Ini Dia Pengertian WWW: Menurut Ahli, Cara Kerja, Perbedaannya dengan Internet serta Contohnya!

0
Gambar Pengertian WWW Apa Itu World Wide Web Menurut Para Ahli Sejarah Fungsi Cara Kerja Jenis Perbedaannya Dengan Internet Serta Contohnya
Gambar Pengertian WWW Apa Itu World Wide Web Menurut Para Ahli Sejarah Fungsi Cara Kerja Jenis Perbedaannya Dengan Internet Serta Contohnya

Penjelasan Pengertian WWW, Apa itu World Wide Web? Menurut Para Ahli, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Perbedaannya dengan Internet serta Contohnya? Biasa disebut dengan WWW, ini adalah istilah yang sering kita dengar. Meskipun ini telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita, banyak yang masih merasa itu sama dengan internet. Namun, internet dan World Wide Web saling terkait erat satu sama lainnya dan merupakan dua entitas yang berbeda. Internet mengacu pada jaringan global komputer yang saling berhubungan dengan cara tertentu.

Sedangkan untuk WWW, ini mewakili kumpulan sumber daya web dan halaman yang ditemukan melalui jaringan ini. Untuk mengakses web di seluruh dunia, diperlukan adanya sebuah web browser. Seperti yang biasa kita kenal, sebuah WWW kadang juga sering disebut dengan internet. Meskipun keduanya terhubung secara kompleks, mereka (WWW dan internet) sebenarnya adalah hal yang berbeda. Berkenaan dengan hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas mengenai apa itu WWW secara lebih detail dan lengkao. Langsung saja, berikut adalah ulasannya!

Pengertian WWW

Merupakan singkatan dari World Wide Web, WWW adalah jaringan konten online yang diformat dalam bentuk HTML dan diakses melalui HTTP. Istilah ini mengacu pada semua halaman HTML yang saling terkait yang dapat diakses melalui internet berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Technopedia

World Wide Web pada awalnya dirancang pada tahun 1991 oleh Tim Berners-Lee sementara ia adalah seorang kontraktor di CERN. World Wide Web paling sering disebut sebagai “Web”.

Apa itu World Wide Web?

Jadi, apa itu World Wide Web? Ini adalah suatu ruang di internet yang digunakan oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier atau URI untuk mengenali sumbernya. Disingkat dengan WWW, ini berisi deretan layanan web dari berbagai bagian dunia galam menyediakan data yang dapat digunakan secara bersamaan.

World Wide Web menjadi bagian dari internet ini mengandung banyak data seperti informasi, audio, video, gambar, dan lain sebagainya. Singkatnya, WWW adalah sistem untuk mengirim dan mengembangkan data melalui jaringan internet dalam skala yang besar di seluruh penjuru dunia.

Secara Umum, WWW merupakan keseluruhan yang berasal dari internet sendiri dalam mencari apapun yang di search engine atau mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing atau Yandex dan lain sebagainya. Terlepas daripada itu, WWW hanyalah sebagian dari banyaknya data yang ada di internet.

Pengertian WWW Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami terkait apa Arti WWW, pastinya kita harus merujuk kepada pendapat para ahli atau pakar terkait definisi mereka tentang World Wide Web.

Adapun beberapa pengertian World Wide Web atau WWW menurut para ahli yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Memahami Pengertian Search Engine Marketing (SEM): Apa itu SEM? Menurut Para Ahli, Cara Kerja, Komponen dan Sektor, Contoh serta Perbedaannya dengan SEO!

a. MCLeod (Pearson)

Menurut MCLeod (Pearson), WWW adalah informasi yang dapat diakses melalui internet di mana berbagai dokumen, arsip dari file komputer disimpan dan kemudian diambil dengan menggunakan cara-cara yang memakai metode penentuan alamat yang unik.

b. V. Djong

Definisi dari V. Djong tentang WWW adalah fasilitas yang ada pada internet untuk layanan website yang memakai protocol HTTP. Sebagai contoh, misalnya seperti yang sering kita lihat pada sebuah nama website yang ditulis secara lengkap dengan WWW contohnya www.google.co.id.

c. Akbar Kaelola

Menurut Akbar Kaelola, Definisi WWW adalah sebuah media untuk manusia yang merupakan user atau pengguna dalam aktivitas menyebarkan informasi seperti dokumen, gambar, film, musik dan keterangan, serta menjual barang dan jasa di internet.

d. Lisa Kuswayatno

Menurut Lisa Kuswayatno, World Wide Web atau WWW adalah suatu layanan yang ada dari internet dengan memakai konsep Hypertext antar dokumen yang saling berkaitan satu sama lain.

e. Yuhefizar

Menurut Yuhefizar, definisi WWW adalah metode untuk menampilkan kabar berita di internet yang dapat untuk diakses melalui sebuah web browser.

f. F. Budi Hardiman

Menurut F. Budi Hardiman, World Wide Web atau WW adalah sebuah fasilitas internet yang menghubungkan Dokumen dalam lingkup lokal ataupun jarak jauh.

g. W3C

Menurut W3C, definisi World Wide Web atau WWW adalah semesta informasi yang dapat diakses jaringan yang merupakan perwujudan pengetahuan manusia.

Sejarah WWW dan Perkembangannya

Ilustrasi Gambar Sejarah Dan Perkembangan World Wide Web Atau WWW
Ilustrasi Gambar Sejarah Dan Perkembangan World Wide Web Atau WWW

Dalam mengenal sejarahnya, perlu kalian ketahui bahwa istilah WWW ini pertama kali ditemukan dari Tim Berners-Lee. Siapa itu Berners-Lee? dia adalah penemu Web dan direktur W3C, organisasi yang mengawasi perkembangannya.

Berners-Lee mengembangkan I, metode rujukan silang instan yang mendukung komunikasi di Web, membuatnya mudah untuk menautkan konten pada satu halaman web ke konten yang terletak di tempat lain. Pengenalan hypertext merevolusi cara orang menggunakan internet. Pada tahun 1989, Berners-Lee mulai bekerja pada server World Wide Web pertama di CERN. Dia menyebutnya dengan server “httpd” dan menjuluki klien pertamanya sebagai WWW.

Awalnya, WWW hanyalah browser hypertext WYSIWYG (What You See Is What You Get) atau editor yang berjalan di lingkungan NeXTStep. WWW atau World Wide Web telah tersedia secara luas sejak saat tahun 1991 dan terus berkembang hingga sekarang di tahun 2020 ini.

Fungsi WWW

Ilustrasi Gambar Fungsi World Wide Web Atau WWW Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Fungsi World Wide Web Atau WWW Dalam Membahas Pengertiannya

Seperti yang sudah Kami jelaskan tentang penjelasan apa itu World Wide Web, menurut para ahli dan sejarahnya di atas, ini berfungsi dalam menyediakan data (baca pengertian data disini) dan segala informasi (baca pengertian informasi disini) apapun yang berasal dari manapun agar dapat diakses orang lain dari semua bagian global. Dengan adanya WWW, maka hal ini dapat memberikan kemudahan dan efektifitas kepada para pengguna internet.

WWW memungkinkan user atau pengguna untuk melakukan browsing (berselancar) di internet dengan hanya melalui sebuah alamat URL atau link. Untuk mengakses WWW pengguna harus menggunakan koneksi internet.

Cara Kerja WWW (World Wide Web)

Gambar Cara Kerja World Wide Web Atau WWW Dalam Membahas Pengertian Dan Penjelasannya
Gambar Cara Kerja World Wide Web Atau WWW Dalam Membahas Pengertian Dan Penjelasannya

Berdasarkan penjelasan tentang arti World Wide Web atau WWW di atas, kita sekarang sudah mengetahui bahwa, WWW adalah kumpulan website yang terhubung ke internet sehingga orang dapat mencari dan berbagi informasi.

Baca Juga :  Memahami Pengertian MFA: Apa itu Multi-Factor Authentication? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Teknologi serta Contohnya!

Berikut ini adalah penjelasan tentang cara kerja WWW secara ringkas.

Web berfungsi sesuai format server-klien dasar internet (lihat gambar Kami di atas). Web Server menyimpan dan mentransfer halaman web atau informasi ke komputer pengguna di jaringan ketika diminta oleh pengguna.

Web server atau server web adalah program perangkat lunak yang melayani halaman web yang diminta oleh pengguna web menggunakan browser. Komputer pengguna yang meminta dokumen dari server dikenal sebagai klien. Browser, yang diinstal pada komputer pengguna, memungkinkan pengguna untuk melihat dokumen yang diambil.

Semua situs web disimpan di server web. Sama seperti seseorang tinggal di rumah sewaan, sebuah situs web menempati ruang di server dan tetap tersimpan di dalamnya. Server host situs web setiap kali pengguna meminta halaman web-nya, dan pemilik situs web harus membayar harga hosting yang sama. Saat Anda membuka browser dan mengetik URL di bilah alamat atau mencari sesuatu di Google, WWW pun mulai bekerja.

Ada 3 (tiga) teknologi utama yang terlibat dalam mentransfer informasi (halaman web) dari server ke klien (komputer pengguna). Teknologi ini termasuk seperti:

  1. Hypertext Markup Language (HTML)
  2. Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dan,
  3. Web Browser

Jenis-Jenis WWW

Dalam membahas penjelasan apa itu World Wide Web atau WWW, pastinya kita juga harus mengetahui apa saja jenis WWW terkait layanannya. Secara umum, ada 4 (empat) jenis layanan dan manfaatnya yaitu adalah sebagai berikut:

  1. Web Mail Service
  2. Search Engine
  3. Web Hosting
  4. Portal

Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing jenis-jenis WWW (World Wide Web) tersebut di atas.

1. Web Mail Service

Jenis yang pertama adalah Web Mail Service. Ini adalah layanan yang dipakai untuk mengirimkan surat elektronik atau E-Mail kepada orang lain. Layanan ini dapat didapatkan secara gratis juga berbayar.

Layanan E-Mail gratis misalnya seperti dari Gmail, Yahoo, dan lain sebagainya. Sedangkan E-Mail berbayar ini umumnya digunakan dalam keperluan perusahaan dengan menggunakan domain (baca pengertian domain disini) sendiri.

2. Search Engine

Berikutnya yaitu mesin pencari atau search engine yang merupakan layanan gratis yang digunakan untuk mencari informasi berdasarkan dengan keyword atau katau kunci tertentu. Beberapa situs mesin pencari atau search engine yang cukup terkenal saat ini adalah Google, dan juga Bing.

3. Web Hosting

Web hosting merupakan tempat untuk menyimpan file dan database sebuah website. Sebuah Website hanya bisa diakses jika domain website tersebut terhubung dan mengarah pada tempat hostingnya.

4. Portal

Yang terakhir adalah portal, ini adalah sebuah layanan yang ada di Iinternet dimana disana terdapat beberapa layanan sekaligus, misalnya seperti E-Mail, news, chatting, forum dan lain sebagainya. Beberapa situs portal yang cukup terkenal yaitu adalah Google.com dan Yahoo.com.

Perbedaan WWW dengan Internet

Dalam membahas tentang WWW (World Wide Web), kadang orang awam mengartikan ini adalah sama dengan internet (baca pengertian internet disini), bahkan beberapa orang terpelajar pun sering dibuat bingung dengan pernyataan tersebut. Oleh karena itu, adalah hal yang penting untuk mengetahui bahwa hal WWW bukanlah sinonim untuk internet.

Oke, Kami akan menjelaskannya seperti ini, WWW atau World Wide Web, atau hanya “Web” seperti orang biasa menyebutnya, adalah bagian dari “internet”. Seperti yang sudah dijelaskan dalam cara kerja WWW di atas, mereka terdiri dari halaman yang dapat diakses menggunakan browser web.

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian Synchronization: Apa itu Sikronisasi (Sync)? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Contoh serta Kenapa itu Penting?

Sedangkan internet adalah jaringan sebenarnya dari jaringan di mana semua informasi berada. Hal-hal seperti Telnet, FTP, Internet Relay Chat (IRC), dan E-Mail semuanya adalah bagian dari internet, tetapi bukan bagian dari World Wide Web!

Hyper-Text Transfer Protocol (HTTP) adalah metode yang digunakan untuk mentransfer halaman web ke komputer Anda. Dengan hypertext, sebuah kata atau frasa dapat berisi tautan ke situs web lain. Semua halaman web ditulis dalam bahasa markup hiper-teks ( dikenal dengan sebutan HTML), yang bekerja bersama dengan HTTP.

Contoh WWW (World Wide Web)

Sekarang, kita sebagai user atau pengguna internet telah tidak asing lagi dengan istilah WWW atau World Wide Web. Sebagian besar wsitus website yang ada pada internet memakai WWW dalam awal nama domainnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari macam-macam WWW dengan domainnya:

  • www.google.com
  • rifqimulyawan.com (tanpa WWW)
  • www.yahoo.com
  • www.facebook.com
  • www.twitter.com
  • www.youtube.com
  • Dan lain sebagainya

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Pengertian WWW, Apa itu World Wide Web? Menurut Para Ahli, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Perbedaannya dengan Internet serta Contohnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa, WWW adalah singkatan dari World Wide Web yang merupakan jaringan besar halaman web dan media, terhubung satu sama lain melalui tautan, dan dapat diakses melalui URL. Ini disebut dengan “Web” karena keterkaitannya yang luas (layaknya jaring laba-laba). Mulai dari satu URL, seperti wikipedia.org, kita dapat mengikuti tautan untuk mencapai jutaan laman web dari seluruh dunia.

WWW, W3, atau Web adalah antarmuka grafis untuk Internet yang pertama kali diperkenalkan kepada publik pada 6 Agustus 1991, oleh Tim Berners-Lee. Beberapa hari kemudian pada tanggal 23 Agustus 1991, WWW itu tersedia untuk semua orang dengan segala fungsi dan manfaatnya.

Penutup

Demikianlah pembahasan dan penjelasan ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini dimana Kami membahas tentang Pengertian WWW, Apa itu World Wide Web? Menurut Para Ahli, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Perbedaannya dengan Internet serta Contohnya. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, serta dapat menambah pengetahuan kalian dalam memahaminya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk dibagikan kepada teman-teman dan kerabat kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar