Memahami Pengertian Email Marketing: Apa itu Pemasaran Email? Tujuan, Jenis, Manfaat serta Bagaimana Tips Melakukan dan Menjalankannya!

0
Gambar Pengertian E Mail Marketing Apa Itu Pemasaran Email Tujuan Jenis Manfaat Menggunakan Dan Bagaimana Tips Melakukan Dan Menjalankannya
Gambar Pengertian E Mail Marketing Apa Itu Pemasaran Email Tujuan Jenis Manfaat Menggunakan Dan Bagaimana Tips Melakukan Dan Menjalankannya

Tahukah Anda, Pengertian E-Mail Marketing, Apa itu Pemasaran Email? Tujuan, Jenis, Manfaat dan Bagaimana Tips Melakukan dan Menjalankannya? Dalam arti yang paling mendasar, ini mewakili penggunaan surat elektronik untuk mempromosikan produk atau layanan. Tetapi definisi pemasaran email yang lebih baik yaitu berupa penggunaan e-mail untuk mengembangkan hubungan dengan pelanggan potensial atau klien. Pemasaran melalui e-mail adalah salah satu segmen dari pemasaran internet, yang mencakup pemasaran online melalui situs web, media sosial, blog, dan banyak lagi.

Jenis pemasaran ini dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan pelanggan atau mengusir mereka. Pemasaran e-mail dapat membuat pelanggan di list (daftar) e-mail Anda mengetahui produk baru, diskon, dan layanan lainnya. Ini juga bisa menjadi penjualan yang lebih lembut untuk mengedukasi audiens Anda tentang nilai merek atau membuat mereka tetap terlibat di antara pembelian. Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang apa itu e-mail marketing atau pemasaran melalui media email. Langsung saja, mari kita simak ulasannya!

Pengertian E-Mail Marketing

Pemasaran email atau e-mail marketing adalah bentuk pemasaran langsung yang menggunakan email untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis Anda berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Mailchimp.

Tindakan ini dapat membantu membuat pelanggan Anda menyadari barang atau penawaran terbaru Anda. Ini juga dapat memainkan peran penting dalam mengajari orang tentang merek Anda atau membuat mereka tetap terlibat di antara pembelian.

Apa itu Pemasaran Email?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Pemasaran E-Mail Atau E-Mail Marketing Dalam Pembahasan Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Pemasaran E-Mail Atau E-Mail Marketing Dalam Pembahasan Pengertian Dan Artinya

Jadi, apa itu sebenarnya pemasaran email? Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, e-mail marketing merupakan tindakan menargetkan konsumen dengan pesan komersial melalui media email dengan tujuan mendorong penjualan, meningkatkan loyalitas pelanggan, atau mengomunikasikan informasi penting.

Pemasaran email adalah bentuk pemasaran langsung yang, di masa lalu, biasanya digunakan untuk menargetkan kelompok massa orang. Namun, pemasaran email modern didasarkan pada prinsip persetujuan, segmentasi, dan personalisasi.

Fungsi pemasaran email adalah sebagai saluran pemasaran langsung yang paling menguntungkan, yang mampu menghasilkan hingga 30 kali investasi awal Anda. Ini membuatnya menjadi pilar utama dari setiap strategi digital marketing atau pemasaran digital.

Kegagalan untuk menjalankan dan memasukkan pemasaran email dalam strategi marketing (pemasaran) digital Anda akan menjadi suatu hal yang tidak bijaksana mengingat Return Of Investment (ROI) potensial yang dipertaruhkan.

Sebagai contoh, misalnya ada seseorang yang membeli daftar e-mail dan mengirimkan pesan di sepanjang baris daftar dengan kalimat “Dapatkan (nama produk) hanya dengan Rp. sekian!” untuk semua orang dalam daftar mereka, kadang-kadang berulang kali.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian SOAP (Web Service): Apa itu SOA? Cara Kerja, Manfaat, Bagian dan API, Kelebihan Kekurangan serta Perbedaannya dengan REST!

Semua ini biasanya mengganggu orang dan memberi pemasaran email yang buruk. Padahal caranya yang terbaik yaitu adalah memanfaatkan kemungkinkan perusahaan untuk memberi informasi (baca pengertian informasi disini) kepada pelanggan mereka dan menyesuaikan pesan pemasaran mereka dengan pelanggan mereka.

Tujuan E-Mail Marketing (Pemasaran Email)

Membahas mengenai apa itu arti e-mail marketing atau pemasaran email, pastinya kita juga harus mengetahui apa sebenarnya tujuan dari penggunaannya sendiri bukan? Ya! Dengan melakukannya, maka kelompok pelanggan tertentu dapat ditargetkan atau bahkan perorangan.

Benar! Seperti menawarkan penawaran khusus setiap pelanggan pada barang dagangan atau layanan pada hari ulang tahun mereka. Misalnya, salah satu contoh personalisasi pemasaran email, yaitu seperti sebuah restoran mungkin mengirim email ke pelanggan pada hari ulang tahun mereka menawarkan diskon 50% untuk hidangan utama.

E-mail marketing atau pemasaran surat elektronik ini membantu bisnis mengembangkan dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan dari waktu ke waktu yang diharapkan menghasilkan peningkatan penjualan dan peningkatan loyalitas pelanggan.

Praktik terbaik melakukannya sendiri termasuk mengembangkan list atau daftar email Anda daripada membeli daftar kumpulan e-mail serta membuat partisipasi dalam daftar e-mail Anda yang memilih ikut serta daripada memilih keluar.

Selain itu, e-mail juga harus dioptimalkan untuk penggunaan seluler karena menurut statistik lebih dari setengah e-mail dibuka pada perangkat seluler atau smartphone (baca pengertian smartphone disini).

Jenis E-Mail Marketing atau Pemasaran Email

Setelah kita mengetahui apa arti e-mail marketing atau pemasaran email, kita juga harus mengetahui apa saja tipe (macam) dan jenis mereka.

Dalam pemasaran online, secara umum e-mail marketing atau pemasaran email terbagi menjadi 2 (dua) bagian yang akan Kami jelaskan sebagai berikut.

1. E-Mail Promosi

Jenis e-mail marketing yang pertama adalah jenis e-mail promosi. Surat elektronik promosi dikirim sesuai kebutuhan dan bila diperlukan, sesuai dengan ritme bisnis Anda.

Ini adalah cara untuk tetap berada di garis depan pikiran kontak Anda dan menginspirasi mereka untuk lebih terlibat dengan Anda. Campaign atau kampanye email macam ini lebih fokus pada penjualan dan pemasaran.

Biasanya, kampanye dapat terdiri dari 3-10 e-mail yang dikirim selama beberapa hari atau minggu. Jenis pemasaran email semacam ini dikirim dengan tujuan tertentu, baik untuk mempromosikan penawaran khusus, mendorong download atau pengunduhan, dan mendaftar untuk webinar.

2. E-Mail Otomatis

Tipe e-mail marketing berikutnya yaitu adalah e-mail otomatis. Surat elektronik otomatis dapat menghemat banyak waktu dan melakukan keajaiban untuk meningkatkan hubungan pelanggan.

Baca Juga :  Pembahasan Pengertian Impression: Apa itu Tayangan? Tujuan, Fungsi, Jenis dan Contohnya dalam Internet Marketing!

E-mail otomatis dapat sesederhana pesan email selamat datang yang dikirim ke pendaftaran baru atau e-mail pribadi berdasarkan perilaku pelanggan atau informasi yang ada. Salah satu hal hebat tentang email otomatis adalah tidak ada yang perlu hadir secara fisik untuk menekan hit (menekan tombol) kirim.

Manfaat E-Mail Marketing

Ilustrasi Gambar Apa Saja Manfaat Dan Keuntungan Menggunakan E-Mail Marketing Atau Pemasan Email
Ilustrasi Gambar Apa Saja Manfaat Dan Keuntungan Menggunakan E-Mail Marketing Atau Pemasan Email

Selain dari penjelasan pengertian e-mail marketing di atas, disini Kami juga akan menjelaskan apa saja manfaat dalam menggunakannya.

Secara garis besar ada 2 (dua) manfaat dan keuntungan besar dari e-mail marketing atau pemasaran email yakni:

  1. Cost atau biaya
  2. Ease (kemudahan)

Di bawah ini adalah penjelasan dari masing-masing manfaat dan keuntungan dari e-mail marketing (pemasaran email).

1. Cost atau Biaya

E-mail adalah cara yang hemat dan murah untuk mengiklankan perusahaan Anda dan produk atau layanannya dibandingkan dengan banyak jenis pemasaran lainnya.

Dengan menggunakan e-mail marketing, yang Anda perlukan hanyalah list atau daftar e-mail yang telah kalian kumpulkan di website (baca apa itu website disini) Anda.

2. Ease (Kemudahan)

E-mail juga sangat mudah untuk mengatur dan melacak kampanye pemasaran email, menjadikannya jenis e-mail marketing (pemasaran) yang sangat mudah untuk diakses bisnis kecil.

Sebagai contoh misalnya, postingan “SN” dapat dikirim ke daftar e-mail yang Anda untuk orang-orang yang memberikan informasi yang diperlukan di website Anda.

Dengan memberi pelanggan yang potensial ini berita terbaru tentang perusahaan Anda, event (acara) mendatang atau penawaran khusus dan tentu saja, mengingatkan mereka bahwa bisnis Anda ada dan mungkin sudah saatnya untuk melakukan kunjungan ulang lagi.

Tips Melakukan dan Menjalankan E-Mail Marketing

Mengacu pada penjelasan tentang pengertian pemasaran e-mail dan artinya di atas, langkah dan cara awal melakukan e-mail marketing adalah dengan membuat daftar Anda sendiri.

Seperti yang sudah Kami jelaskan sebelumnya, membeli daftar e-mail adalah hanya membuang-buang waktu saja. Yang akan Anda lakukan dengan mengirim e-mail yang tidak diminta adalah mematikan dan menghilangkan sebagian besar orang yang Anda harapkan untuk berubah menjadi pelanggan dan berisiko dicap sebagai spammer.

Anda dapat membaca selengkapnya tentang pengertian Spam disini.

Untuk tipsnya sendiri, kalian harus mematuhi aturan UU Spam (undang-undang dapat berbeda sesuai dengan kebijakan negara masing-masing), aturan-aturan umumnya termasuk memiliki baris subjek yang tidak menipu, metode berhenti berlangganan, dan nama dan alamat Anda di akhir e-mail.

Jangan hanya mengirim iklan yang dapat dibeli setiap saat. Gunakan e-mail Anda untuk membangun hubungan dengan pelanggan dengan membagikan keahlian Anda atau keahlian orang lain, berikanlah mereka tips dan wawasan yang dapat mereka hargai.

Bagikan informasi yang membuat mereka tahu lebih banyak tentang Anda atau bisnis dan perusahaan Anda jika itu menarik. Perlakukan list atau daftar e-mail Anda dengan baik. Ingat bahwa orang yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan e-mail telah mempercayai Anda dengan e-mail dan nama mereka, mereka layak Anda hormati.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Bounce Rate: Apa itu Tingkat Rasio Pentalan dan Exit Rate? Penyebab serta Cara Mengetahui dan Menurunkannya!

Sama seperti Anda layak mendapatkan kesempatan untuk mengubah mereka dari pelanggan menjadi fans( penggemar) untuk brand (merek) Anda, orang-orang yang ingin berbicara tentang Anda dan membagikan pesan Anda pasti juga ingin terlibat dengan cara apa pun yang mereka bisa.

Jika perlu buat dan tempel jadwal jika Anda melakukan buletin. Tips lainnya adalah dengan mengirimkan e-mail pada hari biasa secara teratur, karena hal tersebut dapat membantu pelanggan Anda mengetahui apa yang diharapkan dari Anda.

Kesimpulan

Baiklah, Kami rasa sekarang kalian pasti sudah mendapatkan gambarannya bukan? Oke, dari pembahasan dan penjelasan Pengertian E-Mail Marketing, Apa itu Pemasaran Email? Tujuan, Jenis, Manfaat dan Bagaimana Tips Melakukan dan Menjalankannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa pemasaran email atau e-mail marketing adalah strategi pemasaran digital yang sangat efektif untuk mengirim surat elektronik ke prospek dan pelanggan. E-mail marketing (pemasaran) yang efektif dapat mengubah prospek menjadi pelanggan, dan mengubah pembeli menjadi penggemar yang loyal. web

Selain itu juga, mulai dari konfirmasi pesanan hingga newletter (buletin), e-mail merupakan aspek penting dari pertumbuhan dan pengelolaan bisnis Anda. Intinya, e-mail marketing adalah tentang menginformasikan, membujuk, dan memenangkan loyalitas basis kontak yang tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian E-Mail Marketing, Apa itu Pemasaran Email? Tujuan, Jenis, Manfaat dan Bagaimana Tips Melakukan dan Menjalankannya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui istilah-istilah teknologi dalam dunia digital marketing dan pemasaran online.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman, kerabat serta rekan bisnis kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar