Ayo Mengenal Pengertian Hosting: Fungsi, Jenis, Fitur dan Perbedaannya dengan Domain!

1
Gambar Pengertian Hosting Apa Itu Web Atau Website Hosting Fungsi Jenis Fitur Dan Perbedaannya Dengan Domain
Gambar Pengertian Hosting Apa Itu Web Atau Website Hosting Fungsi Jenis Fitur Dan Perbedaannya Dengan Domain

Tahukan Anda Pengertian Hosting, Apa itu Website Hosting? Fungsi, Jenis, Fitur dan Perbedaannya dengan Domain? Berdasarkan sudut pandang umum, hosting mewakili sebuah bisnis (anggap saja seperti rumah). Ini melayani, dan memelihara file dari satu atau lebih website atau situs web. Hosting juga dikenal sebagai website hosting dan web hosting. Kebanyakan orang tidak pernah benar-benar berpikir tentang di mana sebuah situs web berada, atau bahkan apa situs web itu sendiri.

Ya! Seperti saat Kami menyalakan komputer, membuka browser, dan membuka alamat Google atau Amazon atau Yahoo dan lain sebagainya. Namun, sebagai seorang pengujung sebuah situs, apa yang sebenarnya kita buka, atau dimana letak dari sebuah situs web tersebut? Ya! Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas mengenai apa itu hosting secara detail dan lengkap. Langsung saja, simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Hosting

Hosting adalah layanan di mana penyimpanan dan sumber daya komputasi menyediakan kepada individu atau organisasi untuk akomodasi dan pemeliharaan satu atau lebih website atau situs web dan layanan terkait berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Technopedia.

Meskipun hosting tidak perlu berbasis IP, sebagian besar contohnya adalah layanan berbasis web yang memungkinkan situs web atau layanan web dapat diakses secara global dari internet.

Apa itu Hosting?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Hosting Dan Web Atau Website Hosting
Ilustrasi Gambar Apa Itu Hosting Dan Web Atau Website Hosting

Jadi, apa arti hosting sebenarnya? Beberapa pendapat lain menjelaskan bahwa, hosting adalah tempat untuk menyimpan berbagai jenis kebutuhan sebuah dari website agar dapat digunakan (secara) online dan dapat diakses melalui Internet. Penjelasan ini berarti, agar sebuah website tersebut dapat secara online diakses dari tempat manapun, maka, mereka harus menyimpan data-nya dalam sebuah lokasi khusus, dalam hal ini, mereka adalah hosting.

Ini dapat diibaratkan seperti sebuah toko yang disewa di dalam sebuah mall dengan berbagai ukuran dan spesifikasi tertentu. Pihak penyedia services atau layanan hosting menyediakan paket yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan penyewa. Semakin besar dan kompleks data dan traffic (lalu lintas pengunjung) pada sebuah website, maka semakin tinggi pula spesifikasi hosting yang mereka butuhkan.

Apa itu Website Hosting?

website hosting adalah seperti lokasi fisik situs web yang ada di internet, pusat penyimpanan online yang menampung informasi, gambar, video, dan konten lain yang terdiri dari situs web Anda. Penyedia layanan website hosting memelihara server tempat data yang terkait dengan situs web tersebut berada, mereka juga mengelola teknologi yang membuat situs web itu terhubung ke Internet.

Website Hosting biasanya diukur dalam jumlah ruang disk yang Anda peruntukkan di server dan jumlah transfer data atau bandwidth yang Anda butuhkan untuk mengakses server. Misalnya, jika Anda memiliki banyak interaksi pelanggan di situs web Anda, seperti file untuk diunduh, Anda akan sering mengakses server dan Anda akan membutuhkan lebih banyak ruang transfer website hosting daripada seseorang yang hanya menaruh teks yang dapat dibaca di situs web mereka saja.

Baca Juga :  Ini Penjelasan Pengertian Domain: Apa itu Nama Domain? Cara Kerja, Jenis dan Cara Mendaftarkan serta Daftar Domain Suffiex!

Semakin banyak item atau konten (isi) yang Anda miliki di situs Anda, maka semakin banyak ruang disk yang Anda perlukan untuk website hosting. Banyak penyedia layanan hosting Web menyertakan ekstensi frontPage®, yang memungkinkan Anda membuat situs web disana, dan juga seperti File Transfer Protocol (FTP), yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengunggah file dari komputer Anda ke layanan tersebut.

Fungsi Hosting

Ilustrasi Gambar Apa Fungsi Hosting Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Apa Fungsi Hosting Dalam Membahas Pengertiannya

Mengacu pada penjelasan definisi dan arti hosting di atas, ini adalah sebagai tempat untuk menyimpan berbagai file sebuat situs seperti database (baca pengertian database disini) sebuah Website sehingga dapat diakses darimanapun melalui Internet.

Adapun beberapa fungsi hosting yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut.

1. Tempat Menyimpan Data

Fungsi utama sebuah web hosting adalah sebagai tempat menyimpan data atau berbagai properti sebuah website sehingga dapat diakses melalui internet. Dengan adanya tempat penyimpanan data tersebut, maka pemilik website dapat menyediakan berbagai data yang dibutuhkan oleh pengunjung situs.

2. Sebagai Alamat Akses Data Website

Fungsi hosting berikutnya yaitu adalah sebagai redireksi akses situs dari DNS (domain name server) tertentu. Maksudnya, misalnya sebuah situs dengan domain website.com terdaftar atau ter-register pada DNS tertentu.

Agar situs tersebut dapat diakses maka domainnya harus dihubungkan dengan hosting agar server penyedia domain itu dapat mengakses hosting tempat disimpannya database situs tersebut. Hal ini bukan berarti hosting adalah sama dengan domain (baca pengertian domain disini).

3. Menjaga Website Tetap Online

Fungsi hosting yang satu ini merupakan fungsi yang sangat penting, terutama untuk sebuah website yang banyak diakses untuk keperluan layanan umum dan bisnis. Agar website yang Anda hosting dapat tetap online, maka layanan yang digunakan tersebut harus memiliki garansi uptime-downtime yang bagus.

Jenis-Jenis Hosting

Ilutrasi Gambar Jenis Jenis Hosting Global Dalam Membahas Artinya
Ilutrasi Gambar Jenis Jenis Hosting Global Dalam Membahas Artinya

Mengacu pada pengertian hosting yang Kami jelaskan di atas, pada dasarnya hosting terdiri dari berbagai jenis dan spesifikasi, sesuai dengan kebutuhan dari pengguna Layanannya.

Di bawah ini adalah jenis-jenis hosting yang sering ditawarkan oleh penyedia layanan hosting.

1. Shared Hosting

Jenis hosting yang pertama adalah Shared hosting. Shared hosting adalah jenis layanan web hosting dimana dalam satu server terdapat beberapa website.Jenis hosting ini pada umumnya lebih murah dibandingkan yang lainnya, selain karena spesifikasi RAM dan CPU-nya lebih rendah, server-nya juga dipakai oleh beberapa pengguna atau pemilik Website.

Jenis hosting ini biasanya digunakan oleh para pengguna blog atau blogger (para pemilik website) yang trafik websitenya terbilang masih sedikit.

2. VPS Hosting

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server, VPS hosting adalah sebuah mesin virtual yang digunakan sebagai hosting untuk website. Pada dasarnya VPS hosting mirip seperti shared hosting, namun VPS memiliki kelebihan tersendiri, yaitu sumber daya-nya yang lebih besar serta mereka menggunakan teknologi virtualisasi.

Jenis hosting ini sangat cocok digunakan oleh blogger atau pemilik situs web yang memiliki website dengan trafik yang besar.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Dynamic Website: Apa itu Situs Dinamis? Tujuan, Cara Kerja, Jenis, Manfaat dan Contohnya!

3. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah jenis layanan hosting yang menyediakan server yang digunakan hanya untuk satu akun website saja. Dengan kata lainnya, server dedicated hosting ini didedikasikan untuk melayani satu klien saja atau satu website saja.

Jenis hosting ini sangat cocok dan pas untuk blogger atau pemilik website dengan trafik yang sangat besar. Selain performa website yang lebih baik, dedicated hosting juga menawarkan privasi yang lebih terjaga karena hanya digunakan oleh satu klien saja.

4. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis hosting dengan teknologi terbaru yang memanfaatkan teknologi cloud-computing atau komputasi awan. Cloud hosting menggunakan banyak server yang tersebar di banyak titik di berbagai tempat, sehingga website yang berada dalam hosting ini proses loadingnya lebih cepat, lebih stabil, dan cenderung lebih aman.

5. WordPress Hosting

WordPress hosting adalah bentuk lain dari shared hosting yang dibuat bagi pengguna platform WordPress. Server dikonfigurasi secara khusus untuk WordPress, selain itu juga, situs Anda dilengkapi dengan pre-installed plugin terhadap hal-hal penting, misalnya caching dan juga keamanan.

Karena konfigurasi jenis hosting ini sudah sangat optimal, maka situs Anda akan memuat atau loading-nya menjadi lebih cepat dan juga terhindar oleh berbagai masalah. Seringkali, paket WordPress hosting menyertakan fitur tambahan terkait WordPress, tema WordPress yang pre-designed, drag-and-drop builder, dan juga tool developer yang khusus.

6. Reseller Hosting

Reseller hosting adalah salah satu layanan yang cocok untuk perusahaan yang tertarik dengan layanan desain web, layanan SEO, atau layanan terkait lainnya yang ingin memperluas manfaat tambahan bagi pelanggan di sana. Hosting reseller lebih murah dibandingkan hosting lainnya.

Bentuk reseller hosting ini adalah berupa akun hosting, sehingga Anda dapat menjual hosting bersama lebih lanjut sesuai dengan harga yang dikelola, ruang disk, dan sumber daya lainnya. Hal ini berarti Anda dapat membagi atau membagikan lebih lanjut ke pelanggan lain.

Fitur Layanan Hosting

Setelah mengetahui arti dan pengertian hosting, fungsi dan jenisnya di atas, adapun beberapa fitur layanan hosting yang pada umumnya akan Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

1. Akun E-Mail

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebagian besar penyedia hosting mengharuskan pengguna untuk memiliki nama domain sendiri. Dengan nama domain misalnya seperti www.namawebsiteanda.com dan fitur akun e-mail yang disediakan oleh perusahaan layanan hosting Anda, maka Anda dapat membuat akun e-mail domain misalnya seperti [email protected].

2. Akses FTP

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. Akses dan penggunaan FTP memungkinkan Anda mengunggah file dari komputer lokal ke web server Anda. Jika Anda membangun situs web menggunakan file HTML Anda sendiri, Anda dapat mentransfer file tersebut langsung dari komputer Anda ke server web melalui FTP, yang memungkinkan situs web Anda diakses melalui internet.

3. WordPress Support

Yang ke-3 (tiga) adalah WordPress Support. WordPress adalah platform (baca pengertian platform disini) dan alat pembuatan situs web online. WordPress merupakan alat blogging yang hebat dan sistem manajemen konten situs web. Ini merupakan cara mudah untuk membuat dan mengelola situs web.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Mood Board (Papan Mood): Tujuan, Fungsi, Jenis, Alasan Penggunaan dan Cara Membuatnya yang Baik serta Contohnya!

Sebagian besar penyedia layanan hosting akan segera memberi tahu Anda jika paket mereka kompatibel dengan WordPress atau tidak. Persyaratan sederhana untuk hosting situs web WordPress Anda meliputi seperti PHP versi 7 atau lebih tinggi, MySQL versi 5.6 atau lebih tinggi dan lain sebagainya.

Perbedaan Hosting dengan Domain

Dalam membahas mengenai hosting, tentunya kita juga harus mengetahui apa saja perbedaannya dengan domain bukan? Selain layanan website hosting, Anda juga harus membeli domain. 2 kata ini adalah kata yang tidak dapat dipisahkan, terutama jika terkait sebuat website.

Namun, apa sebenarnya perbedaan web hosting dengan domain? Website hosting adalah space server buat situs Anda, sedangkan domain adalah alamat situs Anda, misalnya, nama domain kami merupakan:

rifqimulyawan.com

Apabila user ingin mengakses situs Anda, maka mereka akan mengetikkan nama domain ke kolom address atau alamat web browser. Server, kemudian, akan memindahkan konten yang diminta untuk ditampilkan.

Di sebagian besar website hosting, Anda harus membeli nama domain secara terpisah. Di sisi lain, jika sebelumnya Anda sudah memiliki nama domain, Anda dapat mentransfernya ke penyedia layanan hosting saat ini. Sama halnya dengan paket hosting, Anda wajib membayar nama domain setiap tahun untuk mengamankan kepemilikan domain.

Kesimpulan

Jadi, dari pembahasan dan penjelasan mengenai Pengertian Hosting, Apa itu Website Hosting? Fungsi, Jenis, Fitur dan Perbedaannya dengan Domain di atas, dapat kita simpulkan bahwa, hosting adalah layanan yang memungkinkan organisasi dan individu untuk mengirim situs web atau halaman web ke internet dan tampil disana.

Website Hosting, atau penyedia layanan hosting web, adalah bisnis yang menyediakan teknologi dan layanan yang diperlukan untuk situs web atau halaman web untuk dilihat di Internet. Situs web di-host, atau disimpan, pada komputer khusus yang disebut web server. Ketika pengguna internet ingin melihat situs web Anda, yang perlu mereka lakukan adalah mengetikkan alamat situs web atau domain Anda di browser mereka. Komputer mereka kemudian akan terhubung ke server Anda dan halaman web Anda akan dikirimkan kepada mereka melalui browser.

Penutup

Demikianlah penjelasan yang dapat Kami bagikan kali ini dimana, disini Kami membahas mengenai Pengertian Hosting, Apa itu Website Hosting? Fungsi, Jenis, Fitur dan Perbedaannya dengan Domain. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita terutama dalam memahami arti, definisi dan pengertiannya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

1 Komentar

Tinggalkan Komentar