Mengenal Pengertian Chatting: Fungsi, Manfaat, Dampak dan Contoh Aplikasinya!

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Chatting Apa Itu Chat Fungsi Manfaat Dampak Dan Contoh Aplikasi Chatting Atau Obrolan
Ilustrasi Gambar Pengertian Chatting Apa Itu Chat Fungsi Manfaat Dampak Dan Contoh Aplikasi Chatting Atau Obrolan

Tahukah Kalian, Pengertian Chatting, Apa Itu Chat, Fungsi, Manfaat, Dampak Dan Contohnya Aplikasinya? Seperti yang kita ketahui, chatting mewakili sebuah aktivitas berkomunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan memanfaatkan aplikasi chat dan jaringan internet. Aplikasi chatting saat ini sudah terbilang sangat maju. Mereka tidak hanya dapat mengirim pesan teks saja, aktivitas chatting sekarang ini juga bisa mengirimkan emoticon, pesan suara, bahkan video.

Obrolan atau chatting merupakan salah fitur dari kecanggihan teknologi dan sistem informasi saat ini. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa pun saat sekarang ini, pasti sudah familiar dengan istilah chatting. Secara singkat, chatting adalah suatu program yang melibatkan koneksi internet untuk saling bertukar pesan antar satu orang dengan orang lain. Chatting adalah bentuk komunikasi yang paling efektif dan efisien saat ini. Dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lengkap tentang chatting atau obrolan. Mari simak ulasannya berikut!

Pengertian Chatting

Chatting, Secara Bahasa, Chatting adalah sebuah pesan langsung atau yang biasa disebut instant messaging dalam teknologi jaringan komputer dalam mengirimkan informasi ke pengguna lain yang terhubung melalui koneksi internet.

Zaman sekarang, apalagi di tahun 2020 ini, istilah chatting tidak hanya ditemukan pada pengguna e-mail messenger saja, melainkan sekarang sudah banyak aplikasi chatting yang tersedia untuk pengguna smartphone.

Apa itu Chat?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Chat Dan Chatting Atau Obrolan
Ilustrasi Gambar Apa Itu Chat Dan Chatting Atau Obrolan

Chat adalah segala hal yang mengacu pada proses berkomunikasi, berinteraksi, atau bertukar pesan melalui internet. Chat melibatkan dua atau lebih individu yang berkomunikasi melalui layanan atau perangkat lunak yang mendukung obrolan berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Technopedia.

Chat juga dikenal sebagai chatting, online chatting atau internet chat. Chat dapat disampaikan melalui komunikasi teks, verbal, audio, visual atau audio-visual (A/V) melalui internet. Jika dilakukan melalui desktop, chat memerlukan software atau perangkat lunak yang mendukung Internet Relay Chat (IRC) atau aplikasi pesan instan, di mana server sebagai pusat mengelola komunikasi obrolan antara klien pengguna akhir yang berbeda.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Hotspot: Sejarah, Jenis dan Perbedaan Hotspot dengan Wi-Fi dan Wireless!

Ada juga layanan online chat yang mengharuskan pengguna untuk mendaftar dengan alamat e-mail yang valid. Setelah mendaftar, pengguna dapat bergabung dengan ruang grup chat atau mengirim pesan pribadi ke individu lain. Layanan obrolan online memiliki antarmuka obrolan khusus yang mengatur seluruh proses komunikasi.

Apa itu Chatting?

Dalam dunia internet, chatting adalah berbagai hal terkait aktivitas berbicara dengan orang lain yang menggunakan internet pada saat yang sama dengan Anda. Biasanya, “pembicaraan” atau “obrolan” ini adalah pertukaran pesan yang diketik yang membutuhkan satu situs sebagai tempat penyimpanan pesan (atau “situs obrolan”) dan sekelompok pengguna yang mengambil bagian dari mana saja di Internet.

Dalam beberapa kasus, obrolan pribadi atau private chat dapat diatur antara dua pihak yang awalnya bertemu dalam obrolan grup. Chatting dapat berlangsung atau dijadwalkan untuk waktu dan durasi tertentu.

Sebagian besar obrolan berfokus pada topik tertentu yang menarik dan beberapa melibatkan pakar tamu atau orang terkenal yang memberikan “pembicaraan” dengan siapa pun yang bergabung dengan obrolan (transkrip obrolan dapat diarsipkan untuk referensi di lain waktu).

Fungsi Chatting

Setelah mengenal tentang chatting dan apa itu chat di atas, kita juga harus mengetahui apa saja fungsi chatting. Benar! Zaman sekarang, penggunaan aplikasi chatting sudah sangat marak dan banyak digunakan bahkan, hampir semua orang setidaknya menggunakan satu aplikasi untuk bertukar pesan.

Adapun beberapa fungsi chatting secara umum adalah sebagai berikut.

  • Sebagai sarana dalam berkomunikasi yang terbilang easy atau mudah, cepat dan efisien.
  • Sebagai sarana untuk saling berkonsultasi dan membuatnya menjadi lebih mudah.
  • Chatting sebagai alat untuk menjalin hubungan dengan orang lain.
  • Chatting dapat digunakan untuk berkumpul pada suatu grup atau yang biasa disebut multiple chat.

Manfaat Chatting

Ilustrasi Gambar Manfaat Chatting Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Manfaat Chatting Dalam Membahas Pengertiannya

Dalam membahas mengenai arti chatting, dan beberapa fungsinya seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, lalu, apa saja manfaatnya terutama terkait bisnis? Benar, ini sangat berpengaruh dengan kelancaran sebuah bisnis.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat chatting dalam bisnis yang harus kalian ketahui.

Baca Juga :  Pengertian System (Sistem) Adalah: Bagian, Sejarah dan Contoh Sistem!

1. Sarana Komunikasi

Manfaat chatting yang pertama adalah sebagai sarana komunikasi. Seperti yang sudah Kami singgung dari pengertiannya di atas, dijelaskan disana bahwa tujuannya adalah untuk memudahkan cara berkomunikasi dalam jarak jauh. Dengan adanya fitur chatting seperti sekarang ini, tentu hal tersebut akan semakin memudahkan sistem koordinasi dalam sebuah perusahaan.

Untuk menyampaikan informasi yang terkesan cukup penting ataupun bersifat pribadi dan segera, maka mereka dapat memanfaatkan fitur chatting. Dengan itu, mereka dapat menyampaikan pesan atau informasi langsung ke beberapa orang seperti yang terdapat pada fitur grup chatting. Tentu hal ini merupakan hal yang berdampak positif terhadap bisnis.

2. Sumber Informasi

Berikutnya adalah sumber informasi yang paling cepat. Chatting diklaim sebagai sebuah perantara dalam penyampaian informasi yang paling cepat. Dalam bertukar informasi (baca pengertian informasi disini), Anda tidak perlu untuk menemui orang yang bersangkutan atau menghabiskan pulsa dengan menelpon, karena hal tersebut dapat Anda dilakukan hanya dengan Chatting.

3. Meningkatkan Efisien Waktu

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa, dengan adanya fitur chatting saat ini sangat mempermudah pekerjaan kita. Untuk dapat membuat janji atau mengadakan pertemuan mendadak, kita bahkan tidak perlu untuk menggunakan surat secara resmi, karena saat ini sudah banyak yang melakukan Undangan via atau melalui chatting. Sehingga dengan chatting dapat meningkatkan efisiensi waktu yang kita perlukan untuk menyebar undangan.

4. Media Untuk Berkomunikasi

Chatting tidak hanya memudahkan komunikasi antar anggota perusahaan saja, namun juga bertujuan untuk memudahkan interaksi atau sebagai media komunikasi dengan pelanggan. Dengan chatting maka Anda akan lebih mudah terhubung dengan pelanggan misalnya untuk pemesanan produk, komplain atau lainnya.

5. Sebagai Sarana Pemasaran

Di zaman yang serba smartphone (baca pengertian smartphone disini) sekarang ini tentunya Anda tidak perlu lagi mengeluarkan budget yang lebih untuk pemasaran atau promosi dengan mencetak brosur dan lain sebagainya.

Anda cukup membuat bahan promosi Anda dalam bentuk digital dan kemudian melakukan distribusi melalui chatting. Cara promosi seperti ini sudah dianggap “wajar atau lumrah” dikalangan para pebisnis, terutama untuk mereka yang berbisnis secara online.

Dampak Chatting pada Masyarakat

Dalam membahas pengertian chatting, tentu hal tersebut tidak terlepas dari apa saja dampak mereka dalam kehidupan, terutama pada masyarakat luas.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Algoritma: Tujuan dan Fungsi, Jenis, Ciri dan Karakteristik serta Contohnya!

Meskipun banyak hal yang berdampak positif dari chatting, namun hal yang berdampak negatif juga patut kita diperhatikan, salah satunya adalah kasus penipuan via chat yang kini sedang merajalela.

Adapun beberapa dampak chatting yang harus diketahui terutama pada masyarakat luas adalah sebagai berikut.

  • Resiko pada perangkat komputer dan gadget terhadap serangan virus atau malware.
  • Dalam chatting, ada kemungkinan topik pembicaraan yang ada membicarakan hal yang tidak sopan.
  • Chatting dapat membuat Anda berhubungan dengan orang yang tidak Anda kenal.
  • Chatting dapat mengakibatkan seseorang menjadi chatter (orang yang ketagihan melakukan chatting).
  • Chatting dapat menimbulkan masalah kesehatan apabila terlalu sering dilakukan, misalnya rematik, otot kaku, masalah penglihatan dan lain sebagainya.
  • Dapat mengakibatkan potensi terjadinya penipuan melalui aktivitas chatting.

Contoh Aplikasi Chatting

Zaman sekarang ini, telah ada banyak sekali aplikasi chatting yang dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Pada umumnya aplikasi chatting tersebut dapat kita gunakan secara gratis.

Adapun beberapa contoh aplikasi chatting yang sering digunakan saat ini adalah sebagai berikut:

  • WhatssApp
  • Blackberry Messenger
  • Facebook Messenger
  • Line
  • WeChat
  • Kakao Talk
  • Google Hangout
  • Facebook Messenger

Kesimpulan

Baiklah, jadi dari penjelasan dan pembahasan mengenai Pengertian Chatting, Apa Itu Chat, Fungsi, Manfaat, Dampak Dan Contohnya Aplikasinya di atas, dapat kita simpulkan bahwa, chat atau chatting adalah komunikasi berbasis teks yang langsung atau dalam waktu nyata.

Sebagai contoh misalnya, ketika berbicara dengan seseorang dalam obrolan, teks yang diketik akan langsung diterima oleh peserta lain. Sebaliknya, komunikasi berbasis teks lainnya seperti e-mail adalah mode korespondensi yang tidak real-time. Perlu kalian ketahui bahwa terdapat beberapa juta pengguna yang mengobrol melalui jaringan lain seperti IRC.

Penutup

Demikianlah penjelasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas mengenai Pengertian Chatting, Apa Itu Chat, Fungsi, Manfaat, Dampak Dan Contohnya Aplikasinya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua dalam memahaminya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar