Internet of Behaviors (IOB): Pengertian, Apa itu Internet Perilaku? Tujuan, Jenis Komponen, Macam Manfaat, Contoh, dan Pentingnya!

Gambar Dari Pengertian Internet Of Behaviors Apa Itu IOB Dan Internet Perilaku Tujuan Jenis Komponen Macam Manfaat Contoh Studi Kasus Serta Pentingnya Di Masa Depan Untuk Bisnis Organisasi Dan Perusahaan
Gambar Dari Pengertian Internet Of Behaviors Apa Itu IOB Dan Internet Perilaku Tujuan Jenis Komponen Macam Manfaat Contoh Studi Kasus Serta Pentingnya Di Masa Depan Untuk Bisnis Organisasi Dan Perusahaan

Memahami Pengertian Internet of Behaviors, Apa itu IOB dan Internet Perilaku? Tujuan, Jenis Komponen, Macam Manfaat, Contoh dan Pentingnya di Masa Depan!

Sebelumnya, tahukah kalian bahwa jumlah perangkat Internet of Things (IOT), sekarang telah sangat banyak digunakan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir?!

Yup! Mereka sudah ada di mana-mana bersama kita hingga sekarang, mulai dari teknologi yang dapat dikenakan yang melacak kebugaran Anda, hingga akses jarak jauh ke perangkat listrik di rumah Anda.

Pergeseran ke perangkat seluler telah mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia di sekitar kita.

Data collection (baca pengertian data collection disini) oleh perangkat tersebut dapat memberikan informasi berharga tentang perilaku, minat, dan preferensi pengguna.

Karena itulah, maka lahirlah konsep IOB ini.

Dengan kata lain, bagaimana cara kita mengubah semua data yang dikumpulkan dari aktivitas online pengguna menjadi sesuatu yang berguna biasanya berarti keuntungan bagi organisasi, bisnis, atau perusahaan.

Terkait itu, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih lanjut tentang apa itu pengertian dari singkatan IOB atau internet of behavior ini, mengingat arti penerapannya mulai dikembangkan untuk masa depan.

Baik, berikut ini pembahasannya!

Pengertian Internet of Behaviors (IOB)

Disingkat dengan IOB dan berarti internet (berdasarkan) perilaku, internet of behaviors adalah istilah yang mengacu pada proses di mana data yang dikendalikan pengguna dianalisis melalui perspektif psikologi perilaku, yang mana dengan hasil analisis tersebut, menginformasikan pendekatan baru untuk merancang, melakukan pengoptimalan dalam teknologi dan informasi.

Terkait sejarah awalnya sendiri, adapun untuk istilah IOB dikreditkan ke perusahaan kumpulan dari para pakar dan ahli riset teknologi yang bernama Gartner dan dijelaskan dalam e-book yang berjudul “Top Strategic Technology Trends for 2021” yang dapat kalian lihat disini.

Ya! Transformasi digital terus ditingkatkan setiap hari dan sepenuhnya mengubah operasi bisnis dan pola gaya hidup.

Internet of things atau IOT (seperti yang sudah kita kenal) adalah salah satu teknologi baru yang sedang disaksikan dunia saat ini.

Ini juga merupakan salah satu teknologi paling trending di dunia, karena telah sepenuhnya mengubah wajah konektivitas perangkat.

Internet of behaviors (IOB) ata internet perilaku ini memerlukan studi statistics (baca pengertian statistik disini) yang harus dilakukan yang memetakan kebiasaan dan perilaku sehari-hari tanpa sepenuhnya mengungkapkan privasi konsumen untuk alasan etika dan hukum.

Apa itu IOB atau Internet Perilaku?

Ilustrasi Gambar Apa Itu IOB Atau Internet Berdasarkan Perilaku Sejarah Tujuan Dan Fungsi Serta Jenis Komponen Utamanya
Ilustrasi Gambar Apa Itu IOB Atau Internet Berdasarkan Perilaku Sejarah Tujuan Dan Fungsi Serta Jenis Komponen Utamanya

Jadi, apa itu sebenarnya yang arti IOB dan yang dimaksud dengan internet perilaku ini?

Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, IOB atau internet berdasarkan perilaku ini lebih dikenal dengan sebutan internet of behaviors.

Berdasarkan pengertian di atas, Internet of Behavior (IOB) adalah perpanjangan dari Internet of Things (IOT), yang menyebabkan keduanya saling terkait satu sama lain.

Definisi dari teknologi IOB ini merupakan pengumpulan dan pemrosesan data berdasarkan perilaku pengguna, di mana data ini kemudian dihubungkan dengan aplikasi IOT sehingga pengguna hanya direkomendasikan berdasarkan pilihan output mereka.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Code: Apa itu Coding dan Source Code? Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Macam serta Contohnya!

Well, walaupun istilah ini baru muncul di tahun 2020 yang artinya masih relatif baru, dapat Kami katakan bahwa Tidak lama lagi, teknologi IoB juga akan digunakan untuk memberikan kualitas hidup yang lebih baik kepada pengguna.

Internet berdasarkan perilaku, dalam istilah sederhana, dapat dianggap sebagai perpaduan sempurna antara teknologi, analisis data, dan ilmu perilaku.

Mereka akan terus berusaha menjawab pertanyaan tentang bagaimana memahami data, dan bagaimana menerapkan pemahaman itu untuk membuat dan memasarkan produk baru, semuanya dari perspektif psikologi manusia.

Tujuan Internet of Behaviors (IOB) serta Fungsinya

Setelah kita mengetahui arti dan pengertian dari internet of behavior ini, agar lebih memahaminya maka kita juga harus mengetahui seperti apa tujuan dan fungsi mereka secara khusus.

Oke, Internet of Behaviors (IOB) pada dasarnya bertujuan untuk membahas bagaimana data lebih dipahami dan digunakan untuk membangun dan mempromosikan produk baru dari sudut pandang psikologi manusia.

Internet perilaku ini berfungsi dan dapat digunakan dalam banyak cara oleh entitas publik, swasta atau seperti bisnis, organisasi dan perusahaan.

Teknologi internet of behaviors ini akan menjadi platform (baca pengertian platform disini) pemasaran dan distribusi baru yang menarik bagi perusahaan dan organisasi di seluruh dunia.

Platform IOB memungkinkan pengembangan pemahaman mendalam tentang klien yang dibutuhkan setiap bisnis, organisasi atau perusahaan.

Sebagai contoh msalnya, IOB menghubungkan semua ponsel di aplikasi dan kemudian dapat melihat kesalahannya dan mendapatkan rekomendasi visual untuk memperkuat langkah dan tendangannya.

Interconnection (interkoneksi) perangkat menghasilkan banyak titik data baru dan meluas dari Internet of things (IoT).

Ya! Para pelaku bisnis mengumpulkan informasi dari pelanggan melalui “berbagi” antara perangkat yang terhubung, dipantau melalui satu komputer dalam kehidupan nyata.

Jenis Komponen dalam Internet of Behaviors

Dalam membahas tentang pengertian, definisi dan arti IOB, dalam subbagian postingan ini Kami juga akan menjelaskan beberapa jenis-jenis komponen yang ada dalam internet of behaviors.

Seperti yang sudah Kami singgung sebelumnya di atas, Internet of Behavior (IOB) meluas dari Internet of Things (IOT), interkoneksi perangkat yang menghasilkan berbagai macam sumber data baru.

Ini menyatukan data dari dunia digital dan fisik untuk memengaruhi tindakan dan perilaku melalui loop dalam feedback (umpan balik).

Apa yang dilakukan IoB adalah memahami data ini dan melampirkannya ke perilaku manusia tertentu seperti membeli, atau mengikuti merek tertentu secara online.

Oke, kembali ke pembahasan kita di subbagian ini, adapun untuk jenis-jenis komponen yang terdapat dalam Internet of Behaviors (IOB) yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut.

1. Technology

Jenis komponen Internet of Behaviors (IOB) pertama yang akan Kami jelaskan disini yaitu adalah technology atau teknologi.

Ya! IOB menggabungkan teknologi yang ada yang berfokus pada individu secara langsung.

Dari pengenalan wajah yang dikenal dengan facial recognition dalam computer vision (baca pengertian computer vision disini) hingga pelacakan lokasi, ini menghubungkan data yang dihasilkan ke peristiwa perilaku terkait seperti pembelian tunai atau penggunaan perangkat.

2. Analytics

Komponen internet berdasarkan perilaku berikutnya yaitu adalah analytics atau analitik.

Benar, data diambil melalui aplikasi berteknologi IOT yang berfungsi untuk memodelkan perilaku pengguna, pada gilirannya adalah data yang dapat ditindaklanjuti yang dapat dikirim dalam bentuk (seperti) pop-up dan pemberitahuan kepada pelanggan untuk mendorong dan memberi insentif kepada mereka agar mematuhi perilaku yang diinginkan.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Microblogging: Apa itu Micro Blog? Sejarah, Manfaat dan Macam-Macam Platformnya untuk Pengguna Mobile!

Oleh karena itulah, komponen analisis, khususnya analytics (baca pengertian analytics disini) diperlukan agar informasi penting dapat diambil dari semua data untuk IOB.

3. Behavioral Science

Komponen terakhir yang akan Kami jelaskan disini yaitu adalah behavioral science atau ilmu perilaku.

Juga dikenal sebagai ekonomi perilaku dan melihat subjek tindakan manusia, ini merangkum berbagai bidang studi, termasuk kognitif-saraf, psikologi dan ekonomi serta aspek perilaku biologi, hukum, psikiatri dan ilmu politik.

Seperti yang diprediksikan menurut kumpulan para ahli dan pakar “Gartner” dalam bukunya:

Internet of Behavior (IOB) akan digunakan untuk menghubungkan Orang secara digital dengan tindakan mereka.

Prediksi Gartner

Betul! Penambangan atau data mining (baca selengkapnya tentang arti dan tujuan data mining disini) dalam Internet of Behaviors (IOB) menggabungkan teknologi, analisis data dan ilmu perilaku.

Macam-Macam Manfaat IOB (Internet of Behaviors) dan Contohnya

Selain pengertian dan jenis komponennya dia tas, lalu apa saja macam-macam manfaat yang dapat diberikan oleh IOB, khususnya implementasi dan penerapan internet of behaviors ini?

Memang, sementara melakukan dan mulai mengaplikasi IOB secara teknis terbilang mudah, perlu kalian ketahui bahwa itu semua dapat menjadi hal yang menantang secara psikologis.

Terlebih, untuk alasan etika dan hukum, perlu untuk melakukan studi statistik yang merekam rutinitas dan perilaku sehari-hari tanpa sepenuhnya mengungkapkan privasi pelanggan.

Adapun beberapa macam manfaat Internet of Behaviors (IOB) terkait implementasinya yaitu:

  • Analisis perilaku pembelian pelanggan di berbagai platform.
  • Memeriksa data tentang bagaimana orang terlibat dengan gadget dan barang yang sebelumnya tidak tersedia.
  • Mendapatkan informasi yang lebih spesifik tentang tahap pelanggan dalam proses pembelian.
  • Memberitahukan dan menargetan Point of Sales (POS) waktu nyata yang tersedia.
  • Melakukan penutupan penjualan dan mempertahankan kepuasan konsumen dengan menyelesaikan masalah dengan cepat.

Untuk contohnya sendiri, perlu Kami jelaskan disini bahwa Internet of Behaviors (IOB) diharapkan memainkan peran penting dalam e-commerce, perawatan kesehatan, manajemen pengalaman pelanggan, dan optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO).

Secara khusus, contoh kasus penggunaannya yang potensial meliputi:

  • Mengurangi premi asuransi untuk pengemudi yang kendaraannya secara konsisten memberikan informasi terkait pola rem dan akselerasi yang diinginkan.
  • Menganalisis pembelian bahan makanan pengguna tertentu untuk mempersonalisasi saran menu.
  • Menggunakan layanan lokasi dan riwayat pembelian untuk menyesuaikan promosi pembelanja secara real-time.
  • Mengirim peringatan ketika data pelacak aktivitas kebugaran menunjukkan tekanan darah pemakainya terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Kenapa Internet of Behaviors (IOB) atau Internet Berdasarkan Perilaku Penting untuk Masa Depan?

Ilustrasi Gambar Pentingnya Teknologi IOB Atau Internet Of Behaviors Di Masa Depan Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Pentingnya Teknologi IOB Atau Internet Of Behaviors Di Masa Depan Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya

Jadi, apa yang membuat Internet of Behaviors (IOB) ini menjadi hal yang penting untuk bisnis, organisasi atau perusahaan, khususnya masa depan mendatang?

Baik, marketing dan psikologi dari awal periklanan berjalan beriringan.

Dengan cara ini, analisis perilaku dan psikologi telah memungkinkan wawasan baru ke dalam data yang dikumpulkan oleh Internet of Things.

Teknologi dalam IOB dapat menjadi tools (alat) baru yang kuat untuk bisnis dan organisasi di seluruh dunia.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Embedding (Penyematan): Manfaat, Cara Melakukan dan Perbedaannya dengan Uploading!

Dengan menggunakan alat ini, Anda akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang pelanggan Anda, yang diperlukan untuk setiap bisnis.

Yang pasti, analitik, pengujian A/B, analisis SWOT, dan banyak teknik lainnya telah membantu perusahaan selama bertahun-tahun membangun strategi produk dan pemasaran mereka untuk membuat dan mempromosikan produk yang ingin dibeli pengguna.

Ya! Internet of Behavior atau internet berdasarkan perilaku dimaksudkan untuk menghasilkan dorongan yang cukup besar dalam pengembangan industri penjualan.

IoT dan IoB bersama-sama dianggap sebagai dua teknologi digital yang menjanjikan yang akan menjadi lebih berguna dalam waktu dekat.

Bahkan pada tahap saat ini dari tahun 2021-2022, kemampuan solusi IOT ketika dikombinasikan dengan teknologi IOB sangat mengesankan dan menguntungkan.

Kesimpulan

Oke, sekarang Kami pikir sudah cukup lengkap untuk pembahasan terkait Pengertian Internet of Behaviors, Apa itu IOB dan Internet Perilaku? Tujuan, Jenis Komponen, Macam Manfaat, Contoh dan Pentingnya di Masa Depan.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan tentang di atas, dapat kita simpulkan bahwa internet (berdasarkan) perilaku atau Internet of Behaviors (IOB) adalah area penelitian dan pengembangan yang berusaha memahami bagaimana, kapan, dan mengapa manusia menggunakan teknologi untuk membuat keputusan.

konsep keseluruhan internet perilaku berkisar pada analisis efektif data perilaku dan pemahaman yang tepat, serta keinginan untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh untuk mempromosikan dan menciptakan layanan dan produk yang disesuaikan.

Benar! Ini pada akhirnya akan memberikan nilai lebih bagi pelanggan dan bisnis Anda.

Seperti yang sudah Kami singgung dalam pentingnya IOB untuk masa depan, meskipun internet of behaviors sedang dalam tahap awal, di tahun-tahun mendatang, Kami yakin bahwa Internet of Things (IOT) dengan ekstensi IOB akan menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat, dan dapat membuat hidup lebih mudah dan lebih efisien.

Yup! Itu semua pasti bisa menjadi ekosistem yang akan menentukan perilaku manusia yang mendorong terciptanya dunia digital.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas Pengertian Internet of Behaviors, Apa itu IOB dan Internet Perilaku? Tujuan, Jenis Komponen, Macam Manfaat, Contoh dan Pentingnya di Masa Depan.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi dan bisnis secara umum.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar