Ini Dia 7 Alternatif Canva Terbaik dan Gratis untuk Membuat Graphic Design atau Desain Grafis!

1
Gambar Dari Alternatif Canva Terbaik Dan Gratis Untuk Membuat Graphic Design Atau Desain Grafis
Gambar Dari Alternatif Canva Terbaik Dan Gratis Untuk Membuat Graphic Design Atau Desain Grafis

Apa Alternatif Canva Terbaik dan Gratis untuk Membuat Graphic Design atau Desain Grafis?

Memang, Ada beberapa web app, alat desain dan pengeditan foto online yang dapat Anda gunakan untuk menghidupkan gambar yang nampak membosankan.

Canva adalah salah satu alat desain online terkemuka yang banyak digunakan dan disukai oleh bisnis dan pemasar.

Jika Canva tidak berhasil membuat Anda terkesan dan Anda sedang mencari pengganti selain Canva (baca juga cara mendapatkan Canva Pro gratis disini), maka kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa Anda harus beralih dari Canva? Ya! Seperti sudah yang kita ketahui, gambar menjadi sesuatu yang disukai oleh orang-orang karena fakta bahwa mereka secara visual menyenangkan, menarik, dan mudah diingat.

Menurut Kami pribadi, tweet di Twitter dengan gambar mendapatkan 150% lebih banyak retweet, favorit, dan tentunya lebih banyak klik.

Oke, terkait hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membagikan website atau aplikasi web alternatif selain Canva terbaik yang dapat kalian gunakan sekarang juga.

Baiklah, berikut ini adalah ulasannya, mari kita simak!

Sekilas tentang Canva

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Dasboard Atau Dasbor Canva Dan Apa Saja Alternatif Penggantinya
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Dasboard Atau Dasbor Canva Dan Apa Saja Alternatif Penggantinya

Canva adalah situs web alat grafis Australia yang didirikan pada 2013, ini adalah alat kaya fitur yang menawarkan banyak fleksibilitas dalam hal pengeditan foto, pengembangan grafik, pembuatan gambar, dan banyak lagi yang lainnya.

Anda dapat menggunakannya untuk meluruskan dan merotasi foto, memotong, menambahkan teks ke gambar, menambahkan ikon dan stiker, menambahkan tekstur, serta banyak lagi beberapa fitur lainnya.

Betul! Ini merupakan fitur dasar yang akan Anda dapatkan dan tentunya akan membantu Anda dalam mengedit serta mendesain foto.

Selain dasar-dasarnya, keindahan Canva yang sesungguhnya adalah kemampuannya membuat desain dari awal.

Anda dapat membuat beberapa jenis desain antara lain:

  • Postingan media sosial
  • Dokumen
  • Pribadi
  • Pemasaran
  • Iklan
  • Pendidikan
  • Sampul buku
  • Acara

7 Alternatif Selain Canva Terbaik dan Gratis untuk Membuat Graphic Design atau Desain Grafis

Alternatif pengganti sudah Kami kumpulkan disini tersedia secara gratis dan sebagian berbayar dengan model freemium (baca pengertian freemium disini) yang dapat kalian coba versi tanpa berbayarnya.

Terlepas daripada itu, mereka juga memiliki banyak fitur lainnya yang menjadi kelemahan dari Canva.

Baiklah langsung saja, di bawah ini adalah daftar website atau aplikasi web penyedia layanan graphic design atau desain grafis pengganti selain Canva yang dapat kalian coba sekarang juga.

1. Visme

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Visme Sebagai Alternatif Canva
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Visme Sebagai Alternatif Canva

Penyedia layanan atau services desain grafis pertama yang mirip dengan Canva yaitu adalah Visme.

Benar, platform ini adalah alternatif selain Canva yang bagus, dimana mereka juga menawarkan kemampuan untuk membuat grafik media sosial, video pemasaran pendek, infografis, dokumen, dan lain sebagainya.

Perlu kalian ketahui bahwa Visme memiliki ribuan templat dan aset visual yang dirancang secara profesional untuk dapat kalian pilih.

Adapun beberapa fitur dan kelebihan terbaiknya meliputi yaitu seperti interface (antarmuka) desain drag (seret) dan drop (lepas) yang memudahkan pembuatan konten visual yang menakjubkan.

Dalam pengeditannya, mereka juga menawarkan ribuan templat (baca pengertian templat disini) yang dirancang secara profesional di 40+ tipe konten berbeda.

Selain itu, juga tersedia banyak foto stok, ikon vektor, dan perpustakaan ilustrasi animasi yang dapat kita gunakan untuk mempercantik desain.

Tools (alat) pengeditan gambar, seperti background remover (penghapus latar belakang), opsi pemotongan atau crop, filter, dan overlay juga dapat kita gunakan ketika mengedit dengan Visme.

Sama seperti Canva, Visme juga memiliki manajer aset digital, fitur kolaborasi yang memudahkan pengerjaan konten visual sebagai tim, kemampuan animasi dan interaktivitas yang kuat untuk membawa konten Anda ke level selanjutnya serta beragam format download, seperti .jpg, .png, .pdf, .pptx, .mp4, dan banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Big Data: Apa itu Data Besar? Menurut Ahli, Sejarah, Cara Kerja, Jenis, Contoh, Tantangan dan Teknologinya serta Kenapa itu Penting!

Perbedaannya dengan Canva yaitu pada dasbor desain Visme yang memberi Anda kekuatan untuk membuat grafik dan konten visual sederhana.

Anda juga dapat mengambil langkah lebih jauh dengan Visme dan membangun visual yang komprehensif dan pengalaman interaktif untuk audiens Anda.

Dengan banyak fitur sejenis yang dapat dibanggakan Canva, Visme adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin mengambil kreasi konten Anda.

2. Stencil

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Stencil
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Stencil

Alternatif selain layanan seperti Canva yaitu Stencil, ini adalah alat pembuatan gambar yang dirancang khusus untuk pemasar, blogger, dan bisnis.

Antarmuka pengguna yang simple (sederhana) dan dirancang untuk kecepatan ini terbilang dapat bekerja dengan lancar tanpa gangguan.

Anda dapat membuat dan mempublikasikan gambar ke situs jejaring sosial serta Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan Buffer untuk menjadwalkan posting kalian.

Yup! Stencil adalah pilihan yang sempurna untuk pemasar media sosial atau social media marketer.

Adapun beberapa kunci dan fitur utama Stencil yang menarik yaitu seperti tersedianya lebih dari 2.200 (dua ribu dua ratus) ribu gambar bebas digunakan (royalti) untuk dipilih yang sumbernya kebanyakan berasal dari Pixabay dan Pexels.

Stencil juga menyediakan lebih dari 80 (delapan puluh) templat dan lebih dari 86 (delapan puluh enam) ribu gambar latar belakang.

Benar! Anda dapat memilih ukuran gambar yang sempurna berdasarkan jejaring sosial tempat Anda menerbitkannya, integrasikan jejaring sosial termasuk Buffer serta Bitly.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan ekstensi browsernya untuk langsung mengakses dasbor Anda.

Dapat Kami katakan bahwa Stencil memiliki perpustakaan atau library ikon, font, grafik, kutipan, dan preset yang sangat besar serta Anda dapat mengunggah gambar dan logo Anda sendiri untuk diedit dan diubah.

3. FotoJet

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web FotoJet
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web FotoJet

Aplikasi web atau web app selain Canva yang bisa kalian gunakan untuk mengedit dan membuat desain grafis berikutnya yaitu FotoJet.

FotoJet adalah pilihan selain Canva yang terbilang cukup sempurna, dimana mereka menawarkan fitur, layout (tata letak), dan alat online yang hampir serupa.

Jika Anda pernah menggunakan FotoJet sebelumnya, Anda pasti akan melihat bahwa aplikasi ini desainnya cukup mirip dengan Canva.

FotoJet merupakan tools (alat) desain grafis online yang memungkinkan Anda melakukan 3 (tiga) hal utama yaitu membuat desain, mengedit foto, dan membuat kolase.

Perlu untuk diketahui bahwa FotoJet ini memiliki aplikasi Windows dan Mac yang membuatnya nyaman untuk digunakan secara offline.

Mereka juga memiliki User Interface (UI) yang clean (bersih) dan simple (sederhana) yang sangat mudah digunakan.

FotoJet juga memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada penggunanya beberapa fitur-fitur utama seperti tools atau alat desain 3-in-1 (tiga-dalam-satu).

Anda juga bisa memilih dari template desain yang tersedia untuk segera memulai kreasi Anda.

Ada beberapa templat yang dapat kalian pilih termasuk kartu, sampul majalah, selebaran, poster, cover (sampul) Facebook, kiriman Instagram, dan lain sebagainya.

Sama seperti online graphic design editor lainnya, FotoJet juga memiliki aplikasi seret dan lepas yang mudah digunakan yang tidak membutuhkan banyak pelatihan terkait penggunaannya.

Yup! Mereka hadir dan tersedia dengan banyak fitur seperti bingkai foto, overlay, efek, dan lain sebagainya serta memiliki banyak koleksi templat dan grafik.

Semua foto yang terdapat di perpustakaan atau library-nya dikategorikan dengan baik, sehingga dapat Kami katakan akan sangat mudah bagi kita untuk menemukan foto, ikon atau bentuk yang tepat untuk desain Anda.

4. BeFunky

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web BeFunky
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web BeFunky

Alternative ke-4 (empat) yang dapat Kami jelaskan dalam postingan kali ini yaitu BeFunky, ini adalah pilihan pengganti selain Canva lainnya yang merupakan alat pengeditan foto dan desain grafis yang sangat kaya fitur.

Baca Juga :  11+ Istilah dalam Back End (Development) yang Harus Anda Ketahui

BeFunky hadir dengan editor foto, pendesain grafis, dan pembuat collage (kolase), dimana hal itu membuatnya sangat mirip dengan FotoJet.

Aplikasi desainnya terbilang sedikit berbeda dari FotoJet dan Canva, dimana layout (tata letak) yang sama tetapi dengan gaya yang berbeda.

Latar belakang hitam yang terdapat pada aplikasinya tidak membuatnya ramah pengguna.

Selain itu, ini menggunakan teknologi Flash sehingga, BeFunky dapat Kami katakan cukup lambat dibandingkan dengan alat lainnya.

Untuk fitur BeFunky terbaik yang perlu kalian ketahui yaitu seperti antarmuka yang mudah digunakan serta Anda dapat membuat desain baru dari awal atau memilih template dan mengubahnya dengan style Anda.

Editor fotonya juga menawarkan banyak opsi pengeditan seperti efek, sentuhan, editor teks, bingkai, dan lainnya.

Benar! Anda dapat menggunakannya di ponsel cerdas atau smartphone Anda dengan mengunduh aplikasi BeFunky di Google Play atau App Store.

Selain itu, template di dalamnya juga dikategorikan dengan bagus, dimana ini akan membuat pekerjaan Anda jauh lebih mudah serta Anda dapat menyimpan gambar ke Google Drive, Facebook, atau Dropbox.

Secara keseluruhan, ini memungkinkan Anda membuat desain untuk jaringan media sosial terkemuka, terlebih karena mereka memiliki perpustakaan besar stok gambar, ikon, foto, bentuk, vektor, dan banyak lagi yang lainnya.

5. Desygner

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Desygner
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Desygner

Kemudian, ada Desygner, ini adalah alat desain grafis yang luar biasa hebat yang secara pribadi sangat Kami sukai.

Desygner memiliki 4 (empat) aplikasi berbeda, masing-masingnya dapat digunakan untuk merancang, membuat logo, mengedit file .pdf, dan semua aplikasi desain.

Yup! Ini berarti Anda dapat menggunakan Desygner untuk melakukan hal yang lebih dari sekadar mendesain grafis.

Untuk fitur utamanya sendiri, apa yang akan Anda dapatkan dengan Desygner yaitu seperti keuntungan dan keunggulan tools atau alat desain 4-in-1 (empat-dalam-satu) yang mendukung banyak format file yang tidak dimiliki alat lain pesaingnya (seperti Canva), yaitu .psd.

Desygner memiliki alat sederhana dan mudah digunakan yang sangat mirip dengan Canva pada bilah sisi kanannya.

Mereka juga memiliki perpustakaan besar template yang dikategorikan, basis data yang terdiri dari gambar, ikon, font, dan spanduk bebas royalti yang semuanya gratis untuk digunakan.

Anda dapat berbagi desain langsung di platform jejaring sosial Anda, serta menggunakan versi aplikasi mobile atau selulernya untuk membuat desain di ponsel cerdas Anda.

Berbeda dengan apa yang sudah Kami jelaskan di atas sebelumnya, satu-satunya masalah yang dimiliki Desygner yaitu adalah tidak adanya fitur kolaborasi tim.

Namun, segala sesuatu lainnya dapat Kami katakan sangat bagus.

Anda dapat mulai mencoba menggunakan Desygner dengan menggunakan tombol yang sudah Kami sediakan di bawah ini.

6. Adobe Spark

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Adobe Spark
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Adobe Spark

Selanjutnya yaitu Adobe Spark, ini adalah tools Adobe online untuk desain grafis yang cepat.

No no no, ini jelas bukan Adobe Photoshop atau Illustrator, tetapi sebagai salah satu pengganti terbaik selain dari Canva, ini dapat Kami katakan dapat bekerja dengan cukup baik.

Interface atau antarmukanya juga clean (bersih) dan sederhana serta orientasi ke proyek baru menjadi lebih disederhanakan.

Yup! Anda dapat membuat grafik media sosial dalam sebagian besar ukuran umumnya.

Adobe Spark juga dapat membantu Anda membuat situs web yang sederhana dan responsif serta video animasi pendek.

Jika Anda mencoba menggunakan alat desain di dalam editornya, dapat Kami katakan bahwa kalian pasti akan menganggapnya terlihat sederhana pada awalnya, namun sebenarnya itu cukup bagus.

Di bawahnya, terdapat teks curve (melengkung), efek animasi menarik, ikon dan gambar dari Adobe Stock.

Adapun keunggulan yang menonjol di Adobe Spark yaitu adalah fitur story (cerita) yang branded, dimana kalian dapat menambahkan aset merek utama kalian seperti logo, font, dan warna.

Baca Juga :  Pengertian CSS Selector: Apa itu Selektor atau Penyeleksi CSS? Jenis, Macam-Macam dan Format Penulisannya!

Adobe Spark paling baik untuk orang yang ingin membuat konten media sosial dengan mudah dan cepat.

Ini bukan alat untuk non-desainer yang membutuhkan segala sesuatunya di setiap saat, namun ini lebih untuk seseorang yang dapat mengelola dengan kebutuhan sederhana tetapi juga memiliki sedikit latar belakang desainer.

7. Bannernack

Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Bannersnack Sebagai Alternatif Canva Untuk Desain Banner HTML5
Gambar Screenshoot Website Atau Tampilan Aplikasi Web Bannersnack Sebagai Alternatif Canva Untuk Desain Banner HTML5

Alat pengedit dan pembuat graphis design secara online selain Canva terakhir yang akan Kami jelaskan disini yaitu adalah Bannersnack.

Singkatnya, Bannersnack adalah alat desain online yang dibuat untuk membantu Anda menghemat lebih banyak waktu, pastinya sambil melakukan pekerjaan terbaik Anda.

Aplikasi ini sangat bagus untuk banner (spanduk), animasi, spanduk responsif dan interaktif, terlebih alat ini semuanya berkenaan tentang produktivitas dan efisiensi.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa menggunakan Bannersnack jika Anda adalah seorang desainer, Anda mungkin bertanya-tanya?

Well, sekilas, ini mungkin tampak seperti editor desain seret dan lepas biasanya yang mudah digunakan bagi non-desainer, tetapi ada sedikit hal yang lebih jika Anda mengoprek di dalamnya.

Dengan tools (alat) online seperti ini, Anda dapat menemukan shortcut atau jalan pintas yang membuat hidup Anda sebagai desainer jauh lebih mudah.

Betul! Meskipun Anda mungkin menguasai Photoshop dan Illustrator, sesekali Anda mungkin membutuhkan bantuan dengan konten HTML5 (baca pengertian HTML5 disini), animasi atau pembuatan konten online dengan volume tinggi.

Ya! Di sinilah Bannersnack berperan, mereka dapat menjadi tambahan yang bagus untuk alat yang sudah Anda gunakan sebagai desainer, dan dapat membantu Anda melakukan pekerjaan Anda dengan lebih cepat, lebih efisien, sekaligus mengoptimalkan alur kerja dan kerja tim Anda.

Kesimpulan

Oke bagaimana, apakah kalian sudah dapat menemukan alternative (alternatif) pengganti yang sesuai untuk kegiatan desain Anda?

Baiklah! Di atas adalah Alternatif Canva Terbaik dan Gratis untuk Membuat Graphic Design atau Desain Grafis yang dapat Anda gunakan selain dari layanan yang disediakan oleh Canva.

Jika Anda masih kebingungan dalam memilihnya, disini, Kami pribadi lebih menyarankan menggunakan Bannersnack.

Kenapa? terlebih jika kalian merupakan seorang blogger, dengan fitur HTML5 banner maker yang dimiliki Bannersnack, kalian dapat dengan mudah membuat desain animasi yang ringan.

Selain itu Bannersnack juga memiliki beberapa settings atau pengaturan tambahan lainnya untuk memudahkan desain kita.

Semua alternatif yang dibahas dalam artikel ini sudah dicoba dan terbukti dapat digunakan dengan baik.

Pada akhirnya, kalianlah yang harus memilih alat desain yang paling sesuai berdasarkan kebutuhan kalian.

Jadi, alat desain grafis apa yang kalian pilih?

Penutup

Demikianlah ulasan dan postingan daftar yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas tentang Alternatif Canva Terbaik dan Gratis untuk Membuat Graphic Design atau Desain Grafis.

Semoga dapat bermanfaat serta dapat menjadi referensi Anda dalam memilih kebutuhan desain kreatif kalian.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

1 Komentar

Tinggalkan Komentar