Mengenal Pengertian Traffic (Lalu Lintas): Apa itu Website Traffic? Cara Kerja, Memonitor dan Bagaimana Mereka Dicatat?

0
Gambar Pengertian Traffic Atau Lalu Lintas Pengunjung Situs Web Apa Itu Website Traffic Cara Kerja Cara Memonitor Dan Bagaimana Mereka Dicatat
Gambar Pengertian Traffic Atau Lalu Lintas Pengunjung Situs Web Apa Itu Website Traffic Cara Kerja Cara Memonitor Dan Bagaimana Mereka Dicatat

Apa Sebenarnya Pengertian Traffic, Apa itu Website Traffic? Cara Kerja, Cara Memonitor dan Bagaimana Mereka Dicatat? Dalam dunia komputer, secara umum traffic adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan semua komunikasi data di komputer atau jaringan komputer. Selama periode lalu lintas yang tinggi, komputer atau jaringan komputer mungkin melambat dan menjadi macet jika tidak cukup untuk memuatnya. Dalam beberapa kasus, terlalu banyak lalu lintas, juga dapat mencegah komputer atau perangkat jaringan dalam beroperasi.

Hal tersebut juga berlaku untuk sebuah situs website. lalu lintas pengunjung website pada dasarnya juga sama seperti traffic dalam jaringan komputer. Selain itu, lalu lintas pengunjung situs web merupakan hal yang penting terutama dalam dunia bisnis dan marketing, mengapa? Karena alasan sederhana, yaiyu Anda tidak dapat melakukan konversi tanpa pengunjung. Berkenaan akan hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu istilah traffic dalam website, e-commerce. Baiklah, langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut!

Pengertian Traffic (Lalu Lintas)

Berarti trafik atau lalu lintas situs web, traffic adalah segala hal mengacu pada pengguna web yang mengunjungi situs web. Lalu lintas website diukur dalam kunjungan, kadang-kadang juga disebut “sesi,” dan merupakan cara umum untuk mengukur efektivitas bisnis online dalam menarik audiens berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Bigcommerce.

Berbeda dengan Lalu lintas di jaringan, mereka dapat dipantau dengan mengumpulkan waktu respons semua titik akses utama di jaringan (misalnya seperti router dan server). Untuk waktu respons yang lebih lama merupakan indikasi seberapa banyak beban yang dialami oleh perangkat tersebut.

Apa itu Website Traffic?

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan website traffic? Membahas tentang arti traffic, perlu kalian ketahui, agar sebuah website bisa sukses dan berhasil, maka traffic adalah sesuatu yang sangat diperlukan. Mereka yang diarahkan dari berbagai sumber.

Lalu lintas pengunjung ini, bagaimanapun juga harus datang dari orang-orang yang berpotensi (akan) tertarik untuk membeli produk atau layanan Anda. Untuk itu, agar ini dapat terjadi, Anda perlu menargetkan orang-orang dalam niche atau ceruk bisnis Anda.

Dalam istilah website (baca pengertian website disini), mereka juga sering dikenal dengan web traffic (dalam bahasa inggris), website traffic adalah metrik utama untuk menentukan pentingnya dan berapa nilai situs.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian RAM dan ROM: Cara Kerja, Fungsi, Jenis dan Perbedaannya dalam Komputer!

Selain itu metrik yang lebih penting lainnya yaitu adalah konversi dan profitabilitas atau hasil yang digunakan ketika menilai situs website.

Website traffic x conversion (konversi) = profitabilitas (hasil)

Keberhasilan suatu situs web tidak bisa hanya dinilai dari jumlah lalu lintas yang diterimanya. Ketika seorang pengunjung mengunjungi suatu situs, mereka seringkali akan dengan mudah kembali dari situs tersebut, persentase kunjungan yang tidak dikonversi menjadi klik ke lebih banyak konten Anda dikenal sebagai rasio pentalan atau bounce rate (baca pengertian bounce rate disini).

Cara Kerja Website Traffic

Ilustrasi Gambar Cara Kerja Traffic Dalam Membahas Pengertian Lalu Lintas Pengunjung Website Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Cara Kerja Traffic Dalam Membahas Pengertian Lalu Lintas Pengunjung Website Dan Artinya

Agar lebih memahami penjelasan pengertian tentang trafik lalu lintas pengunjung website atau web traffic, maka kita juga perlu mengetahui seperti apa sebenarnya mereka bekerja bukan?

Ya! Seperti namanya, itu pada dasarnya sama seperti lalu lintas di jalan raya mengacu pada jumlah mobil yang bepergian, web traffic adalah jumlah pengguna web yang melakukan perjalanan ke situs web tertentu.

Setiap orang yang masuk ke situs web dicatat sebagai visit (kunjungan) atau session (sesi), dengan titik awal dan titik akhir, berkat komunikasi di belakang layar antara perangkat pengguna dan situs website itu sendiri.

Lalu lintas website juga spesifik untuk setiap halaman situs web Anda, jadi apakah Anda memiliki web dengan satu halaman atau 50 halaman, masing-masing lalu lintas dari halaman tersebut dikonfigurasikan secara independen dari semua halaman lainnya.

Berikut ini adalah contoh cara kerja trafik atau lalu lintas web agar kita lebih memahami apa itu website traffic:

Misalnya, seseorang yang bernama Hasanah, dia memutuskan untuk masuk ke situs web salon rambutnya dalam upaya menjadwalkan janji temu yang akan datang.

Hasanah tidak hanya dianggap sebagai bagian dari traffic (lalu lintas) website di beranda, tetapi juga pada halaman penjadwalan yang dia akses setelah mengklik tautan halaman yang sesuai.

Untuk pemilik situs website sendiri, tindakan Hasanah bersama dengan semua lalu lintas web lainnya tersebut, dapat dikompilasi menjadi laporan untuk menunjukkan berapa banyak lalu lintas web yang diterima situs.

Ini membuatnya mudah untuk melihat berapa banyak orang (atau tidak) yang mengunjungi sehingga Anda tahu seberapa populer situs web Anda.

Cara Memonitor Traffic (Lalu Lintas) Website

Ilustrasi Gambar Cara Memonitor Dan Bagaimana Traffic Atau Lalu Lintas Pengunjung Web Dicatat Ke Dalam Server Di Internet
Ilustrasi Gambar Cara Memonitor Dan Bagaimana Traffic Atau Lalu Lintas Pengunjung Web Dicatat Ke Dalam Server Di Internet

Setelah kita mengetahui apa arti traffic (lalu lintas pengunjung) di atas, pastinya merupakan hal yang perting bagi kita untuk mengerti bagaimana cara mengamati dan memonitor mereka (trafik) dengan benar terutama ketika melakukan pengembangan website.

Adapun cara yang dapat kita lakukan untuk memonitor traffic pada sebuah website, antara lain sebagai berikut:

  • Gunakan Google Analytics; Ini adalah standar untuk pemantauan lalu lintas website yang tersedia secara gratis.
  • Saring lalu lintas Anda sendiri; Anda tahu Anda mengunjungi situs Anda sedikit. Tidak perlu memiringkan data dengan lalu lintas Anda sendiri. Berikut ini sebuah pos tentang cara memfilter lalu lintas situs web Anda (dan ibu Anda) ke situs Anda.
  • Saring traffic pengarah buruk; “Bad referrer” traffic seperti website yang berbau negatis (mengandung unsur sara) dan lain sebagainya. Tidak terkecuali jika itu adalah niche yang Anda geluti?
  • Kumpulkan berbagai macam informasi; Perhatikan, di antara poin data lainnya, untuk jumlah kunjungan, jumlah pengunjung dan bounce rate (rasio tingkat pentalan).
  • Lama pengunjung (pengguna) tinggal; Apakah konten Anda membuat orang di situs Anda untuk sebentar saja? Apakah situs Anda lengket? Semakin lama mereka di sana, semakin mereka mengingat website Anda.
  • Alur pengunjung; Lihat kemana pengunjung pergi dan bagaimana mereka sampai di sana? Apakah mereka pergi ke situs Anda di tempat yang Anda inginkan? Apakah alirannya berbeda berdasarkan lokasi geografis pengunjung?
  • Lokasi dari mana asal pengunjung Anda; Apakah mereka lokal atau dari China, Wuhan? Apakah itu penting? Apakah pesan Anda mencapai audiens target Anda?
  • Bagaimana orang menemukan situs Anda; Pencarian organik? Referensi dari jejaring sosial? Direct hit? Iklan berbayar? Perhatikan bahwa semakin banyak orang yang masuk ke Google saat mencari, Anda mungkin tidak tahu apa yang digunakan istilah pencarian kata kunci (jika bukan mayoritas) yang digunakan pengunjung Anda.
  • Perhatikan tujuan dan event; Apakah Anda ingin pelanggan mendaftar untuk menerima e-mail buletin atau buku gratis? Menelpon bisnis Anda dan melengkapi formulir kontak? Apakah mereka melakukan itu?
Baca Juga :  Memahami Pengertian Freemium: Apa itu? Sejarah, Tujuan, Cara Kerja, Jenis dan Contoh serta Perbedaannya dengan Free-Trial!

Bagaimana Sebenarnya Traffic (Lalu Lintas) Situs Web Dicatat?

Ketika seseorang mengunjungi website, komputer (baca pengertian komputer disini) mereka atau perangkat yang terhubung ke web dan kemudian berkomunikasi dengan server situs web.

Setiap halaman di web terdiri dari puluhan file berbeda. Server situs mentransmisikan setiap file ke web browser pengguna di mana mereka dirakit dan dibentuk menjadi bagian kumulatif dengan grafik dan teks.

Setiap file yang dikirim mewakili satu “klik”, sehingga satu tampilan halaman dapat menghasilkan banyak klik. Bukan hanya lalu lintas yang ada di beranda website saja yang dipantau. Sebaliknya, semua segmen situs web terus dipantau oleh server (baca pengertian server disini) untuk menentukan dengan tepat berapa banyak hit yang diterima masing-masing.

Dalam bahasa teknisnya, suatu kunjungan dikenal sebagai “session” yang berarti sesi. Untuk menitnya sendiri, setiap sesi adalah bervariasi, namun tetap mereka masing-masing memiliki titik awal dan titik akhir.

Server dapat mengkompilasi setiap permintaan untuk halaman web, mempersenjatai operatornya dengan informasi yang diperlukan untuk menentukan seberapa populer situs tersebut dan halaman mana yang paling mendapat perhatian. Ketika web server memproses permintaan file, itu membuat entri dalam apa yang dikenal sebagai “log server” pada hard drive server.

Log mengumpulkan entri di seluruh turunan, membentuk database (baca pengertian database disini) informasi yang berharga yang dapat dianalisis oleh pemilik situs untuk lebih memahami aktivitas pengunjung situs web.

Kesimpulan

Oke, Kami rasa sekarang sudah cukup jelas bukan? Baiklah, jadi berdasarkan pembahasan dan penjelasan Pengertian Traffic, Apa itu Website Traffic? Cara Kerja, Cara Memonitor dan Bagaimana Mereka Dicatat di atas, dapat kita simpulkan bahwa trafik lalu lintas pengunjung situs web atau traffic adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada kunjungan (masuk dan keluar) dari pengunjung atau pengguna internet ke dalam situs web.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Enterprise Architecture: Apa itu Arsitektur Perusahaan? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Manfaat, Jenis, Macam serta Contohnya!

Website traffic pada awalnya dipandang sebagai metrik yang sangat penting untuk mengukur keberhasilan di web. Asumsi ini sebagian disebabkan oleh kurangnya metrik bisnis lain untuk menjelaskannya. Sekarang banyak fokus telah beralih kembali ke profitabilitas (hasil), dan sekarang pun lalu lintas situs web hanya bagian dari marketing (persamaan).

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian Traffic, Apa itu Website Traffic? Cara Kerja, Cara Memonitor dan Bagaimana Mereka Dicatat. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua serta dapat terus menambah wawasan kita semua terutama dalam mengetahui istilah-istilah teknologi.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman, kerabat serta rekan bisnis Anda semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar