Pengertian Internet: Menurut Para Ahli, Fungsi dan Manfaat Internet Lengkap!

0
Ilustrasi Gambar Dari Pengertian Internet: Menurut Para Ahli, Fungsi dan Manfaatnya
Ilustrasi Gambar Dari Pengertian Internet: Menurut Para Ahli, Fungsi dan Manfaatnya

Sebenarnya, Apa itu pengertian Internet? Secara umum, Pengertian Internet adalah sistem jaringan yang terhubung secara global yang menggunakan TCP/IP untuk mengirimkan data melalui berbagai jenis media. Internet terus menarik untuk dieksplorasi, dikembangkan terutama oleh para ahli dan para pengamat Teknologi agar menjadi lebih meyakinkan untuk digunakan oleh para pengguna.

Jaringan Internet telah menjadi pelopor dari revolusi teknologi sekarang. Penciptaan Internet ini telah melahirkan sebuah dunia baru yang memiliki pola, pola dan Karakteristik yang berbeda dari dunia nyata. Semakin juga kita merasa bahwa pengaruhnya telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan Manusia. Internet telah mengubah pola kehidupan sehari-hari, perilaku para pengguna Teknologi dan berbagai konsep dan sistem.

Pengertian Internet

Internet adalah jaringan pertukaran global dalam data termasuk jaringan swasta, publik, bisnis, akademik, dan pemerintah yang terhubung dengan teknologi terpandu, nirkabel, dan serat optik berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari situs Technopedia.

Apa Itu Internet?

Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking dimana setiap komputer yang terhubung pada jaringan internet ini memiliki identitas unik yang disebut dengan alamat IP (Internet Protocol Address).

Alamat IP setiap komputer tentu harus unik yang mana berbentuk kombinasi angka yang menunjukkan identitas sebuah komputer pada jaringan internet tersebut. Intrarnet (antar Network) adalah nama untuk satu set jaringan Komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintah, komersial, organisasi, atau individu dan situs lainnya. Internet menyediakan akses kepada jasa telekomunikasi dan sumber daya informasi kepada jutaan para pengguna yang ada di seluruh dunia.

Jaringan yang membentuk Internet yang bekerja adalah seperangkat protokol Standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan alamat Lalu lintas di jaringan. Protokol ini menetapkan format data yang diperbolehkan, penanganan untuk kesalahan, pesan lalu lintas dan komunikasi standar lainnya.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Dalam memahami Pengertian dan Definisi Internet, ada beberapa pendapat dari apa itu internet menurut beberapa tokoh, ilmuwan, ahli dan juga beberapa pemahaman internet berbasis forum dan kelompok-kelompok tertentu. Berikut adalah uraian pengertiannya:

a. Onno W. Purbo

Purbo menjelaskan bahwa Internet pada dasarnya adalah media yang digunakan untuk merampingkan proses komunikasi yang terhubung ke berbagai aplikasi, seperti Web, VoIP dan email. (Prihatna, 2005)

b. Allan (2005)

Menurut Allan, Internet adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung secara fisik dengan satu sama lain dan juga memiliki kemampuan untuk membaca dan yang mencerminkan berbagai protokol komunikasi sering dipahami dengan istilah Internet Protocol (IP) dan transmisi kontrol protokol (TCP). Protokol itu sendiri didefinisikan lebih lanjut oleh Alan sebagai spesimen mudah bagaimana dua atau lebih komputer dapat bertukar informasi. (Allan, 2005)

c. Strauss, El-Ansary dan Frost (2003)

Definisi Internet yang lain muncul dari pemahaman para ahli yang dikemukakan oleh Strauss, El-Ansary dan Frost (2003). Disana mereka mengatakan bahwa apa yang dimaksud dengan Internet adalah jaringan seluruh komputer yang terhubung satu sama lain. Beberapa komputer yang saling berhubungan di jaringan toko dan juga memiliki beberapa file yang dapat diakses dan juga dapat digunakan, seperti halaman web dan data lain yang dapat digunakan dan juga diakses oleh beberapa komputer yang terhubung ke dalam Internet. (Strauss, El-Ansary dan Frost, 2003)

d. Oetomo (2002)

Oetomo menyebutkan bahwa Internet adalah akronim atau singkatan jaringan internasional, yang mana didefinisikan sebagai jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer itu terdiri dari beberapa jaringan kecil yang terhubung satu sama lain. Dijelaskan olehnya juga, Jaringan komputer yang besar ini mungkin ada dan termasuk di seluruh dunia. (Oetomo, 2002)

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Domain: Cara Kerja, Jenis dan Cara Mendaftarkannya

e. Randall & Latulipe

Randall & Latulipe, disana mereka mendefinisikan apa yang kita kenal dengan nama internet sebagai jaringan global jaringan komputer. Menurut mereka, internet seperti jaringan global yang terdiri dari sejumlah jaringan komputer, yang dapat diakses di mana saja. (Nafisah, 2001)

f. Kayo, Mori dan Takano (1996)

Kayo, Mori dan Takano (1996), mereka memberikan pendapat bahwa internet adalah jaringan yang memiliki 3 (tiga) fitur istemewa.

  1. Pertama; yang tersedia di internet yaitu adalah kebebasan internet. Internet pengguna yang dapat memberikan semacam daya untuk memberikan dan menerima informasi secara bebas.
  2. Internet memiliki hak lain; yaitu dinamis yang dianggap melacak waktu. Sebagian besar informasi di internet yang biasanya diakses paling banyak adalah informasi terbaru dibandingkan dengan informasi yang ada di media cetak.
  3. Internet merupakan jaringan interaktif yang ditetapkan melalui Internet; para pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya di dunia setiap saat.

g. Supriyanto (2006)

Supriyanto, Menurut Supriyanto, Internet adalah hubungan antara berbagai jenis komputer dan juga di dunia jaringan sistem dan aplikasi memiliki operasi yang berbeda, dimana hubungannya dengan menggunakan perangkat komunikasi pembangunan seperti telepon dan satelit yang menggunakan protokol standar dalam melaksanakan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol). (2006)

h. Harjono (2009)

Menurut Harjono, Internet didefinisikan sebagai kumpulan beberapa komputer, yang bahkan dapat menjangkau jutaan komputer di seluruh dunia yang dapat saling berhubungan dan saling terkait. Untuk menyalin komputer yang terhubung ke satu sama lain, maka media dibutuhkan untuk saling interkoneksi antara komputer. Media yang digunakan dapat menggunakan serat optik kabel/satelit, atau melalui telepon ekstensi. (Harjono, 2009)

i. O’Brien (2003)

Menurut O’Brien, Internet adalah jaringan komputer yang berkembang pesat dari berbagai kepentingan bisnis, pendidikan, pemerintah jaringan yang saling berhubungan dengan satu sama lain, dengan jumlah pengguna tumbuh lebih dari 200 negara. (O’Brien, 2003).

j. Ramdhani (2003)

Pada modul pembelajaran, Internet Ramdhani (2003), dia mengatakan bahwa Internet adalah pengucapan untuk jaringan jaringan komputer yang dapat menghubungkan situs akademik, pemerintah, komersial, organisasi dan individu.

Ramdhani lebih lanjut menjelaskan bahwa Internet dapat memberikan akses ke jasa telekomunikasi dan sumber daya informasi kepada jutaan pengguna yang ada yang tersebar di seluruh dunia.

Menurutnya Internet memiliki berbagai layanan. Layanan Internet ini meliputi komunikasi langsung seperti e-mail dan chatting, diskusi Usenet News, email dan milis daftar, serta sumber informasi yang didistribusikan (World Wide Web, Gopher), lalu lintas dan file default (Telnet, FTP), dan layanan lainnya.

k. Tim penelitian dan pengembangan sarana yang komputer (2005)

Beberapa tokoh lain yang menjadi anggota dari tim penelitian serta lalu lintas internet metentukan bahwa Internet adalah metode untuk menghubungkan beberapa komputer ke jaringan luas global (dunia). Setiap komputer dapat dihubungkan ke jaringan global melalui sebuah protokol yang disebut sebagai transmisi Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

l. Drew Heywood (1996)

Heywood (1996), menurut Drew Heywood, dia mengatakan bahwa definisi Internet tidak dapat dipisahkan dari sejarah Internet yang dimulai pada akhir tahun 1960 ketika Amerika Serikat Departemen Pertahanan (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi Internetworking.

Standar baru harus menjadi standar yang menghubungkan semua jenis DoD’s komputer ke komputer-komputer milik militer kontraktor, penelitian, dan organisasi akademis yang ada di Universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga dapat bekerja dalam keadaan dampak minimal atau perang.

Oleh karena itulah ada Internet dengan kondisi jaringan kuat serta dapat menghubungkan berbagai komputer ke dalam sebuah jaringan secara langsung.

m. Lockerbie & Hepp (2002)

Lockerbie & Hepp (2002), menurut Lockerbie dan Hepp Internet adalah sebuah sistem informasi global yang terkait dengan logis alamat atau alamat yang unik didasarkan pada Internet Protocol/IP, dan telah mendukung komunikasi Transmission Control protokol TCP/transmisi. Internet dapat digunakan, dimodifikasi, dapat diakses secara umum, dan secara khusus.

n. Sorban, Rainer, Potter (2005)

Pendapat lain pada Internet (terurama Internet Chatting) telah disampaikan oleh serban, Rainer, Potter (2005) mereka menetapkan dan mendefinisikan bahwa Internet adalah jaringan yang menghubungkan jaringan perhitungan, baik dari organisasi dan bisnis, organisasi pemerintah, dan sekolah-sekolah yang ada di seluruh dunia secara langsung dan juga cepat.

o. Lutfi SY

Menurut Lutfi SY, di modulnya tentang Teknologi Informasi, bahwa Internet merupakan jaringan komputer yang terhubung secara global, yang memungkinkan pengguna Internet untuk bertukar informasi atau data melalui jaringan.

Baca Juga :  Pengertian Sholat Witir: Niat dan Doa Sehabis Sholat Witir Lengkap

Disebutkan juga bahwa internet adalah sistem komunikasi global data yang terdiri dari infrastruktur yang terdiri dari hardware dan software yang menghubungkan komputer pada cara network.

p. Sibero

Menurut Sibero, Internet atau Inter-connected Network adalah jaringan komputer yang menghubungkan antara komputer secara global. Ia lebih lanjut juga telah menjelaskan bahwa internet dapat juga disebut jaringan yang alami, yang sangat luas. (Sibero, 2011)

Internet ini juga dapat bekerja bersama-sama sebagai jaringan komputer secara umum, setempat atau jaringan komputer dan jaringan komputer luas. Internet juga menggunakan komunikasi protokol TCP/IP sama Protol Internet Protocol.

q. Lani Sidharta (1996)

Lani Sidharta mengatakan bahwa Internet adalah bentuk interkoneksi jaringan komputer, yang mana dapat memberikan yang lengkap berupa layanan informasi. Dijelaskan lebih lanjut, internet juga terbukti sebagai virtual Cyber yang digunakan dalam bisnis media, politik, dan bahkan untuk hiburan hanya. (Sidharta, 1996)

Meskipun secara fisik Internet adalah bentuk interkoneksi antara jaringan komputer tetapi pada umumnya Internet harus dilihat dan juga dipahami sebagai sumber informasi.

Sidharta juga mengatakan, konten Internet adalah informasi, di mana hampir semua aspek kehidupan manusia tersedia dan ada dalam bentuk virtual di internet.

r. Ned Snell

Ned Snell yang juga berkontribusi dalam memberikan definisi internet. Menurutnya, Internet adalah koridor untuk berbagai jenis sumber daya tersedia dan setiap sumber daya yang dapat diakses melalui perangkat yang berbeda-beda.

s. Sarwono (2012)

Menurut Sarwono, internet adalah kumpulan jaringan yang memiliki skala global. Pada kenyataannya, Sarwono terus mengatakan bahwa tidak ada orang yang mampu bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri. Pada awalnya internet hanya digunakan dalam kebutuhan militer saja, tetapi sekarang internet sudah menembus masyarakat sipil dalam kebutuhan serta bentuk hiburan. (Sarwono, 2012)

t. Berners Lee

Berners Lee adalah orang yang membentuk konsep WWW, Berners Lee mengatakan bahwa Internet adalah jaringan jumlah outlets. Ini jelas merujuk kepada konsep bahwa jaringan memiliki perhitungan tertentu, atau jaringan lokal dapat juga dihubungkan ke jaringan lain.

u. Internet menurut Kamus Oxford

Menurut Kamus Oxford, yang mana ada sebagai salah satu kamus internasional yang menjadi panduan untuk berbagai macam pemahaman. Di Oxford Dictionary disana menyebutkan bahwa, Internet adalah jaringan komputer global yang menyediakan berbagai fasilitas informasi dan komunikasi, dimulai dari interkoneksi jaringan yang menggunakan protokol komunikasi standar.

Fungsi Internet

Ilustrasi Gambar Pengertian Internet: Menurut Para Ahli, Fungsi dan Manfaatnya
Ilustrasi Gambar Pengertian Internet: Menurut Para Ahli, Fungsi dan Manfaatnya

Setelah mengetahui apa itu pengertian internet secara umum dan menurut para ahli, kita juga harus mengetahui fungsi dari internet itu sendiri. Internet memiliki beberapa fungsi penting yang sangat diperlukan oleh manusia seperti pada penjelasan internet di atas, khususnya rakyat urban yang ada di dunia. Berikut ini adalah beberapa fungsi internet:

1. Sebagai Media Komunikasi

Mengacu dalam pengertian internet di atas, internet berfungsi untuk menjadi media komunikasi bagi insan di berbagai belahan dunia.

Penggunaan internet sebagai media komunikasi telah sangat banyak dipakai saat ini. Hal ini bisa kita lihat dengan dan juga munculnya berbagai situs media sosial dan juga penggunaan Chatting yang memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi.

2. Sebagai Media untuk Akses Informasi

Era internet adalah era keterbukaan. Artinya, dengan kehadiran dari internet, maka manusia lebih mudah dalam mengakses berbagai informasi yang penting.

Jika dahulu Manusia wajib membaca buku bacaan untuk mendapatkan informasi, maka kini hal itu dapat dilakukan melalui internet. Bahkan keberadaan Buku Bacaan Digital atau E-Book memungkinkan insan buat membaca buku secara online.

3. Sebagai Media Pertukaran Sumber Daya

Banyak orang yang ingin berbagi sumber daya atau Data pada orang lain. Hal itu tentu saja dapat dilakukan dengan melalui internet.

Beberapa sumber daya atau data yang sering dibagikan dalam internet adalah berupa makalah, karya tulis, jurnal, foto, video, desain, dan juga hal-hal lainnya.

4. Sebagai Media untuk Mengakses Berita

Berbagai peristiwa dan juga tempat yang terdapat pada semua dunia dapat untuk ditinjau melalui aneka macam situs berita online atau media online. Hal ini tentunya dapat dilakukan lantaran adanya jaringan internet. Semua Situs Media online di dunia bisa dibuka dengan syarat perangkat kita dapat terhubung dengan internet.

Manfaat Internet untuk Manusia

Setelah tahu pengertian internet dan fungsinya di atas, tentunya kita juga harus mengetahui apa manfaat internet. Manfaat internet untuk manusia sangat erat kaitannya dengan fungsi internet itu sendiri.

Manfaat internet pada umumnya adalah untuk memberikan kemudahan bagi Manusia dalam banyak aktivitas. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan internet:

1. Komunikasi lebih Cepat

Komunikasi antar individu pada lokasi yang tidak sama sebagai lebih mudah dilakukan semenjak adanya internet. Selain itu, biaya buat proses komunikasi itu juga sangat murah ketika kita menggunakan internet. Beberapa cara komunikasi yang sering dilakukan dengan memanfaatkan internet adalah Chatting, mengirim email, media umum, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Northbridge pada Motherboard dan Cara Kerjanya

2. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Tidak terdapat lagi alasan kesulitan dalam mengakses ilmu pengetahuan karena hal itu semua dapat dilakukan dengan adanya internet. Keberadaan banyak Situs yang menyajikan banyak ilmu pengetahuan secara langsung akan menambah wawasan bagi para pengguna internet.

Misalnya, jika seseorang ingin belajar bahasa asing dengan mudah maka ada Situs yang dapat digunakan secara gratis ataupun berbayar untuk mempelajarinya. Atau waktu seorang ingin belajar bermain gitar dari seorang ahli dengan gratis, maka hal itu bisa dilakukan di internet, contohnya dengan tutorial gitar di Situs YouTube.

3. Kemudahan dalam Berbelanja

Konsumen online pada Indonesia tumbuh begitu cepat. Ini merupakan bukti bahwa internet memberikan kemudahan dalam hal berbelanja apapun secara cepat dan juga murah.

Dari sisi pengusaha sendiri, eksistensi internet tentunya menciptakan proses pengembangan usaha menjadi lebih mudah, cepat dan murah. Jadi, tidak heran mengapa bisnis E-Commerce di Indonesia berkembang dengan pesat.

4. Kemudahan dalam Pemasaran Bisnis

Pelaku bisnis sudah seharusnya menggunakan internet sebagai media pemasaran. Ada beberapa dari kelebihan internet marketing ini dibandingkan dengan pemasaran konvensional, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Biaya pemasaran cenderung lebih murah
  • Dapat membidik target market tertentu
  • Dapat menjangkau lebih ada banyak orang
  • Membangun Merk dan Brand lebih cepat
  • Dan lain sebagainya

Metode pemasaran online ini pun sangat beragam, akibatnya para pengusaha tidak kehabisan ide untuk menjelajahi kemungkinan teknik pemasaran terbaik untuk bisnis mereka.

5. Sarana Hiburan

Internet juga berupa media yang sangat digemari sebagai sarana hiburan, terutama generasi Milenial. Beberapa situs internet yang tidak jarang dijadikan sebagai tempat hiburan adalah YouTube, Facebook, Instagram, dan lainnya. Berbagai macam konten yang ada di internet dapat menjadi hiburan tersendiri bagi warga internet.

6. Kemudahan dalam Mencari Informasi

Kemudahan dalam mencari berbagai informasi di internet juga merupakan manfaat yang sangat dirasakan masyarakat kini ini. Contohnya, ketika seseorang pencari kerja mencari lowongan pekerjaan, maka mereka bisa membuka Situs lowongan kerja di internet.

Dampak Positif dan Negatif Internet

Perkembangan teknologi memang selalu memiliki dua sisi yang harus disikapi dengan benar, 2 (dua) sisi tersebut yaitu Dampak positif dan Efek negatifnya. Berikut ini adalah Dampak positif dan Efek Negatif penggunaan internet bagi masyarakat luas secara umum:

a. Dampak Positif

Beberapa dampak positif dari penggunaan internet ini adalah sebagai berikut:

  • Mempercepat dan juga memudahkan arus Informasi dan Data
  • Membantu pelajar pada mengerjakan tugas
  • Membangun self learning dalam diri seseorang, dengan melihat dan membaca berbagai macam tutorial yang ada di Internet
  • Menambah pengetahuan dan wawasan mereka yang menggunakannya
  • Memudahkan kegiatan kampanye atau promosi hal-hal positif
  • Kemudahan untuk mendapatkan hiburan dan pengisi waktu luang
  • Mempererat rekanan dan jua pertemanan melalui Media Sosial
  • Membantu menggerakkan roda bisnis dan ekonomi melalui E-Commerce
  • Memudahkan proses pekerjaan masyarakat
  • Menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan peluang bisnis yang baru
  • Dan lain sebagainya

b. Dampak Negatif

Kita semua tahu, dimana ada dampak positif tentu ada dampak negatif. Adapun beberapa dampak negatif dari penggunaan internet adalah sebagai berikut:

  • Adanya potensi kecanduan internet
  • Penggunaan waktu yang tidak produktif
  • Potensi dari tindak kejahatan melalui internet atau Cyber Crime seperti penipuan dan juga seperti spam
  • Adanya konten yang tidak pantas dan berbahaya untuk pengguna internet yang masih anak-anak di bawah umur
  • Mudahnya timbul informasi palsu (hoax)
  • Meningkatnya risiko provokasi antar golongan
  • Meningkatnya informasi dan isu SARA yang menyebabkan perpecahan masyarakat
  • Maraknya aksi cyber bullying
  • Tergerusnya budaya orisinil lokal karena proses globalisasi yang datang melalui internet

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat Kita ambil kesimpulan bahwa pengertian Internet adalah jaringan telekomunikasi yang menggunakan saluran telepon, kabel, satelit, dan koneksi nirkabel untuk menghubungkan komputer dan perangkat lain ke WWW (World Wide Web). Semua komputer modern dapat terhubung ke internet, seperti halnya banyak ponsel dan beberapa televisi, konsol permainan video dan perangkat lainnya.

Penutup

Itulah ulasan Kami mengenai pengertian Internet, Fungsi Internet, Manfaat Internet dan Dampak Positif dan Negatif beserta pembahasannya secara lengkap yang dapat Kami bagikan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar