Form (Formulir): Apa itu Form Document, HTML, Database dan Digital? Ini Penjelasan dan Perbedaannya!

0
Pengertian Form Apa Itu Form Document HTML Database Dan Digital Formulir Manfaat Cara Kerja Contoh Serta Apa Perbedaan Formulir Cetak Dengan Web
Pengertian Form Apa Itu Form Document HTML Database Dan Digital Formulir Manfaat Cara Kerja Contoh Serta Apa Perbedaan Formulir Cetak Dengan Web

Mengenal Apa itu Pengertian Form, Apa itu Form Document, HTML, Database dan Digital Formulir? Manfaat, Cara Kerja, Contoh dan Apa Perbedaan Formulir Cetak dengan Web?

Well, ketika Anda membayangkan apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan formulir, Anda pastinya memikirkan serta menyamakannya dengan berbagai jenis dokumen.

Benar sekali, mereka dapat berupa pesanan pembelian, survei, permintaan layanan, atau pengembalian pajak dan lain sebagainya.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa ada banyak jenis form atau formulir yang ada di dunia ini dan tidak dapat kita bayangkan secara langsung.

Saat Anda menulis cek, menguangkan wesel, memberikan suara, menyetujui persyaratan, atau menerima cookie situs web, Anda sebenarnya sudah mengisi formulir.

Contoh lainnya yaitu seperti tagihan bulanan (dokumen yang diketik) yang pada dasarnya merupakan keluaran dari suatu formulir.

Permohonan juga merupakan bentuk lainnya, dimana itu adalah ekspresi tertulis dari keinginan seseorang untuk berpartisipasi dalam suatu acara, organisasi, atau program.

Untuk memperjelasnya secara detail dan lengkap, disini Kami akan membahas tentang apa itu pengertian form (formulir).

Langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut.

Pengertian Form

Berarti formulir dalam bahasa Indonesia, form adalah dokumen yang dilengkapi dengan spasi (juga disebut bidang atau penampung) yang digunakan untuk menulis atau memilih dan memasukkan data.

Dokumen-dokumen tersebut biasanya memiliki bagian-bagian tercetak yang sama, kecuali, mungkin, nomor seri ataupun digital.

Form atau formulir merupakan dokumen terstruktur dengan pengaturan tetap yang seringkali digunakan untuk mengumpulkan informasi (baca pengertian informasi disini) yang diperlukan dengan cara logis dan bermakna untuk komunikasi dan diteruskan ke entitas lain.

Apa itu Formulir?

Ilustrasi Gambar Dari Apa Itu Form Document HTML Database Dan Digital Formulir Serta Manfaat Dan Cara Kerja Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Dari Apa Itu Form Document HTML Database Dan Digital Formulir Serta Manfaat Dan Cara Kerja Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan formulir itu?

Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, istilah atau kata ini lebih dikenal dengan sebutan form secara global.

Formulir adalah dokumen berformat yang berisi bidang kosong yang dapat diisi oleh pengguna dengan data.

Salau satu contoh jenisnya yaitu seperti formulir kertas atau paper form yang biasanya diperlukan seseorang untuk mentransfer data dari kertas ke database komputer, di mana hasilnya kemudian dapat dianalisis secara statistic (baca pengertian statistic disini).

Beberapa sistem Optical Character Recognition (OCR) juga dapat melakukan ini secara otomatis, walaupun umumnya terbatas pada formulir yang hanya berisi kotak centang, dimana mereka tidak dapat menangani teks tulisan tangan.

Benar, melihat perkembangan digital dari tahun ke tahun, hingga di 2021 sekarang ini, jenis bentuk formulir elektronik dapat memecahkan berbagai macam masalah, karena proses dan cara kerjanya sudah sepenuhnya melewatkan tahapan kertas.

Betul! Sebagai gantinya, formulir muncul di layar tampilan pengguna dan pengguna mengisinya dengan memilih opsi dengan alat penunjuk atau mengetik teks dari keyboard komputer.

Data kemudian dikirim langsung ke aplikasi pemrosesan formulir, yang memasukkan informasi ke dalam database.

Formulir elektronik atau digital ini terbilang sangat umum di World Wide Web (WWW) karena bahasa HTML memiliki kode bawaan untuk menampilkan elemen formulir seperti bidang teks dan kotak centang.

Biasanya, data yang dimasukkan ke dalam formulir berbasis web diproses oleh program Common Gatewar Interface (CGI).

Apa itu Form Document?

Dokumen formulir atau form document merupakan tulang punggung untuk proses administrasi dan mereka telah ada dalam beberapa cara sepanjang sejarah.

Seperti yang sudah kita ketahui, formulir mengumpulkan berbagai jenis macam data, seperti pendaftaran penduduk, pelanggan, siswa, donor, atau kelompok apa pun yang memiliki hubungan dengan bisnis, pemerintah, sekolah, atau organisasi, dan memfasilitasi pengambilannya di masa mendatang.

Selain bentuk cetak, ada juga jenis formulir atau form document yang terletak di antara dokumen cetak dan formulir web.

Ya, formulir ini biasanya dalam format PDF tetapi terkadang bisa dalam Word (.doc) atau format umum lain sebagainyanya.

Dokumen formulir PDF atau PDF form document adalah versi yang nampak di screen (layar) dari tampilin asli formulir cetak.

Mereka sering dikirimkan secara elektronik kepada responden (misalnya melalui download atau unduhan web atau e-mail).

Baca Juga :  Apa itu Anime? Ini Pengertian, Genre, Istilah, Perbedaan, Cara Menggambar Anime dan Contohnya!

Mereka tentunya juga dapat dicetak, diisi, dipindai ke PDF lain, dan dikembalikan secara elektronik.

Apa itu Form HTML?

Kemudian, apa itu form HTML?

Form HTML adalah jenis formulir yang tersedia dalam bentuk Hypertext Markup Language.

Saat Anda melihat formulir kontak di halaman situ website, kotak input dan opsinya ditampilkan menggunakan markup formulir kontak HTML dan CSS.

Contoh Tampilan Formulir Atau HTML Form
Contoh Tampilan Formulir Atau HTML Form

Apa yang Anda sebut “pertanyaan” atau “bidang kosong” pada formulir cetak dikenal sebagai “placehorder”, “field” atau “input formulir” pada formulir web.

HTML terlihat sama di halaman web mana pun sampai pemrograman lebih lanjut digunakan untuk mempersonalisasi tampilan. Cascading Style Sheets (CSS) menawarkan kemungkinan tak terbatas untuk menyesuaikan warna, font, dan ukuran elemen bentuk.

Apa itu Form Database?

Formulir basis data atau form database adalah jendela atau layar yang berisi banyak field (bidang), atau ruang untuk memasukkan data.

Menurut sumber simpulan Kami dari Situs Technopedia, setiap bidangnya seringkali memegang label bidang sehingga setiap pengguna yang melihat formulir mendapatkan gambaran tentang isinya.

Penggunaan formulir dalam manajemen database lebih ramah pengguna (user-friendly) daripada membuat kueri untuk membuat tabel dan menyisipkan data ke dalam bidang.

Setelah menggunakan HTML dan CSS untuk membuat formulir web yang menarik secara visual, informasi yang dikirimkan di placeholder tersebut tahu ke mana mereka harus dimasukkan.

Untuk alasan tersebut, seringkali kalian memerlukan server web dengan database SQL dan pengetahuan pemrograman PHP, Ruby, Python dan lain sebagainya untuk memproses catatan dari formulir web dan menyimpannya di database Anda.

Apa itu Digital Form?

Lalu, apa itu yang digital form?

Digital form merupakan jenis atau bentuk digital setara dengan dokumen kertas yang digunakan untuk mengumpulkan data.

Ya, ada berbagai macam dokumen yang dapat didigitalkan.

Diantaranya, kita dapat menyebutkan laporan pengeluaran, timesheet, laporan keselamatan dan, secara umum, semua jenis survei dan inspeksi.

Seperti yang sudah Kami singgung di atas, formulir terus digunakan untuk berbagai tujuan di semua industri, organisasi, bisnis atau perorangan.

Beberapa formulir memerlukan pemindahan ke lokasi lain di luar kantor Anda seperti inspeksi lapangan.

Benar! Lebih mudah menggunakan formulir digital dalam situasi seperti itu karena menghindari duplikasi entry atau entri data dari formulir kertas ke komputer.

Bentuk digital benar-benar dapat mereproduksi semua elemen bentuk kertas, seperti menulis teks, menggambar sketsa, mengisi kotak centang, atau menambahkan tanda tangan (digital signature).

Terlebih lagi, formulir digital terbilang lebih bagus dan kuat tentunya karena memungkinkan Anda untuk memasukkan opsi yang tidak ada dengan formulir kertas.

Manfaat Menggunakan Form atau Formulir dan Cara Kerjanya

Berkenaan dengan pembahasan pengertian form (formulir) di atas, dalam subbagian ini Kami juga akan menjelaskan terkait manfaat menggunakan serta cara kerjanya.

Secara umum, manfaat formulir bentuk kertas atau digital yaitu untuk mempermudah pengumpulan data.

Perlu Kami tekankan disini bahwa paper atau kertas tidak diragukan lagi merupakan media yang terbatas, dan mereka juga sudah ketinggalan zaman.

Formulir bentuk paper (kertas) juga sulit diakses dan mudah hilang bersama dengan semua informasi yang ada di kertas tersebut.

Ya! Oleh karena itu, pengumpulan data atau data collection di atas kertas membutuhkan biaya dan waktu yang lama.

Selain itu, aplikasi seluler (mobile application) telah menjadi semakin penting dalam kehidupan kita sehari-hari dan dalam bisnis.

Oleh karena itu, banyak bisnis telah menyadari bahwa menerapkan formulir dalam bentuk digital ke dalam proses bisnis mereka secara signifikan meningkatkan kualitas data dan alur kerja mereka.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang dapat kalian dapatkan dengan formulir, khususnya bentun form digital:

  • Mengambil foto dari perangkat seluler Anda dan tambahkan ke report atau laporan Anda.
  • Secara otomatis mendeteksi posisi geografis Anda dan menunjukkan data atau alamat GPS di laporan Anda.
  • Menawarkan daftar lengkap dengan opsi (pilihan) yang memungkinkan pengguna yang mengisi formulir digital di lapangan untuk memilih jawabannya. Ya, daftar ini mungkin berisi elemen tambahan yang memungkinkan Anda untuk secara otomatis mengisi beberapa bidang formulir digital Anda secara bersamaan.
  • Bidang formulir yang dinamis, yaitu, menurut jawaban yang telah diisi sebelumnya, bidang formulir lainnya muncul atau menghilang.
  • Formulir dalam bentuk digital juga dapat merekam pesan suara sertaunakan opsi dikte suara yang tersedia di sebagian besar smartphone atau ponsel cerdas.
  • Melakukan scan atau memindai kode batang dan tag NFC.
  • Dapat membuat dan menampilkan tabel yang memungkinkan memasukkan serangkaian informasi beberapa kali.
  • Dapat dikonfigurasikan dengan perhitungan otomatis.
  • Dapat membuat bidang tertentu dari formulir wajib untuk memastikan bahwa semua informasi yang diperlukan ditangkap.
  • Dapat menyimpan dokumen langsung ke server atau ke akun penyedia layanan penyimpanan (seperti Google Drive, One Drive atau Dropbox) Anda.
  • Dalam melakukan pengirimak e-mail secara instan dengan data formulir yang baru saja Anda isi.
Baca Juga :  Mendalami Pengertian URL: Menurut Para Ahli, Sejarah, Fungsi, Jenis, Struktur, Bagian dan Contohnya!

Lalu, untuk cara kerjanya sendiri sebelum kita dapat membagikan form (formulir), yaitu sebagai berikut:

  1. Pembuatan; Pertama-tama mulai dengan membuat form Anda, baik jenis paper (kertas) atau digital, Kami menyarankan Anda melakukannya dari komputer Anda. Anda dapat dengan mudah menambahkan opsi yang Anda inginkan untuk mendesain formulir yang disesuaikan dengan sempurna untuk kebutuhan aktivitas Anda.
  2. Pengisian ; Setelah formulir dibuat dan disimpan atau dicetak, Anda dapat mengisinya secara langsung atau dari perangkat seluler apa pun (untuk jenis digital).
  3. Laporan; Terakhir yaitu adalah report atau laporan. Setelah form Anda dibuat dan diisi, sekarang formulir Anda sudah menyimpan data. Khusus untuk jenis digital, kalian dapat mengekspor dan memulihkan data yang diambil dan seringkali mereka akan tersedia secara instan di platform online. Ya, Anda dapat mengekspor informasi ini dalam format yang ingin Anda analisis.

Contoh dari Sebuah Form (Formulir)

Gambar Contoh Berbagai Macam Jenis Form Atau Formulir Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Gambar Contoh Berbagai Macam Jenis Form Atau Formulir Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya

Jadi, seperti apa contoh dari sebuah form atau formulir itu?

Seperti yang dapat kalian lihat pada gambar contoh formulir di atas, pada umumnya mereka menampilkan bidang yang kosong agar dapat diisi.

Banyak jenis dan macam formulir yang ada, dimana yang sering digunakan di era internet sekarang ini adalah form digital.

Contoh XML berikut mendefinisikan bidang formulir yang digunakan oleh pengguna untuk memasukkan ID akun, nama depan, nama belakang, dan nama lengkap dan menentukan bagaimana nama lengkap pengguna dibangun dari informasi yang dimasukkan ke dalam bidang Nama Depan dan Nama Belakang.

<Field name='waveset.IdAkun'/>
   <Display class='text'>
     <Property name='title' value='IDAkun'/>
   </Display>
</Field>
<Field name='global.namaawal'>
   <Display class='Text'>
      <Property name='title' value='Nama Awal'/>
      <Property name='size' value='32'/>
      <Property name='maxLength' value='128'/>
   </Display>
</Field>
<Field name='global.namaakhir'>
   <Display class='Text'>
      <Property name='title' value='Nama Akhir'/>
      <Property name='noNewRow' value='true'/>
      <Property name='size' value='32'/>
      <Property name='maxLength' value='128'/>
   </Display>
</Field>
<Field name='global.namalengkap'>
   <Display class='Text'>
      <Property name='title' value='Nama Lengkap'/>
      <Property name='size' value='32'/>
      <Property name='maxLength' value='32'/>
   </Display>
      <Expansion>
         <concat>
            <ref>global.namaawal</ref>
            <s> </s>
            <ref>global.namaakhir</ref>
         </concat>
      </Expansion>
</Field>

Perbedaan Form atau Formulir Cetak dengan Web atau Digital

Berikutnya, apa yang membedakan form atau formulir jenis paper (kertas) atau cetak dengan web (digital)?

Jika kalian yang sedang membaca postingan Kami disini, dan kebetulan sedang mencari-cari apa perbedaan form atau formulir cetak dan web, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Ya, tentu saja karena Kami juga akan menjelaskan beda jenis cetak dengan web disini!

Oke, meskipun bentuk dokumen cetak tradisional akan tetap menjadi bagian dari kehidupan kita di masa mendatang, perlu Kami tekankan bahwa semakin banyak kertas akan digantikan oleh formulir halaman web dan format digital lain yang dibuat untuk screen (layar).

Sementara keuntungan dari formulir web pastinya lebih banyak daripada bentuk cetak, mari lebih lanjut dalam membahas perbedaannya di bawah ini.

a. Form (Formulir) Cetak

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan formulir cetak berbasis paper (kertas):

  • Mudah disimpan untuk nanti; Beberapa formulir tidak dimaksudkan untuk segera diselesaikan. Dokumen cetak mudah diambil dan diselesaikan di lain waktu tanpa harus mencari situs web atau program yang sama lagi.
  • Dapat dibaca selama paper atau kertas masih ada; Selama file kertas disimpan, tidak ada masalah dengan kemampuan pembacaan datanya bertahun-tahun kemudian. Pustakawan dan sejarawan saat ini berjuang untuk membaca komunikasi kerja yang disimpan di floppy disk dari tahun 1980-an dan 1990-an. Meskipun Excel dan mekanisme data lain yang banyak digunakan saat ini dirancang untuk portabilitas, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi sulit untuk diuraikan di masa mendatang.
  • Keaslian; Meskipun tanda tangan digital mendapatkan pengakuan yang lebih luas, ada kontrak (seperti pernikahan), surat pernyataan, dan acara khidmat lainnya di mana tanda tangan dengan tulisan tangan adalah satu-satunya cara melakukannya.
  • Tidak diperlukan koneksi internet; Pastinya, formulir kertas dapat diisi dan dibaca di mana saja secara offline. Tetapi mengisinya bisa memakan waktu lebih lama daripada menggunakan formulir online.
Baca Juga :  Pengertian P2V (Physical To Virtual): Cara Kerja dan Fungsinya

Sebagian besar waktu, keuntungan ini tidak melebihi kecepatan dan organisasi yang diperoleh dengan mengganti cetakan dengan formulir web.

Ketika informasi yang diperlukan dapat dikumpulkan secara online melalui formulir web, semua orang tentunya akan mendapatkan manfaatnya.

Seperti yang kita ketahui, Bumi juga dapat dilestarikan melalui pengurangan penggunaan kertas.

b. Form (Formulir) Web atau Digital

Dalam jenis web atau digital, tidak ada bedanya jenis komputer apa yang digunakan dan tidak diperlukan aplikasi perangkat lunak khusus untuk menampilkan dan menggunakan formulir.

Faktanya, di dunia yang bergantung pada seluler saat ini, formulir web telah berevolusi untuk berfungsi pada perangkat seluler dan responsif (dapat disesuaikan) dengan sebagian besar resolusi layar.

Selain dari berbagai manfaatnya di atas, adapun beberapa keuntungan formulir web atau digital lainnya yaitu sebagai berikut:

  • Memeriksa sendiri kelengkapannya; Formulir web (digital) dapat memeriksa sendiri untuk memastikan bidang yang paling penting tidak dibiarkan kosong, dan jenis informasi yang tepat dimasukkan. Teknologi web seperti jQuery, atau JavaScript biasa, tentunya sudah dapat membantu memvalidasi informasi yang diketik di setiap placeholder.
  • Konfirmasi pengiriman; Formulir web atau digital dapat meningkatkan layanan pelanggan. Sedangkan dengan formulir kertas ada sedikit bukti bahwa formulir telah diterima, formulir web memiliki e-mail konfirmasi yang mengakui setiap pengiriman.
  • Penyimpanan otomatis dan analisis data; Dengan konfigurasi yang tepat, formulir web dapat langsung disimpan dalam database. Tidak seperti dokumen cetak, tidak ada manusia yang perlu terlibat dalam memproses formulir satu per satu.

Kesimpulan

Oke, Kami pikir sudah cukup jelas sekarang untuk penguraian Pengertian Form, Apa itu Form Document, HTML, Database dan Digital Formulir? Manfaat, Cara Kerja, Contoh dan Apa Perbedaan Formulir Cetak dengan Web.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan tentang di atas, dapat kita simpulkan bahwa form atau formulir adalah jenis dokumen bentuk paper (kertas) atau digital berspasi yang digunakan untuk pengumpulan data.

Saat membuat atau memasukkan entry (entri) ke bidang formulir, penting untuk berhati-hati tentang jenis bidang, yang umumnya ditetapkan saat formulir dibuat.

Dengan begitu, tindakan kalian untuk memasukkan nilai yang tidak memenuhi batasan bidang akan gagal.

Sebagai contoh misalnya seperti di form online Google, field (bidang) dengan jenis bidang “not null” tidak mengambil nilai nol dan tidak boleh dibiarkan kosong.

Beberapa bidang lainnya mungkin juga memiliki hubungan tabel yang dihubungkan oleh foreign key dan setiap perubahan bidang semacam itu dalam bentuk membutuhkan perawatan atau perhatian khusus.

Beberapa database online juga memiliki template (baca pengertian template disini) form atau formulir bawaan yang disertakan di dalamnya.

Basis data ini dapat dengan mudah digunakan oleh pengguna yang bahkan tidak mengetahui penulisan code atau skrip, karena semua entri dan perubahan dapat dibuat dalam formulir dengan satu klik saja.

Selain itu, end user atau pengguna akhir juga bebas untuk mengkustomisasi layout (tata letak) formulir dengan memilih templat formulir yang sesuai.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Form, Apa itu Form Document, HTML, Database dan Digital Formulir? Manfaat, Cara Kerja, Contoh dan Apa Perbedaan Formulir Cetak dengan Web.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi web dan umum.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar