Pengertian Video Tutorial: Apa itu Instructional Video (Instruksi)? Tujuan, Jenis dan Macam serta Pentingnya untuk Pembelajaran!

0
Gambar Dari Pengertian Video Tutorial Apa Itu Instructional Video Instruksi Tujuan Jenis Dan Macam Serta Manfaat Dan Pentingnya Untuk Pembelajaran
Gambar Dari Pengertian Video Tutorial Apa Itu Instructional Video Instruksi Tujuan Jenis Dan Macam Serta Manfaat Dan Pentingnya Untuk Pembelajaran

Mengenal Pengertian Video Tutorial, Apa itu Instructional Video (Instruksi)? Tujuan, Jenis, Macam, Manfaat serta Pentingnya untuk Pembelajaran!

Oke, sebelumnya, izinkan Kami bertanya terlebih dahulu, apakah sebenarnya yang Anda lakukan ketika Anda ingin atau perlu mempelajari sesuatu yang baru?

Bagaimana jika Anda perlu tahu cara mengatasi sesuatu?

Atau bagaimana jika Anda perlu mempelajari cara menggunakan perangkat lunak atau layanan baru?

Ya! Kemungkinan besar, kalian pasti akan mencari video.

Tenang, Anda tidak sendirian!

Riset yang Kami lakukan pun juga mendapati data sebanyak 57% (persen) orang menonton dua atau lebih video tutorial (instruksional) dalam waktu satu minggu.

Betul! Terlepas dari industri atau dari bidang apapun Anda, video panduan, tutorial atau instruksional pada dasarnya merupakan metode penyampaian terbaik, terlebih jika Anda serius mengajar orang lain, mengembangkan bisnis Anda, atau membangun sebuah kursus online.

Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan dan pengetahuan video Anda, Anda akan menyukai panduan tersebut pastinya.

Sekilas dari riset Kami pun juga menunjukkan bahwa ketika orang mencari jawaban atas pertanyaan mereka, mereka lebih suka dan memilih melihat video.

Ya, terkait hal itulah, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail tentang apa itu pengertian video tutorial.

Langsung saja, berikut ulasannya!

Pengertian Video Tutorial

Video tutorial secara bahasa terdiri dari kata “video” dan “tutorial”, ini adalah sebuah penjelasan oleh seorang tutor tentang sesuatu yang tersedia dalam bentuk video.

Video tutorial juga sering disebut video cara, langkah, panduan atau instruksi (instructional).

Ini mengacu pada pembelajaran yang aktif, selain dapat membuat waktu belajar menjadi lebih efektif yang dapat menambah nilai pedagosis secara pasif.

Jenis video tutorial cara, langkah, panduan atau instruksi (instructional) seringkali lebih berpusat pada siswa dan kelompok.

Untuk dapat lebih lanjut memahami apa itu video tutorial, terkait hal ini kalian dapat membaca postingan Kami yang membahas tentang apa itu pengertian tutorial disini.

Apa itu Instructional Video (Instruksi)?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Instructional Video Atau Cara Langkah Panduan Instruksi Serta Tujuan Dan Jenis Macam Tipenya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Instructional Video Atau Cara Langkah Panduan Instruksi Serta Tujuan Dan Jenis Macam Tipenya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan video cara, langkah, panduan atau instruksi (instructional) ini?

Instructional video atau video instruksional adalah setiap video yang mendemonstrasikan suatu proses, mentransfer pengetahuan, keahlian, menjelaskan suatu konsep, atau menunjukkan kepada seseorang/kelompok bagaimana melakukan sesuatu.

Jenis video ini juga sering disebut dengan video tutorial, dimana membuat video instruksional tidak terbatas pada profesional desain instruksional.

Kalian juga dapat membaca postingan Kami sebelumnya yang membahas bagaimana tips dan trik cara membuat video tutorial yang baik disini.

Membuat video instruksional sekarang ini sudah merupakan keharusan, baik kalian berada di insdustri apa pun.

Berbeda dengan video biasa, sebagian besar dari itu tidak disertai petunjuk.

Benar! Itulah mengapa menonton video itu sendiri adalah aktivitas yang bernilai rendah.

Sebuah video yang bersifat instructional seperti tutorial akan memandu partisipasi siswa, pelajar atau seseorang dalam pengalaman menonton, dan seringkali juga membutuhkan keterampilan kognitif tingkat tinggi untuk memproses informasi yang dianggap berharga oleh instruktur.

Tujuan Video Tutorial

Setelah kita mengetahui pengertian video tutorial dan apa itu instructional video, selanjutnya kita juga perlu secara khusus memahami tujuannya.

Secara umum, adapun tujuan penggunaan multimedia video adalah untuk mengubah pengalaman menonton pasif menjadi pengalaman belajar aktif.

Betul! Hal ini dicapai melalui dengan instructional video khususnya yaitu “video tutorial”.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Hacking (Peretasan): Apa itu Hack dan Hacker? Sejarah, Tujuan, Jenis dan Contoh, Teknik serta Tips Melindunginya!

Dalam pembelajaran sendiri, video panduan atau tutorial adalah handout siswa, pelajar atau seseorang yang ditulis untuk mengiringi video tertentu.

Secara khusus, video cara, langkah, panduan atau instruksi (instructional) ini dibuat untuk beberapa hal sebagai berikut:

  • Menginformasikan siswa, pelajar, dan penonton tentang tujuan menonton video.
  • Menginstruksikan mereka untuk melakukan pengamatan dan mencatat informasi.
  • Memberikan tantangan dengan pertanyaan terkait informasi yang disajikan dalam video.
  • Memberikan arahan untuk mendiskusikan pertanyaan dengan pemirsa lainnya, mengevaluasi tanggapan, dan menulis kesimpulan.
  • Melibatkan pemikiran siswa, pelajar atau seseorang pada berbagai tingkat kognitif. Sebagai contoh misalnya, dari ingatan sederhana, deskripsi dan identifikasi, hingga analisis dan evaluasi.
  • Mengundang beberapa mode ekspresi, dan karena itu pemrosesan kognitif, dari penulisan teks, hingga sketsa bentuk, diagram, dan objek yang terorganisir.
  • Tanggapan tertulis dalam sebuah video tutorial dapat dikumpulkan untuk penilaian formatif pemahaman siswa, pelajar atau seseorang, dan evaluasi berulang efektivitas video untuk keterlibatan dan instruksi yang ada.

Jenis dan Macam-Macam Video Tutorial dan Instructional (Instruksional)

Dalam membahas tentang pengertian video tutorial, cara, langkah, panduan atau instruksi (instructional), dalam postingan ini Kami juga akan menjelaskan terkait apa saja jenis dan macam-macam tipenya.

Baiklah, berikut adalah beberapa contoh jenis video tutorial atau instruksional yang dapat Anda buat.

a. Video Mikro

Video mikro adalah video instruksional pendek yang berfokus pada pengajaran satu topik yang sempit.

Mereka biasanya berdurasi kurang dari satu menit dan menarik bagi konsumen media saat ini, yang memiliki rentang perhatian yang sangat pendek.

Contoh video mikro yang populer ini termasuk seperti video YouTube Shorts, TikTok, Instagram Reels dan lain sebagainya.

b. Video Panduan

Video panduan adalah metode instruksional masuk untuk mengajarkan suatu proses atau memberikan instruksi langkah demi langkahnya.

Video panduan ini seringkali berkisar antara 2-10 menit terkait durasinya serta dapat memanfaatkan beberapa metode pembelajaran.

Judul videonya sering memuat kata cara, how-to, panduan, dan lain sebagainya yang direncanakan dengan cermat serta memiliki sentuhan profesional.

c. Video Pelatihan

Video pelatihan atau yang sering dikenal dengan training video merupakan video yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan kerja pegawai, karyawan dan tenaga ahli lainnya.

Perusahaan sering kali membuat video training atau pelatihan online untuk membahas topik antarpribadi, seperti pelatihan kepatuhan, topik terkait pekerjaan, seperti pelatihan perangkat keras dan perangkat lunak.

Video pelatihan sering kali menggunakan cuplikan orang sungguhan untuk menghubungkan pelatih dan peserta pelatihan.

Benar! Ini bisa berupa video interaktif dan sering kali cocok di antara kursus pelatihan yang lebih besar.

d. Video Penjelasan

Juga dikenal dengan istilah explainer video, video penjelasan adalah jenis video pendek (biasanya kurang dari dua menit) yang menjelaskan konsep bisnis atau produk dengan cara visual yang menghibur.

Betul! Mereka biasanya menggunakan animasi dasar untuk menjelaskan topik, produk, atau layanan yang lebih besar.

Video explainer (penjelasan) pada dasarnya menyederhanakan ide kompleks menjadi konten yang mudah dicerna.

e. Video Presentasi

Video presentasi adalah tipe video hasil dari presentasi yang sudah direkam dan membuatnya tersedia bagi audiens untuk menonton ulang serta menyerap kembali konten atau bagi mereka yang mungkin tidak dapat menghadiri acara tatap mukanya.

Ini mungkin sesederhana seperti aktivitas untuk melakukan presentasi, atau secanggih merekam slide dalam PowerPoint, webcam, dan mikrofon terpisah sekaligus.

Video presentasi (seperti ceramah, pengajian dan lain sebagainya) dan tangkapan presentasi cenderung lebih panjang dari video tutorial pada umumnya serta menjangkau seluruh kelas atau presentasi.

Hal ini membuat mereka lebih banyak menghabiskan waktu dan membutuhkan tingkat investasi yang lebih tinggi dari penonton.

f. Video Siaran Layar

Jenis dan macam tipe video berikutnya yaitu seperti video siaran layar.

Siaran layar cenderung cepat dan informal, dan biasanya ditujukan untuk pemirsa yang lebih kecil daripada video tutorial atau instructional pada umumnya.

Baca Juga :  Human Computer Interaction (HCI): Apa itu Interaksi Manusia Komputer? Definisi, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Jenis, Macam serta Pentingnya!

Video-video ini adalah rekaman video digital dari layar komputer Anda dan biasanya menyertakan narasi audio.

Formatnya cocok untuk pengajaran tepat waktu, di mana seorang instruktur, kolega, atau manajer dapat dengan cepat membuat screencast untuk menjawab pertanyaan atau memberikan pencerahan pada konsep yang bermasalah.

Sering dianggap sebagai video “sekali pakai”, screencast dapat dibuat dengan cepat, dengan nilai produksi yang lebih rendah, dan untuk tujuan tertentu, dan biasanya dengan masa pakai yang singkat.

Manfaat serta Pentingnya Video Tutorial dalam Pembelajaran

Ilustrasi Gambar Apa Manfaat Dan Pentingnya Video Tutorial Cara Langkah Atau Panduan Dalam Pembelajaran
Ilustrasi Gambar Apa Manfaat Dan Pentingnya Video Tutorial Cara Langkah Atau Panduan Dalam Pembelajaran

Kemudian, apa saja manfaat dan pentingnya video tutorial dalam pembelajaran?

Ya! Video tutorial, baik direkam atau langsung, penting bagi siswa, pelajar atau pemirsa (penonton) karena menambahkan dimensi lain pada pembelajaran yang membuat pengalaman pendidikan mereka menjadi lebih efektif, membantu retensi.

Video memungkinkan pengaturan ruang kelas menjadi hidup (aktif), menawarkan perspektif dan alat berbeda yang biasanya tidak dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran mereka.

Adapun beberapa manfaat pentingnya video tutorial, cara, langkah, panduan atau instruksi (instructional) adalah sebagai berikut.

1. Membantu Pembelajaran Jarak Jauh

Manfaat pentingnya yang pertama yaitu membantu pembelajaran jarak jauh.

Video tutorial dapat dilihat di komputer melalui situs web (seperti LMS atau Learning Management Systems), menggunakan DVD dan streaming online, serta dengan perangkat seluler lainnya, seperti smartphone (ponsel cerdas).

Mereka juga menyediakan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas yang tidak dapat hadir secara fisik di ruang kelas langsung.

Betul! Ibu dari anak kecil bisa belajar dari rumah sambil tetap menjaga anaknya.

Pentingnya pelajaran video mencakup kemampuan siswa dewasa dan orang tua siswa untuk menghemat biaya transportasi dan waktu perjalanan.

Hal ini juga memungkinkan siswa yang tidak dapat menghadiri kelas di sekolah atau perguruan tinggi mereka karena sakit atau liburan untuk mengejar ketinggalan pelajaran dari lokasi manapun.

Video tutorial juga memungkinkan siswa atau pelajar untuk mengakses pelajaran dari instruktur yang terkenal sebagai spesialis di bidangnya, tetapi sebaliknya tidak dapat diakses oleh siswa karena jarak, seperti profesor di luar negeri.

Para profesor di video ini mungkin menambahkan dimensi lain pada pembelajaran siswa di bidang-bidang yang tidak dapat disediakan oleh sekolah lokal mereka.

2. Memungkinkan Pengulangan

Seperti sifat multimedia pada umumnya, yaitu mereka memungkinkan untuk diputar ulang.

Kemampuan untuk menjeda, memundurkan, menghentikan, dan memutar rekaman video tutorial dari DVD atau online membantu siswa memutar ulang poin penting yang perlu mereka ingat, yang penting untuk retensi memori dalam persiapan ujian.

Di ruang kelas live (langsung) yang biasanya dilakukan secara offline atau luring, mudah untuk melewatkan apa yang dikatakan instruktur pada saat tertentu, tetapi dengan tutorial video, catatan dapat diperiksa ulang untuk keakuratannya.

Pelajaran dalam format video memungkinkan siswa untuk fokus pada segmen tertentu, serta memainkan informasi secara keseluruhan.

3. Menyediakan Berbagai Pengalaman

Video tutorial menawarkan berbagai pengalaman multidimensi yang dapat menggabungkan bagan, slide (baca pengertian slide disini), foto, grafik, narasi, tangkapan layar, keterangan di layar, musik, dan video langsung.

Hal ini memungkinkan siswa, pelajar atau penonton dengan kemampuan belajar yang berbeda untuk menyimpan informasi dalam metode yang lebih cocok untuk mereka.

Semakin banyak alat yang digunakan dalam tutorial video, semakin banyak cara siswa harus fokus, memahami, dan menyimpan informasi.

Banyak dari alat bantu multimedia ini yang mungkin terbilang terlalu rumit atau memakan waktu untuk digunakan secara teratur di lingkungan kelas fisik.

4. Mendorong Interaktivitas

Manfaat pentingnya video tutorial atau instructional terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu untuk mendorong interaktivitas.

Video tutorial yang memungkinkan interaksi, seperti pelajaran software (baca pengertian software disini) komputer, memberikan pendekatan “langsung” yang dapat membantu memperkuat informasi.

Alih-alih hanya mendengar atau melihat informasi seperti Podcast atau Radio, siswa dan pelajar dapat menanggapi petunjuk menggunakan keyboard dan mouse untuk menjawab pertanyaan atau mengakses fitur pembelajaran tambahan.

Baca Juga :  Pengertian TWAIN: Apa Itu TWAIN? Sejarah, Tujuan dan Istilahnya

Video yang digunakan mungkin juga disertai dengan dokumen yang dapat diunduh dengan garis besar video pelajaran atau catatan kosong untuk diketik siswa saat mereka menonton video tutorial.

Dengan menggunakan fitur interaktif ini, mereka dapat memperoleh manfaat dengan diperkenalkannya teknologi baru.

Jenis interaktivitas lainnya melibatkan komunikasi 2 (dua) arah yang dapat terjadi antara siswa dan guru video jika video tersebut ditransmisikan secara online, meskipun mereka berada di lokasi fisik yang berbeda, seperti melalui webcam, mikrofon, dan perangkat lunak obrolan atau chatting (baca pengertian chatting disini).

Beberapa Hal yang Sering Ditanyakan Terkait Video Tutorial

Bagaimana Cara Menerapkan Penggunaan Video Tutorial di Kelas?

Untuk menerapkannya, dosen, pengajar atau instruktur dapat menyematkannya di beberapa waktu kuliah dengan menonton video serta interaksi siswa atau pelajar untuk menonon cuplikan video.

Buat kelompok kecil, dimana siswa atau pelajar dapat mendiskusikan pertanyaan yang membahas informasi video.

Sebagai insturuktur, arahkan mereka untuk mendeskripsikan, menganalisis, mengevaluasi, menulis tentang pengamatan, argumen, serta memberikan kesimpulan.

Lalu, pimpin diskusi tentang pengamatan, argumen, sudut pandang, masalah, untuk membimbing dan meningkatkan pemahaman siswa, dimana tanggapan tertulis mereka dapat digunakan untuk umpan balik dan penilaian formatif.

Berapa Lama atau Durasi Video Instruksional yang Baik?

Menurut penelitian dari beberapa situs pemasar internet, mayoritas penonton lebih menyukai video berdurasi 1-8 (satu sampai delapan) menit.

Walaupun tidak menutup kemungkinan ada beberapa dari mereka yang menginginkan video yang lebih panjang hingga 20 (dua puluh) menit.

Sederhananya, itu semua tergantung pada topik dan audiens Anda, dimana dalam beberapa kasus, video yang lebih panjang mungkin lebih efektif.

Kesimpulan

Baiklah, Kami pikir demikian untuk pembahasan terkait Pengertian Video Tutorial, Apa itu Instructional Video (Instruksi)? Tujuan, Jenis, Macam, Manfaat serta Pentingnya untuk Pembelajaran kali ini.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa video tutorial atau instruksional adalah penjabaran oleh seorang guru, dosen, pengajar, coach, dan lain sebagainya yang dikenal dengan istilah tutor terkait suatu hal dalam bentuk video.

Seperti yang Anda lihat, video tutorial atau interactional video sering digunakan dalam berbagai nama yang berbeda.

Apakah kita perlu membuat video tentang cara-cara atau tutorial, dan lainnya, maka pada umumnya itu memiliki tujuan yang sama.

Tidak seperti bentuk video lainnya, video tutorial, cara, langkah, panduan atau instruksional (instructional) memberikan instruksi.

Tentu saja, meskipun Anda tidak ingin video yang membosankan, tujuan utama Anda adalah agar pemirsa memahami dan mempelajari apa yang Anda ajarkan kepada mereka.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Video Tutorial, Apa itu Instructional Video (Instruksi)? Tujuan, Jenis, Macam, Manfaat serta Pentingnya untuk Pembelajaran.

Semoga apa yang sudah Kami sampaikan disini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kalian semua dalam bidang teknologi dan .

Jangan lupa share atau bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja atau bisnis kalian semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar