Infographic: Pengertian, Apa itu Infografik dan Infografis?, Tujuan, Fungsi, Jenis, Macam + Contoh, Pentingnya, serta Antara Infografik atau Infografis, Mana yang Benar?

Gambar Dari Pengertian Infographic Apa Itu Infografik Atau Infografis Tujuan Fungsi Jenis Macam Contoh Pentingnya Serta Antara Infografik Atau Infografis Mana yang Benar Sesuai KBBI
Gambar Dari Pengertian Infographic Apa Itu Infografik Atau Infografis Tujuan Fungsi Jenis Macam Contoh Pentingnya Serta Antara Infografik Atau Infografis Mana yang Benar Sesuai KBBI

Memahami Pengertian Infographic, Apa itu Infografik atau Infografis?, Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam + Contoh, Penting, Infografik atau Infografis, Mana yang Benar?

Yup, semenjak komunikasi visual telah menjadi bagian penting dalam menyampaikan pesan-pesan kompleks secara efektif.

Salah satu bentuk komunikasi visual yang telah mendapatkan popularitas adalah infografik.

Biasa juga dikenal dengan istilah data visualization (silahkan kalian baca pengertian lengkap tentang data visualization atau visualisasi data di sini), kata infografik, singkatan dari “informasi grafik,” merupakan suatu medium yang menggabungkan elemen teks, gambar, dan grafik untuk menyampaikan informasi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.

Owh iya, untuk kamus AI kita juga ada yang membahas terkait infografik di sini ya.

Well, memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya infografik dalam menyampaikan informasi secara jelas dan efisien dalam era di mana visualisasi data tentunya memiliki dampak yang besar.

Untuk itu, di sini kita akan menjelajahi konsep dasar seputar infografik. Kita akan mengulas apa sebenarnya infografik itu, tujuan serta fungsi utamanya, berbagai jenis dan macam infografik yang ada, serta melihat contoh-contoh nyata untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam.

Terlebih lagi, kita akan merangkum mengapa infografik memegang peranan penting dalam komunikasi modern dan bagaimana adanya perdebatan antara penggunaan istilah infografik dan inforafis.

Mari kita simak!

Pengertian Infographic dan Definisinya

Berarti infografis atau infografik dalam bahasa Indonesia, infographic adalah representasi dalam bentuk yang dapat dilihat dari informasi yang kompleks atau data statistik yang disajikan dalam bentuk grafis, gambar, dan teks yang singkat dan padat yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dengan cara yang lebih menarik, jelas, dan mudah dipahami oleh audiens.

Berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Kamus Oxford, di mana artinya adalah infografis (atau grafik informasi) adalah “representasi visual dari informasi atau data”, infografik tentunya sangat membantu menggabungkan elemen desain visual dengan konten informatif untuk mempermudah pemahaman dan retensi informasi.

Memang, pengertian, arti, atau makna infographic sendiri adalah sesuatu yang jauh lebih spesifik.

Secara sederhana, kita dapat mendefinisikan infographic (infografik atau infografis) sebagai suatu kumpulan gambar, visualisasi data seperti diagram lingkaran dan grafik batang, dan teks minimal yang memberikan ikhtisar topik agar dapat mudah dimengerti.

Pengertian Infographic (Infografik atau Infografis) Menurut Para Ahli

Berdasarkan literasi Kami, dalam mendefinisikan esensi dari kata ini, perlu Kami jelaskan bahwa ada beberapa sumber menurut para ahli atau pakar yang menggarisbawahi peran penting elemen visual dalam mengkomunikasikan informasi dan data dengan cara yang lebih efektif, efisien, dan menarik.

Berikut ini adalah beberapa pengertian dari infographic menurut para ahli yang harus kalian ketahui:

1. Edward Tufte

Menurut Edward Tufte, seorang ahli visualisasi informasi, infografik adalah “representasi visual dari data dan informasi”.

Dia menerangkan dan menekankan untuk pentingnya menggabungkan elemen visual dengan data yang akurat untuk menciptakan komunikasi yang efektif.

2. Alberto Cairo

Pengertian infographic (infografik atau infografis) menurut ahli selanjutnya yaitu adalah dari pakar bernama Alberto Cairo.

Alberto merupakan seorang pakar dalam ilmu data visualisasi yang menggambarkan infografik sebagai “gabungan antara data visualisasi dan narasi visual”.

Dia menekankan pentingnya menggabungkan elemen visual dengan narasi yang mengarahkan audiens melalui informasi yang disajikan.

3. Scott Berinato

Dalam bukunya “Good Charts: The HBR Guide to Making Smarter, More Persuasive Data Visualizations,” ahli atau pakar dalam rumpun ilmu terkait bernama Scott Berinato mendefinisikan infografik sebagai kumpulan gambar dan teks yang dirancang untuk mengkomunikasikan informasi atau data dengan cara yang lebih efisien daripada hanya teks saja.

4. Nigel Holmes

Selanjutnya ada juga Nigel Holmes, seorang ilustrator dan pembuat infografik.

Dalam pengertiannya, dia menggambarkan infografik sebagai “kunci untuk memahami banyak hal dalam satu pandangan mata, di mana ini adalah sesuatu yang lebih dari sekadar gambar”.

5. David McCandless

Terakhir, pengertian infographic menurut ahli bernama David McCandless yang merupakan seorang penulis dan pembuat visualisasi informasi, dia mengartikan infografik sebagai “cara untuk merangkum data, mengatur kenyataan yang rumit menjadi gambar yang membantu orang memahami”.

Apa itu Infografik atau Infografis?

Gambar Pengertian Infographic Infografik Infografis Menurut Para Ahli Dan Pakar Serta Apa Tujuan Dan Fungsinya
Gambar Pengertian Infographic Infografik Infografis Menurut Para Ahli Dan Pakar Serta Apa Tujuan Dan Fungsinya

Baiklah, jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan infografik atau infografis ini?

Seperti yang sudah Kami terangkan sedikit di atas mengenai pengertian dan definisinya, perlu kalian pahami terlebih dahulu bahwa kata ini sering dikenal dengan sebutan infographic secara global.

Infografik atau infografis adalah representasi visual dari informasi yang kompleks atau statistic data yang disajikan dalam bentuk grafis, gambar, dan teks yang singkat dan padat.

Benar! Menyampaikan informasi dengan cara yang lebih menarik, jelas, dan mudah dipahami oleh audiens (baca pengertian dan maksud kata audiens di sini).

Infografik membantu menggabungkan elemen desain visual dengan konten informatif untuk mempermudah pemahaman dan retensi informasi.

Secara Khusus, di sini dapat Kami terangkan bahwa Infografik merupakan bentuk komunikasi visual yang menggabungkan elemen-elemen seperti grafik, ilustrasi, diagram, ikon, dan teks pendek untuk menggambarkan informasi atau data yang kompleks.

Yup! Mereka dapat berbentuk poster, gambar digital, grafik bergerak, atau bahkan animasi yang menggambarkan informasi dengan cara yang lebih menarik dan mudah diingat.

Seperti yang dapat kalian lihat pada pengertiannya menurut para ahli di atas, khususnya menurut Edward Tufte, dan Alberto Cairo, mereka menekankan pentingnya menggabungkan elemen desain visual dengan penyajian data yang akurat dan bermakna.

Tujuan dan Fungsi Infographic

Agar kita dapat lebih memahami pengertian dari infographic, maka kita juga harus mengetahui secara detail terkait tujuan dan fungsi dari kata yang memiliki terjemahan infografik atau infografis ini.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Platform: Apa itu Platform? Tujuan dan Fungsi, Jenis serta Apa Saja Macam dan Contohnya!

Baik, kita mulai dengan membahas tujuan utama dari infografik.

Yup, tentu saja, menyampaikan informasi kompleks secara efektif, merupakan tujuannya yang paling utama.

Infografik bertujuan untuk mengubah informasi yang kompleks dan sulit dipahami menjadi bentuk visual yang lebih sederhana dan jelas.

Dengan menggabungkan grafik, gambar, dan teks pendek, infografik membantu audiens memahami informasi yang mungkin sulit diproses dalam bentuk teks panjang.

Selebihnya, adapun beberapa tujuan lain dari infographic, infografik, atau infografis termasuk:

  • Memikat perhatian; Infografik dirancang untuk memikat perhatian audiens melalui penggunaan warna-warna cerah, desain visual yang menarik, dan tata letak yang kreatif. Ini membantu menarik perhatian audiens dan mendorong mereka untuk melihat lebih lanjut.
  • Meningkatkan retensi informasi; Dengan menggunakan kombinasi gambar dan teks, infografik dapat membantu meningkatkan retensi informasi. Ini karena visualisasi dan ilustrasi dapat membantu audiens mengingat dan menghubungkan informasi dengan lebih baik.
  • Membandingkan data dan informasi; Infografik sering digunakan untuk membandingkan data dan informasi dengan cara yang lebih mudah dilihat dan dimengerti. Ini dapat membantu pengguna melihat perbandingan antara angka, tren, atau statistik dengan lebih cepat.
  • Menggambarkan alur atau proses; Infografik juga digunakan untuk menggambarkan alur atau proses secara visual. Dalam konteks ini, mereka membantu menguraikan langkah-langkah atau tahapan dalam suatu proses dengan jelas dan teratur.

Next, terkait hal di atas, berikut adalah apa saja yang menjadi fungsi-fungsi dari infographic ini:

  • Peningkatan keterbacaan; Infografik membantu memecah informasi yang rumit menjadi bagian yang lebih mudah dicerna, meningkatkan keterbacaan dan pemahaman.
  • Pembandingan visual; Dengan menggunakan grafik dan ilustrasi, infografik memungkinkan pembandingan visual antara data atau informasi yang berbeda.
  • Pemangkasan informasi; Infografik memaksa penyusunnya untuk menyajikan informasi dengan ringkas dan padat, menghindari kelebihan detail yang dapat membingungkan.
  • Konteks dan narasi; Infografik dapat memberikan konteks dan narasi visual untuk data atau informasi yang disajikan, membantu pengguna mengerti makna di balik angka dan fakta.
  • Pemberian wawasan cepat; Dengan menyajikan informasi dalam format visual yang cepat dipindai, infografik membantu pengguna mendapatkan wawasan dasar dengan cepat.

Betul! Infografik berfungsi sebagai alat yang kuat dalam mengomunikasikan informasi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Dengan merancang infografik yang efektif, Anda dapat menggambarkan konsep yang kompleks, menginspirasi minat, dan membangun pemahaman yang lebih baik pada audiens Anda.

Jenis dan Tipe dari Infographic

Ilustrasi Gambar Jenis Tipe Dari Infographic Serta Apa Saja Macam Macam Infografik Atau Infografis Dan Contoh Contohnya
Ilustrasi Gambar Jenis Tipe Dari Infographic Serta Apa Saja Macam Macam Infografik Atau Infografis Dan Contoh Contohnya

Oke, sekarang saya sudah mengetahui apa itu pengertian, definisi, serta tujuan dan fungsi dari infographic.

Sekarang, apa saja jenis tipenya?

Terdapat berbagai jenis infografik yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi dengan cara yang berbeda, berikut adalah beberapa jenis infografik secara lengkap berdasarkan sumber literasi Kami:

  1. Data or Statistical Infographic (Infografik Data atau Statistik); Jenis ini fokus pada penyajian data numerik dan statistik dalam bentuk grafik, diagram, tabel, atau angka yang mudah dipahami. Contohnya termasuk grafik garis, grafik batang, diagram lingkaran, dan tabel perbandingan.
  2. Process or Flow Infographic (Infografik Proses atau Alur); Infografik ini digunakan untuk menggambarkan langkah-langkah dalam suatu proses atau alur kerja. Biasanya berisi ikon atau ilustrasi yang mewakili setiap langkah, dengan penjelasan singkat di sampingnya.
  3. Comparative Infographic (Infografik Komparatif); Jenis ini digunakan untuk membandingkan dua atau lebih entitas atau data secara visual. Ini bisa berupa perbandingan produk, negara, atau segmen pasar, dengan tujuan membantu audiens memahami perbedaan antara mereka.
  4. Information and Knowledge Infographic (Infografik Informasi atau Pengetahuan); Infografik ini berfokus pada penyajian informasi atau pengetahuan yang lebih umum. Ini bisa berisi fakta-fakta menarik, definisi, sejarah, atau penjelasan tentang suatu topik.
  5. Temporal or Historical Infographic (Infografik Temporal atau Sejarah); Jenis ini digunakan untuk menggambarkan perkembangan sejarah atau peristiwa dalam rentang waktu tertentu. Biasanya berisi urutan kronologis dari peristiwa, didukung dengan ilustrasi atau gambar yang sesuai.
  6. Geographic Infographic (Infografik Geografis); Infografik ini memvisualisasikan data atau informasi berdasarkan lokasi geografis. Contohnya termasuk peta yang menunjukkan distribusi geografis dari suatu fenomena atau data.
  7. Illustrative Infographic (Infografik Ilustratif); Jenis ini fokus pada penggunaan ilustrasi atau gambar untuk mendukung penyajian informasi. Infografik ilustratif seringkali digunakan untuk menjelaskan konsep-konsep kompleks atau abstrak.
  8. Interactive Infographic (Infografik Interaktif); Infografik interaktif memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan konten, seperti memilih elemen untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Ini umumnya digunakan dalam format digital.
  9. Comic or Narrative Infographic (Infografik Komik atau Naratif); Jenis ini menggabungkan elemen komik atau naratif dengan penyajian informasi. Ini dapat membuat informasi lebih menghibur dan mudah diingat.
  10. Basic or Educational Infographic (Infografik Dasar atau Edukasi); Infografik ini digunakan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang suatu topik kepada audiens yang mungkin tidak memiliki latar belakang pengetahuan yang mendalam.

Seperti yang dapat kalian lihat pada jenis-jenisnya di atas, setiap jenis infografik memiliki kegunaan dan keunggulannya sendiri tergantung pada tujuan dan konten yang ingin disampaikan.

Sekali lagi, di sini, perlu Kami terangkan juga bahwa pemilihan jenis infografik yang tepat akan membantu memastikan informasi disampaikan dengan cara yang paling efektif kepada audiens.

Macam-Macam Infographic dan Contoh Infografik atau Infografis

Selain membahas pengertian infographic, menurut ahli dan beberapa penjelasan lainnya, dalam postingan ini Kami juga akan menguraikan beberapa macam dan contoh infografik atau infografis yang ada khususnya dari sudut pandang kegunaannya.

Oke, ada beberapa macam infografik terkait dengan kegunaannya, di bawah ini saya akan menguraikan beberapa dari mereka beserta contoh-contohnya:

  1. Infografik Edukasi; Infografik ini digunakan untuk memberikan pengetahuan dan informasi tentang suatu topik kepada audiens. Misalnya, “Anatomi Tubuh Manusia” dengan ilustrasi yang menunjukkan bagian-bagian tubuh dan penjelasan singkat mengenai fungsinya.
  2. Infografik Petunjuk atau Panduan; Jenis ini memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara melakukan suatu tugas atau aktivitas. Contohnya, “Cara Merawat Tanaman dalam Pot” dengan ilustrasi dan penjelasan langkah-langkah perawatan.
  3. Infografik Statistik atau Data; Infografik ini menggambarkan data numerik dalam bentuk grafik, diagram, atau tabel untuk membuat informasi lebih mudah dipahami. Misalnya, “Statistik Penggunaan Media Sosial” dengan grafik batang yang membandingkan jumlah pengguna di berbagai platform.
  4. Infografik Komparatif; Digunakan untuk membandingkan dua atau lebih entitas atau data. Contoh, “Perbandingan Fitur Smartphone A dan B” dengan tabel yang menampilkan perbedaan spesifikasi di antara keduanya.
  5. Infografik Tips atau Trik; Memberikan saran praktis atau tip untuk melakukan suatu tugas atau mengatasi masalah tertentu. Misalnya, “10 Tips untuk Peningkatan Produktivitas” dengan ilustrasi dan penjelasan singkat untuk setiap tip.
  6. Infografik Penjelasan Proses; Menggambarkan alur atau proses langkah-demi-langkah dengan ilustrasi dan penjelasan. Contohnya, “Proses Pembuatan Cokelat” dengan gambar yang menunjukkan langkah-langkah dari biji kakao hingga menjadi cokelat.
  7. Infografik Cerita atau Naratif; Menggunakan ilustrasi dan narasi untuk menceritakan kisah atau menyampaikan informasi dengan pendekatan lebih naratif. Misalnya, “Sejarah Perjalanan Penjelajahan Luar Angkasa” dengan ilustrasi yang menggambarkan setiap tahapan perjalanan.
  8. Infografik Pemetaan atau Geografis; Memvisualisasikan data atau informasi berdasarkan lokasi geografis. Contohnya, “Distribusi Populasi Dunia” dengan peta dunia yang menunjukkan penduduk di berbagai negara.
  9. Infografik Inspirasi atau Motivasi; Digunakan untuk memberikan inspirasi atau pesan motivasi kepada audiens. Misalnya, “10 Kutipan Motivasi untuk Sukses” dengan kombinasi ilustrasi dan kutipan inspiratif.
  10. Infografik Ilustratif Kompleks; Digunakan untuk menjelaskan konsep kompleks atau abstrak dengan menggunakan ilustrasi dan diagram. Contohnya, “Bagaimana Internet Bekerja” dengan gambar yang menunjukkan bagaimana data dikirim melalui jaringan.
Baca Juga :  Mengenal Pengertian Bing: Apa itu Bing? Sejarah, Fitur-Fitur Utama, Perbedaannya dengan Google, dan Perkembangannya dengan Teknologi AI!

Kenapa Infographic, Infografik, atau Infografis itu Penting? 

Ilustrasi Pentingnya Infografik Atau Infografis Dan Di Antara Itu Mana Kata Bakunya Yang Benar Sesuai EYD Serta Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI
Ilustrasi Pentingnya Infografik Atau Infografis Dan Di Antara Itu Mana Kata Bakunya Yang Benar Sesuai EYD Serta Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI

Baik, bagi kalian yang sedang membaca postingan Kami di sini dan kebetulan sedang bertanya-tanya terkait apa pentingnya infographic, perlu Kami nyatakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Tentu saja karena di sini Kami akan menjelaskan dan mendeskripsikan pentingnya infografik atau infografis ini.

Mengacu pada semua pembahasan spesifik sebelumnya di atasi, infografik memiliki pentingnya tersendiri dalam dunia komunikasi modern.

Dengan menggabungkan elemen visual dan teks pendek, infografik membantu menyampaikan informasi yang kompleks dengan cara yang lebih jelas dan mudah dipahami oleh audiens.

Kelebihan atau keunggulan ini memungkinkan pemahaman yang lebih baik terhadap data statistik, alur proses, perbandingan antara entitas, dan bahkan penjelasan mengenai topik yang kompleks.

Infografik juga memiliki daya tarik visual yang tinggi, sehingga mampu memikat perhatian audiens dan menjadikan informasi yang disajikan lebih menarik.

Selain itu, penggunaan ilustrasi, grafik, dan diagram dalam infografik membantu meningkatkan retensi informasi dan memudahkan perbandingan data.

Dalam era di mana perhatian terbatas, efisiensi penyampaian informasi menjadi kunci, dan infografik memberikan cara yang efektif untuk mengkomunikasikan pesan utama dengan cepat.

Keberlanjutan dalam dunia digital juga menjadi keunggulan infographic, yang dapat dengan mudah dibagikan dan disebarkan melalui berbagai platform (baca apa itu kata dan pengertian platform di sini) online.

Dengan semua kelebihannya, infografik layak digunakan sebagai alat yang kuat dalam mengomunikasikan informasi dengan cara yang menarik, efektif, dan inovatif.

Apa Alasan Saya Harus Menggunakan Infographic (Infografik atau Infografis) Sekarang?

Infografik memiliki pentingnya sendiri dalam komunikasi dan penyampaian informasi, dan ada beberapa alasan mengapa infografik layak digunakan:

  1. Meningkatkan pemahaman; Infografik menggabungkan elemen visual dan teks pendek untuk membantu audiens memahami informasi yang kompleks dengan lebih mudah. Visualisasi data dan ilustrasi membantu mengurai informasi menjadi bagian yang lebih terstruktur dan dapat diingat.
  2. Memikat dan menarik prhatian; Infografik yang dirancang dengan baik memiliki daya tarik visual yang tinggi. Ini membantu memikat perhatian audiens dan membuat mereka lebih cenderung untuk melihat dan memproses informasi yang disajikan.
  3. Memudahkan komparasi; Infografik memungkinkan pembandingan visual antara data atau informasi yang berbeda. Ini membantu audiens melihat perbandingan dengan lebih jelas dan dapat mengambil keputusan berdasarkan perbandingan tersebut.
  4. Membantu mengingat informasi; Kombinasi visual dan teks dalam infografik membantu meningkatkan retensi informasi. Gambar dan ilustrasi dapat membantu audiens mengingat informasi lebih baik daripada teks panjang.
  5. Efisiensi dalam penyampaian informasi; Infografik memungkinkan penyajian informasi yang padat dan ringkas. Ini terutama penting dalam era di mana perhatian audiens terbatas. Infografik membantu menyampaikan pesan utama dengan cepat.
  6. Visualisasi data yang singkat dan padat; Infografik membantu mengubah data kering menjadi visual yang menarik. Ini membantu audiens melihat tren, pola, dan hubungan antara data dengan lebih baik.
  7. Pemahaman lintas bahasa; Infografik memiliki potensi untuk mengatasi batasan bahasa. Visualisasi dapat dipahami oleh berbagai kelompok bahasa tanpa perlu terlalu banyak teks.
  8. Menunjukkan kreativitas dan inovasi; Infografik memberikan ruang bagi kreativitas dalam penyampaian informasi. Desain visual yang inovatif dapat membuat pesan menjadi lebih menarik dan berkesan.
  9. Keberlanjutan dalam era digital; Infografik dapat dengan mudah dibagikan secara digital melalui media sosial, situs web, atau email. Ini memungkinkan informasi tersebar dengan cepat dan luas.
  10. Penggunaan dalam berbagai konteks; Infografik dapat digunakan dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, bisnis, jurnalistik, hingga pemerintahan. Mereka efektif untuk menyampaikan informasi dalam berbagai konteks.

Mengapa Anda harus menggunakan infografis? Yup! Infografis sangat bagus untuk membuat informasi kompleks mudah dicerna.

Terlebih lagi, mereka dapat membantu kapan saja Anda ingin:

  • Memberikan suatu overview atau ikhtisar singkat tentang suatu topik.
  • Menjelaskan proses yang kompleks.
  • Menampilkan temuan penelitian atau data survei.
  • Meringkas posting atau laporan blog yang panjang.
  • Membandingkan dan kontraskan beberapa opsi.
  • Meningkatkan kesadaran tentang masalah atau penyebab.

True, saat Anda perlu memberi seseorang ikhtisar singkat tentang sesuatu yang mungkin sulit dijelaskan dengan kata-kata saja, infografik adalah cara yang baik.

Ini berarti infografik atau infografis dapat berguna di hampir semua industri dan berikut adalah beberapa kasus penggunaannya:

  • Infografis untuk pemasaran
  • Infografis untuk konsultasi dan lepas
  • Infografis untuk usaha kecil dan pengusaha
  • Infografis untuk pemerintah
  • Infografis untuk organisasi nirlaba
  • Infografis untuk pendidikan
  • Infografis untuk analisis
  • Infografis untuk desain, coding, dan lain sebagainya

Antara Kata Infografik dan Infografis, Mana yang Benar Menurut Arti Kata Bakunya dan KBBI?

Selain bagian pengertian dan subbagian pentingnya infographic di atas, kemudian, adalah merupakan hal yang penting juga di sini bagi Kami untuk menjelaskan terkait kata bakunya.

Betul! kedua istilah, “infografik” dan “infografis,” merupakan istilah yang sering digunakan oleh banyak orang, ini merujuk pada representasi visual dari informasi atau data yang kompleks.

Namun, secara format, penting untuk memahami perbedaan dan penggunaan yang tepat berdasarkan kaidah bahasa yang berlaku.

Berikut adalah penjelasan rinci dan detail tentang keduanya sesuai dengan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia):

  1. Infografik: Istilah “infografik” merupakan bentuk singkat dari “informasi grafik.” Infografik adalah suatu medium visual yang menggabungkan elemen-elemen seperti grafik, ilustrasi, teks pendek, dan gambar untuk menyajikan informasi atau data dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami. Infografik digunakan untuk membantu audiens memahami informasi yang kompleks dengan visualisasi data yang jelas dan tata letak yang menarik. Istilah ini lebih umum digunakan dalam konteks visualisasi data, komunikasi, dan desain.
  2. Infografis: Meskipun “infografis” bisa terdengar mirip dengan “infografik,” tetapi menurut KBBI, istilah ini tidak ada dalam kamus KBBI yang artinya adalah tidak baku. Namun, beberapa orang mungkin menggunakannya sebagai bentuk jamak dari “infografik,” mirip dengan cara kita menggunakan istilah “grafis” sebagai bentuk jamak dari “grafik.”
Baca Juga :  Ini Pengertian HyperTransport (HT atau LTD), Sejarah dan Cara Kerja HyperTransport!

Dalam penggunaan yang sesuai dengan kaidah bahasa dan KBBI, “infografik” adalah bentuk yang lebih tepat dan diakui untuk merujuk pada visualisasi data atau informasi dalam bentuk grafik dan ilustrasi.

so, jika Anda ingin menggunakan istilah ini dalam komunikasi tertulis, disarankan untuk menggunakan “infografik” sebagai kata bakunya, khsusnya saat kalian menulit paper atau makalah akademik kalian.

Bonus: Tips dan Trik untuk Panduan, Tutorial, Cara Membuat Infographic yang Bagus?

Ilustrasi Gambar Tips Dan Trik Panduan Tutorial Cara Membuat Infografik Atau Infografis Dalam Membahas Pengertian Infographic
Ilustrasi Gambar Tips Dan Trik Panduan Tutorial Cara Membuat Infografik Atau Infografis Dalam Membahas Pengertian Infographic

Terkait dalam penyajian infographic, sebagai tambahan, di sini Kami berikan beberapa tips dan trik untuk membuat infografik yang efektif:

  1. Tentukan tujuan utama; Tetapkan tujuan jelas untuk infografik Anda. Apakah Anda ingin menginformasikan, mendidik, atau menginspirasi? Menetapkan tujuan ini akan membantu membimbing proses perancangan.
  2. Ketahui Audiens Anda; Pahami siapa target audiens infografik Anda. Hal ini akan membantu Anda memilih gaya visual, bahasa yang digunakan, dan informasi yang paling relevan bagi mereka.
  3. Pilih data yang relevan; Pilih data atau informasi yang paling relevan dan penting untuk disampaikan. Infografik harus memberikan wawasan yang berarti tanpa terlalu banyak detail yang membingungkan.
  4. Desain dan buat tampilan yang menarik; Rancang tata letak yang menarik dengan penggunaan warna yang tepat dan gaya desain yang konsisten. Gunakan ikon, ilustrasi, dan grafik dengan bijak untuk memperjelas pesan Anda.
  5. Gunakan narasi yang jelas; Sertakan teks pendek yang jelas dan mudah dipahami. Gunakan bahasa yang sederhana dan langsung ke inti pesan yang ingin disampaikan.
  6. Pilih gaya visual yang konsisten; Pastikan semua elemen visual mengikuti gaya yang konsisten. Ini mencakup pemilihan warna, tipografi, ikon, dan tata letak yang seragam.
  7. Gunakan visualisasi yang tepat; Pilih jenis grafik atau visualisasi yang tepat untuk menyampaikan informasi. Misalnya, gunakan diagram lingkaran untuk membandingkan bagian-bagian dari suatu keseluruhan.
  8. Sederhanakan informasi yang ada; Infografik harus mudah dipahami dalam sekilas pandang. Sederhanakan informasi dengan memilih poin-poin kunci dan menghindari kelebihan teks.
  9. Beri konteks dan sumber data; Sertakan konteks yang diperlukan untuk membantu audiens memahami data. Juga, cantumkan sumber data yang digunakan untuk menjaga keakuratan informasi.
  10. Uji readibility atau keterbacaan; Sebelum mempublikasikan, uji keterbacaan infografik dengan beberapa orang dari target audiens. Perhatikan apakah pesan disampaikan dengan jelas dan apakah visualisasi datanya mudah dimengerti.

Hmmm, bagaimana? Paham? Okelah, berikut ini Kami berikan ilustrasi contoh penerapannya di internet.

Misalkan Anda adalah seorang penulis lepas yang ingin membagikan tips tentang produktivitas kepada profesional muda melalui infografik.

Anda dapat merancang infografik dengan gaya desain yang energik, menggunakan warna-warna cerah untuk menarik perhatian.

Anda memilih data-data tentang manfaat tidur yang cukup, waktu optimal untuk fokus, dan manajemen waktu yang efektif. Anda menggambarkan data ini dalam grafik batang yang jelas, serta menyertakan ikon jam dan jam tangan untuk memberikan sentuhan visual yang konsisten.

Teks pendek di setiap bagian menjelaskan manfaat dari setiap tip yang diberikan.

Anda juga memastikan bahwa di bagian bawah infografik terdapat sumber data yang akurat.

Setelah Anda mempublikasikan infografik ini di blog atau media sosial, tanggapan positif dan berbagi dari pembaca akan mengonfirmasi efektivitas pesan yang disampaikan melalui infografik Anda.

Kesimpulan

Baik, sekarang, Kami pikir sudah cukup jelas untuk pembahasan dari Pengertian Infographic, Apa itu Infografik atau Infografis?, Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam + Contoh, Penting, Infografik atau Infografis, Mana yang Benar.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan tulisan di atas, dapat kita simpulkan bahwa infographic adalah alat yang kuat dalam komunikasi visual yang menggabungkan elemen desain visual dengan informasi yang kompleks.

Infografik (kata bakunya dan infgorafis adalah sebaliknya), dengan menyajikan data, statistik, proses, atau pengetahuan dalam bentuk grafis, gambar, dan teks pendek, infografik membantu menyampaikan pesan dengan cara yang lebih menarik, mudah diingat, dan efektif.

Penggunaan infografik memungkinkan audiens untuk dengan cepat memahami informasi, membandingkan data, dan mengambil wawasan penting.

Penting untuk merancang infografik dengan tujuan yang jelas, menggunakan gaya visual yang konsisten, dan memastikan keakuratan data yang digunakan.

Infografik efektif memikat perhatian, mempermudah pemahaman, dan memiliki potensi untuk mendukung berbagai tujuan komunikasi, dari pendidikan hingga promosi.

Dalam era digital seperti di tahun 2024 sekarang ini, kemampuan infografik untuk dengan mudah dibagikan dan diterima oleh audiens membuatnya menjadi alat yang tak tergantikan dalam menyampaikan informasi secara efektif.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Infographic, Apa itu Infografik atau Infografis?, Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam + Contoh, Penting, Infografik atau Infografis, Mana yang Benar.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi web.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar