Penjelasan Pengertian Web Browser: Apa itu Internet Browser? Sejarah, Cara Kerja, Fungsi Manfaat dan Contohnya!

0
Gambar Pengertian Web Browser Apa Itu Internet Browser Sejarah Cara Kerja Fungsi Dan Manfaat Serta Contohnya
Gambar Pengertian Web Browser Apa Itu Internet Browser Sejarah Cara Kerja Fungsi Dan Manfaat Serta Contohnya

Tahukah kalian, Pengertian Web Browser, Apa itu Internet Browser? Sejarah, Cara Kerja, Fungsi, Manfaat dan Contohnya? Ya! Setiap kali Anda online, mengunjungi situs web, menelusuri halaman web yang berbeda, pergi ke portal email favorit Anda, Anda menggunakan browser web. Perangkat lunak ini telah membantu membentuk internet seperti yang kita kenal sekarang, membuat penjelajahan web menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Benar, kebanyakan orang sering menggunakannya terutama saat menggunakan komputer mereka. Sebagai contoh, misalnya seperti Internet Explorer yang selalu ada di setiap komputer yang memiliki OS Windows.

Di internet, file yang kita butuhkan biasanya disimpan di server di suatu tempat. Browser adalah program yang membantu kami meminta mereka. Itu kemudian memformatnya dengan cara yang mudah kita pahami. Tidak seperti halaman buku, halaman web adalah baris kode. Browser akan membaca kode dan menerjemahkannya ke halaman yang Anda lihat. Browser dapat melakukan hal yang lebih banyak lagi, namun yang paling minimum, itulah esensi dari browser. Berkenaan akan hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang pengertian web Browser. Baiklah, langsung saja berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Web Browser

Web browser adalah program perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mencari, mengakses, dan menampilkan halaman web berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Technopedia.

Dalam penggunaan umum, web browser biasanya disingkat menjadi “browser” saja. Ini digunakan terutama untuk menampilkan dan mengakses situs web di internet (baca pengertian internet disini), serta konten lain yang dibuat menggunakan bahasa seperti Hypertext Markup Language (HTML) dan Extensible Markup Language (XML).

Apa itu Browser?

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan browser? Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini merupakan sebutan untuk web browser secara umum. Ini adalah perangkat lunak yang digunakan menjelajahi, mengambil, dan menyajikan konten yang ada dalam jaringan internet (WWW).

Berdasarkan frasa pengucapannya, web merupakan singkatan dari kata Website, sedangkan browser adalah media penelusur atau penjelajahnya. Oleh karena itulah, secara singkat, definisi web browser merupakan sebagai alat penjelajah halaman situs website yang ada di internet.

Sebuah browser dapat menerjemahkan halaman web dan situs web yang dikirim menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) menjadi konten yang dapat dibaca manusia. Mereka juga memiliki kemampuan untuk menampilkan protokol dan awalan lainnya, seperti HTTPS atau HTTP Secure, FTP atau File Transfer Protocol, penanganan e-mail (mailto:), dan file (File:).

Apa itu Internet Browser?

Peramban web, juga dikenal dengan internet browser, ini adalah program perangkat lunak yang Anda gunakan untuk melihat halaman web di komputer Anda. Anda dapat menganggap browser Anda sebagai pintu gerbang ke internet.

Tujuan utama peramban internet adalah menerjemahkan kode yang digunakan komputer untuk membuat situs web menjadi teks, grafik, dan fitur lain dari halaman web yang biasa kita lihat hari ini.

Sejarah Web Browser

Gambar Sejarah Web Browser Dalam Membahas Penjelasan Dan Pengertiannya
Gambar Sejarah Web Browser Dalam Membahas Penjelasan Dan Pengertiannya

Dalam membahas mengenai arti web browser, adalah merupakan hal yang penting bagi Kami untuk memberitahukan kepada kalian tentang apa sejarah dari seluruh riwayat perkembangan web browser.

Baca Juga :  Pengertian Color Value (Hue, Value, Saturation) dalam Graphic Design

Perlu kalian ketahui bahwa, sebelum web browser yang kita kenal sekarang, ada browser pertama, namun mereka tidak lagi digunakan.

Berikut ini adalah sejarah web browser yang sudah Kami rangkum agar dapat dipahami.

  • Tahun 1990; WorldWideWeb (bukan WWW atau World Wide Web), WorldWideWeb adalah browser pertama yang pernah dibuat oleh direktur W3C Tim Berners-Lee, kemudian berganti nama menjadi Nexus untuk membedakan dari World Wide Web yang sebenarnya. Tidak seperti sekarang ini, alat ini adalah satu-satunya browser dan satu-satunya cara untuk mengakses web.
  • Tahun 1992; Lynx adalah browser berbasis teks yang tidak dapat menampilkan konten grafis apa pun.
  • Tahun 1993; Mosaic adalah browser pertama yang memungkinkan gambar tertanam dalam teks menjadikannya browser paling populer pertama di dunia.
  • Tahun 1994; Sebuah perbaikan nyata untuk Mosaic datanglah Netscape Navigator.
  • Tahun 1995; Internet Explorer memulai debutnya sebagai web browser pertama Microsoft.
  • Tahun 1996; Opera pun dimulai sebagai proyek penelitian pada tahun 1994 yang akhirnya go public 2 (dua) tahun kemudian. Opera juga bisa dibilang awal dari perang browser, terutama antara IE 3 dan Navigator 3 saat Internet Explorer beringsut maju dengan fitur dan kemampuan baru mereka.
  • Tahun 2003; Browser Safari oleh Apple dirilis khusus untuk komputer Macintosh, bukan Navigator.
  • Tahun 2004; Mozilla pun meluncurkan Firefox saat Netscape Navigator menghilang.
  • Tahun 2007; Mobile Safari pun diperkenalkan sebagai web browser seluler Apple dan terus mendominasi pasar iOS.
  • Tahun 2008; Google Chrome tampaknya segera mengambil alih pasar browser.
  • Tahun 2011; Opera Mini dirilis untuk fokus pada pasar peramban seluler yang tumbuh dengan cepat.
  • Tahun 2015; Microsoft Edge pun dilahirkan untuk memerangi Google sampai sekarang ini tahun 2020-2021.

Cara Kerja Web Browser

Gambar Cara Kerja Peramban Web Dalam Membahas Pengertian Web Browser
Gambar Cara Kerja Peramban Web Dalam Membahas Pengertian Web Browser

Setelah mengetahui penjelasan arti web browser dan sejarahnya di atas, kita juga harus mengetahui bagaimana cara kerja dari web browser bukan? Ya! Agar seseorang dapat menggunakan web browser tertentu di dalam perangkatnya, maka, mereka harus terlebih dahulu menginstal application atau aplikasi dari web browser tersebut ke dalam perangkat komputer mereka.

Hanya dengan cara itulah sebuah web browser dapat dijalankan dalam sebuah perangkat komputer, laptop dan smartphone. Setelah software atau peramban tersebut terinstal dengan baik, aplikasi tersebut mengambil (atau mengambil) kode, biasanya ditulis dalam HTML (HyperText Markup Language) dan bahasa komputer lainnya, dari web server (baca pengertian web server disini).

Kemudian, peramban mengartikan atau menterjemahkan kode ini dan menampilkannya sebagai sebuah halaman web untuk Anda lihat. Alamat web, atau URL (Uniform Resource Locator), yang Anda ketikkan di bilah alamat memberi tahu peramban tempat memperoleh halaman atau halaman. Misalnya, katakanlah Anda mengetik URL berikut ke bilah alamat seperti:

https://rifqimulyawan.com (ini merupakan halaman utama website Kami)

Browser melihat URL khusus ini dalam dua bagian utama. Pertama adalah protokol yang merupakan bagian http://. HTTP adalah singkatan dari HyperText Transfer Protocol yang merupakan rotokol standar yang digunakan untuk meminta dan mengirimkan file di Internet, sebagian besar halaman web dan komponennya masing-masing.

Karena browser sekarang sudah tahu bahwa protokolnya adalah HTTP, maka peramban pun sudah langsung dapat menafsirkan segala sesuatu yang terletak di sebelah kanan garis miring ke depan.

Untuk memahami pengertian web browser, perlu kalian ketahui bahwa browser melihat alamat rifqimulyawan.com merupakan nama dari sebuah domain yang memberi tahu peramban tentang lokasi server yang diperlukan untuk mengambil halaman tersebut.

Baca Juga :  Pengertian APK (Android Package Kit): Manfaat, Cara Membuka dan Convert

Banyak browser sekarang ini, tidak lagi memerlukan protokol yang ditentukan saat mengakses halaman web. Hal ini berarti bahwa mengetik www.rifqimulyawan.com atau bahkan hanya rifqimulyawan.com biasanya sudah cukup. Anda akan sering melihat parameter tambahan di bagian akhir, yang membantu untuk lebih menentukan lokasi dari halaman tertentu dalam sebuah situs web.

Setelah browser mencapai web server, peramban pun langsung mengambil, mengartikan, dan merender halaman di jendela utama untuk Anda lihat. Prosesnya terjadi di belakang layar, biasanya dalam hitungan detik seperti gambar cara kerja web browser Kami di atas.

Fungsi Web Browser

Para pengguna internet, mereka biasanya sering memakai web browser untuk membantu aktifitas penjelajahan dan penelusuran mereka di internet sebagaimana yang sudah Kami singgung dalam pembahasannya di atas.

Mengacu pada hal tersebut, di bawah ini adalah beberapa fungsi web browser yang perlu kalian ketahui.

1. Membuka Halaman Website

Fungsi utama dari sebuah web browser atau peramban web, yaitu adalah untuk membuka sebuah halaman website yang ada pada internet.

Dengan adanya alat aplikasi peramban tersebut, maka sebagai pengguna internet, kita akan diarahkan langsung ke alamat website yang kita tuliskan dan ingin dituju.

2. Memastikan Keamanan Suatu Website

Sebagian besar web browser, biasanya melakukan proses authentication atau verifikasi terhadapat sebuah halaman website, tujuannya adalah agar memastikan apakah halaman tersebut aman atau berbahaya bagi pengguna.

Mengapa? karena ada cukup banyak website yang terserang malware atau sengaja dipasangi dan digunakan untuk mencuri data (baca pengertian data disini) pengguna Internet.

3. Melayani Permintaan Data

Web browser juga berfungsi dalam mendukung dan melayani permintaan data yang diperlukan dari penggunanya. Sebagian besar alamat website dapat untuk diakses dengan memakai web browser dan konten pada dalam suatu halaman website dapat langsung untuk di-save atau disimpan serta di-download ke dalam dokumen perangkat komputer.

4. Mengumpulkan Data dan Memaksimalkan Tampilan

Biasanya web browser juga memiliki fungsi mengumpulkan seluruh data dalam sebuah website sehingga mereka dapat ditampilkan dengan baik untuk pengguna. Web browser dapat menampilkan konten berbentuk teks, foto, video, dan audio dari sebuah laman website.

5. Mendukung Penggunaan Search Engine atau Mesin Pencari

Search engine atau mesin pencari dengan web browser adalah merupakan 2 (dua) hal yang tidak dapat untuk dipisahkan. Search engine adalah bagian utama dari web browser yang dapat memudahkan pengguna dalam mencari data atau informasi yang terdapat pada internet.

Manfaat Web Browser

Seperti yang sudah Kami singgung di atas, tentang penjelasan pengertian dan fungsi web browser di atas, tentunya kita sudah dapat mengetahui apa saja manfaatnya bukan?

Adapun beberapa manfaat web browser tersebut adalah sebagai berikut:

  • Akses; Peramban web memiliki man bermanfaat dalam memudahkan pengguna dalam mengakses berbagai macam informasi yang ada pada internet.
  • Sharing; Web browser dapat membantu pengguna untuk menyimpan berbabagi konten yang terdapat di dalam internet ke dalam penyimpanan perangkat komputer.
  • Standar terbuka; Siapa pun di dunia dapat menulis, menguji, dan mendistribusikan perangkat lunak yang berjalan di browser.
  • Security sandbox; Menulis klien yang terhubung dengan tujuan umum dengan cara yang aman sangat sulit, tetapi browser membuatnya lebih mudah dengan menyediakan kotak pasir yang mencegah banyak vektor serangan peretasan. Google dan Mozilla menjalankan jutaan tes terhadap browser mereka terkait keamanan.
  • Antarmuka atau GUI yang kuat; Meskipun banyak orang mengeluh tentang HTML dan CSS, mereka sejauh ini merupakan teknologi GUI terbaik dan paling kuat yang pernah ditemukan, terbukti menjadi jumlah aplikasi dan situs yang jumlahnya tetap. Mesin presentasi dan tata letak sulit.
  • Jejaring sederhana; HTTP mudah digunakan, dan HTTPS menyediakan sangat mudah untuk menggunakan pembungkus komunikasi aman di sekitar HTTP. Dengan tambahan soket web dan HTTP2, komunikasi pipelined dua arah yang efisien adalah standar. Browser terus menjadi lebih baik dalam jaringan.
  • Menjelajah dimana saja; Pengalaman menjelajah dapat berjalan di hampir setiap perangkat dengan layar dan input, dan banyak situs menurun dengan baik ke teknologi yang lebih rendah. Web ada di mana-mana, jadi mendistribusikan aplikasi semudah berbagi tautan.
Baca Juga :  Inilah Pengertian Affiliate Marketing: Cara Kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan serta Contohnya!

Contoh Web Browser

Ilustrasi Gambar Contoh Web Browser Atau Peramban Web
Ilustrasi Gambar Contoh Web Browser Atau Peramban Web

Setelah mengetahui arti dan pengertian web browser, cara kerja dan fungsinya, tentunya kita juga harus mengetahui apa contohnya bukan? Terutama yang seringkali dipakai dari para pengguna internet.

Adapun beberapa contoh web browser yang populer antara lain adalah sebagai berikut.

a. Google Chrome

Google Chrome adalah contoh web browser yang dirilis dan dibuat oleh Google dan merupakan browser yang paling banyak digunakan saat ini. Peramban web ini dipakai rata-rata 60% dari pengguna internet di dunia.

b. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah peramban web crossplatform gratis yang dikembangkan perusahaan Mozilla dan ratusan kontributornya. Web browser ini berada dalam urutan kedua sebagai alat penjelah web yang paling digunakan di seluruh dunia.

c. Opera

Opera adalah peramban web dan software (perangkat lunak) internet yang dibuat untuk menjelajahi internet dengan cepat serta kondusif. Peramban web ini sangat banyak digunakan digunakan oleh pengguna mobile atau smartphone, karena dapat membuka sebuah halaman website dengan cepat.

d. Safari

Safari merupakan peramban web yang dibuat dan dikembangkan oleh Apple Inc., dimana, pada awalnya, browser Safari ini hanya ditujukan khusus untuk sistem operasi Mac OS.

Dirilis pada tahun 2003 untuk perangkat komputer, serta tahun 2007 untuk perangkat mobile atau smartphone. Sekarang, web browser safari ini sudah dapat untuk digunakan dalam semua jenis perangkat.

Kesimpulan

Oke, dari penjelasan tentang Pengertian Web Browser, Apa itu Internet Browser? Sejarah, Cara Kerja, Fungsi, Manfaat dan Contohnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa, peramban web, internet browser atau web browser adalah program komputer yang dirancang untuk membaca kode HTML atau PHP dan bahasa pemrograman komputer lainnya, lalu kemudian menyajikannya sebagai halaman web yang biasa kita gunakan. Browser web didasarkan pada mesin browser yang berbeda, dimana mereka membaca kode HMTL serta menyajikannya sebagai hasil akhir.

Web browser ada sejak tahun 1980-an dan terus dikembangkan dan ditingkatkan untuk memberikan pengguna waktu pemuatan yang lebih cepat, halaman web yang lebih stabil, dan website yang terlihat lebih baik. Peramban web yang paling populer saat ini termasuk seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari, Opera, Google Chrome.

Penutup

Demikianlah, itulah ulasan dan pembahasan yang dapat Kami sampaikan dalam postingan tentang Pengertian Web Browser, Apa itu Internet Browser? Sejarah, Cara Kerja, Fungsi, Manfaat dan Contohnya kali ini. Semoga dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kalian semua dalam memahaminya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar