Ini Dia Contoh End User Computing, Development dan Device yang Harus Kalian Ketahui!

0
Gambar Apa Itu End User Atau Pengguna Akhir Dan Pentingnya Mereka Dalam Proyek IT Serta Contoh End User Computing Development Dan Device
Gambar Apa Itu End User Atau Pengguna Akhir Dan Pentingnya Mereka Dalam Proyek IT Serta Contoh End User Computing Development Dan Device

Jadi, Apa Contoh dari End User Computing, Development dan Device yang Harus Kita Ketahui?

Secara umum dapat disetujui bahwa pengalaman pengguna akhir-lah yang akan menentukan nilai dari sebuah merek atau brand.

Pengalaman pengguna atau User Experience (UX) menopang nilai yang diberikan merek kepada pelanggan mereka di dunia digital.

Ya, UX dipengaruhi oleh banyak variabel yang mencakup desain visual dan navigasi, aksesibilitas dan relevansi konten, dan kepercayaan yang melekat bahwa merek akan melindungi Personal Identity Information (PII) dari pelanggaran data serta risiko keamanan.

Pengalaman pengguna akhir atau end user experience juga memiliki banyak elemen subjektif, karena UX berevolusi dari persepsi pengguna saat ia berinteraksi dengan situs atau aplikasi untuk melakukan kasus penggunaan tertentu, seperti membeli produk atau layanan.

Untuk itulah, pengalaman pengguna akhir adalah gabungan dari banyak faktor mulai dari desain situs web, navigasi, kemudahan transaksi, dan tentu saja, waktu pengunduhan dan perenderan halaman.

Berkenaan akan hal itu, dalam postingan kali ini Kami akan membagikan apa saja contoh terkait end user computing, development dan device yang perlu diketahui.

Berikut ini ulasannya!

Apa itu End User?

Ilustrasi Gambar Apa Itu End User Dan Pentingnya Pengguna Akhir Dalam Proyek IT Information Technology
Ilustrasi Gambar Apa Itu End User Dan Pentingnya Pengguna Akhir Dalam Proyek IT Information Technology

Sebelumnya, mari kita perjelas terlebih dahulu tentang apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan end user.

Pengguna akhir atau end user secara sederhana adalah orang yang ditujukan dari dirancang dan dikembangkan sebuah aplikasi.

Dalam konteks perangkat lunak atau software perusahaan, pengguna akhir dengan demikian adalah orang yang melakukan tugas bisnis menggunakan fungsi aplikasi ini yang untuknya aplikasi ini dibuat.

Kalian dapat membaca selengkapnya tentang apa pengertian dari end user disini.

Mungkin untuk membuat definisinya lebih jelas, akan membantu juga untuk mendefinisikan apa yang bukan pengguna akhir.

Yup! Pengguna akhir (end user) tidaklah sama dengan pelanggan dan juga bukan pengembang aplikasi (orang yang menginstal aplikasi) atau administrator sistem.

End User dan Pentingnya Mereka dalam Proyek IT (Information Technology)

Baiklah, sebelum Kami menjabarkan tentang apa saja sample dari end user computing, development dan device, disini Kami akan menceritakan beberapa hal terlebih dahulu terkait pentingnya mereka dalam project (proyek) teknologi informasi atau Information Technology (IT).

Well, Kami pribadi sering bertemu dan bercakap dengan kolega lama baru-baru ini ketika Kami berdua menjadi manajer proyek TI untuk sebuah perusahaan.

Percakapan Kami membuat Kami berpikir tentang seberapa sering opini pengguna akhir dalam proyek TI dianggap tidak terlalu penting atau, lebih buruk, diabaikan sama sekali.

Yup! Para pemangku kepentingan, manajemen senior, manajer proyek, pemasok dan vendor semuanya memiliki suara dalam sebuah project atau proyek TI.

Mereka dapat mengartikulasikan kebutuhan dan persyaratan mereka dan pendapat mereka dicatat dan ditindaklanjuti karena kepentingan mereka dalam organisasi dan dalam hierarki proyek.

Namun, pengguna akhirlah yang akan menggunakan sistem perangkat lunak baru setiap harinya.

End user atau pengguna akhirlah yang mengetahui dan memahami data (baca pengertian data disini) dalam sistem lama, yang mengetahui cara mengatasi masalah dengan sistem saat ini dan memahami cara menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien.

Baca Juga :  Cut: Apa itu Potong? Tujuan, Cara Kerja, Cara Melakukan, Perbedaan serta Apa Saja Pintasannya!

Jadi mengapa banyak manajer proyek yang lebih tidak memperhatikan komentar dan kekhawatiran dari grup penting ini?

Apakah kelompok itu sendiri tidak percaya pendapat mereka memiliki bobot apa pun dan, oleh karena itu, tidak angkat bicara ketika diberi kesempatan untuk melakukannya.

Apakah mereka tidak pernah sepenuhnya terlibat dalam proyek sehingga tidak memiliki kesempatan untuk angkat bicara?

True, apa pun alasannya, jangan abaikan kekhawatiran dan komentar pengguna selama proyek berlangsung.

Dalam pengalaman Kami pribadi, seringkali user (pengguna) dapat mengidentifikasi masalah potensial sebelum terjadi.

Jika terbukti sulit untuk mendapatkan feedback atau umpan balik dari pengguna sistem sehari-hari, maka manajer proyek berkepentingan untuk mendapatkan informasi itu dengan cara terbaik.

Memang, ada banyak pendekatan untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna.

Sesi curhat atau curah pendapat informal, pertemuan formal dan kuesioner semuanya dapat bekerja dengan baik untuk proyek yang berbeda dan individu yang berbeda.

Kursus pelatihan manajemen proyek terbaik juga akan akan menyarankan ide-ide lain untuk mengumpulkan informasi yang Anda butuhkan untuk memastikan sistem baru yang diberikan benar-benar dapat digunakan secara efektif sejak hari pertama dan karenanya hal tersebut pastinya akan membuat proyek Anda sukses.

Kami pribadi menemukan bahwa membina hubungan pribadi yang baik dengan pengguna utama adalah cara terbaik untuk melakukan ini.

Bicaralah dengan mereka secara informal dan pada tingkat pribadi tentang kekhawatiran mereka mungkin saat makan siang santai atau sambil minum kopi.

Cari tahu apa tugas sehari-hari mereka sekarang (pada sistem yang ada) dan pahami apa yang mereka lakukan serta kerjakan.

Yup! Kami sering membayangi pengguna kunci (key user) untuk hari kerja biasa mereka, ini bisa sangat mengungkapkan dan memunculkan informasi yang hampir tidak mungkin ditemukan dalam sesi yang lebih formal.

Libatkan Pengguna Akhir

Benar! Jadi libatkan pengguna utama sejak awal proyek.

Ini sangat penting jika sistem warisan diganti dengan teknologi atau perangkat lunak baru untuk memastikan kekayaan informasi dalam database yang ada tidak hilang karena penanganan yang salah.

Konversi data bisa menjadi batu sandungan besar jika tidak dilakukan dengan benar.

Kami tahu sistem TI baru yang telah diterapkan tanpa rangkaian data lengkap yang diperlukan pengguna untuk melakukan pekerjaan mereka.

Ini adalah sistem TI baru yang terlihat bagus, ditayangkan tepat waktu, memiliki semua fitur yang diperlukan tetapi dengan database yang tidak lengkap sehingga sistem tidak berguna secara efektif.

Proyek semacam ini akan selalu memiliki reputasi yang buruk meskipun masalah dengan datanya dapat diperbaiki dengan cepat.

Kami juga telah menemukan bahwa di banyak proyek TI, pengguna yang paling resisten terhadap teknologi baru dapat menjadi pendukung terbesar dengan keterlibatan, pelatihan, dorongan, dan banyak pegangan tangan yang tepat.

Manfaat dari upaya ini di pihak manajer proyek sangatlah besar.

Peluang proyek yang sangat sukses jauh lebih besar, “reputasi” perangkat lunak segera menjadi bagus, ya! Segera setelah launching atau diluncurkan.

Belajar dari Kesalahan Sistem Sebelumnya

Dan juga, kita semua tahu bahwa jauh lebih mudah membuat orang menerima beberapa kesalahan dalam sistem yang sebaliknya baik daripada menyelamatkan reputasi sistem yang dimulai dengan buruk.

Jadi belajarlah dari masalah dan kegagalan proyek sebelumnya, ikuti saran dari manajer proyek yang lebih berpengalaman dan pastikan Anda menghadiri salah satu kursus manajemen proyek profesional yang tersedia tetapi jangan pernah mengabaikan komentar dan kekhawatiran pengguna akhir dalam proyek TI.

Baca Juga :  Mendalami Pengertian URL: Menurut Para Ahli, Sejarah, Fungsi, Jenis, Struktur, Bagian dan Contohnya!

Anda melakukannya dengan resiko Anda sendiri.

Contoh End User Computing, Development dan Device

Oke langsung saja, mari kita lanjutkan topik utama kita yang membahas tentang sample dari end user computing, development dan device.

Ya, kita hidup di era transformasi digital.

Terlebih, saat ini teknologi sudah menyentuh semua yang kita lakukan.

Sebagai contoh misalnya, TI atau Information Technology (IT) telah diubah oleh komputasi awan atau cloud computing (baca pengertian cloud computing disini) sementara kecerdasan buatan atau artificial intelligence juga terus berkembang serta menjadi bagian yang semakin dikenal dalam kehidupan sehari-hari.

Jelas, revolusi teknologi informasi sedang berlangsung.

Tapi apa artinya ini bagi bisnis atau organisasi Anda?

Yup! Kemungkinan, sudah waktunya bagi Anda lebih mendalami tentang pemahaman arti dan sampel dari end user computing, development dan device beserta sekumpulan teknologi yang digunakan untuk mengirimkan dan mengelola desktop, aplikasi, dan data dengan aman.

a. End User Computing

Gambar Contoh Dari Komputasi Pengguna Akhir Atau End User Computing Serta Pentingnnya
Gambar Contoh Dari Komputasi Pengguna Akhir Atau End User Computing Serta Pentingnnya

Model pertama yang akan Kami jelaskan disini yaitu end user computing atau komputasi pengguna akhir.

Ada 3 (tiga) manfaat komputasi pengguna akhir, mereka adalah manajemen terpusat, dukungan BYOD (Bring Your Own Device), dan environment (lingkungan) pengguna akhir yang aman.

Yup! Manajemen adalah salah satu tugas yang paling menakutkan karena mengharuskan Anda melacak puluhan ratus desktop yang ada di lingkungan perusahaan.

Di sinilah manajemen terpusat masuk, yang memungkinkan Anda menyederhanakan manajemen sambil memperketat keamanan.

Keunggulan BYOD memungkinkan karyawan untuk menggunakan perangkat mereka sendiri, yang efisien dan menghemat biaya bagi perusahaan.

Terakhir, di sisi keamanan, solusi EUC (End User Computing) memungkinkan pengguna mengakses data perusahaan tanpa menyimpan apa pun di perangkat lokalnya.

Sebaliknya, perusahaan dapat mengontrol akses menggunakan otorisasi dan teknologi otentikasi modern.

Manfaat jenis ini tidak hanya untuk bisnis, tetapi dapat dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan, lembaga nonprofit, LSM, dan lembaga pemerintah.

Sebagai contoh misalnya, banyak sekolah saat ini telah melakukan tindakan untuk memastikan bahwa siswa sudah memiliki komputer untuk digunakan saat berada di kelas.

Komputasi pengguna akhir atau end user computing juga mampu menyiasati anggaran pendidikan dan tim TI yang kecil, dimana hal itu dapat memberi siswa fleksibilitas untuk menggunakan perangkat mereka sendiri.

Model komputasi pengguna akhir (end user computing) termasuk bagaimana Samsung DeX memberi pengguna pengalaman layar penuh untuk aplikasi di ponsel mereka.

Contoh lainnya yaitu seperti Microsoft Intune yang bisa membuat langkah dalam manajemen terpadu untuk memberi pengguna akses ke data dan aplikasi yang mereka butuhkan di perangkat yang mereka pilih tanpa harus mengganggu staf IT.

b. End User Development

Gambar Contoh Dari Pengembangan Pengguna Akhir Atau End User Development Serta Pentingnya
Gambar Contoh Dari Pengembangan Pengguna Akhir Atau End User Development Serta Pentingnya

Selanjutnya, model yang akan Kami jelaskan disini yaitu adalah end user development atau pengembangan pengguna akhir.

Pengembangan pengguna akhir atau End User Development (EUD) yang juga sering disebut dengan pemrograman pengguna akhir atau End User Programming (EUP) ini mengacu pada aktivitas dan alat yang memungkinkan pengguna akhir, yaitu orang yang bukan pengembang perangkat lunak profesional untuk melakukan programming (baca pengertian programming disini) komputer.

Contoh pengembangan pengguna akhir mencakup pembuatan dan proses modifikasinya.

Seperti script atau skrip animasi yang digunakan oleh seniman grafis untuk mendeskripsikan karakter, lingkungan, dan bagaimana karakter bergerak untuk menghasilkan animasi yang diinginkan.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Dynamic Website: Apa itu Situs Dinamis? Tujuan, Cara Kerja, Jenis, Manfaat dan Contohnya!

Contoh pengembangan pengguna akhir lainnya mencakup pembuatan dan modifikasi model 3D yang dibuat dengan alat dan aplikasi berorientasi pengguna akhir seperti Sketchup.

Selain itu, modifikasi game untuk memperkenalkan karakter, lingkungan, dan lain sebagainya juga merupakan model end user development yang baik.

Benar, banyak game terbaru didistribusikan dengan mempertimbangkan pengguna, contohnya misalnya seperti modifikasi web Mashups yang dibuat dalam bentuk bahasa visual seperti Yahoo!.

c. End User Device

Gambar Contoh Dari Perangkat Pengguna Akhir Atau End User Device Serta Pentingnya
Gambar Contoh Dari Perangkat Pengguna Akhir Atau End User Device Serta Pentingnya

Contoh terakhir yang akan Kami jelaskan yaitu end user device atau perangkat pengguna akhir.

Perangkat pengguna akhir adalah perangkat yang dikenakan oleh end user.

Adapun contohnya yaitu seperti komputer pribadi (desktop atau laptop), perangkat konsumen (sebagai contoh misalnya, asisten digital pribadi atau PDA serta ponsel pintar), atau media penyimpanan yang dapat dilepas (seperti misalnya, flash drive USB, kartu memori, hard drive eksternal, CD atau DVD yang dapat menyimpan informasi).

Perangkat pengguna akhir adalah istilah teknis yang merujuk pada perangkat keras IT yang digunakan oleh karyawan Anda.

End user device biasanya juga hanya digunakan untuk orang pada umumnya selama bekerja, di luar jam kerja, untuk bersantai, dan tujuan lainnya.

Kesimpulan

Oke baiklah, Kami rasa sudah cukup jelas sekarang untuk penjelasan dan pembahasan Apa Contoh dari End User Computing, Development dan Device yang Harus Kita Ketahui.

Di atas, Kami juga menjelaskan beberapa hal terkait apa itu end user serta pentingnya mereka dalam project atau proyek IT dalam membahas contohnya.

Secara keseluruhan, pengguna akhir memiliki pengetahuan langsung tentang masalah yang perlu diselesaikan dengan perangkat lunak baru.

Keahlian dan kedekatan mereka dengan masalah membuat mereka memenuhi syarat untuk memberikan saran tentang cara terbaik untuk memperbaiki masalah tersebut.

Yup! End user atau pengguna akhir memiliki pengalaman dengan aplikasi perangkat lunak sebelumnya.

Dengan lebih memahami tentang arti dan sample atau model end user computing, development dan device, kita sebagai praktisi tentunya akan dapat lebih meningkatkan efektivitas bisnis kita.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam postingan kali ini, dimana Kami membahas tentang Apa Contoh dari End User Computing, Development dan Device yang Harus Kita Ketahui.

Semoga apa yang sudah Kami terangkan disini dapat bermanfaat serta menambah wawasan kalian semua, terutama dalam mempelajari bidang teknologi dan bisnis.

Silahkan bagikan artikel atau ulasan Kami disini kepada teman, kerabat, serta rekan kerja dan bisnis kalian semua jika kalian rasa ini bermanfaat. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar