Mengenal Pengertian Template: Apa itu Templat dan Template Design? Tujuan, Jenis dan Macam serta Contohnya!

0
Gambar Pengertian Template Apa Itu Templat Dan Design Template Tujuan Jenis Dan Macam Contoh Serta Kenapa Itu Penting
Gambar Pengertian Template Apa Itu Templat Dan Design Template Tujuan Jenis Dan Macam Contoh Serta Kenapa Itu Penting

Tahukah Kalian, Pengertian Template, Apa itu Templat dan Template Design? Tujuan, Jenis dan Macam serta Contohnya dan Kenapa itu Penting? Ya, sebelumnya perlu kalian ketahui sebuah templat akan memberikan konsistensi desain yang diperlukan organisasi, perusahaan atau individu mana pun untuk selalu terlihat profesional dengan cara yang terbilang mudah dan cepat. Terkait program software dalam komputer, Anda juga dapat menemukan templat untuk aplikasi seperti Excel, PowerPoint, dan lain sebagainya.

Selain itu, templat biasanya berisi layout (tata letak), gaya, desain tertentu dan, terkadang, bidang dan teks yang umum untuk setiap penggunaannya. Beberapa template lengkap (seperti kartu nama), Anda hanya perlu mengubah nama, nomor telepon, dan alamat e-mail individu. Lainnya, seperti laporan atau brosur bisnis, Anda bisa mengubah keseluruhannya selain dari tata letak dan desainnya. Terkait hal itu, dalam postingan ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang pengertian template. Baiklah, berikut ini ulasannya!

Pengertian Template

Berarti templat (dalam bahasa Indonesia), template adalah file yang berfungsi sebagai titik awal untuk sebuah dokumen baru berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Techterms.

Ketika Anda membuka templat, itu biasanya sudah dipformat sebelumnya dengan beberapa cara.

Sebagai contoh misalnya, Anda dapat menggunakan templat di Microsoft Word yang diformat sebagai surat bisnis.

Template atau templat ini biasanya memiliki ruang untuk nama dan alamat Anda di sudut kiri atas, area untuk alamat penerima sedikit di bawah yang di situs kiri, area untuk badan pesan di bawah itu, dan tempat untuk tanda tangan Anda di bawah.

Apa itu Templat?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Templat Dan Design Template Tujuan Serta Jenis Dan Macamnya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Templat Dan Design Template Tujuan Serta Jenis Dan Macamnya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan templat ini? Benar, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini lebih dikenal dengan istilah template dalam istilah global.

Template merupakan file yang dibuat dengan tata letak keseluruhan atau cetak biru dengan format yang akan digunakan untuk sekelompok dokumen atau dokumen generik.

Sebagai contoh misalnya, suatu program mungkin memiliki template untuk resume.

Dengan templat resume tersebut, layout atau tata letak keseluruhan dirancang dengan teks placeholder misalnya.

Itu juga dilengkapi dengan kotak “tujuan Anda”, “pengalaman kerja” sebelumnya, dan lain sebagainya yang dapat Anda ganti dengan informasi yang relevan dengan Anda.

Saat Anda menyimpan file (baca pengertian file disini) yang dibuat dengan templat, Anda biasanya diminta untuk menyimpan salinan file, sehingga Anda tidak menyimpan di atas (menimpa) template yang telah dibuatkan.

Template dapat datang dengan program atau dibuat oleh pengguna.

Sebagian besar program utama mendukung template (templat), jadi jika Anda berulang kali membuat dokumen serupa, mungkin ide yang baik untuk menyimpan salah satunya sebagai templat.

Dengan begitu, maka Anda tidak perlu memformat dokumen Anda setiap kali ingin membuat yang baru, cukup buka templatnya dan mulai dari sana.

Baca Juga :  Pengertian APK (Android Package Kit): Manfaat, Cara Membuka dan Convert

Apa itu Template Design?

Dalam beberapa bidang, template atau templat juga disebut dengan template design atau desain templat.

Suatu program dapat datang dengan templat yang telah dirancang sebelumnya dengan kemampuan template yang akan dibuat oleh user (pengguna).

Saat Anda membuat template khusus untuk disimpan dan digunakan kembali atau dibagikan, itu mungkin berisi font (baca pengertian font disini), tema, tata letak, warna tema, efek tema, gaya latar belakang dan bahkan konten.

Template design memiliki desain yang bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda buat tetapi harus berbagi tema dan pola yang sama di seluruh pekerjaan yang Anda selesaikan.

Desain templat untuk halaman galeri foto akan berbeda dengan tata letak untuk halaman beranda, dimana pada pada gilirannya, akan berbeda dari halaman kontak.

Tujuan Template

Agar lebih memahami tentang apa itu yang dimaksud dengan templat, maka kita harus mengetahui apa sebenarnya tujuan daripada penggunaan template itu sendiri.

Templat mengontrol tampilan dan tata letak dari sebuah output dari file. Ini menyediakan framework (kerangka kerja) yang menyatukan elemen umum, modul dan komponen serta menyediakan lembar gaya berjenjang untuk hasil atau keluarannya.

Terkait website design, biasanya front-end dan back-end development juga memiliki templatnya masing-masing.

Dalam komputer, ketika sebuah aplikasi (seperti desain dan pengolah kata) pertama kali diinstal, beberapa templat akan langsung disertakan secara otomatis.

Anda dapat menemukan lebih banyak templat di internet. Beberapa di antaranya tersedia tanpa biaya (gratis) di bawah berbagai lisensi, dan beberapa lainnya dijual.

Sebagai contoh misalnya template untuk membuat undangan video pernikahan di Powerpoint dan caranya.

Selain itu, ada banyak developers atau para pengembang yang tersedia yang dapat membuat template khusus. Anda juga dapat membuatnya sendiri.

Jenis dan Macam-Macam Template

Ilustrasi Gambar Jenis Dan Macam Macam Template Serta Contohnya Dalam Membahas Pengertian Apa Itu Templat
Ilustrasi Gambar Jenis Dan Macam Macam Template Serta Contohnya Dalam Membahas Pengertian Apa Itu Templat

Selain membahas tentang apa itu arti template (templat) adalah merupakan hal yang penting bagi kalian untuk juga mengetahui apa saja jenis dan macamnya bukan?

Ya, berdasarkan dari penjelasan apa itu yang dimaksud dengan template atau templat di atas, ini akan membuat sesuatu yang baru sesuai keinginan penggunanya.

Adapun beberapa jenis dan macam-macam template yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut:

a. Programming Template

Jenis yang pertama adalah templat dalam pemrograman atau programming template. Ini adalah kelas generik (umum) atau unit kode sumber lain yang dapat digunakan sebagai dasar untuk unit kode unik.

Sebagai contoh misalnya dalam bahasa pemrograman C++, yang merupakan bahasa komputasi berorientasi objek, ada lybrary (perpustakaan) templat standar dimana pemrogram dapat memilih masing-masing class (kelas) templat untuk dimodifikasi.

Microsoft Foundation Class Library (MFCL) juga merupakan salah satu contohnya.

b. Web Design Template

Jenis selanjutnya adalah templat dalam desain web atau web design template. Dalam desain website, biasanya sebuah template ada untuk membantu menyusun desain keseluruhan halaman web Anda.

Mereka memberi Anda bagian atau area untuk menempatkan gambar dan teks, atau item seperti bilah navigasi dan widget lainnya saat Anda mendesain situs web.

Baca Juga :  Pengertian Wiki: Sejarah dan Cara Kerja Website (Situs) Wiki

Templat situs adalah lapisan templat terluar dalam desain Anda. Mereka menyediakan struktur keseluruhan situs web.

Di dalam kode templat, Anda dapat memasukkan cuplikan, templat navigasi, dan blok konten (dan komponen lain seperti container atau API.

Perusahaan seperti Wix memiliki ratusan templat berbeda yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk membantu membuat situs web lebih mudah.

c. Spreadsheet dan Database Template

Jenis berikutnya yaitu template dalam spreadsheet dan database. Dalam sebuah application (aplikasi), spreadsheets dan database ini, templat biasanya berupa bentuk formulir kosong yang menunjukkan bidang mana yang ada, lokasi mereka, dan berapa panjangnya.

d. Word Processor Template

Selanjutnya adalah templat pengolah kata atau word processor template. Dalam beberapa aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, templat digunakan sebagai pengganti lembar kerja dan style sheet.

e. DOS Template

Kemudian ada template atau DOS template. Disini DOS menggunakan istilah templat yang berarti command (perintah) seperti untuk “buffer”.

f. Keyboard Template

Keyboard template biasanya berupa diagram plastik atau kertas yang dapat Anda letakkan di keyboard untuk menunjukkan arti dari berbagai tombol untuk program tertentu.

g. Form Template

Formulir atau form template jjuga memiliki templat sendiri untuk menangani data apa yang ingin diambil dan ditampilkan oleh penggunanya.

h. E-Mail Template

Templat atau e-mail template digunakan untuk menyediakan struktur untuk setiap email yang dikirim dari aplikasi campaign (kampanye).

Ini sering digunakan dalam digital marketing. Contoh website e-mail marketing (baca pengertian e-mail marketing disini) yang memiliki banyak contoh desain templat adalah seperti Mailchimp.

Contoh Template (Templat)

Setelah kita mengetahui apa itu pengertian template, apa itu desain templat serta jenis dan macamnya di atas, pastinya kita juga harus mengetahui seperti apa contohnya bukan?

Ya, seperti yang sudah dijelaskan dalam penjelasan template di atas, mereka biasanya berupa formulir, cetakan, atau pola yang digunakan sebagai panduan untuk membuat sesuatu (lihat gambar Kami di atas).

Beberapa macam contoh template yang seringkali digunakan pada umumnya adalah seperti:

  • Ruler (penggaris); Adalah templat seperti tools (alat) yang digunakan ketika desainer ingin menggambar garis lurus.
  • Standard cover dan belakang dokumen; Di mana bagian pembukaan dan penutupan standar sudah diisi adalah templat yang dapat Anda salin dan kemudian diisi bagian variabelnya.
  • Overlay keyboard pada komputer; Ini memberi tahu Anda kombinasi tombol khusus untuk aplikasi tertentu dan merupakan templat untuk memilih tombol yang tepat untuk ditekan.
  • Template flowcharting; Membantu programmer menggambar diagram alur atau urutan logika dalam persiapan untuk menulis kode walaupun sekarang ini sudah jarang digunakan.

Microsoft PowerPoint memiliki templat desain yang membantu menyediakan organisasi yang kohesif dan visual untuk presentasi Anda.

Setiap slide mungkin memiliki tata letak dan grafik yang berbeda, tetapi tampilan keseluruhan memiliki kontinuitas.

Ada banyak template (templat) yang tersedia untuk semua program Microsoft Office dan program lainnya, seperti Adobe InDesign, Google Docs, dan program Office dan desain lainnya, masing-masing dengan opsi yang serupa.

Kenapa Template Penting?

Jika kalian yang kebetulan sedang membaca postingan Kami disini dan sedang bertanya tentang apa pentingnya sebuah templat terutama dalam desain, maka dapat Kami katakan bahwa Anda berada di tempat yang tepat!

Baca Juga :  Memahami Pengertian Password: Jenis dan Contohnya serta Bagaimana Cara Membuat Secure Password!

Mengapa? Benar, disini Kami juga akan menjelaskan keutamaannya!

Betul, perlu kalian garis bawahi bahwa kata “template” biasanya merujuk pada titik awal yang dirancang sebelumnya, atau pola di mana sebuah objek atau karya baru didasarkan.

Ini digunakan dalam banyak konteks yang berbeda seperti stensil yang dapat Anda lacak untuk dibuat, huruf standar atau pola yang mungkin Anda ikuti untuk menjahit pakaian baru (misalnya) atau rencana kerja yang digunakan untuk memastikan hasil yang konsisten dalam usaha bisnis.

Perlu kalian ingat, dalam semua contoh yang sudah Kami sebutkan di atas ini idenya adalah sama.

Kita ingin hasilnya mirip dengan, atau berdasarkan pada, templat asli. Juga untuk konsepnya persis sama dalam perangkat lunak komputer.

File templat menyediakan cara yang andal untuk memulai masing-masing file proyek baru dan memastikan bahwa itu dimulai dengan set atau koleksi pengaturan, fitur, dan standar kantor yang tepat.

Menggunakan template atau tidak, bagaimanapun, pentingnya sebuah templat akan menjamin sebuah proyek yang berhasil seperti yang sudah digambarkan dan disusun dengan baik.

Kesimpulan

Oke, Kami rasa sudah cukup jelas untuk sekarang. Jadi, berdasarkan pembahasan mengenai Pengertian Template, Apa itu Templat dan Template Design? Tujuan, Jenis dan Macam serta Contohnya dan Kenapa itu Penting di atas, dapat kita simpulkan bahwa, template adalah alat untuk membuat serta menegakkan tata letak standar dan tampilan dan nuansa untuk digunakan membuat sesuatu yang baru, baik itu proyek, rencana, karya atau file dan dokumen baru.

Ketika Anda mengubah templat, halaman atau wilayah tempat apa pun yang didasarkan pada template (templat) itu juga diubah secara otomatis. Template menyediakan adanya control atau kontrol standardisasi tambahan, tergantung pada jenis yang Anda gunakan.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikann dalam tulisan kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Template, Apa itu Templat dan Template Design? Tujuan, Jenis dan Macam serta Contohnya dan Kenapa itu Penting. Jangan lupa berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini atau hubungi Kami secara langsung pada halaman kontak untuk informasi lebih lanjut.

Silahkan share artikel atatu tulisan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan bisnis Anda semua jika kalian rasa ini bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar