis terkait laptop ASUS tipe ZenBook DUO dua layar ini, berikut adalah tabelnya:

CPUProsesor Intel® Core™ Ultra 7 155H 1,4 GHz (Cache 24 MB, hingga 4,8 GHz, 16 core, 22 Thread) dengan Intel® AI Boost NPU
Sistem operasiWindows 11 Home
Penyimpanan16GB LPDDR5X
PenyimpananSSD Performa 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0
MenampilkanASUS Lumina OLED ganda 14 inci, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0,2 ms, 100% DCI-P3, Tervalidasi PANTONE, 600nits, VESA CERTIFIED Tampilan HDR True Black 500, Cahaya Biru Rendah, Anti-Flicker, Layar sentuh dengan Dukungan Stylus
GrafikGrafis Intel® Arc™
Input output1x USB 3.2 Gen 1 Tipe-A, 2x Thunderbolt™ 4 mendukung tampilan / penyaluran daya, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x Jack Audio Kombo 3,5 mm
KonektivitasWi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3
KameraKamera FHD dengan fungsi IR dan Sensor Cahaya Sekitar, mendukung Windows Hello, mendukung Efek Windows Studio
AudioTeknologi Smart Amp, Speaker internal, Mikrofon array internal, bersertifikatharman/kardon
Baterai75WHrs, 4S1P, Li-ion 4 sel
Dimensi31,35 x 21,79 x 1,46 ~ 1,99 cm
Berat1,39Kg (laptop) dan 0,3Kg (papan ketik)
Garansi2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Spek Detail ASUS New ZenBook DUO UX8406 2024

Kenapa dan Apa Alasan Teknis Memilih ASUS New ZenBook DUO (UX8406)?

Oke, untuk kenapa dan apa alasan utamanya terkait hal teknis komputer seperti yang sudah kita bahas di atas, ASUS Zenbook DUO (2024) UX8406 menghadirkan solusi revolusioner untuk wirausahawan dan profesional dengan fitur-fitur unggulan yang memenuhi kebutuhan kerja modern.

Dalam specs atau spesifikasi perangkat kerasnya, produk ini sudah didukung oleh prosesor Intel® Core™ Ultra 9 dengan NPU, dedicated AI engine, laptop ini menawarkan kinerja yang luar biasa untuk menangani tasks (tugas-tugas) berat dengan cepat dan efisien.

Terlebih, dengan bobot hanya 1.35-1.39 kg (tanpa keyboard) dan ketebalan 14.6 mm (tanpa keyboard), Zenbook DUO memberikan mobilitas tanpa kompromi, memungkinkan pengguna untuk bekerja di mana saja dengan nyaman.

Dual layar OLED sentuh 14″ 3K 120Hz memberikan pengalaman visual yang luar biasa dengan fleksibilitas untuk berbagai mode penggunaan, termasuk dual screen, desktop, laptop, dan mode berbagi, yang memungkinkan para pengguna untuk menyesuaikan laptop sesuai dengan kebutuhan kerja mereka.

Seberapa Penting Setup Ruang Kerja untuk Kenyamanan dan Kesehatan Pengguna?

Lalu, seberapa penting sebenarnya setup ruang kerja untuk kenyamanan dan kesehatan pengguna?

Hal lainnya yang perlu Kami sampaikan adalah dalam segi kenyamanan dan kesehatan pengguna secara ilmiah.

Berdasarkan studi literatur yang Kami lakukan, dalam studi yang dilakukan oleh Amanda M. Farias Zuniga dan Julie N. Côté (2017), masalah efek penggunaan laptop versus stasiun kerja desktop monitor ganda terhadap sistem muskuloskeletal diteliti dengan cermat.

Hasilnya menunjukkan bahwa kerja dengan dual monitor, di mana hal ini seperti yang ditawarkan oleh Zenbook DUO, terbukti efektif dalam mengurangi aktivitas otot serviks dan mempertahankan pola reposisi leher yang lebih umum, memberikan beberapa efek perlindungan kesehatan.

Baca Juga :  Membangun Literasi Digital: Pengertian Digital Literacy, Jenis, Manfaat, Cara Meningkatkan serta Pentingnya dalam Transformasi Teknologi Pendidikan!

Temuan ini tentunya menggarisbawahi nilai praktis dari produk Zenbook DUO, yang dapat dijadikan pertimbangan penting dalam desain kerja komputer untuk memastikan kesehatan dan kenyamanan pengguna.

Selain itu, ada juga penelitian oleh Szeto, Grace P.Y., Chan, Carey C.Y., Chan, Simon K.M., Lai, H.Y., & Lau, Emily P.Y. (2014) yang menyoroti keunggulan penggunaan dual screen yang inovatif, khususnya di mana mereka dapat digunakan dengan tampilan layar atas dan bawah.

Penelitian tersebut membandingkan efek penggunaan satu layar dengan dua layar pada aktivitas otot leher pengguna komputer, ditemukan hasil yang menarik.

Mahasiswa universitas yang sehat dan bebas masalah kesehatan menjadi subjek penelitian ini, di sana mereka melakukan tugas pengeditan teks standar selama 15 menit menggunakan satu layar dan dua layar dalam urutan acak.

Pada kondisi dual screen, layar utama ditempatkan tepat di depan sementara layar sekunder diposisikan miring ke kanan pengguna.

Hasil menunjukkan bahwa penggunaan dua layar, seperti yang diwujudkan dalam Zenbook DUO, dapat mengurangi pembebanan otot dinamis pada otot-otot tertentu, seperti otot trapezius atas di sisi kanan.

Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan dual screen dapat mengurangi tekanan pada otot tertentu, memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan lebih nyaman dan efisien.

Jadi, untuk seberapa pentingnya sendiri dalam hal kenyamanan dan kesehatan, perlu Kami sampaikan bahwa pada dasarnya dengan penggunaan dua layar yang semakin umum di lingkungan kantor, pemahaman tentang bagaimana dual screen dapat mempengaruhi aktivitas otot di daerah leher menjadi sangat penting.

Hasil penelitian di atas memberikan wawasan berharga bagi industri tentang bagaimana desain layar ganda seperti pada Zenbook DUO dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot dan meningkatkan kenyamanan pengguna saat bekerja.

Ini membuktikan bahwa inovasi teknologi seperti layar ganda pada Zenbook DUO tidak hanya menghadirkan kenyamanan dalam penggunaan laptop, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan dan produktivitas pengguna.

Informasi Harga Laptop ASUS ZenBook DUO UX8406 (2024)

Berapa Harga ASUS ZenBook DUO UX8406?

Merujuk kepada situs resmi ASUS, laptop AI dual screen keren ini sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp. 33.999.000.

Daftar Pustaka

  1. Asus. “Zenbook DUO (UX8406) – UX8406MA-OLEDS711.” Diakses pada [13 Maret 2024], dari https://id.store.asus.com/zenbook-duo-ux8406ma-oleds711.html.
  2. https://www.asus.com/id/laptops/for-home/zenbook/asus-zenbook-duo-2024-ux8406/
  3. Porter, J. (2024, January 9). Asus’ new laptop has two screens and a removable keyboard. The Verge. https://www.theverge.com/2024/1/9/24031220/asus-zenbook-duo-dual-oled-screen-laptop-vivobook-pro-tuf-gaming
  4. Farias Zuniga, A. M., & Côté, J. N. (2017). Effects of Dual Monitor Computer Work Versus Laptop Work on Cervical Muscular and Proprioceptive Characteristics of Males and Females. Human Factors, 59(4), 546-563.
  5. Szeto, Grace P.Y., Chan, Carey C.Y., Chan, Simon K.M., Lai, H.Y., & Lau, Emily P.Y. (2014). The effects of using a single display screen versus dual screens on neck-shoulder muscle activity during computer tasks. International Journal of Industrial Ergonomics, 44(3), 460-465. doi:10.1016/j.ergon.2014.01.003.

Kesimpulan

Baiklah, di atas adalah beberapa penjelasan dan pembahasan tentang ASUS New ZenBook DUO (UX8406), Laptop Dua Layar Terbaik, Ubah Cara Bekerja dan Tingkatkan Kemampuan Multitasking Anda dengan Berbagai Fitur AI.

Sebagai laptop inovatif dengan fitur dual screen yang revolusioner, Asus ZenBook DUO menawarkan solusi yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pengguna modern akan produktivitas dan kreativitas, tetapi juga memperhatikan kenyamanan dan kesehatan pengguna.

Dengan desain yang ergonomis dan integrasi yang mulus antara layar utama dan layar sekunder, ZenBook DUO membantu mengurangi ketegangan pada otot dan meningkatkan efisiensi kerja.

Dengan begitu, ZenBook DUO bukan hanya sekadar alat kerja multitasking saja! Tetapi juga merupakan investasi dalam kesejahteraan dan produktivitas pengguna, khususnya bagi para wirausahawan, professional, dan kreator kreatif.

Beberapa keutamaan di atas tentunya tidak terlepas dari hasil penelitian yang mendukung dan dampak praktis yang terbukti, ZenBook DUO menjadi pilihan yang tepat bagi para kita yang membutuhkan alat yang andal dan inovatif untuk mengoptimalkan kinerja mereka dalam era kerja yang serba cepat dan dinamis.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam tulisan pada postingan kali ini, di mana Kami membahas tentang ASUS New ZenBook DUO (UX8406), Laptop Dua Layar Terbaik, Ubah Cara Bekerja dan Tingkatkan Kemampuan Multitasking Anda dengan Berbagai Fitur AI.

Semoga apa yang Kami coba jelaskan di sini dapat bermanfaat serta bisa menambah wawasan kalian semua dalam memahami bidang hardware dan perangkat teknologi komputer.

Silahkan share atau bagikan artikel dan tulisan Kami di sini kepada teman, kerabat serta rekan kerja Anda semua jika kalian rasa ini bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Postingan ini juga tersedia dalam versi:


1 Komentar

Tinggalkan Komentar