Paste: Apa itu Tempel? Tujuan dan Cara Kerja, Cara Melakukan, Perbedaan serta Apa Saja Shortcutnya!

0
Gambar Dari Pengertian Paste Apa Itu Tempel Tujuan Dan Cara Kerja Cara Melakukan Perbedaan Serta Apa Saja Shortcutnya
Gambar Dari Pengertian Paste Apa Itu Tempel Tujuan Dan Cara Kerja Cara Melakukan Perbedaan Serta Apa Saja Shortcutnya

Memahami Pengertian Paste, Apa itu Tempel? Tujuan dan Cara Kerja, Cara Melakukan, Perbedaan serta Apa Saja Shortcut-nya!

Yup! Berbeda dengan istilah copy atau salin, tombol “paste” pada smartphone kita biasanya menempatkan konten yang terdapat di papan klip saat ini ke dalam dokumen di lokasi kursor berkedip.

Di desktop, Personal Computer atau PC (baca pengertian Personal Computer atau PC disini), kalian juga dapat menempel dengan menekan Ctrl + V pada keyboard kalian.

Sama seperti cut, saat Anda menempelkan teks atau apapun itu, perangkat komputer tidak menghapusnya dari papan klip.

Beberapa sistem operasi, misalnya seperti Microsoft Word menawarkan sejumlah opsi saat menempelkan untuk menyesuaikan tampilan materi yang ditempelkan.

Setelah Anda melakukan paste, maka kotak kecil berlabel “ctrl” akan muncul.

Tekan “kontrol” atau klik kotak jika Anda ingin melihat opsinya.

Terlepas daripada itu, banyak orang awam yang sampai saat ini masih belum memahami betul apa arti dari istilah tempel tersebut dan oleh karena itulah, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lengkap pengertian dari paste yang pada umumnya sering kita gunakan.

Baiklah, mari kita simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Paste

Paste atau tempel (dalam bahasa Indonesia) adalah tindakan program perangkat yang memungkinkan Anda menyalin objek atau teks dari satu lokasi dan menempatkannya ke lokasi lain, dimana simpulan ini juga sesuai berdasarkan sumber dari situs Computerhope.

Sebagai contoh, misalnya seperti ketika Anda dapat menyalin URL atau link (tautan) yang dikirimkan kepada Anda melalui obrolan, e-mail, atau IM atau platform chatting (baca pengertian chatting disini) lainnya.

Kemudian, setelah meng-copy, Anda pun dapat paste atau menempelkan URL tersebut ke browser web untuk mengunjungi halaman web.

Apa itu Tempel (Paste)?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Tempel Tujuan Dan Cara Kerja Paste Serta Jenis Macam Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Tempel Tujuan Dan Cara Kerja Paste Serta Jenis Macam Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan tempel ini?

Ya! Seperti yang sudah Kami terangkan di atas, istilah ini lebih dikenal dengan sebutan paste secara global.

Tempel berarti menyalin objek dari buffer (atau clipboard) ke file.

Dalam pengolah kata atau word processor, blok teks dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dengan melakukan cut (memotong) dan paste (menempel).

Saat Anda memotong (cut) blok teks, pengolah kata akan menghapus blok tersebut dari file Anda dan menempatkannya di area penyimpanan sementara (buffer).

Anda kemudian dapat menempelkan data di buffer di tempat lain.

Sistem operasi modern, seperti Microsoft Windows dan Mac OS, sudah dapat memungkinkan Anda memotong objek dari satu aplikasi dan menempelkannya ke aplikasi lain.

Bergantung pada bagaimana objek ditempel atau di-paste, itu juga bisa ditautkan atau disematkan.

Perlu untuk diketahui, terkait sejarah programnya, Apple Lisa adalah sistem pengeditan teks pertama yang memperkenalkan konsep clipboard.

Ada banyak aplikasi yang mendukung operasi salin dan tempel, seringkali dengan kombinasi tombol, opsi bilah alat, menu tarik-turun, atau menu munculan.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Embedding (Penyematan): Manfaat, Cara Melakukan dan Perbedaannya dengan Uploading!

Di komputer berbasis Windows dan Macintosh, kombinasi tombol Ctrl + C seringkali menghasilkan efek dan tindakan salin sedangkan kombinasi tombol Ctrl + V menghasilkan efek tempel.

Betul! Tindakan ini juga bisa dilakukan dengan bantuan mouse.

Tujuan dan Cara Kerja Paste

Agar kita dapat lebih memahami tentang apa itu arti dan pengertian paste, pastinya kita juga harus mengetashui tentang tujuan dan seperti apa prinsip dan cara kerjanya bukan?

Oke, perlu Kami tekankan, tempel atau paste adalah perintah yang memiliki tujuan utama dan memungkinkan Anda memasukkan data dari papan klip ke dalam aplikasi, program atau software.

Untuk menggunakan perintahnya di perangkat komputer seperti desktop, PC, komputer, laptop dan smartphone, biasanya Anda harus terlebih dahulu menggunakan perintah copy (salin) atau cut (potong) untuk menyimpan data ke papan klip.

Setelah papan klip (clipboard) tersebut berisi data, maka Anda dapat menempelkan data yang disimpan ke program pendukung apa pun.

Perintah paste atau tempel ini paling umum digunakan untuk menyalin teks dari satu area ke area lain.

Sebagai contoh misalnya, Anda dapat menyalin paragraf dari dokumen teks dan menempelkannya ke dalam pesan e-mail.

Anda juga dapat menyalin URL (baca pengertian URL disini) dari pesan e-mail dan menempelkannya ke bilah alamat browser web.

Saat menempelkan teks yang sudah diformat, beberapa program menyediakan perintah tempel khusus yang lebih dikenal dengan “paste special”, dimana ini memungkinkan Anda memilih pemformatan apa, jika ada, yang harus disimpan saat menempelkan teks.

Program lainnya juga ada yang menyertakan perintah tempel dan cocokkan gaya atau paste and match style, yang cocok dengan format teks di sekitarnya.

Berkenaan dengan hal di atas, paste atau tempel juga dapat digunakan untuk membuat salinan gambar, klip video, trek audio, dan data lainnya.

Contohnya misalnya, program pengeditan gambar memungkinkan Anda menempelkan foto digital ke kanvasnya.

Atau seperti program produksi audio memungkinkan Anda menyalin 4 (empat) ukuran trek audio, lalu menempelkannya beberapa kali untuk membuat loop (pengulangan).

Meskipun perintah paste ini mendukung banyak jenis data, ini hanya akan berfungsi jika aplikasi mendukung data yang disimpan ke papan klip.

Misalnya, Anda tidak dapat menempelkan data gambar ke dalam program produksi audio atau data audio ke dalam program pengeditan gambar.

Perintah tempel biasanya ditemukan di menu “edit” program atau software.

Anda juga dapat menempelkan data dengan memilih menu edit lalu klik paste (tempel) atau dengan menggunakan pintasan keyboard dengan Ctrl + V (Windows) atau ⌘ Command + V (Mac).

Yup! Data tersebut akan disisipkan dimanapun kursor berada di dalam dokumen.

Jika Anda telah memilih bagian dari dokumen, perintah paste biasanya akan mengganti data yang dipilih dengan konten clipboard.

Selain itu, perlu Kami tekankan disini bahwa perintah tempel hanya dapat digunakan untuk menempelkan data ke dalam dokumen yang dapat diedit.

Oleh karena itu, jika Anda mencoba menempelkan data ke dalam dokumen read-only (hanya-baca) seperti halaman web atau pesan e-mail di kotak masuk Anda, perintah tersebut tidak akan berfungsi.

Baca Juga :  Cara Reset Printer Canon MP237: Cara Simple Cepat dan Mudah (Work)

Cara Mem-Paste atau Menempel

Setelah memahami pengertian dan artinya, kemudian, bagaimana kita melakukan tindakan paste atau menempel ini?

Well, pada dasarnya memang, ini semua bergantung dengan data apa yang ada di papan klip atau clipboard Anda.

Namun, pada umumnya untuk memulai menempelkannya, Anda perlu mengawalinya dengan langkah copy atau cut pada sesuatu yang ingin Anda salin tersebut.

Lalu, setelah Anda sudah memastikan bahwa sesuatu tersebut telah di-copy atau di-cut, lanjutkanlah dengan salah satu cara dan langkah yang Kami jelaskan di bawah ini:

Tempatkan kursor Anda pada bagian yang ingin Anda tambahkan data tempelannya, lalu pilih paste atau tempel.

Atau, klik "edit" dari menu file teratas di program, lalu klik "paste".

Cara lainnya yaitu dengan sorot teks dan gunakan kombinasi tombol pintas Ctrl + V atau Shift + Insert di PC atau ⌘ Command + V di Apple Mac.

Perbedaan Copy-Paste dan Cut-Paste

Ilustrasi Gambar Perbedaan Copy Paste Dengan Cut Paste Apa Saja Shortcut Atau Pintasan Keyboardnya Dan Kenapa Kita Bisa Melakukannya Berkali Kali
Ilustrasi Gambar Perbedaan Copy Paste Dengan Cut Paste Apa Saja Shortcut Atau Pintasan Keyboardnya Dan Kenapa Kita Bisa Melakukannya Berkali Kali

Selain membahas tentang pengertian dan artinya, dalam postingan ini Kami juga akan menjelaskan beberapa hal tentang perbedaan copy-paste dengan cut-paste.

Oke untuk memulainya, perlu kalian pahami bahwa command atau perintah “cut” ini berfungsi menyalin data yang dipilih ke clipboard, akan tetapi juga menghapus datanya dari asalnya.

Perintah “copy” digunakan untuk menduplikasi data asal, sedangkan perintah “cut” digunakan untuk memindahkan data.

Yup! Clipboard atau papan klip Windows adalah tempat dengan keberadaan rentan akan terjadinya kesalahan.

Jika Anda memotong atau meng-cut dan kemudian lupa menempel atau mem-paste sebelum menyalin data baru ke papan klip atau mematikan komputer Anda, maka data lama dapat hilang selamanya (dengan pengecualian file dan folder yang tetap berada di tempat aslinya).

Apa Saja Shortcut dari Keyboard untuk Paste (Tempel)?

Lalu, apa saja shortcut atau pintasan keyboard untuk mem-paste?

Oke, di bawah ini adalah daftar pintasan keyboard tentang bagaimana Anda dapat menempel di sistem operasi yang berbeda serta ingatlah bahwa saat Anda menggunakan pintasan ini, data ditempelkan di tempat kursor saat ini diposisikan:

  • Desktop PC dan laptop = Ctrl + V atau Shift + Insert
  • Desktop dan laptop Apple = ⌘ Command + V
  • Google Chromebook = Ctrl + V

Kenapa Kita Bisa Melakukan Paste atau Tempel Berkali-kali?

Jadi, kenapa kita bisa mem-paste atau menempelkan data yang ada di papan klip berkali-kali?

Seperti yang sudah Kami singgung di atas, ketika ada sesuatu yang di-cut (dipotong) atau di-copy (disalin), maka itu akan pindah ke clipboard dan tetap berada di sana sampai sesuatu yang lain dipotong atau disalin.

Ya! Dengan menyimpan apa yang dipotong atau disalin di papan klip, komputer dapat menempelkan hal yang sama beberapa kali atau sebanyak yang Anda inginkan.

Anda juga dapat menempelkannya beberapa kali atau di beberapa tempat lainnya tanpa perlu atau harus menyalinnya lagi.

Walaupun, shutdown (mematikan) komputer atau melakukan restart atau boot ulang akan mengosongkan papan klip perangkat komputer atau smartphone Anda.

Seberapa Sering Anda Melakukan Copy-Paste (CoPas)?

Hmmmn, jadi seberapa seringkah kalian semua melakukan copy-paste?

Ya, untuk pengguna yang membuat konten di komputer, copy (salin) dan paste (tempel) pastinya adalah alat penting untuk produktivitas dan untuk menghindari pembuatan ulang.

Baca Juga :  Ini Dia Pengertian WWW: Menurut Ahli, Cara Kerja, Perbedaannya dengan Internet serta Contohnya!

Untuk penulis yang menjual konten mereka untuk mencari nafkah, salin dan tempel atau yang lebih dikenal dengan sebutan copy-paste (CoPas) ini adalah ekspresi meremehkan yang mengidentifikasi praktik mendapatkan konten orang lain dan menampilkannya sebagai milik mereka.

Apa pengalaman Anda dengan hal itu?

Apakah Anda sering menggunakan perintahnya?

Kesimpulan

Oke, Kami rasa sudah cukup jelas untuk pembahasan Pengertian Paste, Apa itu Tempel? Tujuan dan Cara Kerja, Cara Melakukan, Perbedaan serta Apa Saja Shortcut-nya.

Jadi, berdasarkan penjelasandi atas, dapat kita simpulkan bahwa tempel atau paste adalah perintah dalam antarmuka pengguna komputer dan merupakan salah satu metode mentransfer data dari satu lokasi ke lokasi lain.

Tidak seperti potong dan tempel atau cut-paste, yang memindahkan konten ke lokasi baru, salin dan tempel atau copy-paste akan membuat duplikat di lokasi baru.

Yup! Pada intinya paste (tempel) ini akan memungkinkan replikasi data sederhana.

Operasi tersebut terbilang sangat sering digunakan dilakukan dalam pengeditan berbasis komputer.

Ini biasanya difungsikan sebagai opsi yang berguna bagi banyak pengguna dan dapat menghemat waktu dan tenaga.

Berbeda dengan tindakan cut-paste, copy-paste tidak bersifat merusak, serta ini tidak menyebabkan kehilangan data, melainkan membuat duplikat di lokasi yang ditentukan.

Terlepas daripada itu, perintah salin dan tempel atau yang lebih dikenal dengan istilah CoPas dapat menimbulkan masalah privasi, terutama saat menangani data sensitif.

Salin dan tempel pastinya tidak dapat dilakukan pada artikel atau situs web yang dilindungi hak cipta.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Paste, Apa itu Tempel? Tujuan dan Cara Kerja, Cara Melakukan, Perbedaan serta Apa Saja Shortcut-nya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi dan perangkat komputer serta smartphone.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar