Ini Dia Pengertian Personal Computer (PC): Apa itu Komputer Pribadi? Sejarah, Fungsi dan Jenis-Jenisnya!

0
Gambar Pengertian Personal Computer PC Apa Itu Komputer Pribadi Sejarah Fungsi Dan Jenis Jenisnya
Gambar Pengertian Personal Computer PC Apa Itu Komputer Pribadi Sejarah Fungsi Dan Jenis Jenisnya

Tahukah Kalian, Pengertian Personal Computer (PC), Apa itu Komputer Pribadi? Sejarah, Fungsi dan Jenis-Jenisnya! Memang, ketika kebanyakan orang berpikir tentang komputer (baca selengkapnya tentang komputer disini), mereka menggambarkannya dengan personal computer, komputer pribadi, atau PC. Perlu kalian ketahui, ini dirancang untuk hanya satu orang untuk digunakan sekaligus. Sebagian besar komputer yang Anda dan teman serta keluarga Anda miliki dan gunakan dalam kegiatan sehari-hari mungkin adalah komputer pribadi.

Istilah PC atau personal computer ini memiliki arti yang berbeda dalam budaya populer. Di satu sisi, ini berarti komputer apa pun yang dirancang untuk penggunaan pribadi. Di sisi lain, kadang-kadang juga digunakan untuk merujuk secara khusus ke komputer yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows, seperti pada kalimat “mana yang lebih baik? Mac atau PC?” Ya! Terkait hal tersebut di atas, dalam postingan kali ini Kami akan membahas tentang apa itu pengertian personal computer (PC) secara lebih detail dan lengkap. Berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Personal Computer (PC)

Dalam penggunaannya yang lebih umum, sering disingkat dengan hanya PC, sebuah personal computer adalah komputer mikro yang dirancang untuk digunakan oleh satu orang sekaligus berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Techtarget.

Sebelum ke PC hadir untuk semua orang, komputer dirancang untuk (dan hanya terjangkau oleh) perusahaan yang memasang terminal untuk banyak pengguna lainnya ke satu komputer besar berukuran raksasa yang sumber dayanya dibagi di antara semua penggunanya.

Apa itu Komputer Pribadi?

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan komputer pribadi? Secara arti, personal computer atau PC berarti komputer pribadi. Itu adalah komputer yang digunakan untuk tujuan umum dan biasanya lebih hemat biaya.

Mereka dirancang untuk digunakan oleh single-user atau pengguna tunggal. Setiap PC (komputer pribadi) bergantung pada teknologi mikroprosesor, yang memungkinkan pembuatnya dapat untuk mengatur seluruh unit pemrosesan pusat (CPU) pada satu chip.

Sejarah Komputer Pribadi

Ilustrasi Gambar Sejarah Personal Computer Atau PC Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Sejarah Personal Computer Atau PC Dalam Membahas Pengertiannya

Seperti yang sudah Kami singgung pada penjelasan pengertian personal computer (PC) di atas, kalian harus tahu bahwa sebelum istilah personal computer yang merupakan akronim PC ini ada, komputer dirancang untuk organisasi besar yang memasang terminal (berbentuk tipis) yang dapat digunakan untuk banyak pengguna ke satu komputer besar, dimana resource yang terdapat pada komputer pusat tersebut, sumber dayanya dibagi di antara semua pengguna.

Munculnya PC atau personal computer (komputer pribadi), mereka memecah tradisi komputasi dengan menggunakan terminal. Pada akhir tahun 1980-an, kemajuan teknologi (baca pengertian teknologi dan contohnya disini) memungkinkan untuk membangun komputer kecil yang dapat dimiliki dan digunakan secara perorangan atau individu.

Baca Juga :  Ini Penjelasan Processor: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Komponen dan Tips Memilih Merknya!

Komputer pribadi mulai menyebar luas pada tahun tersebut. Untuk harga PC yang pertama, yaitu adalah sangat mahal. Sejarah menunjukkan bahwa mereka memiliki pendahulunya khususnya sebagai mesin penghitung. Itu adalah pengembangan dari sistem operasi yang efektif dan antarmuka yang ramah pengguna yang memberikan dorongan untuk pengembangan dan membiarkan mereka menjadi pengolah kata.

Istilah “PC” secara tradisional digunakan untuk menggambarkan komputer pribadi “yang kompatibel dengan IBM” dan bertentangan dengan komputer Apple Macintosh. Perbedaannya adalah teknis dan budaya dan kembali ke tahun-tahun awal personal computer atau komputer pribadi, ketika IBM dan Apple adalah dua pesaing utama.

Awalnya, PC “IBM” adalah PC dengan arsitektur mikroprosesor Intel dan sistem operasi seperti DOS atau Windows yang ditulis untuk menggunakan mikroprosesor tersebut. Sedangkan Apple Macintosh menggunakan arsitektur mikroprosesor Motorola dan sistem operasi yang memiliki seorang pemilik. PC “IBM” dikaitkan dengan bisnis dan penggunaan, sedangkan “Mac,” yang dikenal dengan antarmuka pengguna yang lebih intuitif, dikaitkan dengan desain grafis dan desktop publishing.

Meskipun perbedaannya menjadi kurang jelas dalam beberapa tahun terakhir, terutama seperti di tahun 2020 ini (dimana semua OS dapat diinstall dalam berbagai macam perangkat) orang-orang mengkategorikan mereka (personal computer) dengan hanya PC atau Mac.

Fungsi Personal Computer

Setelah mengetahui apa itu personal computer (PC) dan artinya di atas, pastinya kita juga harus mengetahui apa saja manfaat dan kegunaan mereka bukan? Benar! Komputer pribadi yang Kami maksud disini sebenarnya dapat berupa komputer mikro, komputer desktop, komputer laptop, PC tablet, atau PC genggam sekalipun.

Fungsi utama dari komputer pribadi atau yang sering disebut dengan personal computer (PC) pada umumnya digunakan untuk bekerja dengan pengolah kata, komunikasi internet (baca pengertian internet disini), dan komposisi suara dan juga untuk DTP. PC adalah teknologi yang paling dihargai di seluruh dunia. Kemampuan pemrosesan data PC juga telah ditambahkan ke dalam kegunaannya.

Bidang bisnis sendiri menggunakan PC untuk melakukan tugas-tugas seperti akuntansi, publishing dan mengolah kata serta untuk menjalankan database (baca pengertian database disini) dan spreadsheet. Di rumah, PC terutama digunakan untuk hiburan multimedia, bermain game PC, mengakses internet, dan lain sebagainya. Meskipun PC dimaksudkan untuk digunakan sebagai sistem pengguna tunggal, adalah merupakan hal yang normal untuk menghubungkan mereka bersama-sama untuk membuat networking (jaringan), seperti Local Area Network (LAN).

Jenis-Jenis Personal Computer

Terlepas daripada hal tersebut di atas, terkait penggunaannya sendiri pada saat di rumah, biasanya mereka paling populer digunakan untuk bermain game bukan? Ya! Setelah mengetahui arti, sejarah dan fungsi dari personal computer

atau komputer pribadi, disini Kami juga akan membahas jenis dan macam dari PC secara umum.

Baca Juga :  Ayo Mengenal Pengertian Hosting: Fungsi, Jenis, Fitur dan Perbedaannya dengan Domain!

Komputer pribadi atau personal computer (PC) terbagi dalam beberapa kategori, terutama dibedakan berdasarkan ukurannya yaitu adalah sebagai berikut.

1. Komputer Desktop

Gambar Jenis Personal Computer PC Atau Komputer Pribadi Komputer Desktop
Gambar Jenis Personal Computer PC Atau Komputer Pribadi Komputer Desktop

Jenis yang pertama adalah komputer desktop. Ini dirancang untuk digunakan di meja dan jarang dipindahkan.
Computer desktop terdiri dari sebuah kotak besar yang disebut unit sistem yang berisi sebagian besar komponen penting.

Monitor, keyboard, dan mouse semua tancapkan ke dalamnya menggunakan kabel (atau dalam beberapa kasus, menggunakan teknologi nirkabel). Desktop menawarkan banyak daya komputasi dan kinerja untuk harga, dan mereka fleksibel karena Anda dapat menghubungkan monitor, keyboard, dan mouse apa pun yang Anda inginkan, serta memasang drive penyimpanan tambahan, memori, dan kartu ekspansi yang menambahkan baru kemampuan.

2. Laptop dan Notebook

Gambar Jenis Personal Computer PC Atau Komputer Pribadi Laptop
Gambar Jenis Personal Computer PC Atau Komputer Pribadi Laptop

Seperti namanya, laptop atau notebook adalah komputer portabel yang dirancang untuk dilipat seperti notebook untuk dibawa dan disimpan. Penutupnya terbuka untuk menampilkan layar, keyboard, dan perangkat penunjuk bawaan, yang menggantikan mouse.

Notebook dapat menjalankan sebagian besar perangkat lunak yang sama seperti desktop, dan mirip dengan itu dalam kinerja. Beberapa orang menyebutnya laptop. Notebook memungkinkan Anda membawa komputer ke mana saja. Namun, harganya lebih mahal daripada desktop dengan tingkat kinerja yang sama, dan tidak terlalu dapat disesuaikan atau ditingkatkan.

3. Netbook

Gambar Jenis PC Atau Komputer Pribadi Tablet
Gambar Jenis PC Atau Komputer Pribadi Tablet

Ini adalah singkatan dari internet notebook, netbook adalah komputer notebook yang lebih kecil dan kurang kuat yang dirancang terutama untuk mengakses Internet.

Netbook biasanya lebih murah daripada notebook atau komputer desktop, dan lebih ringan serta lebih nyaman untuk dibawa kemana-mana, tetapi mungkin, mereka tidak memiliki cukup memori dan prosesor yang cukup kuat untuk menjalankan semua aplikasi desktop.

4. Tablet

Gambar Jenis PC Atau Komputer Pribadi Notebook
Gambar Jenis PC Atau Komputer Pribadi Notebook

Sebuah tablet adalah komputer portabel yang terdiri dari layar peka sentuhan yang dipasang pada bingkai plastik ukuran tablet dengan komputer kecil di dalamnya.

Tidak ada keyboard atau pointer atau alat penunjuk, keyboard berbasis perangkat lunak muncul di layar saat diperlukan, dan jari Anda yang meluncur di layar berfungsi sebagai alat penunjuk. Tablet sangat portabel dan nyaman, tetapi biasanya tidak menjalankan aplikasi komputer desktop dan memiliki memori terbatas dan kemampuan penyimpanan.

5. Smartphone

Gambar Jenis PC Atau Komputer Pribadi Smartphone
Gambar Jenis PC Atau Komputer Pribadi Smartphone

Berarti ponsel pintar, smartphone adalah ponsel yang dapat menjalankan aplikasi dan memiliki kemampuan internet. Ponsel pintar biasanya memiliki layar sentuh yang sensitif. Banyak yang memiliki beragam aplikasi yang sadar lokasi, seperti Global Positioning System (GPS) dan program pemetaan dan panduan bisnis lokal.

Baca Juga :  10 Teknologi Otomotif Terbaik dan Terbaru Tahun 2019

Ponsel pintar memiliki banyak kesamaan dengan komputer, tetapi mereka tidak memiliki kekuatan dan fleksibilitas perangkat komputasi yang lebih besar.

Mana yang Populer Saat Ini? PC atau Macintos?

Saat ini, terutama di tahun 2020 saat ini, dunia komputer pribadi pada dasarnya terbagi antara Windows PC dan Apple Macintosh. Karakteristik utama dari sebuah personal computer atau komputer pribadi adalah bahwa mereka adalah sistem pengguna yang tunggal dan didasarkan pada mikroprosesor.

Namun, meskipun komputer pribadi dirancang sebagai sistem pengguna tunggal, adalah merupakan hal yang umum untuk menghubungkan mereka secara bersama dalam membentuk jaringan.

Dari segi power atau kekuatan, ada banyak variasi. Dimana pada akhirnya, perbedaan antara PC dan Workstation pun telah memudar. Model PC dan Macintos kelas atas menawarkan daya komputasi dan kemampuan grafik yang sama dengan Workstation kelas bawah.

Kesimpulan

Baiklah, dari pembahasan dan penjelasan Kami tentang Pengertian Personal Computer (PC), Apa itu Komputer Pribadi? Sejarah, Fungsi dan Jenis-Jenisnya di atas, dapat kita tarik sebuah simpulan bahwa PC atau personal computer adalah merujuk pada komputer kecil dan relatif murah yang dirancang untuk pengguna individu. Dalam hal harga, komputer pribadi berkisar antara beberapa ratus dolar hingga ribuan dolar.

Semua didasarkan pada teknologi mikroprosesor yang memungkinkan produsen untuk menempatkan seluruh CPU pada satu chip. Saat beberapa tahun terakhir, istilah PC menjadi semakin sulit untuk dijabarkan. Namun, secara umum, ini berlaku untuk komputer pribadi yang seperti Windows dan bukan Mac.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam postingan Kami kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Personal Computer (PC), Apa itu Komputer Pribadi? Sejarah, Fungsi dan Jenis-Jenisnya. Semoga dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kalian semua dalam memahami artinya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar