Inilah Pengertian Slide: Apa itu Film Bingkai? Manfaat, Bagian, Prinsip serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Gambar Pengertian Slide Apa Itu Slide Atau Bingkai Film Manfaat Bagian Prinsip Dasar Serta Kelebihan Dan Kekurangannya
Gambar Pengertian Slide Apa Itu Slide Atau Bingkai Film Manfaat Bagian Prinsip Dasar Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Tahukah Anda, Pengertian Slide, Apa itu Film Bingkai? Manfaat, Bagian, Prinsip serta Kelebihan dan Kekurangannya? Memang, seperti yang pada umumnya kita ketahui, judul slide seperti yang terdapat dalam sebuah file presentasi PowerPoint dapat mengambil banyak definisi yang berbeda. Di PowerPoint, judul slide menawarkan 2 (dua) kotak teks untuk judul dan subtitle. Sebagaimana pembuka sebuah film atau halaman buku, judul slide akan menentukan kecepatan dan apa tampilan presentasi berikutnya.

Sebuah software (perangkat lunak) presentasi seperti Microsoft PowerPoint menghasilkan serangkaian slide untuk menemani seorang presenter atau hanya direkam sebagai presentasi yang berjalan sendiri. Bergantung pada subjeknya, presentasi terbaik mungkin terdiri dari 10 hingga 12 slide untuk menyampaikan pesan, tetapi lebih banyak mungkin diperlukan untuk subjek yang kompleks. Lalu apa itu arti slide sendiri? Ya! Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang pengertian Slide! Simak terus ulasannya di bawah ini.

Pengertian Slide

Juga dikenal dengan tayangan slide atau presentasi slide, sebuah slide adalah satu halaman atau gambar yang ditunjukkan dalam tampilan slide. Misalnya, ketika menonton tayangan berpindah-pindah gambar dari sepuluh gambar, suatu gambar dapat dianggap sebagai slide.

Terkait presentasi, slide adalah satu halaman teks, gambar, atau animasi berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Computerhope.

Apa itu Film Bingkai?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Slide Atau Film Bingkai
Ilustrasi Gambar Apa Itu Slide Atau Film Bingkai

Lalu, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan film bingkai? Memang, ini juga sering disebut dengan slide, film bingkai adalah suatu film yang transparan yang berukuran 35 mm dengan ukuran bingkainya yaitu 2×2 inci.

Bingkai tersebut biasanya terbuat dari bahan plastik atau karton. Slide film bingkai digunakan dengan cara diproyeksikan melalui sebuah proyektor (baca penjelasan lengkap proyektor disini). Jumlah film bingkai yang akan ditayangkan suatu program acara harus tergantung pada tujuan yang ingin dicapai. Dengan demikian, lama dari penayangan atau panjangnya sebuah program pun dapat bervariasi.

Program visual dapat dikombinasikan dengan audio (suara) yang dikenal dengan sebutan slide film bingkai bersuara. Program kombinasi film bingkai bersuara pada umumnya berkisar antara 10 menit sampai 30 menit dengan jumlah gambar yang bervariasi, yaitu 10 (bahkan bisa) sampai 100 buah lebih.

Sebuah gambar yang disertai suara rekaman, biasanya untuk waktu tayangnya mereka hanya singkat atau tidak terlalu panjang, sedangkan gambar yang tidak disertai suara dapat ditayangkan sesuai dengan kebutuhan dan isi pesan serta informasi yang ingin disampaikan melalui gambar tersebut.

Manfaat Menggunakan Slide

Ilustrasi Gambar Manfaat Slide Dalam Penjelasan Dan Pembahasan Pengertian Slide
Ilustrasi Gambar Manfaat Slide Dalam Penjelasan Dan Pembahasan Pengertian Slide

Manfaat utama yang paling jelas dari penggunaan slide adalah membiarkan pemirsa tahu apa yang akan mereka lihat atau pelajari. Pertimbangkan slide judul seperti sampul buku atau laporan, dimana hal tersebut berarti “mengumumkan” tentang apa tampilan slide itu sendiri.

Slide judul adalah tempat yang ideal untuk mempertaruhkan klaim untuk karya Anda, dengan menambahkan nama kontributor ke kotak teks yang sudah disertakan pada slide.

Baca Juga :  Statistics: Apa itu Statistik? Sejarah, Tujuan, Fungsi, Dasar atau Fundamentals, Jenis, Macam serta Kenapa itu Penting!

Berdasarkan penjelasan tentang slide dan artinya di atas, adapun beberapa Manfaat Menggunakan Slide, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sebagai alat bantu, sebuah slide dibutuhkan untuk mengungkapkan sesuatu yang terbilang cukup sulit apabila hal tersebut harus dijelaskan dengan kata-kata.
  • Slide juga dapat membantu untuk memberikan ringkasan daripada apa saja yang disampaikan, sehingga lebih mudah dipahami oleh audiens (baca penjelasan tentang apa itu audiens disini) atau pemirsa.
  • Dengan adanya slide, maka hal tersebut akan mempermudah pengajar atau instruktur dalam mengungkapkan dan menyampaikan pesan kepada peserta didiknya.
  • Fun, slide dapat membuat sebuah penyampaian materi menjadi lebih menarik.

Bagian-Bagian Slide

Setelah kita mengetahui pengertian slide dan apa itu film bingkai serta manfaat mereka, kita juga harus mengetahui apa saja bagian-bagian slide yang terdapat dalam sebuah presentasi.

Adapun beberapa bagian slide dalam sebuah presentasi yang harus kita ketahui antara lain adalah sebagai berikut:

1. Design Area

Bagian slide yang pertama adalah bagian area desain atau design area. Bagian ini lebih dikenal dengan sebutan worksheet area, yang merupakan area kerja dimana mereka digunakan untuk mendesain tampilan dari sebuah slide presentasi.

2. Template

Bagian berikutnya yaitu adalah templat atau template. Slide templat berisi jumlah template atau desain bawaan yang biasanya diberikan oleh Microsoft.

3. Bookmark

Penanda atau bookmark merupakan ventilasi kerja yang berisi infromasi tentang desain slide yang dibuat. Slide bookmark merupakan bentuk mini preview dari jumlah atau total page slide yang akan dipakai. Tampilannya pun biasanya tersedia dalam 2 (dua) bentuk yaitu adalah:

  1. Slide
  2. Outline

4. Viewer

Bagian yang terakhir adalah viewer adalah fasilitias preview yang biasanya disediakan terutama untuk seseorang desainer, sehingga mereka dapat melihat bentuk tampilan file dari slide presentasi yang didesain secara langsung.

Perlu kalian ketahui bahwa slide viewer ini dikelompokkan menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu adalah sebagai berikut:

  1. Normal view
  2. Slided sorter view dan
  3. Slide show viewer

Prinsip Dasar dalam Membuat Slide

Ilustrasi Gambar Prinsip Dasar Dalam Membuat Atau Pembuatan Slide
Ilustrasi Gambar Prinsip Dasar Dalam Membuat Atau Pembuatan Slide

Membahas mengenai apa pengertian slide dan artinya, tentunya kita juga harus mengetahui apa prinsip dasar dalam membuatnya bukan? Ya! Ada beberapa prinsip basis yang wajib untuk dipenuhi ketika kita ingin membuat sebuah slide.

Jika hal ini dilakukan, maka slide akan menjalankan fungsinya sebagai alat bantu sebagaimana manfaatnya di atas, bukan sebagai disturber atau pengganggu yang mengalihkan perhatian pemirsa atau audiens dari presentasi itu sendiri.

Di bawah ini adalah beberapa prinsip dasar dalam membuat slide yang harus kalian ketahui.

a. Sederhana dan Simpel

Prinsip yang pertama adalah simpel atau sederhana atau yang praktis serta tepat tujuan atau target adalah yang terbaik.

Semakin rumit sebuah slide yang Anda buat, maka pemirsa atau audiens Anda pun akan membutuhkan tambahan waktu yang lebih lama hanya untuk memahami slide tersebut saja, dimana hal ini adalah merupakan hal yang tidak baik.

b. Perlu atau Tidaknya

Untuk setiap lembar slide yang akan dibuat, tanyakan kepada diri Anda sendiri, apakah tambahan tersebut perlu? Apakah cukup 5 (lima) slide saja daripada 10 (sepuluh) slide? Apakah slide yang satu dan juga yang lainnya dapat digabungkan? Apakah slide ini dapat untuk digantikan dengan penjelasan yang lebih singkat?

Benar! Sering-seringlah mempertanyakan hal tersebut di atas, maka Anda pasti akan menciptakan slide yang benar-benar efektif dan efisien.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Address Bus: Apa itu Bus Alamat dan Control? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Contoh serta Perbedaannya dengan Data Bus pada Komputer!

c. Keterbacaan Latar Belakang dan Font

Dengan beragamnya latar belakang slide yang dapat Anda pakai dan digunakan serta juga tersediannya ribuan jenis font berbeda yang tersedia, tentu ada kalanya kita ingin membuat dan bereksperimen dengan adanya bermacam-macam pilihan tersebut.

Memang, hal tersebut adalah boleh-boleh saja, selama kombinasi background atau latar belakang dengan font yang dipakai mudah untuk dibaca oleh pemirsa atau audiens. Biasanya, untuk pemilihan font sendiri, Kami pribadi lebih menyarankan maksimum 2 (jenis font) pada sebuah slide dalam keseluruhan presentasi Anda.

Perlu kalian ketahui, font yang baik untuk sebuah presentasi adalah font yang tidak menggunakan banyak hiasan, terutama pada ujung hurufnya, sebagai contoh misalnya seperti font arial, verdana atau helvetica walaupun juga, font yang memakai banyak hiasan-hiasan dapat Anda gunakan sebagai judul slide atau teks-teks pendukung yang tidak merupakan bagian dari body text atau isi.

d. Maksimal 7 Baris Teks

Jika Anda menyebutkan beberapa Item atau Daftar dalam Format Bullet Point, pastikan jumlahnya tidak lebih oleh 7 Daftar yang dalam Slide Anda. Kenapa? Jumlah Daftar Item yang banyak akan membuat Font Slide Anda terlihat menjadi lebih kecil, sehingga mereka akan sulit untuk dibaca. Selain daripada itu, ingat kembali! Bukankah Slide adalah apa yang digunakan sebagai Ringkasan? Karenanya apabila terdapat Daftar atau Item yang lebih dari 7, sebaiknya Anda kurangi lagi atau buat menjadi lebih ringkas.

e. Gambar, Grafik, dan Diagram

Dalam sebuah presentasi, Anda akan mengandalkan kemampuan presentasi Anda sendiri yang dibantu dengan slide presentasi sebagai pendamping. Ada suatu kekuatan dan kelebihan yang dimiliki sebuah slide yang bahkan tidak terdapat pada seorang presenter yang paling handal sekalipun. Apa itu? Itu adalah mampu menyebutkan dan menjelaskan sesuatu dengan media gambar.

Benar! Sebuah gambar yang tepat dapat mewakili ribuan istilah yang harus Anda jelas dapat presentasi Anda. Maka dari itu, manfaatkan dan gunakanlah gambar, grafik dan juga diagram.

Gambar yang dipakai dalam slide wajib relevan dengan content atau isinya, hal tersebut akan membantu memberitahu inti presentasi dalam konteks yang Anda harapkan. Jangan Anda malah mengalihkan perhatian pemirsa atau audiens saat mereka bingung menghubungkan maksud antara Ggambar yang tampil dengan isi presentasi Anda.

Penggunaan grafik pun juga perlu untuk diperhatikan. Terdapat berbagai macam jenis grafik yang dapat Anda gunakan mulai dari diagram bar, pie chart, line, dan kombinasinya. Pemilihan jenis grafik yang benar, tentu akan memberikan pengaruh dan efek besar kepada kemudahan pemirsa atau audiens untuk mengerti isi presentasi Anda.

Jadi, manfaatkan hal ini untuk memudahkan mereka untuk mengetahui bagian tersulit dari presentasi Anda.

f. Gunakan Kombinasi Warna yang Saling Behubungan

Keunggulan lainnya dari sebuah slide, yaitu adalah Anda dapat menggunakan berbagai macam pilihan rona dan warna. Gunakan beberapa warna yang mempunyai kontras yang cukup serta pemberiannya juga harus konsisten dalam slide Anda.

Jangan gunakan warna yang berbeda-beda yang di setiap slide Anda, karena hal tersebut akan sangat mengganggu dan membuat Anda terlihat tidak profesional.

Pada saat Anda memakai template (baca pengertian templat disini) dengan warna, pilihlah template yang tidak memakai gambar background atau latar belakang yang terlalu kompleks, sehingga hal tersebut tidak akan mengambil tempat serta perhatian tersendiri dalam sebuah presentasi.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Search Engine Marketing (SEM): Apa itu SEM? Menurut Para Ahli, Cara Kerja, Komponen dan Sektor, Contoh serta Perbedaannya dengan SEO!

Kelebihan dan Kekurangan Slide

Setelah mengetahui pengertian slide, apa it film bingkai, manfaat, bagian dan apa saja prinsip dasarnya kita juga harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan sebuah slide.

Di bawah ini juga akan Kami jelaskan secara rinci mengenai apa saja yang menjadi keuntungan dan kerugian terutama dalam menggunakannya. Ayo simak terus!

a. Kelebihan Slide

Berikut ini adalah apa saja yang menjadi kelebihan slide yang perlu kita ketahui.

  • Urutan gambar slide (film bingkai) dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan presentasi.
  • Isi materi yang terdapat dalam slide dapat dibagi dan digunakan secara bersamaan.
  • Gambar pada sebuah slide tertentu dapat ditayangkan lebih lama.
  • Slide atau film bingkai dapat menyajikan gambar dan grafik untuk berbagai bidang ilmu kepada kelompok atau perorangan dengan berbagai usia.
  • Slide dapat digunakan sendiri atau digabung dengan audio, suara atau rekaman. Baik slide bersuara atau yang tidak, mereka dapat dan bisa untuk dirubah.
  • Slide atau film bingkai dapat menyajikan sebuah tampilan dengan jelas.
  • Dengan slide atau film bingkai, objek yang besar, atau yang terlalu kecil untuk dicermati dengan mata dapat ditayangkan dengan cukup jelas.

b. Kekurangan

Berikut ini adalah apa saja yang menjadi kekurangan slide yang dapat Anda optimasi untuk menutupinya.

  1. Gambar dan grafik visual yang tersaji dalam slide biasanya tidak dinamis, sehingga daya tariknya tidak sekuat dengan tampilan televisi atau film.
  2. Bentuk slide adalah terpisah-pisah, dimana hal ini adalah merupakan suatu titik keunggulan yang sekaligus menjadi kelemahannya, karena memerlukan perhatian penyimpanan agar bagian-bagian slide tetap utuh menjadi satu.
  3. Meskipun biaya produksinya tidak terlihat mahal, slide masih memerlukan biaya lebih besar dan waktu pembuatan yang lebih lama daripada pembuatan media foto, gambar dan grafik.

Kesimpulan

Bagaimana, sudah cukup jelaskan? Baiklah, jadi dari pembahasan dan penjelasan mengenai Pengertian Slide, Apa itu Film Bingkai? Manfaat, Bagian, Prinsip serta Kelebihan dan Kekurangannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa sebuah film bingkai atau slide adalah sebuah layar presentasi, dan presentasi merupakan kumpulan dari beberapa slide. Ini bertujuan untuk menjaga perhatian pemirsa atau audiens selama presentasi dan memberikan informasi pendukung tambahan dalam format tekstual atau grafik.

Penutup

Demikianlah penjelasan dan pembahasan yang dapat Kami berikan dalam postingan ini tentang Pengertian Slide, Apa itu Film Bingkai? Manfaat, Bagian, Prinsip serta Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam memahami definisi dan pengertiannya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman serta kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar