Pengertian SMS: Apa Itu SMS, Fungsi dan Manfaat Short Message Service

0
Ilustrasi Gambar Pengertian SMS Apa Itu SMS Short Mesage Service
Ilustrasi Gambar Pengertian SMS Apa Itu SMS (Short Mesage Service)

Pengertian SMS (Short Message Service)

Apa itu SMS? Dan apa pengertiannya? SMS (Layanan Pesan Singkat) yang biasa disebut “pesan teks,” adalah layanan untuk mengirim pesan pendek hingga 160 karakter (224 karakter jika menggunakan mode 5-bit) ke perangkat seluler, termasuk telepon seluler, telepon pintar, dan PDA.

Layanan Pesan atau SMS (Short Message Service) adalah teknologi komunikasi paling dasar untuk transfer data seluler dan ditandai dengan pertukaran pesan teks alfanumerik singkat antara saluran digital dan perangkat seluler. Faktor pengaruh utama pesan SMS adalah keterjangkauan. Pesan SMS menampung hingga 140 byte (1.120 bit) data, yang memungkinkan pesan alfanumerik 160 karakter dalam alfabet 7-bit default atau pesan 70 karakter dalam bahasa non-Latin, seperti bahasa Cina. SMS juga dikenal sebagai pesan teks.

Apa Itu SMS dan Cara Pengirimannya?

Dalam memahami pengertian SMS, SMS mirip dengan paging. Namun, pesan SMS tidak mengharuskan ponsel untuk aktif dan dalam jangkauan dan akan ditahan selama beberapa hari sampai ponsel aktif dan dalam jangkauan. Pesan SMS dikirim dalam sel yang sama atau kepada siapa pun dengan kemampuan layanan roaming. Mereka juga dapat dikirim ke telepon digital dengan sejumlah cara lain, termasuk:

  • Dari satu telepon digital ke lainnya
  • Dari aplikasi berbasis web dalam Web Browser
  • Dari klien perpesanan instan seperti ICQ
  • Dari aplikasi VoIP seperti Skype
  • Dari beberapa aplikasi komunikasi terpadu.

Fungsi SMS (Short Message Service)

Gambar Pengertian SMS Apa Itu SMS Short Message Service
Gambar Fungsi SMS Apa Itu SMS (Short Message Service)

Mengacu pada pengertian SMS (Short Message Service) di atas, adapun penggunaan SMS yang umum termasuk:

  • Memberi tahu pemilik ponsel tentang pesan voicemail
  • Memberitahu tenaga penjual tentang pertanyaan dan kontak untuk menelepon
  • Memberitahu dokter tentang pasien dengan masalah darurat
  • Memberitahu petugas layanan waktu dan tempat panggilan mereka berikutnya
  • Memberitahu pengemudi tentang alamat pickup berikutnya
  • Enhanced Messaging Service (EMS), adaptasi SMS yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima nada dering dan logo operator, serta kombinasi media sederhana ke dan dari handset yang sesuai dengan EMS.
Baca Juga :  Ini Dia Perbedaan Komputer dengan Laptop, Persamaan dan Tabel serta Penjelasannya!

Banyak dari penggunaan ini tergantung pada nomor telepon pendek yang disebut Common Short Code (CSC), biasanya terdiri dari lima digit, yang digunakan untuk mengatasi pesan SMS dan MMS dari telepon seluler.

Manfaat SMS (Short Message Service)

Berdasarkan penjelasan pengertian SMS di atas, SMS didukung oleh semua telepon Global System for Mobile Communications (GSM) dan juga tersedia pada jaringan nirkabel generasi ketiga (3G).

Pesan SMS juga dikirim melalui aplikasi browser berbasis web, aplikasi Instan Message (IM) dan aplikasi Voice over Internet Protocol (VoIP), seperti Skype. Pesan SMS dikirim dari perangkat ke Short Message Service Center (SMSC), yang, pada gilirannya, berkomunikasi dengan jaringan seluler untuk menentukan lokasi pelanggan. Kemudian, pesan diteruskan sebagai paket data kecil ke perangkat tujuan. Pesan berikutnya yang dikirim oleh perangkat sumber asli mengalami proses yang sama, juga dikenal sebagai store and forward.

SMS (Short Message Service) ini mempersingkat komunikasi di berbagai Level (tingkatan), sebagai berikut:

  • Quick Communication (Komunikasi Cepat); Pembaruan singkat antara keluarga dan teman
  • Alerts (Peringatan); Voicemail, pertanyaan lead penjualan, janji temu, rapat, atau pengiriman
  • Enhanced Message Service (EMS); Memfasilitasi nada dering, gambar, dan transfer media sederhana

Adopsi SMS terus berkembang secara global sejak pesan SMS pertama dikirim pada tahun 1992 melalui jaringan GSM Vodafone. Lebih dari 2,4 miliar pengguna, atau hampir 75 persen pelanggan seluler, menggunakan SMS.

Boom SMS menghasilkan kesuksesan pasar komersial besar. Menurut International Telecommunications Union (ITU), industri SMS mencapai nilai global lebih dari $81 miliar pada tahun 2006. Pada tahun 2008, sekitar empat triliun pesan SMS dikirim ke seluruh dunia.

Spam SMS dan SMS Gateway?

Dalam beberapa tahun terakhir, spam SMS telah menjadi masalah bagi beberapa pengguna, seperti halnya SMiShing, serangan keamanan di mana pengguna diperdaya untuk mengunduh Trojan horse, virus, atau malware lain ke telepon seluler atau perangkat seluler lainnya.

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian HTML Tag: Apa itu Markup Tag? Jenis-Jenis, Contoh serta Perbedaannya dengan Element dan Attribute Value pada HTML!

Pengguna dapat mengirim pesan dari komputer melalui SMS gateway. SMS Gateway adalah situs Web yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan ke orang-orang di dalam sel yang dilayani oleh gateway itu. Mereka juga berfungsi sebagai gateway internasional untuk pengguna dengan kemampuan roaming.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat yang dapat Kami bagikan dalam tulisan kali ini mengenai pengertian SMS (Short Message Service), Fungsi SMS (Short Message Service), Manfaat SMS (Short Message Service) dan penjelasannya secara lengkap. Bagikan tulisan ini jika Anda rasa bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar