Penjelasan Pengertian Wearable: Apa itu Wearable Technology? Fungsi, Jenis dan Contoh, Dampak serta Kelebihan dan Kekurangannya!

0
Gambar Pengertian Wearable Apa Itu Wearable Technology Computer Dan Device Fungsi Jenis Jenis Dan Contoh Serta Apa Kelebihan Dan Kekurangannya
Gambar Pengertian Wearable Apa Itu Wearable Technology Computer Dan Device Fungsi Jenis Jenis Dan Contoh Serta Apa Kelebihan Dan Kekurangannya

Tahukah Kalian, Pengertian Wearable, Apa itu Wearable Technology, Computer dan Device? Fungsi, Jenis dan Contoh, Dampak serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Benar! Dengan penggunaan teknologi yang dapat dikenakan atau lebih dikenal dengan istilah wearable ini menjadi lebih luas, perusahaan melihat komputasi yang dapat dikenakan tersebut sebagai salah satu peluang terbesar untuk mendorong efisiensi dan meningkatkan komunikasi dan alur kerja.

Seperti halnya teknologi seluler (mobile), teknologi yang dapat dikenakan dipandang sebagai suatu hal yang berpengaruh dalam dunia bisnis.

Namun, pertumbuhan dan popularitas teknologi selalu disertai dengan kekhawatiran akan risiko yang ditimbulkannya pada keamanan dan privasi data.

Menurut laporan dari media ternama, pengguna mengungkapkan kekhawatirannya tentang penggunaan perangkat yang dapat dikenakan dan risiko pelanggaran keamanan atau data breach.

Perusahaan harus memiliki kebijakan dan prosedur yang kuat sebelum memperkenalkan teknologi yang dapat dikenakan untuk penggunaan perusahaan.

Terkait hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lengkap tentang pengertian wearable. Oke, berikut adalah ulasannya!

Pengertian Wearable

Berarti dapat dikenakan, dipakai atau digunakan (dalam bahasa Indonesia), dalam dunia teknologi, istilah wearable adalah perangkat elektronik yang secara fisik dikenakan oleh individu untuk melacak, menganalisis, dan mengirimkan data pribadi.

Ini juga dikenal dengan perangkat IOT “smart atau pintar” dan mereka dapat melacak data biometrik atau biometrics dari detak jantung hingga pola tidur.

Selain itu, perlu untuk diketahui bahwa akronim dari “wearables” ini juga menjadi teknologi dari konsumen yang populer di industri game dan mode.

Pada dasarnya, teknologi yang dapat dikenakan (wearables) ini merupakan istilah yang sudah berkembang menjadi kategori penting dari internet yang mengubah hidup di bidang kedokteran dan bidang lainnya dimana hal ini juga sesuai berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Investopedia.

Apa itu Wearable Technology, Computer dan Device?

Gambar Apa Itu Wearable Technology Computer Dan Device Serta Apa Fungsinya Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Gambar Apa Itu Wearable Technology Computer Dan Device Serta Apa Fungsinya Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya

Jadi, apa itu wearable technology, computer dan device ini?

Ya! Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, kata ini lebih dikenal dengan sebutan wearable saja, secara global.

Wearable technology, adalah kategori perangkat elektronik yang dapat dipakai sebagai aksesori, (biasanya) tertanam di pakaian, ditanamkan di tubuh pengguna, atau bahkan ditato di kulit.

Perangkat tersebut adalah gadget bebas genggam dengan kegunaan praktis, didukung oleh mikroprosesor dan ditingkatkan dengan kemampuan untuk mengirim dan menerima data melalui Internet.

Adopsi cepat perangkat semacam itu telah menempatkan teknologi yang dapat dikenakan di garis depan yaitu adalah IOT atau Internet of Things.

Wearable computer adalah komputer yang dapat dipakai di bagian tubuh atau badan manusia, sebagai contoh misalnya di pergelangan tangan.

Ini memungkinkan Anda untuk bekerja, berkomunikasi, menghibur sekaligus memastikan mobilitas dan akses hands-free atau tanpa menggunakan mata ke perangkat.

Adapun spesifikasi dan standar yang jelas untuk komputer yang dapat dikenakan saat ini masih belum tersedia.

Namun demikian, dari sudut pandang Kami pribadi, atribut mendasar dari komputer yang dapat dikenakan adalah unit pemrosesan yang disematkan ke perangkat yang dapat dikenakan.

Kemudian, wearable device adalah kategori perangkat teknologi yang dapat dikenakan oleh konsumen dan sering kali menyertakan informasi pelacakan yang berkaitan dengan kesehatan dan kebugaran.

Gadget teknologi yang dapat dikenakan lainnya termasuk seperti perangkat yang memiliki sensor gerak kecil untuk mengambil foto dan menyinkronkan dengan perangkat mobile Anda.

Fungsi Wearable (Dapat Dikenakan)

Dalam membahas mengenai apa itu pengertian dari wearable, tentunya kita juga harus mengetahui terkait apa fungsinya bukan?

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian Application Framework: Apa itu Framework Aplikasi? Tujuan, Jenis, Manfaat, Peran dan Contohnya serta Perbedaannya dengan CMS!

Benar, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, baik itu perangkat atau gadget yang dapat dikenakan (dalam hal ini wearables) adalah perangkat elektronik yang dipakai oleh konsumen di mana-mana secara terus menerus serta biasanya digunakan untuk menangkap atau melacak informasi biometrik yang berkaitan dengan kesehatan atau kebugaran.

Perangkat yang dapat dikenakan atau istilah wearables ini adalah perwujudan teknologi baru dari aksesoris yang dikenakan orang, sebagai contoh misalnya seperti Apple’s Watch atau Samsung’s Gear Watch ataupun alat khusus lainnya seperti aktivitas nirkabel Fitbit One, alat pelacak dan monitor tidur.

Perangkat yang dapat dikenakan atau wearable dengan kemampuan pelacakan biometrik merupakan perangkat yang mewakili salah satu sumber terpenting dari pembuatan data (baca selengkapnya tentang pembahasan arti data disini).

Mereka akan (secara) terus menerus dan tidak terputus berfungsi untuk merekam data dari berbagai jenis dan dari berbagai lingkungan.

Ya! Karena data meningkat dalam variasi dan volume seiring dengan kebutuhan untuk mendukung kecepatan yang lebih besar dalam pembuatan dan pemrosesannya, adalah merupakan hal yang penting untuk bagi kita agar selalu memperhatikan bagaimana cara untuk mengaturnya.

Jenis-Jenis Wearable dan Contohnya

Gambar Dari Apa Saja Jenis Dan Contoh Wearable Atau Wearable Technology Computer Dan Device Serta Cara Memakainya
Gambar Dari Apa Saja Jenis Dan Contoh Wearable Atau Wearable Technology Computer Dan Device Serta Cara Memakainya

Setelah kita mengetahui apa itu yang dimaksud dengan wearable, wearable technology, computer dan device di atas, maka kita juga harus mengetahui seperti apa jenis, macam dan contohnya.

Oke baiklah, di bawah ini adalah beberapa jenis perangkat wearable technology, computer atau device populer yang harus kalian ketahui.

1. Smart Watches

Jenis dan contoh perangkat wearable yang pertama yaitu adalah smart watches.

Benar! Jam tangan yang melakukan lebih dari sekadar memberi tahu waktu.

Jam tangan pintar ini memberikan user (pengguna) pemberitahuan tentang panggilan, pesan, e-mail, pembaruan media sosial, dan lain sebagainya.

2. Fitness Tracker

Jenis berikutnya yaitu adalah alat wearable fitness tracker.

Alat ini membantu melacak jumlah langkah yang ditempuh pengguna setiap hari dan juga terus memantau detak jantung.

Dengan menggunakan informasi ini, perangkat dapat menghitung dan melaporkan data akurat tentang pembakaran kalori dan olahraga yang dilakukan oleh pengguna.

3. Head Mounted Display

Jenis alat wearable yaitu head mounted display.

Perlu kalian ketahui bahwa alat ini, itu akan membawa Anda ke dunia virtual reality yang berbeda.

Betul! Ini memberikan informasi virtual langsung ke mata Anda.

4. Sport Watches

Jam tangan olahraga atau sport watches adalah perangkat yang dapat dikenakan khusus dibuat untuk personel olahraga, khususnya mereka yang suka berlari, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya.

Perangkat ini dilengkapi dengan pelacak seperti Global Positioning System (GPS) dan mencatat informasi tentang kecepatan pengguna, detak jantung, dan lain sebagainya.

5. Smart Jewellery

Alat wearable yang ke-5 (lima) adalah perhiasan pintar atau smart jewellery.

Ya, seperti yang sudah Kami sebutkan sebelumnya, alat seperti jam tangan pintar yang sengaja dirancang sebagai perhiasan ini secara khusus menargetkan ke konsumen wanita.

Perhiasan ini memberi tahu pengguna tentang pesan teks atau SMS (baca pengertian SMS disini), panggilan, atau e-mail mereka saat ponsel mereka di luar jangkauan.

6. Smart Clothing

Jenis dan macam wearable yang ke-6 (enam), yaitu seperti smart clothing.

Ini merupakan perangkat elektronik pintar digabungkan ke dalam wearable clothing untuk memberikan tampilan yang menarik dan modis.

7. Implantable

Jenis wearable technology, computer atau device terakhir yang akan Kami jelaskan disini yaitu adalah implatable.

Ini biasanya digunakan untuk alasan medis seperti melacak kontrasepsi, kadar insulin, dan lain sebagainya.

Perangkat elektronik yang dapat dikenakan ini ditanamkan biasanya digunakan dengan melalui pembedahan di bawah kulit.

Dampak Adanya Perangkat yang Dapat Dipakai (Dikenakan)

Terlepas daripada banyaknya manfaat yang dapat kita dapatkan dari perangkat wearable ini, tentunya mereka memiliki beberapa dampak yang dapat terjadi pada penggunanya.

Baca Juga :  Mengenal Perangkat Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis dan Macam serta Penjelasannya!

Ya, banyak perangkat yang dapat dikenakan memiliki pemantau jantung internal yang memberikan pembacaan detak jantung Anda secara real-time

.

Meskipun ada beberapa kasus fitur ini dapat membantu menyelamatkan nyawa, penting untuk diperhatikan bahwa ini bukanlah perangkat medis dan ini sebenarnya bahkan tidak boleh digunakan untuk mendiagnosis atau mengobati masalah kesehatan apa pun.

Memang, banyak juga perangkat yang terbukti salah mengukur detak jantung, terutama selama berolahraga.

Banyak perangkat yang dapat dikenakan cenderung memiliki sedikit atau bahkan tidak ada langkah-langkah security (keamanan) untuk menjaga data mereka tetap aman.

Fakta bahwa sebagian besar data tidak terenkripsi dan sebagian besar perangkat ini menggunakan koneksi Wi-Fi atau Bluetooth untuk mengirimkan data berarti penjahat dunia maya dapat memperolehnya dengan mudah.

Penting juga untuk mempertimbangkan bagaimana informasi dari alat wearable dapat menjadi data besar atau yang lebih dikenal dengan istilah big data (baca pengertian big data menurut para ahli disini) untuk dikumpulkan dan digunakan oleh organisasi, perusahaan dan pemerintah.

Yup! Ini artinya, suka atau tidak, informasi yang Anda lacak dapat digunakan untuk tujuan marketing (pemasaran) atau kesehatan.

Ada cara positif informasi ini dapat digunakan, tetapi seperti semua data besar, ada juga kemungkinannya yang dapat disalahgunakan.

Saat ini, sebagian besar data yang tersedia melalui perangkat yang dapat dikenakan tidak cukup berharga untuk dikejar oleh peretas.

Namun karena perangkat yang dapat dikenakan dan kemampuannya terus berkembang, perangkat ini mungkin menjadi target dengan prioritas lebih tinggi di masa mendatang.

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi atau Komputasi Wearable

Selain membahas terkait apa arti dan pengertian wearable, fungsi, jenis dan macam serta contohnya di atas, dalam subbagian ini, Kami juga akan menjelaskan beberapa hal terkait keuntungan dan kerugian dalam menggunakan perangkannya.

Terlebih, dalam dekade terakhir, ada lonjakan popularitas dalam teknologi wearable (yang dapat dikenakan) ini.

Sebagai contoh, mereka termasuk seperti pelacak aktivitas, jam tangan pintar, dan bahkan bajut atau pakaian pintar.

Baik konsumen maupun perusahaan mulai menggunakan berbagai perangkat ini untuk berbagai aplikasi.

Dengan tidak adanya tanda-tanda melambat dan dampak yang berkembang pada masyarakat, penting untuk mempertimbangkan apa saja kelebihan dan kekurangan perangkat wearable.

Oke, di bawah ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian dalam menggunakan alat wearable technology, computer dan device.

a. Kelebihan Wearable

Jadi, apa yang menjadi kelebihan dari pada teknologi wearable ini?

Ya! Perlu Kami tekankan disini bahwa teknologi yang dapat dikenakan ini, secara langsung dapat memberi kita kemampuan untuk memantau tingkat kebugaran atau kesehatan penggunanya.

Selain itu, mereka juga dapat melacak lokasi kita dengan GPS serta melihat pesan teks lebih cepat.

Yang terbaik dari semuanya, sebagian besar perangkat yang memungkinkan kita melakukan ini adalah handsfree dan portabel, sehingga tidak perlu mengeluarkan perangkat dari saku kita.

Walaupun selain adanya perangkat yang dapat dipakai ini, kita masih dimungkinkan untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang tercantum di atas, tetapi terkadang, hal tersebut terbilang merepotkan dan seringkali memerlukan perangkat yang tidak selalu nyaman.

Dengan perangkat yang dapat dikenakan (wearable) terhubung ke perangkat pintar kita, maka kita akan lebih mudah mendapatkan berbagai macam informasi yang tersedia.

b. Kekurangan Wearable

Kemudian, apa yang menjadi kekurangan dari perangkat yang dapat dipakai atau digunakan ini?

Betul! Terkait kekurangan dalam praktiknya sendiri, perangkat wearable atau dapat dikenakan cenderung memiliki masa pakai baterai yang cukup singkat.

Beberapa perangkat, seperti pelacak Fitbit yang terbilang lebih sederhana, itu hanya dapat bertahan selama beberapa hari.

Walaupun memang, beberapa perangkat yang dapat dikenakan atau wearable yang lebih canggih, seperti Apple Watch misalnya, hanya akan bertahan selama sekitar satu hari.

Untuk beberapa orang yang tidak terlalu memerlukannya, mungkin akan menjadi lebih merepotkan, mengingat untuk melepas perangkat wearable secara teratur untuk mengisi daya.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian IOT: Apa itu Internet of Things? Menurut Ahli, Sejarah, Prinsip, Kelebihan dan Kekurangannya!

Well, oleh karena itu, sejumlah developers atau para pengembang sedang mencari kemungkinan opsi pengisian nirkabel yang akan menghilangkan kebutuhan untuk melepas perangkat.

Beberapa perangkat wearable yang dilaporkan juga terkadang mengukur data secara tidak akurat.

Memang, ini bisa sangat berbahaya saat mengukur data seperti detak jantung.

Bagi individu dengan kondisi masalah jantung, pembacaan yang salah ini dapat menyebabkan kelelahan dan masalah kesehatan lebih lanjut.

Namun tetap, pada akhirnya, terserah Anda untuk memutuskan apakah perangkat wearable adalah sesuatu yang akan menguntungkan Anda atau tidak.

Bagaimana Anda Memakai Perangkat Komputer Wearable ini?

Kemudian, bagaimana caranya agar kita dapat memakai atau menggunakan perangkat wearable ini?

Generasi awal perangkat yang dapat dikenakan atau wearable ini, seringkali mengharuskan perangkat dijepitkan ke tubuh atau minimal, paling tidak untuk dapat ditempelkan ke bagian tubuh manusia.

Tentu saja, karena fokus utamanya adalah melacak gerakan melalui sensor gerak.

Namun, kemajuan menghadirkan berbagai macam sensor kuat, yang memerlukan kontak langsung dengan kulit.

Dengan demikian, teknologi ini condong ke bagian tubuh saja.

Sebagai contoh misalnya dipergelangan tangan, jari, dada, lengan bawah, telinga, mata, dahi, pelipis, dan di mana pun yang dapat Anda pikirkan.

Kesimpulan

So, bagaimana sudah cukup jelas bukan? Oke baiklah, jadi, berdasarkan pembahasan dan penjelasan Pengertian Wearable, Apa itu Wearable Technology, Computer dan Device? Fungsi, Jenis dan Contoh, Dampak serta Kelebihan dan Kekurangannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa teknologi yang dapat dipakai, digunakan, dikenakan atau wearable adalah teknologi elektronik atau perangkat yang digabungkan ke dalam item yang dapat dikenakan dengan nyaman di tubuh manusia.

Perangkat yang dapat dikenakan ini digunakan untuk melacak informasi secara real time (waktu nyata).

Mereka memiliki sensor gerak yang mengambil snapshot dari aktivitas Anda sehari-hari dan menyinkronkannya dengan perangkat seluler (mobile) atau komputer laptop.

Setelah penemuan smartphone, perangkat elektronik wearable merupakan inovasi besar berikutnya dalam dunia teknologi (baca selengkapnya pengertian teknologi disini).

Bahkan sebelum teknologi yang dapat dikenakan memasuki pasar konsumen, perangkat wearable ini sudah digunakan di bidang teknologi militer.

Faktanya, perangkat ini merupakan bagian integral dari sektor medis dan perawatan kesehatan di pasukan militer.

Ya! Perangkat seperti shirt dan smart board, mereka juga digunakan untuk memantau kesehatan dan kesejahteraan pasien dan mengirimkan kembali informasi ke stasiun pusat secara waktu nyata.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam postingan artikel kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian Wearable, Apa itu Wearable Technology, Computer dan Device? Fungsi, Jenis dan Contoh, Dampak serta Kelebihan dan Kekurangannya.

Semoga apa yang Kami coba untuk sampaikan disini dapat bermanfaat serta juga menambah wawasan kalian semua dalam memahami arti dan istilah dalam dunia teknologi terutama bidang hardware dan mobile.

Jangan lupa like, share atau bagikan artikel Kami disini kepada teman, kerabat juga partner kerja dan bisnis Anda serta subscribe juga untuk Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar