5 Alasan Menggunakan E-Learning dan Kenapa itu Penting serta Harus dan Wajib Dimiliki!

1
Alasan Menggunakan E Learning Dan Kenapa Itu Penting Serta Harus Dan Wajib Dimiliki Oleh Organisasi Bisnis Atau Perusahaan Pendidikan
Alasan Menggunakan E Learning Dan Kenapa Itu Penting Serta Harus Dan Wajib Dimiliki Oleh Organisasi Bisnis Atau Perusahaan Pendidikan

Apa 5 Alasan Menggunakan E-Learning dan Kenapa itu Penting serta Bahkan Harus dan Wajib Dimiliki?

Seperti yang sudah kita ketahui di tahun 2020 sekarang ini, e-learning (baca pengertian e-learning disini) telah menjadi salah satu kata yang sering muncul dalam pelatihan di domain pembelajaran dan pengembangan.

Benar! Di zaman pandemi Covid-19 sekarang ini, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa peran dan keuntungan dalam menggunakannya sangat terbukti ampuh!

Pembelajaran elektronik telah dipuji karena fleksibilitas dan efisiensi biayanya.

Semakin banyak organisasi menjadi aktif terlibat dalam e-learning, karena mereka mulai menyadari betapa hal itu dapat berdampak dan bermanfaat secara positif.

Ini terutama dapat membantu organisasi menjadi lebih baik dan menonjol dari persaingan, hanya karena memberikan kesempatan luar biasa kepada karyawan untuk belajar dan meningkatkan keterampilan mereka.

Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membagikan 5 (lima) alasan menggunakan e-learning dan kenapa itu penting.

Oke langsung saja, berikut adalah ulasannya!

E-Learning untuk Pembelajaran dan Pengembangan

Pembelajaran dan pengembangan merupakan hal yang terbilang sangat penting karena, saat siswa, mahasiswa dan karyawan belajar serta tumbuh, mereka menjadi lebih puas dengan pekerjaan mereka dan mereka ingin bekerja lebih keras dan berkontribusi pada kesuksesan perusahaan.

Sebelum Anda menyadarinya, bisnis sedang berkembang pesat, dan itu semua karena karyawan yang diberdayakan untuk bekerja ekstra dan membantu organisasi mereka berkembang.

Inilah hal tepatnya yang dapat membantu e-learning Anda dan mengapa e-learning menjadi begitu penting dan populer di dunia bisnis, tidak peduli industri atau ceruknya.

5 Alasan Menggunakan E-Learning dan Pentingnya Pembelajaran Elektronik

Ilustrasi Gambar Alasan Menggunakan E Learning Untuk Pembelajaran Dan Pelatihan Siswa Mahasiswa Pegawai Atau Karyawan
Ilustrasi Gambar Alasan Menggunakan E Learning Untuk Pembelajaran Dan Pelatihan Siswa Mahasiswa Pegawai Atau Karyawan

Berikut adalah 5 (lima) alasan utama mengapa e-learning menjadi sangat penting terutama untuk mengingkatkan pembelajaran dan pengembangan siswa, mahasiswa, pegawai atau karyawan.

1. Mempercepat Pelatihan

Alasan menggunakan e-learning yang pertama yaitu adalah untuk mempercepat pelatihan.

Menurut sumber yang Kami dapatkan dari survei Brandon Hall Group’s HCM Outlook tahun 2017, e-learning dapat secara signifikan mengurangi waktu pelatihan, khususnya bagi karyawan.

Ini biasanya hanya membutuhkan waktu dari karyawan sebesar 40-60% (persen) lebih sedikit daripada belajar di ruang kelas tradisional.

Ini memungkinkan pengiriman pembelajaran lebih cepat karena karyawan dapat mengakses materi e-learning kapan pun mereka mau, dan di mana pun mereka berada, mengatur kecepatan dan pelatihan mereka sendiri kapan pun mereka punya waktu luang.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Citation (Kutipan): Tujuan dan Jenis Citation

Oleh karena itu, mereka tidak perlu mengikuti kecepatan belajar kelompok dan, yang lebih penting, mereka dapat dengan mudah melewatkan apa yang sudah mereka ketahui, dan fokus pada mempelajari apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

Selain itu, mereka tidak perlu melakukan perjalanan ke acara pelatihan atau tetap tinggal di kantor setelah jam kerja untuk terlibat dalam pelatihan.

Hal tersebut tentunya akan menghemat waktu dan memungkinkan mereka untuk belajar, dan berkembang lebih cepat.

2. Pengurangan Biaya

Pengurangan biaya sering menjadi alasan utama mengapa perusahaan beralih dari pelatihan berbasis ruang kelas tradisional ke e-learning.

Biaya kursus untuk siswa dan mahasiswa atau pelatihan internal untuk pegawai serta karyawan cenderung sangat mahal, terutama karena kebutuhan akan pelatih profesional yang akan menyampaikannya dan yang akan membantu mereka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka.

Di sisi lain, e-learning hanya membutuhkan perangkat lunak atau software (baca pengertian software disini) pelatihan online yang tidak hanya hemat biaya, tetapi juga memungkinkan siswa, mahasiswa dan pegawai atau karyawan untuk berlatih di rumah.

Ini berarti biaya yang jauh lebih rendah terkait dengan perjalanan, tempat pelatihan, materi pembelajaran, dan pelatih, belum lagi bahwa e-learning segera mengarah pada biaya yang lebih rendah dengan mempercepat pelatihan karyawan.

3. Memaksimalkan Retensi Pengetahuan

Memaksimalkan retensi pengetahuan adalah salah satu manfaat paling bermanfaat dari e-learning.

Menurut riset yang sudah dilakukan oleh para pakar dan ahli e-learning dapat meningkatkan tingkat retensi pengetahuan sebesar 25-60% (persen), hanya karena itu jauh lebih menarik daripada belajar dalam pengaturan ruang kelas tradisional.

Karena e-learning memberi karyawan berbagai jenis konten interaktif dan multimedia, mereka dapat mempertahankan lebih banyak dari apa yang mereka pelajari dan meningkatkan keterampilan dan kinerja mereka dengan cepat.

Anda dapat menyertakan gamifikasi dan memberi mereka kuis dan aktivitas interaktif yang memungkinkan umpan balik (feedback) waktu nyata atau secara real-time yang semuanya akan menciptakan lingkungan belajar yang efektif di mana karyawan Anda benar-benar dapat tumbuh dan berkembang.

4. Meningkatkan Produktivitas

Pembelajaran online mandiri menghasilkan produktivitas yang jauh lebih tinggi karena karyawan dapat berlatih di rumah dan kemudian fokus pada tugas inti mereka saat bekerja.

Belajar di waktu luang mereka akan menghasilkan kinerja yang lebih baik dan efisiensi yang lebih tinggi, terutama karena perangkat lunak e-learning online akan memungkinkan mereka untuk melihat kembali informasi (baca pengertian informasi disini) yang mereka butuhkan, kapan pun mereka membutuhkannya.

Baca Juga :  Ini Cara Mudah dan Aman Melakukan Unfollow Akun IG yang Tidak Follback di Instagram!

Menurut statistik perusahaan International Business Machine (IBM), e-learning dapat meningkatkan produktivitas hingga 50% (persen).

Dengan menggunakan software (perangkat lunak) pembelajaran online, Anda akan memberi karyawan Anda peluang luar biasa untuk terlibat dalam kursus pelatihan mereka kapan saja (di rumah, selama waktu istirahat di tempat kerja, atau bahkan saat bepergian).

Ini akan memungkinkan mereka dengan cepat memahami semua yang mereka butuhkan untuk belajar dan pelatihan mereka tidak akan bertentangan dengan tugas-tugas inti harian mereka.

5. Kolaborasi yang Lebih Baik

Hampir setiap perangkat lunak pembelajaran online menyediakan tools atau alat komunikasi dan kolaborasi yang berguna, yang penting untuk peningkatan pengetahuan dan membangun tenaga kerja kolaboratif yang kuat.

Perangkat lunak ini akan memungkinkan karyawan Anda untuk berkomunikasi dengan Anda dan di antara satu sama lain secara waktu nyata (real-time) yang akan mengarah pada peningkatan keterlibatan atau engagement (baca pengertian engagement disini) dan lingkungan belajar yang nyaman dan memberdayakan.

Kolaborasi waktu nyata dan umpan balik yang diberikan oleh e-learning akan membantu Anda secara efektif mengatasi kekuatan dan kelemahan setiap orang dan menangani kesenjangan keterampilan, sehingga Anda benar-benar dapat membantu pelajar Anda meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka dan pada akhirnya memungkinkan mereka untuk meningkat dan berkembang.

Mengapa E-Learning Menjadi Hal yang Harus dan Wajib Dimiliki?

Ilustrasi Kenapa Dan Mengapa E Learning Atau Pembelajaran Elektronik Merupakan Hal Yang Harus Dan Wajib Dimiliki Oleh Organisasi Bisnis Dan Perusahaan
Ilustrasi Kenapa Dan Mengapa E Learning Atau Pembelajaran Elektronik Merupakan Hal Yang Harus Dan Wajib Dimiliki Oleh Organisasi Bisnis Dan Perusahaan

Jadi, kenapa e-learning merupakan hal yang harus dan wajib dimiliki, khususnya bagi organisasi, bisnis atau perusahaan yang bergerak dalam bidang pendidikan?

Well, Kami dapat dengan aman mengatakan bahwa e-learning telah menjadi suatu keharusan mutlak di dunia saat ini, karena sarana pembelajaran elektronik memberikan pengalaman belajar yang sangat kaya kepada pelajar.

Tapi, bagaimana e-learning menjadi bagian penting dari pelatihan siswa, mahasiswa, pegawai atau karyawan, dan mengapa popularitasnya berkembang pesat?

Alasan yang telah dibahas sebelumnya menunjukkan dengan tepat mengapa penggunaan e-learning itu penting, dan mengapa semakin banyak organisasi yang mengadopsi pendekatan khusus tersebut untuk pelatihan siswa, mahasiswa, pegawai atau karyawan.

Namun, mungkin alasan paling penting mengapa ini muncul sebagai suatu keharusan mencakup fakta bahwa hal itu secara signifikan meningkatkan pendapatan dan Return On Investment (ROI).

Lebih dari 40% perusahaan mengatakan bahwa e-learning telah membantu mereka meningkatkan tingkat pendapatan dan perusahaan yang menawarkan pelatihan menggunakan teknologi (termasuk e-learning) telah menghasilkan pendapatan lebih dari 25% (persen) lebih tinggi.

Karena itu, dan semua manfaat lain yang dibahas, tidaklah mengherankan bahwa e-learning dengan cepat menjadi hal yang penting, terutama dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Address Bus: Apa itu Bus Alamat dan Control? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Contoh serta Perbedaannya dengan Data Bus pada Komputer!

Pengenalan microlearning, diikuti oleh pembelajaran sosial, pembelajaran adaptif, Virtual dan Augmented Reality (AR), dan SaaS LMS yang kesemuanya membuat pembelajaran fleksibel menjadi mungkin dalam lingkungan online.

Evolusi e-learning inilah yang memungkinkan organisasi merangkul kekuatan penuh pembelajaran online, dan mengambil langkah besar untuk menciptakan tenaga kerja yang kuat dengan karyawan berkinerja tinggi dan kolaboratif yang benar-benar berkontribusi pada kesuksesan dan pertumbuhan bisnis mereka.

Kesimpulan

Bagaimana sudah cukup jelaskan sekarang?

Oke, di atas adalah penjelasan dan pembahasan beberapa Alasan Menggunakan E-Learning dan Kenapa itu Penting serta Bahkan Harus dan Wajib Dimiliki yang harus kalian ketahui.

Mengingat semua fakta ini dan banyak manfaat yang diberikan pembelajaran online, jelas sekali bahwa e-learning sangat penting dalam dunia yang bergerak cepat saat ini, terlebih di zaman pandemi sekarang, penggunaannya terbilang sebagai solusi efektif untuk mengurangi jumlah korban yang terpapar.

Ini mewakili cara belajar yang paling efektif dan membantu organisasi menciptakan pelatihan karyawan berkualitas tinggi dengan biaya lebih rendah, memberdayakan tenaga kerja mereka untuk terus meningkat dan benar-benar bersemangat untuk belajar.

Hasilnya, mereka lebih terlibat dan puas dengan pekerjaan mereka, dan mereka berkontribusi besar pada pendapatan dan Return Of Investment (ROI) yang lebih tinggi.

Penutup

Demikianlah postingan yang dapat Kami bahas dan jelaskan kali ini, dimana Kami membahas terkait Alasan Menggunakan E-Learning dan Kenapa itu Penting serta Bahkan Harus dan Wajib Dimiliki.

Semoga apa yang dapat Kami coba terangkan disini dapat bermanfaat serta bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua dalam belajar dan memanfaatkan teknologi.

Silahkan bagikan artikel Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja kalian semua khususnya jika kalian rasa ini bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

1 Komentar

Tinggalkan Komentar