Mobile Computing: Pengertian, Apa itu Mobile Computing System? Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Konsep, Macam Karakteristik, Contoh, serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Gambar Dari Pengertian Mobile Computing Apa Itu Mobile Computing System Tujuan Fungsi Cara Kerja Jenis Konsep Macam Ciri Karakteristik Contoh Serta Kelebihan Dan Kekurangannya
Gambar Dari Pengertian Mobile Computing Apa Itu Mobile Computing System Tujuan Fungsi Cara Kerja Jenis Konsep Macam Ciri Karakteristik Contoh Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Mengenal Pengertian Mobile Computing, Apa itu Mobile Computing System? Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Konsep, Macam Ciri Karakteristik, Contoh, serta Kelebihan Kekurangannya!

Oke, pertama-tama, perlu kita pahami terkait idenya terlebih dahulu sebelum membahas tentang definisi istilah katanya lebih lanjut.

Komputasi mobile secara sederhana mencakup jenis komputasi portabel (untuk portabilitas) dan komputasi mobilitas.

Ya! Ini merupakan teknologi (baca pengertian dari teknologi di sini) yang menyediakan lingkungan yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan data dari satu perangkat ke perangkat lain tanpa menggunakan kabel atau tautan fisik.

Komputasi tipe ini memungkinkan transformasi data, video, dan suara melalui perangkat atau komputer berkemampuan nirkabel atau yang dikenal dengan istilah wireless apa pun.

Yup! Terlebih, di mana secara umum, kata computing atau komputasi di sini dipandang sebagai teknologi yang digunakan di ponsel seperti smartphone (baca pengertian dan arti kata smartphone di sini), laptop, tablet, dan lain sebagainya, serta jenis perangkat lain yang mendukung mobilitas.

Baik, terkait hal itu lah dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih detail terkait apa itu pengertian mobile computing, cara kerja, jenis, konsep, serta beberapa contohnya.

Mari kita simak ulasannya berikut!

Pengertian Mobile Computing

Berarti komputasi mobile (dalam bahasa Indonesia), pengertian dari mobile computing sebenarnya adalah mengacu pada teknologi yang memungkinkan transmisi data, suara dan video melalui komputer atau perangkat berkemampuan nirkabel lainnya.

Secara istilah, kata mobile computing ini juga diartikan pada teknologi perangkat seluler yang mendukung pergerakan atau mobilitas.

Mengutip dari sumber simpulan Kami yang berasal dari definisi oleh Situs Techtarget, kata mobile di sini mengacu pada akses bergerak, di mana pengguna tidak dibatasi pada lokasi geografis tertentu.

Selain itu, moblie juga berarti dan dapat merujuk pada akses di lokasi tetap melalui peralatan yang dapat dipindahkan oleh pengguna sesuai kebutuhan, tetapi tidak bergerak saat beroperasi, di mana operasi ini sering disebut komputasi nomaden (nomaden computing).

Pengertian lainnya tentunya akan berbeda, jika mereka berada dalam konteks perangkat seluler (mobile device), yaitu adalah bidang teknis yang mencakup desain, pengembangan, dan evaluasi aplikasi seluler menggunakan solusi tepat yang memenuhi kebutuhan pengguna dan termasuk mempelajari teknologi yang digunakan untuk melakukan berbagai macam tugas pada perangkat yang portabel (smartphone, tablet, laptop, wearable (baca pengertian dari wearable di sini) device, kendaraan, serta lainnya.

Apa itu Mobile Computing System?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Mobile Computing Systems Atau Sistem Komputasi Mobile Seluler Tujuan Serta Fungsi Dan Cara Kerjanya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Mobile Computing Systems Atau Sistem Komputasi Mobile Seluler Tujuan Serta Fungsi Dan Cara Kerjanya

Kemudian, apa itu yang dimaksud dengan mobile computing system?

Seperti namanya, sistem komputasi seluler adalah sistem terdistribusi, yang terhubung melalui jaringan nirkabel untuk komunikasi.

Di sini, klien atau node memiliki mobilitas dan kemampuan untuk menyediakan komputasi kapan saja, di mana saja.

Di bawah ini adalah beberapa contoh di mana sistem komputasi seluler diimplementasikan atau digunakan:

  • Sistem pengiriman online yang terkait dengan verifikasi kartu kredit.
  • Layanan taksi/taksi yang dioperasikan melalui smartphone dan aplikasi seluler.
  • Layanan seluler sadar lokasi yang digunakan untuk mengirimkan cuaca dan kondisi jalan.
  • Aplikasi media sosial dan akses e-mail melalui smartphone (ponsel cerdas).
  • Sistem mobile computing untuk perangkat wearable (baca pengertian dari wearable di sini) pintar yang digunakan untuk mengukur dan merekam kondisi medis/kesehatan individu.

Memang, seringkali, istilah mobile computing dipahami sebagai teknologi yang digunakan dengan smartphone.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa teknologi ponsel cerdas adalah bagian dari komputasi seluler, tetapi topik ini sedikit lebih luas dari itu.

Tujuan Mobile Computing dan Fungsinya

Untuk kita dapat lebih mudah memahami lebih dalam terkait apa itu arti dari mobile computing, selain membahas artinya, kita juga perlu mengetahui seperti apa tujuan dan fungsi spesifiknya.

Oke, seperti yang sudah Kami singgung sebelumnya di atas, terkait tujuan utamanya sendiri, teknologi mobile computing ini merupakan jenis macam tipe teknologi yang memungkinkan kita untuk mengirimkan data, audio, dan video melalui perangkat yang tidak terhubung dengan tautan fisik apa pun.

Baca Juga :  Memahami Pengertian E-Learning: Menurut Ahli, Sejarah, Tujuan, Manfaat, Karakteristiknya, Kelebihan dan Kekurangannya!

Sedangkan berkenaan dengan fungsi utama mereka, adapun fitur utama dari komputasi mobile adalah bahwa perangkat komputasi portabel dan terhubung melalui jaringan.

Dengan menguasai spesialisasi mobile computing ini, maka kita seringkali dapat mengembangkan aplikasi seluler yang menerapkan konsep algoritma dan pemrograman yang lintas platform (baca pengertian dari istilah platform di sini) di luar Android dan iOS.

Selain itu, kemampuan ini akan juga akan membantu kita untuk mengejar hasrat pribadi kita dalam mengembangkan aplikasi seluler atau untuk memperluas prospek pekerjaan mereka sebagai mobile apps developer, Android develover, pimpinan atau arsitek teknis seluler, konsultan solusi seluler, hybrid mobile app developer, mobile software architect, dan banyak lagi.

Cara Kerja dari Mobile Computing serta Prinsipnya

Dalam membahas mengenai pengertian dari mobile computing, tentu juga merupakan hal yang penting bagi Kami untuk menerangkan bagaimana cara kerja mereka atau prinsip yang ada dalam komputasi seluler ini.

Ya! Umumnya, sistem komputasi seluler (mobile computing system) melibatkan perangkat seluler, seperti komputer laptop, tablet, atau ponsel cerdas, dan koneksi jaringan nirkabel berbasis Wi-Fi atau teknologi nirkabel seluler, seperti teknologi 5G sekarang.

Perangkat seluler tersebut biasanya dapat menyimpan data secara lokal, dan akses ke data tersebut tidak memerlukan koneksi jaringan.

Komputer seluler biasanya mengakomodasi akses ke teknologi nirkabel dan kabel.

Akses ke sumber daya jaringan bersama yang termasuk sumber daya berbasis mobile cloud, di mana pastinya sangat penting mengingat sifat kerja kolaboratif saat ini.

Selain itu, seringkali dari sisi perangkatnya, ada baterai terintegrasi yang dapat diisi ulang memberi daya pada perangkat seluler, dan sebagian besar dapat berjalan dengan sumber daya arus bolak-balik atau yang dikenal dengan Alternating Current (AC) saat digunakan dari lokasi tetap.

Selain laptop, tablet, dan smartphone, ada banyak perangkat komputasi seluler untuk aplikasi vertikal dan khusus.

Yup! Ini termasuk perangkat untuk penggunaan medis, pengawasan, keamanan, dan telemetri dan kontrol.

Selain itu, adapun beberapa hal lainnya yang perlu kalian ketahui yaitu seperti pemilihan perangkatnya didasarkan pada aplikasinya.

Sebagai contoh misalnya, laptop lebih cocok untuk pembuatan konten, dan tablet sering kali lebih disukai untuk konsumsi konten.

Sedangkan smartphone berfungsi sebagai komputer ukuran saku dan perangkat komunikasi, tetapi mereka memiliki ukuran layar kecil dan keyboard berbasis layar.

Jenis dan Konsep Komputasi Seluler (Mobile Computing) + Sejarah Mereka

Gambar Jenis Konsep Dan Macam Macam Ciri Karakteristik Dari Mobile Computing Atau Komputasi Seluler
Gambar Jenis Konsep Dan Macam Macam Ciri Karakteristik Dari Mobile Computing Atau Komputasi Seluler

Sekarang kita sudah mengetahui apa itu pengertian dari mobile computing, lalu sekarang, apa saja jenis dan konsep dalam komputasi seluler ini?

Baik, sebelum kita membahas jenis dan konsepnya, mari kita lihat terlebih dahulu terkait sejarah dalam mobile computing ini.

Komputasi seluler dimulai dengan laptop pertama yang dikembangkan pada tahun 1980, dan dari sana, kemampuan berkembang pesat dengan laptop portabel 640*640 dari Apple pada tahun 1990, pengembangan PDA pertama pada tahun 1993, smartphone pertama dari IBM yang dirilis pada tahun 1994, jaringan konektivitas diaktifkan smartphone pada tahun 2000, iPhone pertama dirilis pada tahun 2007, dan smartphone android pertama pada tahun 2009.

Saat ini, terutama di tahun 2022 sekarang, di mana ada banyak variasi di antara perangkat komputasi seluler, dan kemampuannya meningkat dengan setiap model baru yang dirilis.

Terkait konsep utamanya sendiri, adapun beberapa jenis elemen utama komputasi seluler adalah komunikasi seluler, perangkat keras seluler, dan perangkat lunak seluler yang akan Kami uraikan di bawah.

a. Mobile Communication (Komunikasi Seluler)

Jenis konsep mobile computing yang pertama yaitu adalah komunikasi seluler atau yang dikenal dengan mobile communication.

Tipe ini mengacu pada infrastruktur komunikasi yang ditetapkan, termasuk infrastruktur jaringan nirkabel, protokol, format data, bandwidth (lihat kalkulator dan cara menghitung bandwidth di sini), dan portal yang diperlukan untuk memastikan konektivitas dan komunikasi tanpa batas.

b. Mobile Hardware (Perangkat Keras Seluler)

Jenis selanjutnya yang merupakan bagian dari konsep mobile computing secara keseluruhan yaitu perangkat keras seluler atau mobile hardware.

Ya, perangkat keras dalam konteks komputasi seluler adalah perangkat komputasi seluler dan perangkat pendukung, dengan kemampuan yang diperlukan untuk melakukan operasi yang diperlukan dan terhubung ke jaringan.

c. Mobile Software (Perangkat Lunak Seluler)

Jenis tipe terakhir yang akan Kami jelaskan dalam subbagian ini yaitu perangkat lunak seluler atau mobile software.

Benar! Komponen perangkat lunak yang paling penting adalah sistem operasi, yang merupakan otak dari setiap sistem komputasi.

Baca Juga :  Memahami Pengertian PDF: Sejarah, Fungsi, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan serta Contohnya!

Untuk laptop, ini mungkin seperti sistem operasi Windows, Linux atau MacOS, dan untuk smartphone, mungkin Android atau iOS.

Well, pada dasarnya berbagai aplikasi yang berjalan pada perangkat juga merupakan bagian dari perangkat lunak seluler.

Macam Ciri atau Karakteristik dari Komputasi Mobile (Seluler)

Dalam membahas tentang komputasi seluler, kita tentunya juga perlu mengetahui seperti apa macam-macam ciri atau karakteristik dari mereka bukan?

Baik, adapun beberapa macam ciri-ciri, karakteristik, atau tanda terkait mobile computing yang harus kita ketahui untuk memahami pengertian komputasi seluler adalah sebagai berikut:

  • Portabilitas; Ini merupakan kemampuan untuk dengan mudah mengganti komputer di dalam lingkungan belajar atau antar lingkungan.
  • Interaktivitas sosial; Kesempatan bagi pengguna untuk bertukar data dan berkolaborasi satu sama lain.
  • Sensitivitas konteks; Kemampuan untuk mengumpulkan dan menanggapi data yang spesifik untuk tempat, iklim, atau waktu tertentu.
  • Konektivitas; Kapasitas untuk dihubungkan dari jarak jauh di lokasi mana pun untuk tujuan komunikasi data.
  • Individu; Kesempatan untuk menggunakan teknologi untuk menyediakan perancah dan kustomisasi pelajaran bagi pelajar individu pada tugas-tugas yang menantang.
  • Ukuran kecil; Karena dimensinya yang seperti ponsel, perangkat seluler juga dikenal sebagai handheld, palmtop, dan smartphone. Perangkat seluler standar akan muat di tangan atau saku orang dewasa rata-rata.
  • Konektivitas nirkabel; Perangkat seluler biasanya dapat berkomunikasi dengan perangkat seluler lain, serta komputer dan sistem stasioner, jaringan, dan telepon seluler.

Contoh Komputasi Seluler atau Mobile Computing + Implementasinya

Gambar Contoh Contoh Mobile Computing Serta Berbagai Jenis Macam Kelebihan Dan Kekurangannya
Gambar Contoh Contoh Mobile Computing Serta Berbagai Jenis Macam Kelebihan Dan Kekurangannya

Oke, sekarang kita sudah mengetahui seperti apa mobile computing tersebut secara teori, kemudian, apa saja contoh-contohnya?

Berikut ini adalah daftar beberapa bidang terpenting di mana komputasi seluler atau mobile computing ini umumnya digunakan:

  • Akses ke web atau internet.
  • Sistem pemosisian global atau Global Positioning System (GPS).
  • Layanan darurat (menyewa ambulans, panggilan polisi, dan lainnya).
  • Layanan yang berkaitan dengan hiburan.
  • Program edukasi.
  • Interaksi langsung media sosial.

Lalu, terkait implementasi mobile computing, perlu kita ketahui juga bahwa mereka sudah diterapkan pada beberapa device atau perangkat di bawah ini:

  • Tablet; Ini adalah komputer portabel nirkabel dengan antarmuka sentuh. Ini lebih kecil dari notebook tetapi lebih besar dari smartphone.
  • Laptop; Ini adalah komputer portabel biasanya dengan baterai terisi.
  • Smartphone; Ya, perangkat ponsel cerdas melakukan banyak fungsi komputer pada dasarnya dengan antarmuka layar sentuh, akses jaringan dan sistem operasi yang mampu mengakses atau mengunduh aplikasi.
  • Personal Digital Assistant (PDA); Ini adalah komputer saku dan mampu mentransmisikan data dari satu terminal ke terminal lainnya dengan sinkronisasi. Di PDA, pengguna memiliki akses ke panggilan video, panggilan suara, kalender, jam, dan lainnya. Saat ini, PDA bervariasi berdasarkan sistem operasi.
  • iPad; Ini adalah komputer pribadi tablet yang dirancang oleh Apple Inc. Ini memiliki layar 9,7 inci dengan sentuhan, digunakan untuk menelusuri web, mendengarkan audio, menonton video, bermain game, dan lainnya.
  • Gaming Portabel Device; Ini adalah konsol video game dengan layar built-in, mouse, pengontrol game, dan speaker. Mereka berukuran kecil jika dibandingkan dengan konsol video rumahan.
  • E-Readers; Ini adalah perangkat elektronik portabel yang digunakan untuk membaca konten digital seperti e-book, e-newspaper, serta lainnya yang juga dikenal sebagai e–book reader.
  • Kalkulator Grafik; Ini adalah jenis khusus perangkat penghitung perangkat keras yang menampilkan grafik yang diplot untuk menyelesaikan persamaan rumit seperti parabola, dan lain sebagainya.
  • Netbook; Ini adalah perangkat komputasi seluler yang ringan, daya pemrosesan yang lebih sedikit, dan konsumsi daya yang lebih sedikit. Ini dirancang terutama untuk mengoperasikan pengolah kata dan untuk mengakses internet di browser web.
  • Pocket PC’s; Ini juga dikenal sebagai perangkat Microsoft windows classic yang berbeda dari PDA dan memiliki kemampuan untuk menjalankan OS Windows mobile, dan juga memiliki kemampuan untuk melakukan tugas-tugas yang mirip dengan PC modern.
  • Ultra – Mobile PC; Ini adalah perangkat keras portabel yang memiliki kapasitas untuk menjalankan OS Windows, memiliki fungsionalitas yang baik dibandingkan dengan laptop. Ini memiliki ukuran layar 5-7 inci dan berat 2 pon.
  • PlayStation Portable (PSP); Ini adalah konsol game ramping yang dirilis oleh Sony Entertainment.
  • Atari Lynx; Ini adalah perangkat game portabel 8-bit atau 16-bit, yang dikembangkan oleh Atari Lynx pada tahun 1989.
  • Gizmondo; Ini adalah konsol game perangkat keras genggam yang dirancang oleh Tiger Telematics.
  • N-Gage; Ini adalah smartphone Symbian bersama dengan kombinasi sistem game genggam yang diperkenalkan oleh Nokia pada tahun 2002.
  • GamePark 32; Ini adalah perangkat keras portabel untuk video game, dirilis oleh perusahaan Game Park pada tahun 2001.
  • PC Engine GT; Ini adalah versi portabel dari PC Engine, diperkenalkan oleh Jepang pada tahun 1990, dan kemudian AS merilisnya sebagai TurboExpress.
Baca Juga :  Memahami Pengertian Intranet: Menurut Ahli, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja dan Perbedaannya dengan Internet!

Kelebihan dan Kekurangan Mobile Computing atau Komputasi Seluler

Seperti yang dapat kita lihat, teknologi komputasi seluler memang sangat hebat, di mana salah satu manfaat utamanya yaitu terkait mobilitas.

Well, namun, perlu kita pahami juga bahwa mobile computing juga memiliki beberapa keunggulan dan ketidakgunaan yang menjadi tantangannya.

Oleh karena itulah di sini kita kan lanjut membahas mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobile computing sebagai berikut.

a. Kelebihan Mobile Computing

Berikut ini adalah beberapa hal-hal terkait yang menjadi kelebihan dari mobile computing:

  • Komunikasi yang mulus dan andal.
  • Peningkatan produktivitas, di mana perangkat seluler dapat digunakan di lapangan oleh berbagai bisnis, menghemat waktu dan uang untuk klien, pegawai, dan karyawan.
  • Untuk hiburan, di mana perangkat seluler dapat digunakan untuk hiburan, penggunaan pribadi, dan bahkan presentasi kepada klien dan kolega.
  • Tidak terbatas pada satu lokasi untuk menyelesaikan tugas atau mengakses email saat bepergian.
  • Teknologi cloud dalam perangkat seluler sudah memungkinkan Anda untuk menyimpan data di server online dan mengaksesnya dari komputer mana pun dengan koneksi internet, di mana kita juga dapat mengakses file-file ini di beberapa perangkat seluler.

b. Kekurangan Mobile Computing

Berikut ini adalah beberapa hal-hal terkait yang menjadi kekurangan atau tantangan dalam mobile computing:

  • Kendala dalam konsumsi baterai.
  • Bandwidth transmisi yang seringkali tidak efisien.
  • Di seluruh jaringan, biasanya bisa kehilangan tautan.
  • Fluktuasi stabilitas jaringan.
  • Ukuran screen atau layar yang masih kecil.
  • Masalah interoperabilitas.

Kesimpulan

Baik, Kami pikir itulah beberapa pembahasan terkait Pengertian Mobile Computing, Apa itu Mobile Computing System? Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Konsep, Macam Ciri Karakteristik, Contoh, serta Kelebihan Kekurangannya.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan penguraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa komputasi seluler, bergerak, atau mobile computing adalah bidang komunikasi nirkabel dan komputer jinjing, seperti komputer laptop.

Dalam beberapa hal, bidang komputasi seluler tidak berfungsi yang diinisialisasi dalam area komputasi yang ada di mana-mana.

Demikian juga, fokus awal pada jaringan nirkabel mengarah pada penelitian mekanisme komunikasi nirkabel.

Terkait sejarah awalnya, istilah ini dimulai pada pertengahan 1980-an dan mengarah ke standar di sekitar jaringan area lokal nirkabel atau Wi-Fi yang mulai terbentuk pada akhir 1990-an.

Dengan koneksi berkecepatan tinggi yang mungkin ada di mana-mana di masa depan, aksesibilitas dan popularitas komputasi seluler akan semakin meningkat.

Dengan inovasi baru seperti teknologi Li-Fi, Anda bisa mendapatkan akses internet melalui cahaya dari segala hal.

Perangkat komputasi seluler yang lebih baru mencari cara untuk mengemas kekuatan pemrosesan tinggi ke dalam paket terkecil.

Selain itu, teknologi seperti Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IOT) juga mendorong komputasi seluler ke arah yang baru dan inovatif.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Mobile Computing, Apa itu Mobile Computing System? Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Konsep, Macam Ciri Karakteristik, Contoh, serta Kelebihan Kekurangannya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi dan mobile (seluler).

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar