Ini Penjelasan Pengertian Domain: Apa itu Nama Domain? Cara Kerja, Jenis dan Cara Mendaftarkan serta Daftar Domain Suffiex!

0
Gambar Pengertian Domain Apa Itu Nama Domain Cara Kerja Jenis Cara Mendaftarkannya Serta Daftar Lengkap Internet Domain Suffiex Di Seluruh Dunia
Gambar Pengertian Domain Apa Itu Nama Domain Cara Kerja Jenis Cara Mendaftarkannya Serta Daftar Lengkap Internet Domain Suffiex Di Seluruh Dunia

Tahukah kalian, Pengertian Domain, Apa itu Nama Domain? Cara Kerja, Jenis, Cara Mendaftarkannya serta Daftar Internet Domain Suffiex? Ya! Domain atau yang biasa disebut dengan nama domain saja merupakan alamat website atau situs web Anda yang diketikkan oleh orang di bilah URL pada browser mereka untuk mengunjungi website Anda. Ya! Secara sederhananya akan Kami ilustrasikan seperti jika website Anda yang ingin pengunjung tuju tersebut adalah rumah, maka nama domain Anda-lah yang akan menjadi alamatnya.

Ini berfungsi dengan memungkinkan orang mengakses situs web tersebut dengan mengingat serangkaian kata atau karakter lain yang mudah alih-alih rangkaian angka yang panjang. Setiap situs web di internet sendiri memiliki alamat Internet Protocol (IP) terkait yang terdiri dari string angka yang panjang, atau huruf yang panjang. Baiklah, berkenaan dengan hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan mengulas secara lebih rinci dan lengkap tentang apa itu domain. Oke, mari kita simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Domain

Ketika merujuk ke alamat Internet, nama domain atau domain adalah lokasi situs web. Misalnya, nama domain google.com menunjuk ke alamat IP 216.58.216.164 berdasarkan simpulan yang Kami yang bersumber dari Situs Computerhope.

Ketika merujuk ke jaringan komputer, maka pengertian domain adalah sekelompok sumber daya yang ditugaskan untuk kelompok individu tertentu. Domain disini digunakan untuk membagi area global atau departemen perusahaan. Domain mungkin perlu ditentukan saat memetakan komputer atau Drive Network (Drive Jaringan).

Secara umum, orang-orang lebih mudah untuk mengingat nama daripada deretan angka yang panjang. Nama domain dapat maksimum enam puluh tiga karakter dengan satu karakter minimum, dan dimasukkan setelah protokol di URL

Apa itu Nama Domain?

Jadi, apa itu sebenarnya nama domain? Ini adalah alamat tempat pengguna internet dapat mengakses situs web Anda. Dalam penjelasan secara rincinya, internet yang merupakan jaringan raksasa komputer yang terhubung satu sama lain melalui jaringan kabel global.

Benar! Setiap komputer dalam jaringan tersebut dapat berkomunikasi dengan Komputer lain. Untuk mengidentifikasi mereka, setiap komputer diberi alamat IP. IP adalah serangkaian angka yang mengidentifikasi komputer tertentu di Internet.

Baca Juga :  Pengertian Warez: Apa Itu Warez? Sejarah dan Contoh Penggunaan Warez

Di bawah ini adalah bagaimana tipikal alamat IP yang akan terlihat:

66.239.65.1

Sekarang alamat IP seperti ini cukup sulit untuk diingat. Bayangkan jika Anda harus menggunakan nomor tersebut untuk mengunjungi website (baca pengertian website disini) favorit Anda. Nama domain diciptakan untuk menyelesaikan masalah ini.

Sekarang Anda tidak perlu memasukkan string angka yang panjang. Sebagai gantinya, Anda dapat mengunjunginya dengan mengetikkan nama domain yang mudah diingat di bilah alamat browser Anda. Misalnya, www.moralita.com. Itulah yang disebut dengan domain.

Cara Kerja Domain

Gambar Cara Kerja Nama Domain Dalam Membahas Penjelasan Pengertian Nama Domain
Gambar Cara Kerja Nama Domain Dalam Membahas Penjelasan Pengertian Nama Domain

Dalam membahas mengenai apa arti domain, untuk memahami bagaimana nama domain bekerja, mari kita lihat apa yang terjadi ketika Anda memasukkannya di browser Anda.

Ya! Ketika Anda memasukkan nama domain di web browser Anda, mereka terlebih dahulu mengirimkan permintaan ke jaringan global server yang membentuk Domain Name System atau DNS. Server-server ini kemudian mencari server nama yang terkait dengan domain dan meneruskan permintaan ke name server tersebut.

Misalnya, jika situs web Anda di-hosting di Mulhost, maka informasi namanya server akan seperti ini:

ns1.mulhost.com
ns2.mulhost.com

Name servers ini adalah komputer yang dikelola oleh perusahaan hosting (baca pengertian hosting disini) Anda. Perusahaan hosting Anda akan meneruskan permintaan Anda ke komputer tempat situs web Anda disimpan.

Komputer ini disebut web server (baca pengertian web server disini). Ini memiliki software (perangkat lunak) khusus yang diinstal seperti Apache dan Nginx yang merupakan perangkat lunak web server yang populer. Web server sekarang mengambil halaman web dan potongan-potongan informasi yang terkait dengannya. Dan pada akhirnya, dia kemudian mengirim data ini kembali ke browser untuk ditampilkan.

Jenis-Jenis Domain

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Nama Domain Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Nama Domain Dalam Membahas Pengertiannya

Berdasarkan penjelasan apa itu pengertian domain di atas, perlu kalian ketahui bahwa nama domain ini tersedia dalam banyak ekstensi berbeda. Yang paling populer adalah .com. Ada banyak pilihan lain seperti .org, .net, .tv, .info, .io, dan lainnya. Namun Kami pribadi selalu menyarankan untuk menggunakan ekstensi domain .com.

Berikut adalah berbagai 3 (tiga) macam jenis-jenis domain yang harus kalian ketahui.

1. Top Level Domain

Biasa disingkat dengan TLD dan berarti domain tingkat atas, top level domain adalah ekstensi domain umum yang terdaftar di tingkat tertinggi dalam sistem nama domain.

Terdapat ratusan TLD, tetapi yang paling populer adalah .com, .org, dan .net. TLD lainnya kurang dikenal dan Kami sendiri tidak merekomendasikan untuk menggunakannya. Misalnya, .biz, .club, .info, .agency, dan banyak lagi.

Baca Juga :  Pengertian Kerning: Cara Kerning dan Tipsnya dalam Typography

2. Country Code Top Level Domain

Berikutnya adalah jenis domain kode tingkat atas domain negara, ccTLD atau country code top level domain adalah nama domain khusus negara yang diakhiri dengan ekstensi kode negara seperti .uk untuk Britania Raya, .de untuk Jerman, .id untuk negara Indonesia. Mereka digunakan oleh website yang ingin menargetkan audiens di negara tertentu.

3. Sponsored Top Level Domain

Jenis yang terakhir adalah domain tingkat atas bersponsor, sTLD atau sponsored top level domain adalah kategori TLD yang memiliki sponsor yang mewakili komunitas tertentu yang dilayani oleh ekstensi domain. Misalnya, .edu untuk organisasi terkait pendidikan, .gov untuk pemerintah Amerika Serikat, .mil untuk militer Amerika Serikat, dan lain sebagainya.

Siapa yang Bertanggung Jawab atas Sistem Nama Domain?

Internet Corporation for Assigned Names and Numbers atau yang dikenal dengan ICANN mengelola sistem Nama Domain. ICANN adalah organisasi nirlaba yang membuat dan mengimplementasikan kebijakan untuk nama domain.

ICANN memberikan izin kepada perusahaan bernama Domain Name Registrars (pencatat nama domain) untuk menjual nama domain. Pendaftar domain ini diizinkan untuk membuat perubahan pada registri nama domain atas nama Anda. Pendaftar nama domain tersebut dapat menjual domain, mengelola catatan, pembaruan, dan melakukan transfer kepada pendaftar lain.

Sebagai pemilik nama domain, Anda bertanggung jawab untuk memberi tahu registrar tempat mengirim permintaan domain. Anda juga bertanggung jawab untuk memperbarui pendaftaran dan informasi domain Anda.

Cara Mendaftarkan Nama Domain dan Prosesnya

Untuk cara mendaftarkan nama domain dan mendapatkan URL yang unik, Anda harus mengunjungi situs web dari pendaftar nama domain terakreditasi atau biasa disebut dengan Accredited Domain Name Registrar dan mencari tahu apakah nama yang Anda inginkan tersedia. Jika belum didaftarkan oleh orang lain, maka Anda dapat mendaftarkannya dengan biaya tahunan.

Registrar melakukan bisnis internal pendaftaran untuk Anda. Registar berkomunikasi dengan Operator Registry yang mengelola database (baca pengertian database disini) semua nama domain terdaftar di internet. Lalu entri pun kemudian ditambahkan untuk nama domain yang ingin Anda daftarkan, dan informasi kontak Anda ditambahkan ke entri domain.

Apa itu TLD dan SLD?

Agar memahami apa itu TLD dan SLD, untuk menggambarkannya maka dalam contoh disini Kami akan menggunakan nama domain dari google sendiri yaitu:

google.com

Ada dua bagian dari nama domain di atas, pertama adalah “google”, yang disebut sebagai Second Level Domain atau SLD yang berarti domain tingkat kedua.

Baca Juga :  Pengertian Conversion (Konversi) dalam Digital Marketing dan Dasarnya

Dan untuk .com, ini merupakan Top Level Domain atau TLD yang berarti domain tingkat atas. Ini juga sama seperti .net, .id dan lain sebagainya (merupakan domain tingkat atas)

Apa Nama Domain yang Pertama Didaftarkan?

Sebagai informasi tambahan, ini berkaitan dengan sejarah domain sendiri, dimana nama domain internet pertama yang didaftarkan adalah bernama symbolics.com.

Ini didaftarkan oleh Symbolics, sebuah perusahaan komputer Massachusetts pada 15 maret tahun 1985.

Daftar Internet Domain Suffixes

Membahas mengenai pengertian domain, kalian juga harus tahu bahwa pada awalnya ini dikembangkan di Information Sciences Institute atau ISI, yang didirikan oleh Keith Uncapher.

Akhiran nama domain internet atau yang dikenal dengan domain suffixes adalah akhiran apa yang membantu mengidentifikasi nama domain di internet.

Di bawah ini adalah tabel daftar lengkap internet domain suffixes (akhiran nama domain internet) yang paling sering digunakan dan lokasi terkaitnya yang telah disetujui oleh ICANN.

Domain SuffixesJenis dan Lokasi
.acAscension Island
.ac.ukSecond-level domain untuk United Kingdom (.uk)
dan sering digunakan untuk situs akademik
.adAndorra
.aeUnited Arab Emirates
.aeroAir Transportation Industry
.afAfghanistan
.agAntigua dan Barbuda
.aiAnguilla
.alAlbania
.amArmenia
.anNetherlands Antilles
.aoAngola
.aqAntarctica
.arArgentina
.arpaInternet infrastructure TLD
.asAmerican Somoa
.asiaAsian countries
.atAustria
.auAustralia
.awAruba
.axAland Islands, ini adalah bagian dari Finlandia
.azAzerbaijan
.baBosnia dan Herzegovinia
.bbBarbados
.bdBangladesh
.beBelgium
.bfBurkina Faso
.bgBulgaria
.bhBahrain
.biBurundi
.bizSitus Bisnis United States
.bjBenin
.bmBermuda
.bnBrunei Darussalam
.boBolivia
.brBrazil
.bsBahamas
.btBhutan
.bvBouvet Island
.bwBotswana
.byBelarus dan Byelorussia
.bzBelize
.caCanada
.catCatalan
.ccCocos Islands, Keelings
.cdDemocratic Republic of the Congo
.cfCentral African Republic
.cgCongo
.chSwitzerland
.ciCote d’Ivoire
.ckCook Islands
.clChile
.cmCameroon
.cnChina
.coColombia
.co.ukSecond-level domain untuk negara United Kingdom (.uk)
dan sering digunakan untuk situs komersil
.comCommercial website
.coopBusiness cooperatives dan organisasi
.crCosta Rica
.csFormer Czechoslovakia
.cuCuba
.cvCape Verde
.cwCuraçao
.cxChristmas Island
.cyCyprus
.czCzech Republic
.ddEast Germany
.deGermany
.djDjibouti
.dkDenmark
.dmDominica
.doDominican Republic
.dzAlgeria
.ecEcuador
.eduSitus edukasi United States
.eeEstonia
.egEgypt
.ehWestern Sahara
.erEritrea
.esSpain
.etEthiopia
.euEuropean Union
.fiFinland
.firmSitus internet untuk bisnis
.fjFiji
.fkFalkland Islands dan Malvinas
.fmMicronesia
.foFaroe Islands
.frFrance
.fxMetropolitan France
.gaGabon
.gbGreat Britain
.gdGrenada
.geGeorgia
.gfFrench Guiana
.ggGuernsey
.ghGhana
.giGibraltar
.glGreenland
.gmGambia
.gnGuinea
.govUnited States Government site.
.gov.ukSecond-level domain untuk United Kingdom (.uk)
dan sering digunakan untuk Situs Pemerintah
.gpGuadeloupe
.gqEquatorial Guinea
.grGreece
.gsSouth Georgia dan South Sandwich Islands
.gtGuatemala
.guGuam
.gwGuinea-Bissau
.gyGuyana
.hkHong Kong
.hmHeard dan McDonald Islands
.hnHonduras
.hrCroatia atau Hrvatska
.htHaiti
.huHungary
.idIndonesia
.ieIreland
.ilIsrael
.imIsle of Man
.inIndia
.infoSitus informasi United States
.intSitus International institute
.ioBritish Indian Ocean Territory
.iqIraq
.irIran
.isIceland
.itItaly
.jeJersey, Channel Islands
.jmJamaica
.joJordan
.jobsSitus yang berhubungan dengan karir dan pekerjaan
.jpJapan
.keKenya
.kgKyrgyzstan
.khCambodia
.kiKiribati
.kmComoros
.knSaint Kitts dan Nevis
.kpNorth Korea
.krSouth Korea
.kwKuwait
.kyCayman Islands
.kzKazakhstan
.laLaos
.lbLebanon
.lcSaint Lucia
.liLiechtenstein
.lkSri Lanka
.lrLiberia
.lsLesotho
.ltLithuania
.ltd.ukSecond-level domain untuk United Kingdom (.uk)
dan sering digunakan untuk situs perusahaan yang limited
.luLuxembourg
.lvLatvia
.lyLibya
.maMorocco
.mcMonaco
.mdMoldova
.meMontenegro
.me.ukSecond-level domain untuk United Kingdom (.uk)
dan sering digunakan untuk situs pribadi
.mgMadagascar
.mhMarshall Islands
.milUnited States Military Site
.mkMacedonia
.mlMali
.mmMyanmar
.mnMongolia
.moMacau
.mobiMobile devices
.mod.ukSecond-level domain for United Kingdom (.uk)
sering digunakan untuk situs militer dan pertahanan
.mpNorthern Mariana Islands
.mqMartinique
.mrMauritania
.msMontserrat
.mtMalta
.muMauritius
.museumWorldwide museums
.mvMaldives
.mwMalawi
.mxMexico
.myMalaysia
.mzMozambique
.naNamibia
.nameIndividual dan family names
.natoNATO site
.ncNew Caledonia
.neNiger
.netUnited States Situs Administratif Internet
.net.ukSecond-level domain untuk United Kingdom (.uk)
dan sering digunakan untuk situs perusahaan jaringan
.nfNorfolk Island
.ngNigeria
.nhs.ukSecond-level domain for United Kingdom (.uk)
dan sering digunakan untuk institusi layanan kesehatan nasional
.niNicaragua
.nlNetherlands
.noNorway
.nomPersonal Site
.npNepal
.nrNauru
.ntNeutral Zone
.nuNiue
.nzNew Zealand
.omOman
.orgOrganization (non-profit) Sites
.org.ukSecond-level domain for United Kingdom (.uk)
dan sering digunakan untuk Situs Non-Profit
.paPanama
.pePeru
.pfFrench Polynesia
.pgPapua New Guinea
.phPhilippines
.pkPakistan
.plPoland
.plc.ukSecond-level domain untuk United Kingdom (.uk)
dan sering digunakan untuk situs perusahaan public limited
.pmSt. Pierre dan Miquelon
.pnPitcairn
.postSponsored top-level domain yang
tersedia secara eksklusif untuk sektor postal
.prPuerto Rico
.proSitus Professional
.psPalestinian territories
.ptPortugal
.pwPalau
.pyParaguay
.qaQatar
.reReunion
.roRomania
.rsRepublic of Serbia
.ruRussian Federation
.rwRwanda
.saSaudi Arabia
.sbSolomon Islands
.scSeychelles
.sch.ukSecond-level domain for United Kingdom (.uk)
dan sering digunakan untuk situs sekolahan
.sdSudan
.seSweden
.sgSingapore
.shSaint Helena
.siSlovenia
.sjSvalbard dan Jan Mayen Islands
.skSlovakia
.slSierra Leone
.smSan Marino
.snSenegal
.soSomalia
.srSuriname
.ssSouth Sudan
.stSao Tome dan Principe
.storeSitus Bisnis Retail
.suFormer USSR
.svEl Salvador
.sySyria
.szSwaziland
.tcTurks dan Caicos Islands
.tdChad
.telInternet communication services
.tfFrench Southern Territory dan Antarctic Lands
.tgTogo
.thThailand
.tjTajikistan
.tkTokelau
.tlEast Timor
.tmTurkmenistan
.tnTunisia
.toTonga
.tpEast Timor
.trTurkey
.travelTravel related Sites
.ttTrinidad dan Tobago
.tvTuvalu
.twTaiwan
.tzTanzania
.uaUkraine
.ugUganda
.ukUnited Kingdom
.umUnited States minor outlying islands
.usUnited States
.uyUruguay
.uzUzbekistan
.vaVatican City State
.vcSaint Vincent dan the Grenadines
.veVenezuela
.vgBritish Virgin Islands
.viUnited States Virgin Islands
.vnVietnam
.vuVanuatu
.webSitus internet tentang WWW (World Wide Web)
.wfWallis dan Futuna Islands
.wsSamoa
.xxxDomain Hiburan Dewasa
.yeYemen
.ytMayotte
.yuYugoslavia
.zaSouth Africa
.zmZambia
.zrZaire
.zwZimbabwe

Kesimpulan

Jadi dari pembahasan mengenai Pengertian Domain, Apa itu Nama Domain? Cara Kerja, Jenis, Cara Mendaftarkannya serta Daftar Internet Domain Suffiex yang ada di dunia di atas, dapat Kami simpulkan bahwa domain adalah serangkaian karakter unik yang mengidentifikasi detail dari website tertentu. Dalam banyak hal, nama domain memiliki hubungan yang sama dengan situs web seperti halnya alamat rumah.

Cara kerjanya yaitu ketika Anda memasukkan nama domain ke web browser, lalu browser mengakses sesuatu yang disebut server nama domain untuk menemukan lokasi situs yang sesuai di internet, sehingga dapat mengambil data dari web tersebut dan menampilkannya kepada Anda. Ini seperti melihat seseorang di buku telepon untuk mencari tahu cara menelepon mereka atau sampai ke rumah mereka.

Penutup

Demikianlah postingan dan ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian Domain, Apa itu Nama Domain? Cara Kerja, Jenis, Cara Mendaftarkannya serta Daftar Internet Domain Suffiex. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi Kami pada halaman kontak untuk informasi lebih lanjut.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar