Memahami Pengertian Smartphone: Apa itu Ponsel Cerdas? Menurut Ahli, Sejarah, Jenis, Macam-Macam OS dan Fiturnya!

0
Gambar Pengertian Smartphone Apa Itu Ponsel Cerdas Atau Pintar Menurut Para Ahli Sejarah Jenis Macam Macam OS Dan Fiturnya
Gambar Pengertian Smartphone Apa Itu Ponsel Cerdas Atau Pintar Menurut Para Ahli Sejarah Jenis Macam Macam OS Dan Fiturnya

Tahukah Kalian, Pengertian Smartphone, Apa itu Ponsel Cerdas? Menurut Para Ahli, Sejarah, Jenis, Macam dan Fiturnya? Zama modern seperti ini, kombinasi ponsel gengam dan komputer telah menciptakan revolusi dalam teknologi terbesar sejak munculnya internet. Sebuah smartphone dapat melakukan semua hal yang dapat dilakukan oleh komputer pribadi terkait mobilitasnya, bahkan lebih dari itu. Meskipun ukuran layar adalah yang menjadi batasan dibandingkan dengan monitor desktop, resolution atau resolusi dan kerapatan pixel yang semakin tinggi membuat tampilan menjadi menyenangkan walaupun mengetik selalu lebih rumit daripada keyboard desktop.

Sebuah ponsel cerdas menggabungkan ponsel dengan fitur lain seperti e-mail dan web, pemutar musik dan film atau video, kamera, camcorder, navigasi GPS, perekam suara, jam alarm, senter, album foto, buku alamat dan lain sebagainya. Benar! Berkenaan dengan hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap mengenai apa itu arti smartphone sebenarnya yang harus kita ketahui. Baiklah, langsung saja, berikut ini adalah pembahasannya!

Pengertian Smartphone

Disebut dengan ponsel cerdas, smartphone adalah telepon seluler dengan komputer yang terintegrasi dan fitur-fitur lain yang pada awalnya tidak terkait dengan telepon seperti sistem operasi, web browser, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Techtarget.

Smartphone dapat digunakan oleh individu dalam konteks konsumen dan bisnis, dan sekarang hampir merupakan bagian primer dan integral dari kehidupan modern sehari-hari.

Apa itu Ponsel Cerdas?

Lalu, apa itu ponsel cerdas? Ini dikenal karena kelebihannya yang memiliki berbagai macam fitur komputasi dan disebut dengan smartphone yang merupakan perangkat yang telah dilengkapi dengan fitur yang terbaru dan mutakhir yang berkemampuan tinggi layaknya sebuah komputer (baca penjelasan apa itu komputer disini).

Smartphone juga dapat diartikan sebuah sebuah telpon Genggam yang bekerja dengan memakai software dan aplikasi yang menyediakan interaksi standar. Singkatnya, sebuah smartphone adalah komputer mini yang memiliki kemampuan dari sebuah Telpon.

Pengertian Smartphone Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti smartphone, maka kita dapat merujuk kepada pendapat para pakar dan ahli tentang penjelasan dan definisi mereka terkait apa itu smartphone.

Baca Juga :  Mari Pahami Pengertian Web Server: Menurut Ahli, Fungsi, Cara Kerja serta Jenis-Jenis dan Contohnya!

Adapun beberapa pengertian smartphone menurut para ahli yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut.

1. David Wood

Menurut David Wood, smartphone adalah handphone cerdas yang mempunyai kelebihan dibandingkan dengan alat telekomunikasi lainnya. Kelebihannya akan dapat terlihat dari proses pembuatannya serta proses dalam penggunaannya.

2. Williams dan Sawyer

Menurut Williams dan Sawyer, definisi smartphone adalah telepon selular yang memakai beberapa layanan misalnya layar, mikroprosesor, memori unit, dan modem bawaannya. Dengan begitu, smartphone mempunyai fitur yang lebih lengkap dibanding handphone biasa.

3. Ridi Ferdiana

Menurut Ridi Ferdiana terkait definisi arti smartphone, dia menerangkan bahwa itu adalah perangkat telepon seluler yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur. Oleh karena itulah, selain menjadi sebagai alat telekomunikasi, sebuah smartphone juga dapat digunakan untuk keperluan bisnis yang dapat digunakan oleh pengusaha serta masyarakat umum.

Sejarah Smartphone

Gambar Sejarah Smartphon Dari Tahun Ke Tahun Dalam Pembahasan Tentang Smartphone
Gambar Sejarah Smartphon Dari Tahun Ke Tahun Dalam Pembahasan Tentang Smartphone

Dalam membahas tentang apa itu smartphone, tentu kita juga harus mengenal dan mengetahui sedikit terkait sejarah smartphone bukan? Ya! Sejarah smartphone dimulai pada tahun 1994, IBM dan BellSouth memperkenalkan Simon Personal Communicator yang berat dan mahal, telepon atau PDA yang disebut-sebut sebagai smartphone pertama (gambar Kami di atas adalah gambar yang menunjukkan perkembangan mereka dari tahun ke tahun).

Selanjutnya, dengan mengumpulkan audiens yang besar di tahun 2000-an, BlackBerry menjadi smartphone perusahaan yang populer, namun, pada tahun 2007, iPhone serta Android (baca penjelasan tentang apa itu Android disini) juga mengubah industri ini hingga sekarang sampai saat ini.

Jenis-Jenis Smartphone

Beberapa jenis smartphone dapat dibedakan dan dapat dilihat dari bentuknya. Berikut ini adalah jenis-jenis smartphone berdasarkan bentuknya:

a. Handphone

Jenis smartphone yang pertama adalah handphone. Bentuk handphone sebuah ponsel cerdas adalah yang paling umum dan banyak digunakan terkait bentuknya yang lebih kecil dan terbilang ringkas untuk dapat dibawa kemana saja.

Umumnya smartphone yang memiliki bentuk ini memiliki fitur touch screen atau dapat digunakan dengan layar sentuh.

b. iPhone

iPhone adalah smartphone dengan bentuk handphone yang dibuat dan diproduksi oleh Apple. Secara umum, fitur iPhone sama dengan handphone smartphone walaupun terdapat perbedaan besar dalam OS atau sistem operasi yang digunakannya.

c. Tablet

Berikutnya adalah jenis tablet. Ini adalah smartphone yang memiliki bentuk lebih lebar, biasanya mereka memiliki besar seperti buku. Layar dari sebuah tablet biasanya lebih lebar dibandingkan dengan handphone dan seringkali, ini dilengkapi dengan keyboard tambahan bila diperlukan.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Address Bus, Fungsi dan Cara Kerjanya pada Komputer

d. iPad

Jenis berikutnya yaitu adalah iPad. Ini adalah smartphone berbentuk tablet yang diproduksi dan dibuat oleh brand atau merek ternama Apple.

e. Smartwatch

Smartwatch adalah sebuah jam tangan pintar yang dapat terhubung dan digunakan dengan internet serta dapat disinkronkan dengan perangkat lainnya.

Seperti smartphone, smartwatch dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti GPS, e-mail, telephone, SMS, prediksi cuaca dan lain sebagainya.

f. iWatch

iWatch adalah smartphone berbentuk jam tangan pintar yang diproduksi dan dibuat oleh Apple. Biasanya iWatch hanya dapat digunakan dan terhubung dengan produk iPhone oleh Apple.

Macam-Macam OS (Operating System) atau Sistem Operasi Smartphone

Seperti halnya dalam perangkat komputer atau laptop, sebuah smartphone juga harus membutuhkan OS (Operating System) atau Sistem Operasi agar mereka dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Berikut ini adalah macam-macam OS (Operating System) atau Sistem Operasi yang ada pada serta yang digunakan dalam smartphone:

  • iOS
  • Android
  • Windows Phone
  • Blackberry
  • Bada
  • Firefox OS
  • MeeGo OS
  • Palm
  • Symbian
  • Ubuntu
  • Tizan
  • Dan lain sebagainya

Dari sekian banyak macam OS smartphone yang dipakai dan digunakan, perlu kalian ketahui bahwa sekarang ini, umumnya sistem operasi paling populer dan banyak digunakan adalah seperti Android, iOS, Windows Phone.

Walaupun, secara keseluruhan smartphone dengan OS Android lah yang paling banyak dipakai di seluruh dunia berkenaan karena Android adalah produk dari Google, dimana penggunaannya menjadi lebih mudah, mengingat Google merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia teknologi (baca pengertian teknologi disini).

Fitur Utama Smartphone

Ilustrasi Gambar Fitur Fitur Utama Sebuah Smartphone Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Fitur Fitur Utama Sebuah Smartphone Dalam Membahas Pengertiannya

Seperti penjelasan dan definisi smartphone menurut ahli di atas, adalah hal yang penting bagi kita semua untuk mengetahui apa saja fitur-fitur dalam smartphone. Ya! Sebuah smartphone biasanya dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih, dimana fitur tersebut dapat digunakan dalam banyak keperluan.

Adapun beberapa fitur-fitur utama sebuah smartphone atau ponsel cerdas adalah sebagai berikut.

1. OS (Operating System) atau Sistem Operasi

Fitur utama smartphone yang pertama adalah OS atau Operating System-nya. Secara umum, smartphone akan didasarkan pada apa sistem operasi yang memungkinkannya untuk menjalankan aplikasi.

IPhone dari Apple menjalankan iOS, BlackBerry menjalankan BlackBerry OS. Perangkat lain menjalankan OS Android Google, HP WebOS, dan Microsoft Windows Phone dan lain sebagainya.

2. Application atau Aplikasi

Berikutnya adalah application atau aplikasi. Walaupun hampir semua ponsel menyertakan beberapa jenis perangkat lunak bahkan model paling dasar saat ini termasuk seperti buku alamat atau semacam manajer kontak.

Ya! Smartphone, mereka akan memiliki kemampuan untuk melakukan lebih banyak hal daripada hal tersebut.

3. Akses Web dan Internet

Sekarang, lebih banyak dan rata-rata smartphone dapat mengakses web dan internet dengan kecepatan lebih tinggi, berkat pertumbuhan dan perkembangan jaringan data dari 3G, 4G dan bahkan sekarang sudah mencapai 5G, serta penambahan dukungan Wi-Fi pada berbagai device atau perangkat.

Baca Juga :  Pengertian Raster Image: Format, Resolusi, Pengukuran dan Cara Edit

4. Keyboard QWERTY

Smartphone biasanya juga memiliki papan ketik QWERTY. Hal ini berarti bahwa tombol diletakkan dengan cara yang sama seperti pada keyboard komputer Anda, bukan dalam urutan abjad di atas keypad numerik, di mana Anda harus mengetuk angka 1 untuk memasukkan A, B, atau C.

5. Pengolah Pesan

Fitur utama yang terakhir yaitu adalah pengolah pesan. Semua ponsel dapat mengirim dan menerima pesan teks, tetapi yang membedakan smartphone adalah penanganan mereka dalam e-mailnya.

Apakah Smartphone Memiliki Sistem Operasi?

Ya! Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, smartphone mirip dengan komputer desktop atau laptop. Mereka memiliki sistem operasi di atasnya, seperti Windows atau macOS.

Di bawah ini adalah 4 (empat) OS yang paling umum digunakan smartphone sekarang ini (tahun 2020).

  1. iOS (dibuat oleh Apple)
  2. Android (dibuat oleh Google)
  3. BlackBerry (dibuat oleh Research In Motion), dan
  4. Windows Phone (dibuat oleh Microsoft)

Apa Jenis Media Penyimpanan yang digunakan dalam Smartphone?

Smartphone atau ponsel cerdas menggunakan memori flash untuk menyimpan aplikasi dan data. Memori flash biasanya tertanam di telepon dan tidak dapat dilepas.

Beberapa smartphone mungkin juga memiliki slot kartu memori flash yang juga sering dirancang untuk SD card atau kartu SD yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan penyimpanan eksternal.

Kesimpulan

Oke, dari pembahasan dan penjelasan Kami mengenai Pengertian Smartphone, Apa itu Ponsel Cerdas? Menurut Para Ahli, Sejarah, Jenis, Macam dan Fiturnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa ponsel cerdas atau smartphone adalah ponsel yang memungkinkan Anda melakukan lebih dari sekadar melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan teks. Smartphone dapat menjelajahi internet dan menjalankan program perangkat lunak seperti komputer.

Sebuah smartphone biasanya menggunakan layar sentuh untuk memungkinkan pengguna lebih mudah untuk berinteraksi dengannya. Ada ribuan aplikasi ponsel cerdas termasuk game, penggunaan pribadi, dan program penggunaan bisnis yang semuanya dapat berjalan pada ponsel pintar ini.

Penutup

Demikianlah pembahasan yang dapat Kami bagikan kali ini, yang membahas tentang Pengertian Smartphone, Apa itu Ponsel Cerdas? Menurut Para Ahli, Sejarah, Jenis, Macam dan Fiturnya. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan Kita semua terutama dalam memahami artinya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar