5+ Tips Cara agar Website, Apps, dan Software Deployment di Organisasi, Bisnis, atau Perusahaan Berhasil dengan Baik + Checklist-nya!

Gambar Dari Apa Saja Kiat Kiat Tips Cara Agar Website Apps Dan Software Deployment Di Organisasi Bisnis Atau Perusahaan Anda Berhasil Dengan Baik Beserta Checklist Nya
Gambar Dari Apa Saja Kiat Kiat Tips Cara Agar Website Apps Dan Software Deployment Di Organisasi Bisnis Atau Perusahaan Anda Berhasil Dengan Baik Beserta Checklist Nya

Apa Tips Cara agar Website, Apps, dan Software Deployment di Organisasi, Bisnis, atau Perusahaan Anda Berhasil dengan Baik beserta Checklist-nya?

Seperti yang kita ketahui, sebagai pemilik kepentingan bisnis, kita mungkin memiliki banyak sistem yang membantu Anda menjalankan bisnis Anda.

Yup! Beberapa dari mereka, pasti ada yang Anda senangi, dan beberapa dari mereka, juga pasti yang Anda tidak sukai.

Akan tetapi, pertanyaannya adalah mengapa Anda masih menyimpan yang tidak ada sukai tersebut?

Jawaban paling umum biasanya adalah bahwa para pemimpin bisnis bahkan tidak dapat membayangkan meluncurkan sistem baru dan mengubah berbagai proses tim di keseluruhan.

Benar! Saran Kami, jangan takut akan evolusi, changes, atau perubahan! Mulailah rangkul peningkatan dan perampingan di bisnis Anda!

Dapatkan sistem (baca selengkapnya tentang pengertian apa itu system atau sistem di sini) yang akan membuat hidup dan cara kerja alur bisnis Anda menjadi lebih mudah, dan lakukan penerapan dengan benar.

Perbedaan antara deployment atau penyebaran yang baik serta deployment yang buruk akan secara drastis memengaruhi pengembalian yang Anda dapatkan dari website, aplikasi (apps), dan software (perangkat lunak) baru Anda.

Jadi ingatlah tips dan kiat-kiat yang akan Kami bagikan dalam postingan kali ini.

Baiklah langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut di bawah ini.

Apa itu dan Software Deployment?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Website Apps Software Deployment Serta Beberapa Kelebihan Keuntungan Atau Manfaat Melakukannya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Website Apps Software Deployment Serta Beberapa Kelebihan Keuntungan Atau Manfaat Melakukannya

Sebelum kita membahas lebih lanjut apa saja tips dan kiat agar website, apps, dan khususnya penyebaran perangkat lunak di organisasi, bisnis, atau perusahaan Anda berhasil, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan software deployment ini.

Penyebaran perangkat lunak secara teratur dapat memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan keamanan perusahaan, terutama jika tepat waktu dan konsisten.

Pnerapan, peluncuran, penyebaran perangkat lunak, atau yang secara global dikenal dengan sebutan software deployment adalah istilah untuk meluncurkan aplikasi, yang dapat terjadi dengan “pushed” di seluruh lingkungan TI atau oleh pengguna akhir yang memulai proses penyebaran atau deploy (baca pengertian dari deploy di sini).

Dalam pengertiannya, banyak orang yang menganggap bahwa software deployment ini adalah sama dengan software release.

Pembaruan (update) dan tambalan (patch) dapat membantu memenuhi dan menanggapi kebutuhan bisnis organisasi yang selalu berubah, yang di mana itu merupakan siklus rilis perangkat lunak atau software release.

Maka dari itu, software deployment mengacu pada proses berulang dari setiap aplikasi yang diberikan tidak bisa disamakan dengan software release.

Rilis baru dapat mencakup lebih banyak fungsi, pengoptimalan untuk mengurangi bug, atau manfaat lainnya.

Beberapa Kelebihan, Keuntungan, dan Manfaat Software Deployment atau Penyebaran Perangkat Lunak dan Kemungkinan Tantangannya

Seperti yang Kami sebutkan di atas, penyebaran (deployment) perangkat lunak dapat membantu memenuhi kebutuhan bisnis yang baru atau berkembang.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa juga manfaat, keuntungan, atau kelebihan utama software deployment lainnya sebagai berikut:

  • Update atau pembaruan; Karena pelanggaran data terus meningkat di seluruh dunia, TI harus mengambil peran yang lebih aktif dalam melakukan segala kemungkinan untuk tetap berada di depan peretas kriminal. Banyak di antaranya terorganisir dengan baik, cerdas, dan rajin dalam komitmen mereka untuk menemukan dan memanfaatkan kelemahan apa pun yang ada melintasi permukaan serangan. Memiliki pengujian penetrasi pihak ke-3 (tiga) secara teratur, sistem peringatan cerdas, dan peningkatan perangkat lunak berikutnya pada interval waktu yang tepat membantu menjaga keamanan dan tujuan penting misi dengan penerapan perangkat lunak.
  • Patch; Tidak ada aplikasi yang sempurna atau tahan terhadap gangguan dari luar. Semakin lama rilis tertentu tetap digunakan tanpa pembaruan, semakin besar kemungkinan eksploitasi keamanan mengundang serangan dari luar. Seringkali, kerentanan ini diketahui dengan tambalan yang sudah ada yang siap digunakan, tetapi perbaikan perangkat lunak tetap tidak diterapkan. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, tetapi sering kali ditelusuri kembali ke kurangnya sumber daya yang tersedia di departemen teknologi informasi. Menyederhanakan alur kerja persetujuan Anda untuk penerapan perangkat lunak dapat membantu mengurangi tantangan ini. Bisnis, organisasi, atau juga perusahaan yang mungkin ingin mempertimbangkan untuk mempercepat penerapan ini, serta perlu mengadopsi lebih banyak pola pikir DevOps tepat waktu.
  • Functionality atau fungsionalitas; Penerapan perangkat lunak dapat menghasilkan lebih dari sekadar meningkatkan keamanan, karena menambahkan fitur baru yang memenuhi kebutuhan bisnis tertentu dapat membantu meningkatkan produktivitas karyawan dan merampingkan alur kerja dengan menghilangkan gesekan.
Baca Juga :  Mengenal Pengertian Traffic (Lalu Lintas): Apa itu Website Traffic? Cara Kerja, Memonitor dan Bagaimana Mereka Dicatat?

Banyak perusahaan telah menemukan bahwa memanfaatkan pembelajaran mesin untuk otomatisasi cerdas dapat mengurangi waktu yang sebelumnya dihabiskan untuk tugas-tugas biasa.

Penyebaran perangkat lunak tentunya dapat memiliki manfaat tambahan untuk membantu mengurangi biaya departemen juga.

5+ Tips Cara agar Website, Apps, dan Software Deployment di Organisasi, Bisnis, atau Perusahaan agar Berhasil dengan Baik

Gambar Tips Kiat Agar Website Apps Dan Khususnya Software Deployment Di Organisasi Bisnis Dan Perusahaan Kita Berhasil
Gambar Tips Kiat Agar Website Apps Dan Khususnya Software Deployment Di Organisasi Bisnis Dan Perusahaan Kita Berhasil

Oke, jadi apa saja tips dan kiat agar website, apps, dan khususnya penyebaran perangkat lunak di organisasi, bisnis, atau perusahaan Anda berhasil?

Langsung saja, berikut ini adalah beberapa tips atau kiat-kiat yang dapat kalian lakukan, khususnya agar deployment website, apps, dan software di organisasi, bisnis, atau perusahaan Anda berhasil.

1. Identifikasi Kebutuhan Anda dan Jelaskan

Tips dan kiat pertama agar agar deployment website, apps, dan software di organisasi, bisnis, atau perusahaan Anda berhasil yaitu dengan mengidentifikasi kebutuhan serta menjelaskannya.

Selama proses orientasi biasa, bahkan sebelum berpikir untuk memulai peluncuran apa pun, biasanya yang terbaik adalah memahami apa yang ingin Anda dapatkan dari sistem baru.

Setelah tujuan ini ditetapkan, baik penyedia perangkat lunak dan pelanggan tahu apa yang akan mereka kerjakan, dan yang lainnya bersifat tidak langsung.

Well, Anda perlu menurunkan biaya tenaga kerja, memangkas waktu yang dihabiskan untuk jadwal dan penggajian?

Yup! Jadikan itu sebagai prioritas dengan manajer kesuksesan pelanggan Anda selama proses orientasi.

Jadi, jangan takut untuk jujur ​​dengan pemasok/penjual/manajer sukses pelanggan ketika mereka menanyakan hal ini kepada Anda.

Anda pada dasarnya memberi mereka cara nyata untuk mengetahui apakah peluncuran itu berhasil atau ada yang salah. Dan dengan cara ini, Anda mendapatkan persis apa yang Anda bayar.

2. Tetapkan Penanggung Jawab atau Champion-nya

Berikutnya yaitu dengan menetapkan pengampunya.

Pengambil keputusan atau decision maker berperan sangat penting dalam dunia penyebaran perangkat lunak.

Seseorang perlu bekerja dengan pemasok dan memastikan bahwa saran dan tugas diikuti.

Orang-orang ini biasanya disebut sebagai champion atau juara di industri SaaS (Software as a Service).

Ketika Anda memberi tahu pegawai atau karyawan Anda bahwa proses yang biasa mereka lakukan berubah, seringkali ada banyak keengganan pada mereka.

Di sini, yang bisa dimengerti, terutama dengan pekerja paruh waktu yang tidak akan melihat manfaat apa pun dari sistem baru ini, sehingga diperlukan dorongan untuk itu.

Inilah sebabnya mengapa Anda membutuhkan seseorang di tim Anda untuk menjadi pendorong perubahan, mengikuti pelatihan, menonton demo, dan bertindak sebagai guru, penggembala, sensei, dan penanggung jawab (champion) untuk sistem ini.

Baca Juga :  11+ Istilah dalam Back End (Development) yang Harus Anda Ketahui

3. Kerjakan dengan Tim Orientasi (Onboarding Team)

Kiat agar deployment website, apps, dan software di organisasi, bisnis, atau perusahaan Anda berhasil ke-3 (tiga) yang akan Kami berikan di sini yaitu dengan mengerjakannya dengan tim orientasi atau onboarding team.

Sementara semua peran dalam proses onboarding (orientasi) harus dihormati, sama pentingnya bahwa saran dan permintaan dari tim sukses pelanggan diakui dengan cara yang sama seperti milik pelanggan.

Ya! Orang-orang ini adalah ahlinya (karena mereka melakukan ini untuk mencari nafkah dengan sungguh-sungguh) dan tahu bagaimana memastikan deployment atau peluncuran yang lancar.

Jadi ketika manajer akun Anda meminta info tertentu, atau ekspor, atau bahkan meminta tokoh sejarah, perlu kalian ketahui bahwa mereka tidak melakukan ini untuk membuat Anda jengkel.

Ini murni untuk kepentingan penerapan atau deployment Anda dan untuk memastikan bahwa Anda siap untuk mendapatkan penggunaan terbaik dari apa yang Anda bayar.

Benar! Seperti yang kalian pahami, kita dapat berenang jauh lebih cepat dengan arus daripada melawannya.

4. Deploy Secara Bertahap

Lalu, lakukan penerapan, penyebaran, peluncuran, atau deploy-nya secara bertahap.

Bayangkan sebuah tim sepak bola memulai pertandingan dengan membuat setiap pemainnya berlari ke gawang lawan.

Yup! Ini mungkin tampak seperti pendekatan yang kuat dan cepat untuk mencapai tujuan, tetapi pada akhirnya, hal tersebut bisa menyebabkan mereka kebobolan lebih awal, dan pastinya menjatuhkan kepercayaan diri semua orang selama sisa pertandingannya.

Saat Anda menerapkan sistem baru, luangkan waktu Anda dan pikirkan bagaimana Anda akan memecahnya, langkah demi langkah.

Apakah Anda akan mulai dengan satu toko, lalu yang lain, lalu yang lain.

Atau mungkin satu wilayah toko?

Atau mungkin Anda akan mulai dengan menjalankan sistem lama Anda sesuai dengan yang baru, sehingga Anda memiliki cadangan jika ada kesalahan.

Meskipun Anda ingin memulai proses baru ini dan menyelesaikan masalah Anda secepatnya.

Jangan takut untuk meluangkan waktu dan melakukannya dengan benar, atau Anda mungkin menemukan diri Anda hidup di kantong dukungan pelanggan!

5. Tetap Pelajari

Kiat atau tips agar deployment website, apps, dan software di organisasi, bisnis, atau perusahaan Anda berhasil terakhir yang dapat Kami bagikan dalam postingan kali ini adalah dengan tetap mempelajarinya.

Jika tim sukses pelanggan pemasok Anda sepadan dengan jerih payah mereka, mereka akan memberi tahu Anda saat fitur baru dirilis dan mejadi kepentingan terbaik mereka untuk mendidik Anda dan tim Anda untuk memaksimalkan penggunaan alat baru ini.

Right! Ini tentunya akan menurunkan jumlah dukungan pelanggan yang diperlukan, dan meningkatkan kemungkinan Anda akan meninjau sistem ini secara positif dengan koneksi dan rekan Anda.

Oleh karena itulah manfaatkan orang-orang ini, yang sudah terbukti jelas ingin membantu Anda, yang dibayar untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari sistem Anda dan menghasilkan uang Anda.

Apa Saja Daftar atau Checklist dalam Proses Software Deployment yang Baik?

Gambar Beberapa Daftar Atau Checklist Dalam Proses Software Deployment Yang Baik Sesuai Praktik Terbaik Atau Best Practice Peluncuran Penerapan Atau Penyebaran Perangkat Lunak
Gambar Beberapa Daftar Atau Checklist Dalam Proses Software Deployment Yang Baik Sesuai Praktik Terbaik Atau Best Practice Peluncuran Penerapan Atau Penyebaran Perangkat Lunak

Untuk menemukan proses penerapan perangkat lunak yang sesuai untuk Anda, ada beberapa daftar atau checklist penyebaran perangkat lunaknya yang baik dan benar, serta tentunya adalah sesuai dengan praktik terbaik software deployment.

Oke, setiap organisasi memiliki kebutuhan bisnis yang berbeda, dan setiap departemen Information Technology (IT) dalam organisasi tersebut memiliki kebutuhan dan tantangannya sendiri.

Menyiapkan proses yang teratur untuk pemangku kepentingan dan mereka yang ada di tim teknologi informasi atau TI Anda terbukti bermanfaat dalam menjaga semua orang di halaman yang sama.

Untuk alur kerja penerapan, peluncuran, penyebaran, atau deployment perangkat lunak yang paling sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda, Anda perlu mempertimbangkan hal berikut:

  • Buat daftar tujuan yang harus (dan ingin) Anda capai.
  • Buat daftar periksa penerapan yang dipesan atau diinginkan untuk menghindari langkah yang terlewat.
  • Cari cara untuk mengoptimalkan proses (otomatisasi).
  • Test atau uji, uji, dan uji lagi untuk mengurangi bug sebanyak mungkin.
  • Beri tahu pengguna akhir end user (baca pengertian end user di sini) mengapa pembaruan didorong (updates are deployed), apa yang diharapkan, dan kapan diharapkan, yang pastinya menghilangkan sebanyak mungkin kejutan bagi bisnis Anda.
Baca Juga :  Mengenal Pengertian Software Development: Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Macam Proses dan Metodologinya serta Apakah itu Sulit?

Kesimpulan

Baiklah, di atas adalah Tips Cara agar Website, Apps, dan Software Deployment di Organisasi, Bisnis, atau Perusahaan Anda Berhasil dengan Baik beserta Checklist-nya.

Dalam menerapkan beberapa kiat-kiat dan tips yang Kami bagikan di atas, pastinya tujuan Anda tidak lain adalah untuk deployment atau peluncuran yang lancar dan aman.

Memang, jika kalian terbiasa menggunakan otomatisasi, itu pastinya menghilangkan kemungkinan kesalahan manusia merayap ke dalam prosesnya, dan semakin luas penyebarannya, semakin tinggi kemungkinan terjadi kesalahan.

Selebihnya, berikut adalah beberapa praktik terbaik lain yang perlu dipertimbangkan untuk website, apps, atau software deployment:

  1. Gunakan integrasi berkelanjutan atau Continuous Integration (CI); Ya, server integrasi berkelanjutan (juga dikenal dengan istilah “Build Server”) akan menarik kode dari tim pengembang Anda dan mengujinya secara terus-menerus. Ini membantu memastikan aplikasi akan berfungsi di lingkungan Anda, tidak hanya di sandbox pribadi pengembang.
  2. Mengadopsi pengiriman berkelanjutan atau Continuous Delivery (CD); Pengiriman berkelanjutan membantu memastikan perubahan kode Anda siap untuk primetime dengan secara otomatis mempersiapkan mereka untuk berpindah dari penerapan ke produksi melalui pengujian yang ketat. Ini akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk memecahkan masalah.
  3. Merumuskan rencana cadangan atau backup; Apa yang akan Anda lakukan jika terjadi kesalahan? Menyaksikan penyebaran yang gagal turun ke tabung bukanlah waktu untuk berebut jawaban. Secara proaktif merencanakan ke depan untuk kemungkinan dengan strategi rollback yang baik di tempat.

Memang, tidak ada proses penerapan perangkat lunak yang dijamin berjalan tanpa gangguan apa pun, tetapi ada langkah-langkah praktik terbaik yang dapat Anda ambil untuk mengurangi potensi kerusakan.

Untuk pendekatan yang efektif dalam mengelola operasi digital Anda, pertimbangkan visibilitas real-time yang luas ke dalam layanan misi-kritis Anda.

Melalui kecanggihan pembelajaran mesin dalam alat-alat atau tools yang ada seperti itu, tim dukungan Anda akan menerima informasi yang mereka butuhkan untuk mengatasi masalah apa pun yang berdampak pada bisnis dengan cepat.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami bagikan dalam tulisan artikel kali ini, dimana Kami membahas berkenaan dengan Tips Cara agar Website, Apps, dan Software Deployment di Organisasi, Bisnis, atau Perusahaan Anda Berhasil dengan Baik beserta Checklist-nya.

Semoga apa yang coba Kami sampaikan dan terangkan disini dapat bermanfaat serta juga bisa menambah wawasan kalian semua, terutama dalam bidang teknologi website, application, dan perangkat lunak atau software.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua juga jangan lupa untuk subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar